10 Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Perusahaan

Pemakaian aplikasi bisnis, baik online mau pun offline dengan tepat bisa membantu perusahaan lewat berbagai cara. Penggunaan software udaha dapat meningkatkan efisiensi kegiatan operasional, dapat memperbaiki analisis data, mengoptimalkan kolaborasi dari setiap tim dan departemen, meningkatkan pengalaman Customer, dan meningkatkan keamanan data.

Melalui penggunaan aplikasi untuk bisnis yang sesuai dan tepat, maka perusahaan bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta kinerja keseluruhan.

Baca Juga : Wajib Tahu! Cara Menghitung HPP Makanan Bagi Bisnis F&B

DemoGratis

10 Aplikasi Bisnis Terbaik

Jika anda kebingungan memilih aplikasi bisnis yang tepat untuk perusahaan, berikut ada beberapa rekomendasi pilihan aplikasi untuk bisnis :

1. EQUIP ERP

Aplikasi bisnis EQUIP ERP merupakan sebuah sistem perangkat lunak berbasis Enterprise Resource Planning atau ERP untuk pengelolaan berbagai macam aspek bisnis. Beberapa diantaranya untuk manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), untuk manajemen keuangan, persediaan, hingga penjualan.

Ini adalah aplikasi yang bertujuan untuk dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis dengan cara menyediakan berbagai fitur dan peralatan yang bisa memperbaiki atau mempermudah proses pengambilan keputusan.

aplikasi bisnis terbaik dari EQUIP

EQUIP ERP memiliki fitur pelaporan dan analitik yang bisa membantu perusahaan dalam menganalisa data usaha lebih baik, sekaligus dapat membuat keputusan lebih tepat.

Baca Juga : Pentingnya Penggunaan Software Restoran Bagi Perkembangan Bisnis Restoran Anda

2. EVA-HR

Aplikasi EVA HR merupakan salah satu software Human Resource untuk membantu pihak perusahaan dalam melakukan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). EVA HR telah dilengkapi oleh berbagai macam fitur, mulai dari manajemen kinerja, manejemen absensi, manajemen gaji pegawai dan manajemen cuti.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu pihak perusahaan mengelola dan merekrut karyawan secara lebih efektif. EVA HR juga bisa memperbaiki komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan manajer melalui penyediaan platform khusus komunikasi secara terintegrasi.

Melalui EVA HR, maka perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam manajemen, mengurangi penggunaan waktu serta biaya terkait administrasi.

3. Quickbooks

Software untuk bisnis selanjutnya adalah Quickbooks. Quickbooks merupakan salah satu software keuangan dan akuntansi yang telah dikembangkan Intuit. Ini adalah perangkat lunak bagi para pengusaha, baik untuk pemilik usaha kecil maupun menengah, untuk mengelola akuntansi dan keuangan mereka.

Quickbooks telah menyediakan banyak fitur yang bisa membantu pengguna untuk mengelola penerimaan, pengeluaran, pembayaran, faktur, dan laporan keuangan. Ini adalah aplikasi yang juga telah terintegrasi dengan software lain,yakni aplikasi manajemen inventaris, manajemen proyek, dan aplikasi pembayaran online.

Hal tersebut memungkinkan para pengguna dapat mengotomatisasi serta dapat mengintegrasi berbagai mcam aspek bisnis pada satu platform. Aplikasi ini telah tersedia lewat berbagai versi, antara lain versi cloud based dan versi desktop.

4. Slack

Slack merupakan platform komunikasi berbasis online untuk manajemen proyek dan kolaborasi di lingkungan bisnis. Selain itu, slack meyediakan fitur pesan lansung dan obrolan grup antara tim. Aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna dapat mengorganisir percakapan lewat saluran atau channel sesuai proyek, departemen, atau topik.

Selain itu, slack juga telah terintegrasi dengan software atau aplikasi lain, antara lain trello, Asana, dan Google Drive, sehingga memungkinkan para pengguna dapat mengakses sekaligus dapat membagikan informasi lewat berbagai aplikasi pada satu platform. Di samping itu, aplikasi slack mempunyai fitur pengingat dan reminder, pencarian arsip pesan dan notifikasi.

Melalui slack, maka tim bisnis bisa berkolaborasi secara efisien dan efektif. Slack bisa membantu mengurangi terlalu banyak email dan memugkinkan komunikasi tim dengan cara real time serta terstruktur. Selain itu, bisa membantu tim agar lebih fokus mengerjakan semua tugas mereka serta dapat meminimalisir kebingungan.

5. Trello

Trello merupakan perangkat lunak untuk manajemen proyek secara online bagi bisnis. Ada beberapa manfaat aplikasi Trello bagi bisnis, antara lain dapat megelola proyek, dapat melacak atau menganalisa kemajuan proyek, membantu kolaborasi tim, dapat mengatur tugas, dan sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis online.

Melalui Trello, maka bisnis bisa mengelola proyek dengan baik, melacak kemajuan proyek, berkolaborasi tim dan mengatur tugas. Ini bisa membantu usaha meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

6. Asana

Asana juga termasuk software manajemen proyek yang dapat membantu anda merencanakan, mengelola dan mengatur pekerjaan tim mulai dari awal sampai akhir. Dengan Asana, anda bisa mengoordinasikan tugas para tim. Anda bisa membagikan file, pembaruan status dan umpan balik.

Dengan Asana, anda bisa melakukan pelacakan progress, dapat meningkatkan kolaborasi, dan dapat menyederhanakan komuikasi. Anda bis amenjalin komunikasi bersama rekan tim, vendor dan klien pada satu tempat serta terus membagikan berbagai informasi dengan banyak orang.

