Supplier Adalah Elemen Bisnis yang Bantu Kesuksesan Bisnis Anda

Saat ingin mendirikan sebuah bisnis maka Anda membutuhkan bahan baku untuk proses operasional bisnis Anda. Bahan baku tersebut bisa Anda dapatkan melalui seorang supplier. Hasil produk yang baik biasanya berasal dari bahan baku yang baik pula. Oleh karena itu, Anda harus memikirkannya secara matang saat ingin memilihnya. Pilih supplier dengan kualitas bahan baku yang bagus dengan harga terjangkau. Sehingga harga jual dari produk Anda nanti akan semakin terjangkau. Selain itu, Anda juga dapat mengotomatiskan proses operasional bisnis dengan bantuan software procurement ERP terbaik. Dapatkan kemudahan mengelola berbagai permintaan pembelian bahan baku dengan sistem procurement terlengkap.

Anda dapat meninggalkan cara lama dan beralih menggunakan software procurement  untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis. Software procurement EQUIP  ini mempunyai fitur terlengkap serta dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Selain itu, Anda dapat memantau keluar masuknya bahan baku dari supplier maupun barang jadi yang akan dipasarkan dengan software procurement terunggul ini

Simak artikel berikut untuk mengetahui secara lebih mendalam seluk beluk tentang supplier.

supplier

Daftar Isi

Mengapa Pemasok Penting untuk Bisnis Anda?

Supplier merupakan individu atau perusahaan yang berperan sebagai pemasok atau penjual bahan mentah kepada pihak lain untuk dijadikan bahan matang. Dilansir dari deskera.comsupplier adalah bagian dari rantai pasokan bisnis yang menyediakan nilai massal dari produk tertentu. Dari kedua pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa supplier merupakan pihak baik individu maupun perusahaan yang memasok atau menjual bahan mentah kepada pihak lain agar menjadi bahan jadi yang akan digunakan oleh pengguna akhir (konsumen).

Peran dari pemasok sangat penting dalam operasional bisnis Anda. Jika tidak ada pemasok maka Anda tidak akan memperoleh bahan baku sebagai sumber utama pembuatan produk Anda. Sebuah bisnis pasti perlu bekerja sama dengan pemasok untuk mendapatkan yang terbaik dari produk yang mereka jual. Supplier juga memiliki peran untuk memastikan kelancaran komunikasi dan stok dengan kualitas memadai. 

Banyak orang yang menyamakan supplier dengan distributor tetapi ternyata dua hal ini adalah dua hal yang berbeda. Distributor umumnya hanya fokus dalam menyalurkan atau menjual produk kepada pengecer sehingga bisa sampai kepada konsumen akhir. Sementara supplier adalah pihak yang menyediakan produk dalam bentuk bahan baku mentah yang akan diolah oleh produsen menjadi barang jadi dan siap untuk dijual ke konsumen akhir. 

Baca juga: Thrift: Bisnis Masa kini yang Patut Anda Coba!

Fungsi dan Tugas Supplier

Fungsi dan tugas pemasok

Pemasok mempunyai fungsi dan tugas yang sangat penting di dalam rantai pasok sebuah bisnis, baik yang menghasilkan barang atau jasa. Tanpa adanya pemasok maka tidak akan ada barang jadi yang bisa konsumen akhir gunakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tugasnya yang bisa Anda ketahui: 

  • Memiliki peran sebagai pihak yang memastikan tersedianya bahan baku atau bahan mentah bagi pihak (individu atau perusahaan) yang membutuhkannya.
  • Memastikan bahan baku yang dipasok masih dalam keadaan baik saat diterima oleh pihak pembeli.
  • Mengatur proses penyimpanan bahan baku sebelum dikirim ke perusahaan yang membutuhkannya.
  • Mengatur pengiriman bahan baku dengan tepat waktu kepada pihak yang membutuhkannya.

Baca juga: Mengenal Peran, Fungsi, dan Cara Memilih Vendor Terbaik

Jenis-jenis Supplier

Perlu Anda ketahui bahwa supplier terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Dengan memahami jenis-jenisnya, Anda akan semakin mengetahui pemasok yang cocok untuk bisnis Anda. Berdasarkan produk yang dihasilkan, supplier terbagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut: 

1. Supplier produk jasa

Supplier produk jasa adalah pemasok yang mampu memasok bahan mentah untuk diolah menjadi produk jasa. Dalam hal ini, pihak pemasok hanya memasok bahan mentah agar pihak selanjutnya dapat mengolahnya menjadi produk jasa yang bisa tersalurkan kepada konsumen akhir. Contoh pemasok produk jasa adalah penyedia software kasir atau Point of Sales (POS) dan software keuangan yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.

2. Supplier produk barang

Seperti namanya, supplier barang bertugas untuk menyuplai bahan mentah kepada para produsen. Nantinya pihak lain yang akan mengolah produk mentah menjadi produk yang siap untuk jual. Misalnya ada perusahaan gula pasir yang memerlukan bahan mentah berupa tebu serta bahan pendukung lainnya agar mampu memproduksi gula pasir. Lalu perusahaan tersebut melakukan kerjasama dengan pemasok yang mampu memasok bahan baku yang perusahaan perlukan. Bentuk kerjasama ini bisa saja terjalin dengan beberapa pihak yang mampu menyediakan bahan baku yang berbeda.

