19 Rekomendasi Software ERP Terbaik di Indonesia (2024)

Mengimplementasikan software ERP dapat memicu peningkatan yang signifikan dalam produktivitas dan akurasi data. Faktanya, studi menunjukkan bahwa 95% perusahaan mengalami peningkatan produktivitas dan akurasi data setelah mengimplementasikan perangkat lunak ERP.1 Ini adalah perubahan besar bagi bisnis dari berbagai ukuran.

Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) meningkatkan akurasi data dengan cara mengotomatisasi dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis dalam satu database terpusat. Hal ini memungkinkan data yang akurat dan dapat diakses oleh semua pengguna. Selain itu aplikasi ERP menghasilkan data yang dapat menjadi sumber daya penting untuk mendukung pengambilan keputusan yang cerdas.

Memilih produk ERP yang tepat sangat penting untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda. Ada beberapa contoh produk ERP terbaik yang tersedia di Indonesia. Luangkan waktu untuk mengevaluasi kebutuhan dan prioritas bisnis Anda, dan pilih vendor ERP yang sesuai dengan tujuan Anda. Dengan mengimplementasikan sistem ERP yang tepat, Anda dapat mengubah operasi bisnis Anda dan mendorong perusahaan Anda menuju kesuksesan.

DemoGratis

Daftar Isi

Mengapa Software ERP Penting Bagi Perusahaan?

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai proses bisnis dalam sebuah perusahaan. Software ERP memiliki bermacam-macam modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti modul gudang, keuangan, manajemen pesanan, manajemen pelanggan, manajemen SDM, dan lainnya. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan memiliki platform terpadu yang mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan visibilitas operasi bisnis.

Software ERP sangat penting untuk bisnis karena dapat meningkatkan akurasi proses bisnis dengan menyajikan informasi antar departemen secara real-time. Penggunaan sistem ERP bersifat modular, memungkinkan perusahaan untuk memilih modul yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga sistem ERP sangat fleksibel. Selain itu, sistem ERP dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan, mulai dari perusahaan jasa, manufaktur, hingga dagang.

Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk mengelola rantai pasokan mereka dengan lebih efisien. Dengan visibilitas atas pesanan dan persediaan, perusahaan dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan merespons secara cepat terhadap permintaan dan perubahan pasar.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, tidak mengherankan bahwa software ERP menjadi salah satu kebutuhan utama bagi perusahaan modern. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan produktivitas, dan meraih keunggulan kompetitif di pasar.

19 Rekomendasi Software ERP Terbaik di Indonesia

Ada banyak provider ERP di Indonesia, dan pemilik bisnis dihadapkan pada tantangan untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah informasi mengenai 19 rekomendasi perusahaan penyedia software ERP terbaik di Indonesia yang paling banyak digunakan:

1. Software EQUIP ERP

Software ERP EQUIP
EQUIP adalah vendor penyedia software ERP terbaik di Indonesia untuk segala jenis dan ukuran bisnis. EQUIP menawarkan solusi komprehensif seperti akuntansi, POS, CRM, inventaris, dan procurement. Dengan EQUIP, Anda dapat mengoptimalkan proses bisnis dan manajemen yang lebih efektif, bisnis Anda dapat menjadi lebih produktif dan kompetitif.

Bukan hanya itu, EQUIP ERP juga telah menjadi pilihan terpercaya bagi beberapa perusahaan besar dan ternama dari berbagai sektor industri. Contohnya, GS Shop, K3Mart, dan Nanakam Fresh Market telah berhasil meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka dengan menggunakan software ERP EQUIP.

Keuntungan Menggunakan Software ERP EQUIP

  1. Kemudahan akses data: Aplikasi ERP EQUIP dapat memberikan Anda akses yang mudah ke data dan informasi bisnis.
  2. Menyederhanakan proses bisnis: Software ERP EQUIP dapat membantu Anda dalam menyederhanakan proses bisnis.
  3. Meningkatkan pengembangan bisnis: Sistem ERP milik EQUIP scalable dan fleksibel, mendukung pertumbuhan bisnis Anda, memudahkan adaptasi terhadap perubahan skala bisnis dengan lebih mudah.