7. Salesforce

Aplikasi untuk bisnis selanjutnya adalah aplikasi Salesforce, sebagai aplikasi CRM atau manajemen hubungan customer yang bisa digunakan oleh bisnis.

Ada beberapa manfaat Salesforce bagi bisnis, antara lain :

  • Memungkinkan bisnis dapat mengelola hubungan customer dengan mudah. Sehingga anda bisa melacak aktivitas Customer, menyimpan data Customer dan mengelola penjualan melalui satu platform saja.
  • Salesforce dapat mempermudah kolaborasi yang terjadi antara tim. Bisa menetapkan tugas serta membagikan informasi bersama anggota tim yang lainnya.
  • Dapat mengelola penjualan, dengan melacak dan memantau perkembangan penjualan.
  • Menawarkan fitur analisis sehingga memungkinkan bisnis dapat melihat data penjualan dan customer.
  • Aplikasi salesforce dapat memungkinkan bisnis melakukan otomatis terhadap beberapa tugas, antara lain membuat penawaran, pengiriman email, serta melakukan pembuatan laporan.

Melalui Salesforce, maka anda bisa mengelola hubungan customer, mengelola penjualan, melakukan analisa data dan kolaborasi tim dengan efektif dan mudah.

8. Google Analytics

Aplikasi besutan Google seperti Google Analytic juga dapat membantu bisnis dengan baik. Google analytic dapat melacak traffic situs web, dapat menganalisa perilaku dari pengunjung web, melacak kampanye pemasaran, melakukan analisis demografi, telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi bisnis, dan menyajikan fitur laporan untuk mengecek data web bisnis dalam bentuk grafik, tabel maupun visualisasi lainnya.

9. Hootsuite

Rekomendasi aplikasi bisnis lainnya adalah Hootsuite. Hootsuite merupakan aplikasi yang digunakan untuk manajemen media sosial untuk bisnis. Ada beberapa manfaat dari hootsuite, antara lain :

  • Memungkinkan usaha dapat mengelola akun sosial media melalui satu platform. Dalam hal ini, anda bisa menjadwalkan posting, memposting konten, dan lain sebagainya.
  • Bisa terintegrasi ke berbagai platform media sosial, antara lain LinkedIn, Youtube, Twitter dan Facebook. Sehingga memungkinkan bisnis dapat mengekspor dan mengimpor data menuju atau dari media sosial yang lainnya dengan cepat dan mudah.
  • Memugkinkan bisnis dapat berkolaborasi dengan antar tim. Bisa menetapkan tugas sekaligus membagikan informasi bersama anggota tim yang lainnya.

10. Klikpajak

Klikpajak merupakan aplikasi berbasis perpajakan online untuk bisnis. Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari aplikasi Klikpajak, antara lain :

  • Memungkinan usaha dapat melaporkan pajak dengan cara online.
  • Klikpajak menyajikan formulir pajak untuk anda isi serta pahami.
  • Menawarkan perhitungan pajak secara otomatis.
  • Menyimpan riwayat unuk pembayaran pajak usaha di satu tempat.

Faktor dalam Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda

software kelola

Dengan banyaknya pilihan aplikasi untuk bisnis di atas, tentu saja anda harus mempertimbangkan beberapa faktor pemilihan aplikasi untuk bisnis anda, antara lain :

1. Kebutuhan Bisnis

Pastikan aplikasi dapat memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis anda. Apabila anda dapat menjalankan usaha e-commerce, mungkin anda memerlukan aplikasi online shop yang mempunyai fitur, seperti telah terintegrasi dengan manajemen stok, platform pembayaran dan lainnya.

2. Fitur dan Fungsionalitas

Selain memahami kebutuhan bisnis, anda juga harus memilih perangkat lunak yang menawarkan fitur bisnis secara lengkap serta bersifat fungsionalitas. Dengan demikian, penggunaan aplikasi dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

3. Kemudahan Penggunaan

Sebaiknya pilih perangkat lunak atau aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah serta mempunyai interface yang intuitif. Hal tersebut bisa membantu pengguna untuk menggunakannya serta dapat meminimalisir waktu yang telah dihabiskan untuk biaya penyesuaian dan pelatihan.

4. Biaya

Anda juga harus mempertimbangkan biaya untuk aplikasi, seperti biaya dukungan teknis, biaya lisensi, serta biaya yang terkait lainnya dengan pemakaian aplikasi.

5. Keamanan

Faktor yang harus dipertimbangkan selanjutnya saat memilih aplikasi bisnis adalah fitur keamanan. Pastikan software tersebut mempunyai fitur keamanan memadai serta bisa menjaga data saha anda menjadi tetap terlindungi dan aman.

Baca Juga : Optimalkan Penjualan dengan 6 Rekomendasi Aplikasi Penjualan Online Berikut

Kesimpulan

Memiliki aplikasi untuk bisnis yang tepat memang membutuhkan waktu dan mengharuskan anda melewati proses yang tidak mudah. Akan tetapi, dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, maka anda bisa memilih aplikasi mana yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis.

Namun dengan melihat rekomendasi aplikasi produktif untuk bisnis, EQUIP ERP adalah pilihan aplikasi bisnis yang paling tepat. Karena sudah mewakili semua fitur yang tersedia pada setiap aplikasi. Mulai dari aplikasi manajemen customer, manajemen keuangan atau akuntansi, hingga menawarkan fitur terkait perhitungan pajak. Coba demo gratis software ERP dari EQUIP yang menigkatkan produktivitas dan mengefisienkan bisnis Anda sekarang.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now