Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Perkembangan zaman saat ini sudah memasuki era digital dalam dunia bisnis banyak perusahaan yang mulai menggunakan teknologi digital marketing. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat pemasaran digital menjadi pilihan yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Hal itu disebabkan karena hampir di setiap aktivitas manusia membutuhkan media digital. Terlebih lagi perubahan zaman dari tahun ke tahun menyebabkan manusia untuk terus bergerak agar tak ketinggalan. Digital marketing merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan dunia digital dengan menggunakan media online untuk berbisnis.

Menurut databoks terdapat 170,4 juta pengguna ponsel pintar di Indonesia sehingga mau tidak mau perusahaan mulai menggunakan pemasaran digital untuk menarik pembeli dan meningkatkan pemasaran.

DemoGratis

Daftar Isi

Pengertian Digital Marketing

Anda pasti pernah melihat merek atau produk dari suatu perusahaan yang melakukan kampanye online melalui media digital. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai digital marketing atau pemasaran digital.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang biasanya pemilik usaha lakukan untuk meningkatkan penjualan secara online menggunakan media digital atau internet. Tujuan penggunaan digital marketing adalah untuk menarik calon konsumen secara cepat dan instan agar membeli produk yang perusahaan tawarkan. Sehingga, tak heran mengapa kegiatan pemasaran secara digital sering menjadi pilihan utama oleh banyak perusahaan.

Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11), digital marketing merupakan aplikasi dari internet dan berhubungan dengan teknologi digital dimana akan berhubungan dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsumen seperti profil, perilaku, nilai, dan tingkat loyalitas. kemudian menyatukan komunikasi yang ditargetkan dan pelayanan online sesuai kebutuhan masing-masing individu. 

Ada beragam media digital yang sering perusahaan gunakan untuk melakukan pemasaran meliputi email, iklan TV dan radio, website, blog, media sosial, online advertising(facebook dan google ads), dan bentuk konten digital lainnya. 

digital marketing
Sumber: akseleran.co.id

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Banyaknya perusahaan yang menggunakan pemasaran digital untuk menarik konsumen membuktikan bahwa digital marketing memberikan keuntungan bagi perusahaan. Berikut adalah keuntungan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

1. Digital marketing memiliki jangkauan yang luas

Ketika Anda menggunakan digital marketing untuk pemasaran produk maka tak heran jika target audience Anda akan lebih luas. Penggunaan media digital dan internet memampukan sebuah produk dapat terjangkau oleh masyarakat luas hingga ke luar negeri.

2. Murah dan efektif

Apabila Anda bandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja pemasaran digital jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang Anda keluarkan dapat lebih hemat hingga mencapai 40%. Selain itu, sekitar 28% pengusaha kecil berpindah ke media digital karena terbukti efektif.

3. Digital marketing dapat membangun nama brand

Bagi para UMKM penggunaan media digital untuk pemasaran produk sangat membantu untuk membangun nama brand agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand sangat penting sebab orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk.

4. Kemudahan penyebaran dan evaluasi

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat berjalan dengan sangat cepat dan realtime. Selain itu, dengan menggunakan media online Anda dapat mengetahui hasil dari kegiatan pemasaran seperti misalnya informasi mengenai berapa banyak orang yang melihat produk Anda, persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

Strategi Digital Marketing

Kebanyakan pebisnis merasa bahwa melakukan pemasaran secara digital adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal Anda tetap perlu memikirkan strategi bisnis yang tepat agar produk bisa tepat sasaran. Berikut telah kami rangkumkan 8 strategi pemasaran digital yang dapat Anda gunakan.

Social media marketing

Social media marketing atau SSM merupakan kegiatan pemasaran dengan menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lain-lain. Hampir semua kategori demografis memakai media sosial untuk mencari produk. Sehingga, perusahaan yang menggunakan SSM bisa memberikan dampak yang baik bagi bisnis. 