Supplier produk barang terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu supplier bahan material fabrikasi dan supplier bahan material non-fabrikasi.

3. Supplier bahan material fabrikasi

Supplier bahan material fabrikasi adalah pemasok yang mampu menyediakan bahan atau material yang akan dipesan oleh perusahaan, tetapi harus terlebih dahulu diproses di tempat pemasok sesuai kesepakatan pihak yang telah ditentukan. Contohnya yaitu pemasok serat wol dan nilon yang memasok bahan untuk pabrik kain. 

4. Supplier bahan material non-fabrikasi

Pemasok bahan material non-fabrikasi adalah pemasok yang memasok bahan produksi atau  material tanpa harus melewati proses pembuatan khusus di tempat pemasok untuk kebutuhan pihak yang diperlukan. Misalnya yaitu pemasok kayu yang menyediakan bahan mentah untuk pembuatan furniture seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 6 Langkah Sukses Memulai Usaha Jasa Pengiriman untuk Pemula

Tugas Utama Seorang Supplier

Supplier memiliki peran yang sangat penting dalam proses operasional khususnya produksi sebuah produk baik barang maupun jasa. Peran tersebut mulai dari mencari bahan mentah sampai membantu meningkatkan produksi. Kerjasama antara produsen dan pemasok harus terjalin dengan baik agar menghasilkan produk akhir yang baik. Dengan memiliki pemasok yang baik, Anda juga dapat meningkatkan daya saing bisnis atau perusahaan. 

Kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat proses kerjanya menjadi semakin mudah. Anda dapat mengajukan puluhan hingga ratusan pembelian kepada supplier melalui software procurement terbaik. Berikut ini merupakan beberapa cara kerja atau tugas utama dari seorang pemasok: 

  • Supplier adalah penyedia bahan baku. Proses pengadaan bahan baku bisa dikerjakan sendiri atau diperoleh lewat proses kemitraan dengan pihak lain.
  • Menyediakan data terkait bahan baku. Sebelum bahan mentah yang disediakan diantar atau dijual kepada pihak berikutnya, pemasok harus menyiapkan informasi terkait bahan mentah tersebut.
  • Memasarkan produk. Sama seperti produk jadi, bahan mentah juga dapat pemasok pasarkan secara online dan offline. Adanya informasi yang tersedia di internet juga akan memudahkan para produsen barang dan jasa menemukan pemasok untuk produk mereka.
  • Menjalin kemitraan dengan pengusaha. Tidak hanya untuk penjualan satu atau dua kali, pemasok umumnya melakukan kerja sama jangka panjang dengan pengusaha. Tidak hanya dengan menjamin ketersediaan stok, tapi juga kualitas dari bahan mentah yang mereka sediakan.
  • Mempertahankan layanan yang mereka berikan. Layanan dalam hal ini bukan hanya berhubungan dengan kualitas bahan mentahnya saja, tapi juga terkait dengan cara supplier menjalin hubungan dengan perusahaan yang bermitra dengan mereka. 

Baca juga: Ketahui Fungsi Laba Sebagai Tolak Ukur Bisnis Anda!

Tips Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tips memilih supplier terbaik untuk bisnis

Memilih supplier yang tepat sangat penting jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari hubungan kerja Anda dengan mereka. Mengingat pemasok adalah indikator penting dalam menjalankan sebuah bisnis maka Anda harus teliti dan jeli dalam memilih seorang pemasok. Gunakan tips memilih supplier untuk usaha Anda sebagai berikut: 

  1. Cari pemasok yang menawarkan harga terbaik, tetapi jangan terlalu fokus pada biaya.
  2. Temukan pemasok yang dapat Anda andalkan dengan ulasan dan testimoni yang bagus karena pengiriman tepat waktu, produk berkualitas, dan sebagainya.
  3. Pilih pemasok stabil yang sudah lama beroperasi, sehingga Anda bisa memastikan mereka memiliki reputasi yang baik.
  4. Pertimbangkan lokasi saat memilih pemasok karena semakin dekat, semakin cepat Anda dapat menerima barang. Hal ini menjadi krusial untuk memastikan bahwa proses produksi berjalan seperti waktu yang telah perusahaan rencanakan. 

Baca juga: Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai supplier mulai dari pengertian hingga tips dalam memilih supplier yang baik. Pilihlah pemasok memberikan harga dan kualitas terbaik serta memberikan pelayanan yang terbaik. Jalin hubungan kerjasama dengan pemasok sebaik mungkin agar kerjasama bersifat jangka panjang. Hal ini juga akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis Anda. Saat bisnis telah berkembang Anda pasti membutuhkan kuantitas bahan baku bahkan supplier yang lebih banyak. Untuk mempermudah pengelolaannya Anda dapat menggunakan software procurement terbaik dari EQUIP. 

Software procurement ini akan membantu Anda dalam meningkatkan seluruh kegiatan pembelian bisnis Anda mulai dari biaya procurement yang lebih efisien. Selain itu, Anda juga dapat menyederhanakan pengelolaan pembelian bahan baku hingga analisa stok yang komprehensif. Semua hal tersebut terintegrasi dalam satu sistem pembelian yang lengkap. 

supplier

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Banyaknya manfaat dari software EQUIP pasti membuat Anda tertarik untuk mengimplementasikan dalam bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis dengan kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan penggunaan software EQUIP untuk efisiensikan bisnis Anda.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA