Pentingnya Testimoni untuk Perkembangan Bisnis

Bagi mereka yang melakukan kegiatan pemasaran dan bertransaksi online dalam berbisnis mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah testimoni. Pada dasarnya testimoni adalah salah satu bentuk pernyataan konsumen dalam bertransaksi mengenai produk yang mereka beli. Menurut riset, konsumen memutuskan untuk membeli produk setelah melihat testimoni yang positif dari konsumen lain, maupun sebaliknya. Untuk melakukan kegiatan tersebut, biasanya pebisnis menggunakan sistem CRM terbaik untuk melancarkan proses yang berkaitan dengan konsumen. 

Bahkan kunci pebisnis yang telah sukses menjalani bisnisnya, terutama bisnis online, banyak dari mereka menggunakan sistem CRM terintegrasi yang dapat meningkatkan kualitas prospek bisnis. Selain itu, penggunaan sistem CRM yang tepat juga dapat meng- update seluruh aktivitas tim sales secara real-time.

testimoni

Apa Itu Testimoni?

testimoni

Testimoni merupakan bentuk pernyataan dari para konsumen yang telah menggunakan atau membeli produk tersebut. Pernyataan ini bersifat jujur sesuai dengan pengalaman dari mereka yang menggunakan atau membeli produk tersebut. Bermacam-macam kesan yang mereka berikan mau itu pernyataan positif ataupun negatif, semuanya tergantung dari konsumen. Testimonial digunakan oleh para pebisnis sebagai bahan evaluasi atas penilaian produk atau jasa yang mereka jual atau tawarkan. 

Dalam aktivitas jual beli online, testimoni merupakan hal penting yang perlu Anda pertimbangkan secara matang khususnya oleh para pelaku bisnis. Dalam beraktivitas dan bertransaksi jual beli online menggunakan testimonial, setelah Anda membeli barang tersebut maka akan muncul kolom seperti rate bintang dan komentar yang dapat Anda isi. Oleh karena itu, testimonial memiliki manfaat dan dampak yang cukup besar untuk keberlangsungan suatu bisnis. Sistem CRM terintegrasi telah banyak dimanfaatkan penggunaannya oleh para pebisnis karena dapat meningkatkan retensi pelanggan.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

 

Cara Memasang Testimoni ala Brand Terkenal

testimoni

Informasi pada testimoni merupakan tanggapan konsumen akan produk yang mereka beli dan gunakan. Dengan banyaknya konsumen yang memberikan tanggapan positif, hal ini tentu akan membuat penjualan bisnis meningkat pesat. Banyak brand terkenal yang sukses memanfaatkan testimonial dengan tepat untuk mendukung penjualan usahanya. Berikut beberapa cara memasang testimonial ala brand terkenal yang dapat Anda ikuti: 

Quote Testimonial

Teknik pemanfaatan Testimoni ini hanya berupa tulisan pernyataan berupa quote atau tulisan yang nantinya akan ditampilkan di website penjual. Meski terkesan sederhana, jenis testimonial ini sangat efektif dan banyak digunakan penjual atau marketers untuk membuktikan keunggulan atas produk atau jasa. Maka dari itu, Anda dapat mempertimbangakan untuk menggunakan testimonial jenis ini.

Success Story Testimonial

Jenis ini merupakan testimonial dalam bentuk cerita lengkap yang hasil akhirnya memperlihatkan hasil sukses konsumen setelah menggunakan produk atau jasa.

Tipe testimoni ini dapat menjabarkan konsumen secara detail yang meliputi, bagaimana produk atau layanan bekerja dengan baik, bagaimana kesan konsumen secara menyeluruh setelah menggunakan produk atau layanan, dan bagaimana peran produk atau layanan dalam keberhasilan konsumen. Untuk membuat succes story testimoni, penjual perlu melakukan wawancara secara detail kepada konsumen potensial dengan menceritakan testimoni yang sukses. 

Interview Testimonial

Testimonial dalam bentuk interview merupakan hasil dari wawancara dengan konsumen loyal atau konsumen yang puas dengan produk atau jasa penjual. Testimonial ini menginformasikan tentang keunggulan dari produk dengan lebih alami karena pesan yang tersampaikan menggunakan sudut pandang dari pelanggan. Sehingga, pesan akan lebih sesuai dengan calon konsumen. 

Peer Testimonial

Testimoni ini berasal dari persona yang mirip dengan konsumen atau bahkan dengan rekan bisnis Anda. Saat berbisnis pakaian, testimoni ini berasal dari desainer atau bahkan dari para pelaku dunia fashion. Testimoni ini terbilang cukup relevan serta efektif sebagai strategi dalam melakukan promosi, karena dari hasil testimonial ini terdapat ketertarikan dan kebutuhan produk yang sama dengan calon konsumen yang akan Anda tuju.

Social testimonial

Testimonial jenis ini merupakan testimoni yang berdampak cukup besar terhadap promosi suatu usaha, karena asal ketersediaan testimoni ini murni dari konsumen, maka tidak ada kesan yang terlihat dengan sengaja. Karena social media saat ini sedang marak-maraknya, berbagai brand besar menjadikan cara social testimoni ini peluang besar bagi mereka untuk melakukan promosi brand nya. Strategi ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka. 

Influencer Testimonial

Testimoni jenis ini dilakukan oleh seorang influencer, seperti artis, penggiat komunitas, tokoh masyarakat, penyanyi, dan lainnya. Seorang influencer dapat mempengaruhi orang lain atau calon konsumen, karena memiliki nama yang besar serta engagement dan teknik komunikasi yang sesuai dengan pemahaman para followersnya. Kemungkinan penjualan naik bisa mencapai 82%, tergantung bagaimana strategi promosi seorang influencer dalam mempromosikan produk Anda, biasanya pengemasan testimonial ini dalam bentuk video khusus. Namun, dalam memilih influencer untuk testimoni produk, Anda perlu memilih influencer yang memiliki nama baik serta target audiens yang sesuai dengan target konsumen Anda. 

Video Testimonial

Jenis video testimonial merupakan testimoni berbentuk konten video atau rekaman. Menurut riset dari Social Research Network, sekitar 65% manusia akan lebih mudah menangkap informasi secara visual atau dalam bentuk konten video. Banyak dari konsumen lebih menyukai testimonial dalam bentuk konten video dalam mengenal suatu produk, brand maupun layanan. 

Documentary Testimonial

Testimonial jenis documentary ini merupakan testimoni dalam bentuk cerita atau pengalaman konsumen yang mencerminkan kejadian sesungguhnya dalam menggunakan suatu produk atau layanan. Dalam dokumenter ini menunjukan bagaimana perasaaan yang dapat konsumen rasakan saat menggunakan produk atau layanan tersebut. Sehingga dalam testimonial ini konsumen akan mendapatkan sentuhan dari emosional audiens karena fokus pada perubahan dari kondisi konsumen berdasarkan waktu kejadian. Maka dari itu, dalam membuat documentary testimonial memerlukan beberapa poin yang perlu Anda perhatikan:

  • Detail permasalahan konsumen 
  • Poin dari pembelajaran dan sebagainya
  • Cerita historis dari pengalaman konsumen
  • Informasi latar belakang konsumen 

Poin-poin tersebut penting karena documentary testimonial tersebut diharapkan akan tercapai dan sukses. Harapannya untuk memberikan value berharga untuk audiens. Karena, dengan value tersebut kredibilitas brand akan meningkat. 

Mashup Testimonial

Mashup testimonial atau kumpulan video testimoni tujuannya yaitu menunjukkan kualitas produk dari para konsumen yang sudah menggunakannya. Cara ini hanya perlu menyatukan beberapa video singkat konsumen ke dalam satu video dengan berbagai topik. Sehingga, dengan mashup testimonial ini kualitas dari brand akan terlihat, terutama jika banyak testimoni positif yang konsumen alami. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya testimonial dengan berbagai topik, pastikan dalam setiap testimoni memiliki kualitas video dan audio yang setara, dan buat topik yang spesifik serta skrip yang singkat. 

Long-Form Testimonial

Terakhir, testimoni jenis ini merupakan kesaksian atau social proof yang tertuang dalam bentuk narasi. Karena testimoni jenis ini mengemas berbagai informasi dalam bentuk tulisan, maka formatnya berbentuk blog spot. Contohnya, seperti cerita atau storytelling yang terdapat pada blog, dari cerita blog tersebut dapat menjadi suatu pertimbangan untuk konsumen membeli produk atau layanan.

 

Siap Meningkatkan Penjualan dengan Testimoni?

Setelah memahami apa itu testimoni serta cara memasang testimoni yang tepat ala brand terkenal, kini Anda perlu memikirkan cara mana yang perlu Anda gunakan. Anda dapat menggunakan cara testimoni yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, banyak dari mereka menggunakan sistem CRM terintegrasi yang dapat mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan proses penjualan bisnis untuk memudahkan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri yang ada di Indonesia. 

Baca juga: 3 Aplikasi Toko Terbaik dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

 

Kesimpulan 

Saat ini, testimoni banyak digunakan oleh berbagai pelaku bisnis karena memiliki peranan yang penting untuk kegiatan pemasaran dalam mengembangan bisnis Anda. Karena dampaknya yang mampu mengubah keputusan calon konsumen untuk membeli produk atau layanan. Maka dari itu, testimoni yang tepat perlu digunakan pada bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu menangani sistem CRM yang tepat dari EQUIP yang dapat  memudahkan proses pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Demo gratis EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

testimoni

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now