Banyak pebisnis di Indonesia telah merasakan lonjakan kemajuan bisnis mereka dengan program ERP EQUIP. Software ini menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih mudah dan efisien.

Kelebihan Kekurangan
  • Tampilan web dan mobile yang user-friendly.
  • Kemudahan dalam kustomisasi untuk mengikuti kebutuhan perusahaan.
  • Dapat diimplementasikan di ribuan cabang bisnis dan terintegrasi dengan software lainnya, seperti manajemen inventaris, akuntansi, dan sebagainya.
  • 100% Unlimited users tanpa biaya tambahan
  • × Waktu implementasi yang beragam sesuai dengan banyaknya kebutuhkan bisnis.
  • × Mempunyai banyak pilihan fitur, sehingga bisnis harus melakukan konsultasi dengan penyedia software.

EQUIP dapat membantu Anda meningkatkan penjualan, melacak inventaris, dan mengelola keuangan Anda. Jangan biarkan bisnis Anda tertinggal! Coba demo produk ERP EQUIP hari ini dan rasakan sendiri manfaatnya.

Beberapa Modul Penting yang Terdapat pada EQUIP ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) dari EQUIP terdiri dari berbagai modul yang dirancang untuk mengelola berbagai aspek bisnis dan operasional perusahaan.

  1. Inventaris: Mencakup pengelolaan persediaan, pemantauan stok, manajemen pesanan, dan optimasi rantai pasokan.
  2. Akuntansi: Modul ini mencakup akuntansi umum, pengeluaran, pembayaran, dan pelaporan keuangan. Melibatkan fungsi seperti pengelolaan aset, penggajian, dan pengendalian anggaran.
  3. Procurement: Melacak semua MRP, PR, PO, kelola tender pembelian dari berbagai vendor, evaluasi vendor, blanket order, dan masih banyak lagi.
  4. Manufaktur: Mengelola proses produksi, perencanaan kapasitas, kontrol kualitas, pengelolaan rantai pasokan, dan pemantauan persediaan.
  5. CRM (Costumer Relationship Management): Mengelola proses penjualan, pelacakan pesanan, manajemen kontrak, dan dukungan pemasaran.
  6. HRM: Modul SDM mencakup manajemen data karyawan, rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, dan administrasi gaji.
  7. Project Management: Modul ini memungkinkan perencanaan, pengelolaan, dan pemantauan proyek, termasuk alokasi sumber daya dan pelacakan kemajuan.

Software EQUIP sangat cocok untuk bisnis yang sedang berkembang pesat dan memiliki manajemen yang kompleks. Perangkat lunak ini dapat membantu pemilik bisnis mengawasi dan mengelola bisnis mereka dengan sangat baik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana EQUIP ERP dapat mengoptimalkan operasi bisnis Anda, jangan ragu untuk hubungi kami sekarang!

2. Sistem ERP SAP Business One

Sistem ERP SAP Business One

SAP Business One adalah solusi Enterprise Resource Planning (ERP) yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah. Dengan fokus pada integrasi dan efisiensi, SAP Business One menyediakan suatu kerangka kerja komprehensif untuk mengelola berbagai aspek operasional perusahaan.

SAP Business One mencakup berbagai modul yang saling terkait, mulai dari akuntansi, manajemen persediaan, penjualan, pembelian, hingga manufaktur. Tujuannya adalah memberikan visibilitas real-time ke data bisnis, memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat dan akurat.

Dengan kemampuan skalabilitasnya, SAP Business One dapat disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis, memastikan bahwa solusinya tetap relevan seiring waktu. Modul Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) memungkinkan perusahaan untuk melacak dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, sementara alat analisis bisnisnya membantu pemahaman kinerja bisnis dan identifikasi peluang atau masalah.

SAP Business One juga menawarkan integrasi yang mudah dengan aplikasi lain, mendukung konektivitas dengan solusi pihak ketiga. Dengan akses melalui perangkat mobile dan kemampuan bekerja di lingkungan cloud, solusi ini memastikan fleksibilitas kerja yang optimal.

Kelebihan Kekurangan
  • Kemampuan untuk bekerja dengan data secara real-time
  • Menawarkan berbagai laporan visual yang memudahkan interpretasi data
  • Mudah disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan skala bisnis
  • × Harga aplikasi ERP cenderung lebih mahal dibandingkan ERP lainnya
  • × Memerlukan waktu yang lama untuk mengupdate sistem
  • × Memiliki fitur kurva yang sulit untuk dipahami

3. Oracle Netsuite ERP Software

Oracle Netsuite ERP Software

Oracle NetSuite ERP adalah solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang menyajikan pendekatan terintegrasi untuk mengelola berbagai proses bisnis. Dengan fokus pada kesederhanaan dan kecepatan, NetSuite ERP memberikan solusi komprehensif bagi perusahaan untuk mengatasi tantangan operasional mereka.

Sistem ini mencakup sejumlah modul yang mencakup area kunci seperti keuangan, persediaan, manufaktur, penjualan, dan layanan pelanggan. Dengan integrasi yang erat antar modul, NetSuite memungkinkan perusahaan memiliki visibilitas penuh terhadap operasi mereka secara keseluruhan.

Keunikan NetSuite adalah pendekatannya yang berbasis cloud, memungkinkan akses data dari mana saja dengan koneksi internet. Ini tidak hanya meningkatkan fleksibilitas, tetapi juga memungkinkan pembaruan real-time dan kolaborasi tim yang lebih baik.

Dengan menyajikan solusi yang berfokus pada kecepatan, integrasi, dan keamanan, Oracle NetSuite ERP menjadi pilihan yang menarik bagi perusahaan yang mencari cara untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka secara keseluruhan.

Kelebihan Kekurangan
  • Software dapat disesuaikan dengan alur bisnis Anda
  • Cocok digunakan oleh bisnis dengan berbagai skala
  • Dapat digunakan pada mobile apps
  • × Biaya subscription dapat berubah seiring waktu
  • × Banyak biaya tambahan dan fee lainnya
  • × Tidak tersedia di Indonesia, harus beli melalui distributor

4. Produk ERP HashMicro

Produk ERP HashMicro

HashMicro merupakan perusahaan provider layanan ERP system terbaik asal Indonesia yang telah membantu banyak perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan optimasi operasional bisnis perusahaan. Software ERP HashMicro adalah solusi yang sangat efektif untuk membantu perusahaan Anda dalam mengelola operasi dan proses bisnis secara terintegrasi dan efisien. 

HashMicro, menyediakan berbagai modul erp yang mendukung operasional perusahaan:

  1. Modul CRM (Customer Relationship Management): Melibatkan manajemen data prospek dan pelanggan, pemantauan proses penjualan, penjadwalan follow-up, pembuatan penawaran, faktur, dan laporan penjualan.
  2. Modul Akuntansi: Mempermudah pembukuan, penyusunan anggaran, perhitungan depresiasi aset, rekonsiliasi bank, pembuatan faktur, laporan keuangan, dan estimasi arus kas.
  3. Modul Inventory (Sistem Manajemen Inventaris): Memungkinkan transfer stok otomatis antar lokasi gudang. Fitur mencakup prakiraan inventaris, pengambilan dan pengepakan stok, manajemen pemasok, dan pelacakan pengiriman.
  4. Modul HRM (Human Resource Management):Membantu dalam manajemen gaji karyawan, rekrutmen, pelacakan kehadiran, cuti, pengelolaan pajak, dan tugas lainnya terkait SDM.
  5. Modul Procurement: Mendukung efisiensi proses pembelian, termasuk manajemen sumber daya, vendor, dan pengiriman invoice. Tujuannya adalah mempertahankan inventaris optimal dan memudahkan komunikasi dengan pihak terkait.
Kelebihan Kekurangan
  • Menyediakan dukungan penuh dari tim ahli yang siap membantu
  • Fitur-fitur ERP software lengkap dengan tampilan yang sederhana
× Durasi implementasi bisa bervariasi, tergantung pada tingkat kustomisasi yang diinginkan oleh perusahaan

5. REDERP Software

RedErp Software

Software REDERP adalah suatu solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola dan mengintegrasikan berbagai aspek operasional mereka.

