6 Langkah Sukses Memulai Usaha Jasa Pengiriman untuk Pemula

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, membuat masyarakat melakukan banyak hal dengan mudah dan cepat. Salah satunya belanja online. Hal ini juga menjadikan kebutuhan usaha jasa pengiriman atau kurir juga meningkat pesat. Banyak orang yang memerlukan jasa pengiriman untuk mengantarkan barang yang sudah mereka beli secara online. Tidak heran jika peluang usaha ini sangat terbuka lebar.

Beberapa jasa pengiriman pun juga telah menggunakan sebuah aplikasi akuntansi untuk memudahkan proses bisnis. Software akuntansi adalah sebuah sistem perangkat lunak yang untuk mengolah proses perhitungan terkait akuntansi, dari mengumpulkan data transaksi, hingga menghasilkan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. 

Software akuntansi dapat membantu analisis keuangan dan bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis jasa pengiriman. Sistem Akuntansi terlengkap juga bantu melakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat untuk kemajuan bisnis. Lalu, bagaimana cara memulai usaha jasa pengiriman? Simak tips dan cara berikut!

Baca Juga: Laporan Laba Rugi adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Membuatnya

jasa pengiriman

Tips dan Cara Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman

Agar bisnis berjalan lancar, tentu saja Anda perlu menyiapkan banyak hal untuk memulai bisnis jasa pengiriman. Menjalankan bisnis ekspedisi memiliki peluang yang sangat besar. Sebab, daya saingnya masih sedikit dan tidak terlalu ketat. Selain itu, tingginya jual beli online juga membuat jasa ekspedisi ini semakin banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Siapapun boleh melakukan bisnis jasa pengiriman, baik yang sudah berbadan usaha ataupun perorangan. Selain itu, para perusahaan jasa pengiriman pun banyak yang membuka program waralaba untuk melebarkan ekspansi mereka ke beberapa wilayah. 

Tentukan spesialisasi jasa pengiriman

usaha kurir
Sumber: freepik.com

Setelah Anda tertarik untuk membuka usaha bisnis jasa pengiriman. Sebenarnya Anda perlu menyiapkan banyak hal, seperti spesialisasi akan menawarkan jasa pengiriman apa kepada konsumen. Anda bisa melakukan spesialisasi contohnya, berdasarkan lama waktu pengirimannya, jenis barangnya atau yang lain. Selain itu, Anda bisa juga melakukan riset pasar langsung ke konsumen. Kira – kira konsumen membutuhkan jasa pengiriman seperti apa. Jika sudah menemukan spesialisasi yang tepat. Anda bisa melanjutkan untuk memperhatikan faktor lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Sukses dalam Memulai Bisnis Barbershop

Tentukan target pasar

Cara membuka usaha jasa pengiriman selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar, target pasar adalah calon pembeli potensial yang harus mendapatkan pesan informasi produk dan promosi yang dilakukan. Sebagai pemilik usaha jasa pengiriman, Anda perlu melakukan langkah yang tepat untuk menjangkau konsumen dengan baik. Contohnya, Anda memutuskan untuk membuka jasa pengiriman barang dan paket.

Target pasar bisa berupa para pemilik toko barang, company atau perusahaan besar dan lainnya. Tujuan akhirnya tentu adalah agar mereka menggunakan jasa. Target pasar sendiri adalah permulaan dalam membangun strategi pemasaran. Strategi pemasaran baru akan lebih efektif bila menjalankan pemasaran dengan menyasar target pasar potensial.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Handphone dengan Software Retail

Siapkan budget dan rencana keuangan

budget usaha kurir
Sumber: freepik.com

Saat pertama membuka bisnis, tentu saja biaya awal sangat dibutuhkan. Bisnis jasa pengiriman biasanya memerlukan biaya sewa, gaji karyawan, biaya pemasaran dan biaya operasional, dan lainnya dengan menyesuaikan kebutuhan. Setelah kebutuhannya Anda total semua bisa langsung membuat rencana pengeluarannya. Dengan memiliki anggaran, perusahaan dapat lebih mudah membuat estimasi untuk mengeluarkan biaya-biaya untuk mendukung kegiatan atau aktivitas bisnis jasa pengiriman.