Search engine marketing

SEM adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil mesin pencarian. Berbeda dengan SEO yang memiliki tujuan untuk meraih hasil teratas pada pencarian organik, SEM bertujuan untuk mendapatkan posisi teratas baik secara organik maupun berbayar. Selain itu search engine marketing sendiri tidak terbatas sehingga, Anda dapat menargetkan halaman utama untuk menduduki posisi teratas pada sebuah kata kunci.

saluran pemasaran
Sumber: seoanaksoleh.com

Email marketing

Sesuai dengan namanya, strategi yang satu ini memang menggunakan email untuk melakukan promosi. Biasanya pihak pemasar akan mengirimkan email kepada calon konsumen maupun yang sudah membeli produk. Tujuan penggunaan strategi ini adalah untuk mendapatkan konsumen baru dan menjalin hubungan dengan konsumen setia.

Perusahaan yang menerapkan email marketing dalam pemasaran digital, biasanya adalah B2B (business to business) dan B2C (business to customer).ini merupakan salah satu strategi efektif karena pemasaran lebih personal dan promosi langsung masuk ke inbox calon konsumen.

Content marketing

Perusahaan akan membuat berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasarnya. Konten tersebut dapat berupa video, artikel, infografis, e-book, template, dan lain-lain. Tujuannya untuk menarik pembaca atau calon pembeli agar mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk membeli produk.

Pay-per-click

PPC merupakan salah satu metode iklan yang cukup populer sebab sebagai pemasar mereka hanya akan membayar iklan jika ada pengguna yang mengklik iklan tersebut. Salah satu platform yang sering pebisnis gunakan adalah google ads karena google memiliki jangkauan pengguna yang sangat luas baik dalam maupun luar negeri. Anda juga dapat menggunakan Facebook ads dan pesan sponsor LinkedIn.

Affiliate marketing

Strategi ini digunakan untuk membuat kerja sama dengan mitra lain serta memberikan komisi dengan menarik pembaca atau pembeli ke situs bisnis Anda. misalnya, video ads pada youtube atau yang sedang populer yaitu TikTok Shop.

Native advertising

Bentuk konten berbayar yang penampilan iklannya mengikuti format sesuai platform atau layout media placement.  Mulai dari jenis font hingga bentuk gambar dan video. Hasilnya konten akan memiliki kemiripan dengan bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

Video marketing

Video marketing adalah salah satu cabang pemasaran digital yang dalam kegiatannya dapat menggunakan berbagai macam channel. Strategi ini melakukan pemasaran menggunakan video dengan bantuan media sosial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, dan menjalin relasi dengan konsumen setia.

Baca juga: SaaS adalah Sebagai Pelayan dan Pendukung Perkembangan Bisnis

Manfaat Digital Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Dengan adanya pemasaran digital setiap pelaku usaha dapat dengan mudah menarik konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan karena segala sesuatunya telah berjalan secara online. Namun, rasanya tak lengkap apabila Anda belum mengetahui manfaat dari digital marketing.

  • Membangun relasi dengan pembeli.
  • Meningkatkan pendapatan bisnis karena biaya yang Anda keluarkan untuk promosi lebih murah.
  • Teknik pemasaran yang variatif.
  • Mempercepat pengelolaan bisnis dan penjualan.
  • Mengetahui pemasaran iklan seperti iklan yang cocok dan kurang cocok. 
  • Teknik pemasaran lebih mudah hanya karena menggunakan media digital dan internet.
  • Menghemat kertas untuk promosi menggunakan brosur.

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Menggunakan Strategi Digital Marketing

Kemudahan yang ditawarkan oleh pemasaran digital memang menjadi suatu hal yang sangat menggiurkan apalagi Anda dapat menghemat biaya pemasaran ketimbang memakai pemasaran konvensional. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan strategi ini? Berikut kami rangkumkan untuk Anda.

1. Halaman website yang tidak rapi dan kurang lengkap

Website resmi perusahaan merupakan hal pertama yang biasanya akan pembeli kunjungi ketika sedang melakukan pencarian produk dan jasa. Sehingga, sebagai pebisnis Anda perlu memastikan apakah website yang Anda miliki sudah rapi dan lengkap. Website yang baik harus mampu menghadirkan informasi, call-to-action, dan landing page yang jelas.

2. Kurang memahami calon konsumen

Bisnis yang sedang Anda jalani harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Jangan sampai produk yang Anda tawarkan justru tidak sesuai dengan permintaan pasar. Itulah mengapa Anda perlu mengukur tingkat kebutuhan pasar sebelum menyusun strategi pemasaran. Anda dapat mencari tren produk yang sedang berkembang di kalangan masyarakat dengan menggunakan google trends.

3. Mengabaikan story telling dan copywriting

Karena pemasaran digital memiliki keterkaitannya dengan konten maka sebagai penjual Anda harus memiliki kemampuan story telling dan menulis yang baik. Konten yang menarik mampu menjangkau audience dengan lebih mudah. Misalnya, Anda dapat membuat studi kasus mengenai orang yang tidak memakai produk Anda dan mengalami perubahan yang baik setelah menggunakannya.

4. Strategi yang tidak tepat sasaran

Dalam melakukan promosi Anda perlu memperhatikan target audience Anda. misalnya, Anda ingin menjual produk hijab maka pastikan terlebih dahulu apakah produk tersebut dapat digunakan oleh semua masyarakat atau hanya kalangan remaja. Jika pemasaran produk sudah sesuai sasaran tentunya penjualan pun akan berjalan dengan lebih mudah.

5. Memiliki laporan keuangan dengan sistem manual

Apabila bisnis Anda berskala besar pastinya Anda akan kesulitan untuk membuat laporan keuangan terlebih lagi jika menggunakan sistem manual bisa saja terjadi kesalahan yang dapat merugikan Anda. sehingga, Anda dapat mencoba untuk memakai software akuntansi karena selain sistem yang berjalan otomatis, hasil laporan keuangan pun lebih akurat dan valid.

pemasaran
Sumber: dbs.com

Tips Memilih Strategi Digital Marketing yang Cocok dengan Bisnis Anda

Meski penggunaan digital marketing terkesan mudah namun Anda harus tekun dalam menjalaninya dan jangan sampai Anda salah dalam mengambil keputusan karena hal itu akan sangat berpengaruh bagi bisnis yang sedang Anda jalankan. Lantas bagaimana cara memilih strategi pemasaran digital yang efektif? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan.

1. Memetakan audience

Sebelum Anda memasarkan suatu produk ada baiknya apabila Anda membagi audience terlebih dahulu. Seperti misalnya wilayah yang ingin Anda jangkau, usia target pemasaran, gender yang ingin Anda raih dan lain sebagainya. Setelahnya, Anda perlu mengukur aspek keuntungan menggunakan value customer atau CLV caranya adalah dengan meningkatkan loyalitas konsumen.

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

2. Menentukan strategi digital marketing

Anda perlu paham mengenai Unique Selling Proposition atau USP. nantinya USP dapat Anda gunakan sebagai taktik pemasaran. Contohnya, ketika Anda mengunjungi halaman website 

EQUIP, sebagai salah satu penyedia layanan software, tampilan website yang mereka miliki terkesan lebih fun. Jika Anda telah menentukan USP maka pahami kebutuhan emosional audience seperti misalnya ketika seorang wanita membeli makeup. Nah, kebutuhan emosionalnya dapat Anda lihat dari banyaknya orang yang menyukai produk yang sama sehingga, Anda dapat membuat list makeup yang paling favorite

3. Mengukur strategi yang Anda terapkan

Setelah Anda menggunakan strategi untuk meningkatkan promosi maka hal selanjutnya yang perlu pelaku bisnis lakukan adalah mengukur strategi apakah sudah efisien atau tidak. Anda dapat mengukur seberapa banyak pengguna yang mengunjungi website Anda, interaksi yang muncul pada konten, dan peningkatan penjualan.

Kesimpulan

CRM

Digital marketing merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang perlu Anda coba untuk meningkatkan bisnis terutama jika bisnis Anda masih berskala kecil karena pemasaran digital ini memang lebih efisien untuk digunakan. Mengingat banyaknya pengguna smartphone dan internet menjadikan banyak pebisnis mulai beralih menggunakan pemasaran digital karena dari segi biaya pun akan lebih hemat karena semua promosi berjalan secara online
Anda dapat mencoba software CRM dari EQUIP untuk membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan akan tersimpan dalam satu tempat sehingga, Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. 

Selain itu, software CRM lengkap dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan otomatis. Dengan adanya fitur tersebut Anda dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana. Coba demo sekarang secara gratis.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now