REDERP juga menawarkan modul-modul yang komprehensif untuk mendukung berbagai fungsi perusahaan. Mulai dari akuntansi dan manajemen persediaan hingga produksi dan manajemen sumber daya manusia, REDERP dirancang untuk memberikan visibilitas menyeluruh dan efisiensi operasional.

Keunggulan REDERP Software meliputi kemampuan integrasi yang kuat antar modul, fleksibilitas akses melalui platform cloud, dan fokus pada analisis data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Selain itu, sistem REDERP dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal, memudahkan perusahaan dalam mengelola dan memaksimalkan proses bisnis mereka.

Kelebihan Kekurangan
  • Customer service yang interaktif
  • Tampilan yang ramah pengguna dan mudah digunakan
  • Mudah disesuaikan untuk menangani beragam lini bisnis
  • × Terkadang menemui bug pada sistem
  • × Terdapat batasan fitur yang tersedia

6. Aplikasi ERP Oracle

Aplikasi ERP Oracle

Aplikasi ERP Oracle adalah solusi perangkat lunak terintegrasi yang menyediakan rangkaian lengkap modul untuk membantu perusahaan mengelola proses bisnis mereka secara efisien. Oracle ERP mencakup berbagai aspek operasional perusahaan, mulai dari keuangan, persediaan, manufaktur, hingga sumber daya manusia.

Salah satu fitur utama Oracle ERP adalah integrasinya yang kuat, memungkinkan data mengalir mulus antar modul. Hal ini memberikan visibilitas menyeluruh terhadap operasi perusahaan, memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat waktu.

Dalam konteks keuangan, Oracle ERP menyediakan modul akuntansi yang mencakup pembukuan, pelaporan keuangan, dan manajemen aset. Modul persediaan membantu perusahaan mengoptimalkan stok, memantau pergerakan barang, dan meningkatkan efisiensi rantai pasokan.

Secara keseluruhan, Oracle ERP adalah solusi komprehensif yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola seluruh aspek operasional mereka, meningkatkan efisiensi, dan mendukung pertumbuhan jangka panjang.

Kelebihan Kekurangan
  • Software dapat disesuaikan dengan alur bisnis Anda
  • Cocok digunakan oleh bisnis dengan berbagai skala
  • × Biaya subscription dapat berubah seiring waktu
  • × Dukungan tambahan memerlukan biaya ekstra

7. Zoho Software ERP

Zoho Software ERP

Zoho menghadirkan Software ERP ( Enterprise Resource Planning) yang menyediakan suatu platform terpadu untuk manajemen bisnis. Dengan pendekatan yang holistik, Zoho ERP berfungsi sebagai alat bantu yang mencakup berbagai aspek bisnis, termasuk keuangan, persediaan, dan produksi.

Dalam domain keuangan, Zoho ERP menyediakan alat untuk melacak dan mengelola aspek keuangan perusahaan dengan efisiensi. Hal ini mencakup pembuatan laporan yang informatif dan pengelolaan aset yang lebih baik. Modul persediaannya dirancang untuk memantau stok barang, mengelola pesanan, dan melacak pengiriman dengan sistematis.

Zoho ERP juga memberikan dukungan yang solid untuk sektor produksi. Fitur perencanaan produksi yang dimilikinya memungkinkan perusahaan merencanakan kegiatan produksi secara efisien, sementara kontrol kualitasnya menjamin tingkat standar yang tinggi dalam hasil produksi.

Kelebihan Kekurangan
  • Sistemnya cocok untuk bisnis skala kecil hingga besar
  • Sistem dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan
  • × Respons layanan pelanggan membutuhkan waktu lama
  • × Tampilan antarmuka pengguna kurang intuitif dan kompleks

8. Aplikasi Koneksi ERP

Aplikasi Koneksi ERP

Software ERP dari Koneksi merupakan solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat diibaratkan sebagai mitra andal dalam mengelola berbagai aspek operasional bisnis. Sebagai suatu platform terpadu, Koneksi ERP berfungsi sebagai asisten virtual yang efisien untuk mengelola keuangan, sumber daya manusia, dan berbagai aspek kritis bisnis lainnya.

Koneksi tidak hanya berfokus pada aspek keuangan dan sumber daya manusia, tetapi juga menyediakan fitur canggih untuk manajemen produksi dan persediaan. Ini memungkinkan perencanaan produksi yang lebih efektif dan pengelolaan stok yang optimal. Fitur pelaporan dan analisis yang canggih memberikan wawasan menyeluruh terhadap kinerja bisnis.

Koneksi memiliki berbagai fitur unggulan yang akan menjawab berbagai kebutuhan perusahaan Anda:

  • Easily Accessible on Mobile Apps: Akses mudah melalui aplikasi seluler memberikan fleksibilitas tinggi dan memungkinkan tim untuk mengakses perangkat lunak dengan cepat, di mana pun mereka berada.
  • Cloud-Based Management System: Sistem manajemen berbasis cloud memastikan akses dan penyimpanan data yang efisien, membebaskan perusahaan dari kendala fisik dan memberikan fleksibilitas dalam manajemen informasi.
  • WhatsApp & Email Omni-Channel: Kemampuan beroperasi melalui kanal komunikasi omni-channel, termasuk WhatsApp dan Email, memberikan fleksibilitas komunikasi yang optimal, memungkinkan interaksi efisien dan real-time dengan klien dan pelanggan.
  • Multi-Level Analytical Data Reports: Laporan data analitis multi-level memberikan keunggulan dalam pemahaman bisnis. Dengan wawasan mendalam dari berbagai tingkatan analisis, perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan data yang kuat dan terinci.
Kelebihan Kekurangan
  • Mempunyai desain yang user-friendly
  • Memberikan layanan pelanggan yang andal dan cepat tanggap
  • Harga software ERP terjangkau untuk bisnis kecil
  • × Tidak menyediakan fitur yang sangat khusus untuk beberapa sektor industri
  • × Diperlukan lebih banyak bantuan dari tim dukungan, dikarenakan kerumitan fitur
SkemaHarga

9. Aplikasi ERP Epicor

Epicor ERP adalah aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang menyediakan solusi terpadu untuk mengelola berbagai aspek operasional perusahaan, termasuk keuangan, manufaktur, rantai pasokan, dan sumber daya manusia.

Dengan fokus pada skalabilitas, analisis data yang mendalam, dan integrasi modul yang kuat, Epicor bertujuan memberikan platform yang efisien dan adaptif untuk perusahaan dari berbagai sektor dan ukuran.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka pengguna intuitif, fleksibilitas cloud, dan pembaruan teknologi terkini untuk mendukung keberlanjutan dan efisiensi bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Software ERP yang dikembangkan khusus untuk sektor manufaktur
  • Customer service yang interaktif
  • Tidak ada biaya tambahan untuk mengintegrasikan sistem
  • × Harganya yang tinggi hanya mencakup beberapa modul tertentu
  • × Cakupan industri dan fitur belum memiliki kedalaman yang diinginkan

10. Deskera Software ERP

Deskera Software ERP

Deskera menghadirkan software ERP yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola berbagai aspek operasional mereka secara terintegrasi.

Hal ini dikarenkan deskera menyediakan modul-modul yang mencakup keuangan, manufaktur, persediaan, penjualan, dan sumber daya manusia. Dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan integrasi, Deskera bertujuan memberikan solusi yang komprehensif dan adaptif bagi perusahaan dari berbagai sektor dan ukuran.

Platform ini juga menawarkan akses melalui cloud, analisis data, dan fitur kolaborasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan.

Kelebihan Kekurangan
  • Tampilan yang ramah pengguna dan mudah digunakan
  • Memiliki banyak pilihan modul dan fitur
  • × Customer service yang kurang responsif
  • × Terkadang menemui bug pada sistem
SkemaHarga

11. Ecount ERP Software

Ecount ERP Software

Aplikasi ERP dari Ecount adalah solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat pertimbangkan, karenamenyediakan berbagai modul untuk mengelola fungsi-fungsi kunci perusahaan.

Dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan fleksibilitas, Ecount ERP mencakup area keuangan, penjualan, pembelian, persediaan, produksi, dan manajemen proyek.

Software ERP Ecount didesain untuk beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dari berbagai sektor, Ecount memberikan platform yang efisien dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Sistem komprehensif dengan akses data bisnis secara real-time
  • Layanan pelanggan yang cepat tanggap
  • × Sistem memiliki keterbatasan dalam kustomisasi
  • × Memiliki fitur yang sedikit jika dibandingkan dengan kompetitor lain

12. Sage Intacct ERP

Sage Intacct ERP

Sage Intacct adalah solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang menitikberatkan pada pengelolaan keuangan perusahaan.

Dengan berbagai modul yang mencakup Manajemen Keuangan, Manajemen Proyek, dan Manajemen Persediaan, Sage Intacct memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengoptimalkan aspek keuangan mereka secara efisien.

Keunggulan utamanya terletak pada pendekatan berbasis cloud, memberikan akses mudah dari berbagai lokasi. Antarmuka pengguna yang intuitif dan fitur pelaporan analitis yang kuat menjadikan Sage Intacct solusi ERP yang terintegrasi dan efektif untuk pengelolaan keuangan yang canggih.

Kelebihan Kekurangan
  • Mudahkan dalam mengoperasikannya, karena desain yang intuitif
  • Mudah disesuaikan untuk menangani beragam lini bisnis
  • × Penyesuaian khusus di Sage mungkin memerlukan effort lebih bagi pebisnis
  • × Beberapa aspek kontrol kualitas  kurang memadai bagi standar tertentu

13. ERPNext

ERPNext

ERPNext adalah solusi ERP sumber terbuka yang menyediakan modul terintegrasi untuk mengelola semua aspek operasional perusahaan, termasuk keuangan, penjualan, pembelian, persediaan, produksi, dan sumber daya manusia.

Dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan fleksibilitas implementasi di lokal atau cloud, ERPNext memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi sesuai kebutuhan mereka.

Modul manajemen proyek, fitur pelaporan dan analisis, serta komunitas pengguna yang aktif menjadikan ERPNext solusi ERP yang terbuka, terintegrasi, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Sistem ERPNext dapat digunakan oleh beragam sektor
  • User interface yang fleksibel
  • × ERPNext kurang cocok untuk perusahaan besar karena keterbatasan fungsionalitas
  • × Perkembangan fitur di ERPNext mungkin tidak sesuai ekspektasi

14. Brightpearl ERP

Brightpearl ERP

Brightpearl adalah perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang dirancang khusus untuk bisnis ritel dan e-commerce. ERP Brightpearl mencakup berbagai fungsi, termasuk manajemen inventaris, pesanan, keuangan, dan pelanggan.

Dengan memadukan data dari berbagai departemen, perangkat lunak ini membantu perusahaan mengoptimalkan operasional mereka. Brightpearl juga menyediakan integrasi dengan platform e-commerce populer seperti Shopify dan Magento, memudahkan pengelolaan bisnis secara menyeluruh.

Dengan antarmuka yang mudah dipahami, Brightpearl cocok dengan gaya penulisan provokatif dan dapat membantu perusahaan untuk efisien dalam dunia bisnis yang terus berkembang.