Baca Juga: Permudah Proses Akuntansi dengan Aplikasi Keuangan Perusahaan

Tentukan struktur badan hukum usaha

badan hukum usaha adalah organisasi yang dibuat oleh individu atau beberapa individu untuk menjalankan bisnis. Umumnya, Anda dapat memilih satu diantara 3 jenis badan usaha, yaitu kepemilikan perseorangan, kemitraan umum, atau perseroan terbatas. Jenis badan hukum usaha ini nantinya akan menentukan struktur organisasi bagaimana perusahaan itu dikenai pajak, pengaturan ketenagakerjaan, pembagian aset, dan lain-lain.

Siapkan lokasi usaha

Lokasi usaha yang tepat biasanya akan mempengaruhi kesuksesan usaha Anda. Maka, sebelum membuka usaha tepatlah dalam memilih tempat. Pikirkan bagaimana konsep lokasi Anda. Ingin seperti apa kantor pusat usahanya, Apakah kantor pribadi atau ritel. Selain itu apakah ingin langsung membeli lokasi tersebut atau menyewanya terlebih dulu. Hal ini menjadi penting agar nantinya tidak terjadi sengketa secara tiba-tiba. Selain itu, membuat surat izin usaha membutuhkan lokasi usaha yang nyata.

Siapkan tim yang akan bekerja

Untuk membangun sebuah bisnis dari awal tentu kamu membutuhkan tim ata partner untuk membantu Anda. Meskipun bisnisnya baru akan jalan, tidak ada salahnya untuk merekrut karyawan. Karena memang bisnis jasa pengiriman ini belum besar, sebaiknya mencari tim yang memang orang terdekat Anda. Cari tim yang sekiranya dapat diajak bekerjasama terkait pembukaan usaha jasa pengiriman tersebut. Baru nanti setelah bisnisnya sudah berjalan dan stabil, mulailah untuk merekrut karyawan lain untuk menempatkanya dalam berbagai divisi.

Baca Juga: Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

 

Langkah Membuka Usaha Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Daftarkan brand bisnis jasa pengiriman

Dalam membangun sebuah bisnis, brand merupakan identitas dari dari bisnis Anda. ketika brand bisa meraih pencapaian tertentu maka imej produk dan bisnis Anda pun bisa meningkat dengan mudah baik pada mata publik atau konsumen. Syarat daftar merek dagang sebenarnya cukup mudah. Merek dagang yang sudah memenuhi syarat dapat mendaftar melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Indonesia atau Dirjen KI pada situs dgip.go.id. Berikut syarat daftar merek dagang yang harus terpenuhi:

  • Formulir pendaftaran merek dagang. Formulir ini bisa Anda dapatkan secara daring pada halaman awal website
  • Syarat daftar merek dagang selanjutnya adalah Kartu identitas diri pemohon (e-KTP atau paspor)
  • Akta pendirian badan hukum (khusus yang memiliki badan hukum)
  • Syarat daftar merek dagang lainnya adalah Etiket merek dagang 10 lembar
  • Surat Kuasa jika pendaftaran oleh orang lain/firma hukum sebagai syarat daftar merek dagang
bisnis jasa pengiriman
Sumber: dgip.go.id

Mengurus izin usaha jasa pengiriman

Langkah selanjutnya, mengurus surat izin usaha yang sangat Anda perlukan untuk menunjang usaha jasa pengiriman anda. Dengan adanya surat izin usaha,maka usaha yang anda jalankan akan lebih aman dan anda pun tenang karena terhindar dari berbagai masalah perizinan yang sering berakibat hingga penggusuran tempat usaha anda.

Tempat pembuatan surat izin usaha perdagangan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat.

Bagi Kabupaten atau kota yang sudah lengkap dengan unit pelayanan terpadu bisa mendapatkannya di tempat, berikut dengan perizinan lainnya. Tahapan dan Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik atau pelaku usaha mengurus sendiri atau melalui kuasa yang dikuasakan ke kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat untuk mengurus perizinan.
  2. Mengambil formulir pendaftaran, mengisi formulir SIUP / PDP bermaterai Rp 6.000 yang ditandatangani oleh pemilik usaha, Kemudian formulir yang telah terisi kemudian di fotocopy sebanyak dua rangkap, yang dilengkapi dengan syarat – syarat berikut :
  • Salinan akte pendirian usaha  atau badan hukum sebanyak 3 lembar
  • Fotocopy KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) sebanyak 3 lembar
  • NPWP ( No Pokok Wajib Pajak ) sebanyak 3 lembar
  • Salinan izin gangguan atau HO sebanyak 3 lembar
  • Neraca perusahaan sebanyak 3 lembar
  • Gambar denah lokasi tempat usaha

3. Untuk biaya pembuatan surat izin usaha perdagangan berdasarkan setiap daerah melalui peraturan daerah masing – masing.

jasa pengiriman
Sumber: oss.go.id

Rencanakan layanan dan harga 

Setelah memiliki surat izin untuk melakukan usaha pengiriman, mulailah untuk memikirkan layanan apa yang akan kamu berikan. Biasanya, bisnis ini memiliki banyak tawaran pilihan layanan. Begitupun dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Sebenarnya, Anda perlu merencanakan layanan jauh sebelum memutuskan untuk mendirikan usaha. Sehingga, ketika surat izin sudah turun, Anda dapat langsung mengeksekusi rencana ide bisnis Anda. Untuk layanannya sendiri bisa berbeda berdasarkan harga, estimasi waktu, dan lainnya.

Baca Juga: Akuntansi adalah Hal yang Penting untuk Perkembangan Bisnis Anda

Menyiapkan transportasi dan alat 

Untuk langkah berikutnya, Anda perlu menyiapkan alat transportasi. Karena ketika membuka jasa pengiriman, untuk awalan menyiapkan transportasi atau kendaraan merupakan barang penting. Kendaraan inilah yang nantinya berfungsi untuk mengirimkan paket atau pesanan para pelanggan.

Daftarkan asuransi yang aman

Tanggung jawab akan keselamatan barang menjadi tugas pengusaha layanan kurir. Para konsumen tentu ingin barang mereka sampai dengan kondisi yang tetap baik. Maka, Anda perlu mendaftarkan asuransi untuk jasa ekspedisi. Asuransi inilah yang nantinya menjamin apabila terdapat kerusakan atau kehilangan barang dalam proses pengiriman.

Promosikan bisnis kamu

Langkah membuka usaha bisnis layanan kurir yang terakhir yaitu mempromosikan usaha jasa ekspedisi tersebut. Setelah beberapa langkah terlewati seperti membuat izin usaha, menentukan layanan, menyiapkan kendaraan sampai mendaftarkan ke asuransi. Selanjutnya adalah memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat. Salah satu hal penting dalam menjalankan strategi promosi bisnis pada era digital adalah dengan website.

segala Segala brand industri bisnis, harus memiliki website termasuk bisnis jasa pengiriman. Banyak keuntungan yang bisa diraih bagi bisnis yang memiliki website. Meningkatkan kredibilitas bisnis, membangun brand awareness, dan menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Kesimpulan

Jenis bisnis jasa pengiriman memang mempunyai prospek yang sangat baik. Hanya saja, memang membutuhakan persiapan dan strategi yang matang agar usaha ini bisa lancar dan sukses. Selain itu,Anda juga harus menjalankan bisnis ini dengan inovasi yang cerdas. Hal ini akan memungkinkan Anda mengelola berbagai risiko dengan baik dan sekaligus mengupayakan berbagai langkah untuk mensukseskan bisnis tersebut.

Salah satu inovasi teknologi yang bisa Anda gunakan dalam bisnis jasa pengiriman adalah software akuntansi terbaik EQUIP, yaitu sistem yang khusus untuk mempermudah pencatatan transaksi bisnis yang umumnya dilakukan secara manual. Software akuntansi EQUIP bantu membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya dalam hitungan menit. Tertarik? Coba demonya sekarang!

jasa pengiriman

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA