6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Susu untuk Pemula

Susu segar merupakan kategori minuman kesehatan yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Manfaatnya antara lain untuk meningkatkan kekuatan tulang, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan gigi, dan sebagainya. Minuman yang memiliki gizi tinggi masih membuka peluang cuan yang tinggi. Tak heran jika susu masih menjadi minuman wajib bagi kebanyakan orang. Maka, Anda dapat melihat peluang ini untuk mendirikan bisnis susu.

Bisnis susu merupakan bisnis yang berpeluang dan menjanjikan saat ini. Minuman susu menjadi minuman yang sedang trend dan kekinian. Banyak varian rasa yang dapat menjadi inspirasi Anda dalam menjalankan bisnis ini. Sehingga beberapa minuman kekinian masih mencampurkan susu segar sebagai kunci minumannya. Minuman yang dapat dicampur dengan susu seperti thai tea, minuman boba, milkshake, hingga kopi.

DemoGratis

Daftar Isi

Peluang Bisnis Susu

Susu adalah minuman yang memiliki kandungan lengkap untuk memberi kesehatan pada tubuh Anda. Beberapa kandungannya seperti kalsium, vitamin, protein, lemak, laktosa, dan fosfor. Dari kandungan yang ada pada susu, menjadi daya tarik untuk masih mengonsumsi saat ini. Selain dari kandungan, daya tarik lainnya dari susu adalah varian sajian. Berbagai varian sajian kekinian saat ini antara lain milkshake, milk tea, minuman boba, hingga menjual dalam bentuk susu murni pun banyak.

Penggemar susu terdapat dari berbagai kalangan usia. Dari anak-anak, remaja, hingga orang yang sudah lanjut usia pun masih menyukai susu. Selain penyajian yang bervariasi, kemasan pada susu juga praktis dan mudah untuk Anda bawa serta konsumsi yang mudah. Misalnya, susu yang dikemas dalam botol atau kotak susu yang rapat dan tidak mudah tumpah. Harga susu yang pas di kantong juga menjadi faktor susu yang masih banyak orang untuk konsumsi karena menjangkau ke semua kalangan masyarakat.

Baca juga: 5 Keuntungan Berbisnis Franchise Minuman & Cara Memaksimalkannya

Tips Sukses Kembangkan Bisnis Susu

Jika Anda sudah membayangkan betapa mudahnya untuk memulai bisnis susu, lalu bagaimana cara sukses dalam mengembangkannya? Simak pada bagian ini yang akan membahas tips sukses dalam mengembangkannya.

1. Buat business plan

Langkah awal ketika Anda ingin membangun bisnis yaitu membuat business plan atau rencana bisnis. Tanpa adanya rencana, maka bisnis Anda tidak dapat berjalan dengan lancar dan terarah. Anda dapat merancang mulai dari nama bisnis, varian rasa, hingga strategi pemasaran. Selain dari rancangan, Anda perlu mencari tahu dan menganalisis para pesaing yang menjual produk serupa. Dengan begitu, Anda dapat membuat ide yang berbeda dan menarik perhatian khalayak umum untuk model bisnis susu Anda.

2. Kalkulasi modal dan keuntungan

Sebagai pengusaha pada umumnya, maka perlu melakukan investasi atau mengeluarkan modal pada beberapa bidang atau sektor di bisnis susu ini. Hitungan kasar untuk kalkulasi modal dan keuntungan sebagai berikut:

pengeluaran modal bisnis susu
Gambaran pengeluaran untuk modal bisnis susu

Sementara untuk pemasukan berasal dari penjual susu. Harga setiap susu tentunya berbeda-beda tergantung pada varian rasa yang Anda tawarkan. Dapat Anda asumsikan untuk rata-rata harga dan penjualan menjadi:

Gambaran asumsi pemasukan untuk bisnis susu

Pendapatan bersih dapat Anda dapatkan dari pengurangan pendapatan kotor dan biaya operasional. Maka akan mendapat Rp 8.845.000,00 untuk keuntungan atau laba bersih bisnis susu Anda.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

3. Temukan supplier susu berkualitas

Selanjutnya Anda perlu mencari tahu supplier susu terbaik agar proses produksi dapat berjalan secara berkelanjutan. Dengan harga awal lebih rendah supaya mendapat keuntungan lebih banyak. Selain harga murah dan terjangkau, Anda perlu memastikan kualitas yang terbaik agar tidak mengecewakan pelanggan. Salah satu pelayanan terbaik berasal dari produk berkualitas yang Anda berikan. Tujuannya untuk menjaga kekonsistenan usaha dalam jangka panjang.

4. Tentukan lokasi yang strategis

Setelah menentukan ide bisnis, Anda perlu mencari lokasi strategis untuk tempat usaha yang akan Anda rintis. Lokasi yang nantinya dapat Anda gunakan bisa berupa menyewa tempat, menggunakan gerobak, atau menjalankan bisnis susu secara online dari rumah saja. Semua lokasi yang nantinya Anda pilih pasti ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing. Jika menyewa tempat dan membuat gerobak uni, Anda dapat menentukan lokasi yang strategi. Sehingga akan lebih banyak pelanggan dan berpotensial. Hal itu merupakan salah satu kelebihan ketika Anda memilih antara kedua lokasi tersebut.

5. Manfaatkan word-of-mouth marketing

Setelah rancangan ide hingga produk yang siap untuk dijual, Anda perlu memikirkan bagaimana untuk melakukan pemasarannya. Berbagai tipe promosi atau pemasaran dapat dilakukan mulai dari yang berbayar hingga gratis. Anda dapat memanfaatkan promosi gratis dengan pemasaran Word-of-Mouth (WOM) atau promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dapat Anda terapkan secara santai dan mengalir, misalnya teman Anda sedang bercerita mengenai masalah kesehatan, lalu Anda dapat dikaitkan dengan manfaat susu yang dapat menyehatkan tubuh. Jadi, teman Anda dapat membeli produk susu untuk mengatasi kesehatan dan mengetahui bisnis susu Anda.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

word-of-mouth marketing

Kesimpulan

Saat ini bisnis susu memang sedang trend dan kekinian karena memiliki target pasar tanpa batasan umur. Anda dapat memulai dengan membuka satu toko terlebih dahulu untuk melihat hasil dan perkembangannya. Kemudian Anda dapat meneruskan dengan membuka cabang bisnis susu ke beberapa tempat agar mudah dijangkau oleh banyak masyarakat.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now