Kelebihan Kekurangan
  • Menawarkan dukungan pelanggan dengan respon cepat
  • Terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce global
  • × Tidak memiliki layanan pelanggan gratis di telepon, hanya melalui email
  • × Terdapat batasan fitur yang tersedia

15. Program ERP Acumatica

Program ERP Acumatica

Acumatica menghadirkan solusi ERP terdepan, menghadirkan integrasi dan fleksibilitas berbasis cloud. Modul terintegrasi mencakup keuangan, manufaktur, distribusi, CRM, dan proyek, memberikan ekosistem menyeluruh.

Platform ini memberikan kemudahan akses, sementara fokus pada analisis bisnis dan kustomisasi memberi kendali penuh kepada perusahaan untuk menyelaraskan sistem dengan kebutuhan unik mereka.

Acumatica bukan hanya ERP; ini adalah ekosistem terintegrasi yang memimpin perusahaan ke era efisiensi dan adaptabilitas.

Kelebihan Kekurangan
  • Mengadopsi arsitektur berbasis cloud, memungkinkan akses data melalui internet.
  • Terhubung dengan beragam sistem dan aplikasi lainnya
  • × Mengharuskan pengguna memiliki pengetahuan teknis mendalam mengenai sistem
  • × Beberapa modul fungsional dalam Acumatica mungkin tidak sepenuhnya lengkap

16. Software ERP NetSuite

netsuite software erp

NetSuite adalah aplikasi ERP berbasis cloud yang menawarkan integrasi menyeluruh untuk berbagai fungsi bisnis seperti keuangan, CRM, e-commerce, dan manajemen inventaris. Sistem ini memiliki kemampuan analitik yang kuat dan dashboard yang dapat disesuaikan.

NetSuite membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan efisien. Fleksibilitasnya memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk bisnis yang berkembang pesat.

Kelebihan Kekurangan
  • Menyediakan integrasi yang kuat antara berbagai fungsi bisnis.
  • Menawarkan kemampuan analitik dan pelaporan real-time.
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan.
  • × Proses implementasi bisa memakan waktu dan memerlukan sumber daya yang signifikan.
  • × Pengguna baru mungkin memerlukan waktu untuk terbiasa dengan semua fitur dan fungsionalitas.
  • × Meskipun fleksibel, beberapa pengguna melaporkan keterbatasan dalam kustomisasi tertentu.

17. Produk ERP Workday

produk erp workday

Workday adalah perusahaan ERP yang berfokus pada manajemen sumber daya manusia dan keuangan. Dengan antarmuka yang intuitif dan berbasis cloud, Workday memudahkan perusahaan untuk mengelola data karyawan, penggajian, dan laporan keuangan dalam satu platform terintegrasi.

Workday juga menawarkan analitik real-time dan kemampuan untuk menyesuaikan proses bisnis, memberikan perusahaan kendali penuh atas operasional mereka.

Kelebihan Kekurangan
  • Mudah digunakan dengan antarmuka yang ramah pengguna.
  • Sangat kuat dalam manajemen sumber daya manusia dan keuangan.
  • Menyediakan analitik dan pelaporan real-time yang membantu dalam pengambilan keputusan cepat.
  • × Kustomisasi pada modul tertentu kurang fleksibel.
  • × Modul yang sangat spesifik bisa menjadi terlalu kompleks untuk kebutuhan dasar.
  • × Integrasi dengan sistem lain memerlukan solusi tambahan.

18. FinancialForce ERP

financialforce erp

FinancialForce adalah provider ERP berbasis cloud yang dibangun di atas platform Salesforce. Fokus utamanya adalah pada manajemen keuangan dan layanan profesional, memungkinkan integrasi yang mulus dengan CRM Salesforce.

FinancialForce menyediakan visibilitas penuh terhadap kinerja keuangan dan operasional perusahaan, membantu dalam pengelolaan proyek, penagihan, dan pelaporan keuangan dengan efisiensi tinggi.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi yang mulus dengan CRM Salesforce.
  • Sangat cocok untuk perusahaan yang berfokus pada layanan profesional dan manajemen proyek.
  • Menyediakan pelaporan dan analitik yang kuat untuk pengelolaan keuangan dan operasional.
  • × Implementasi bisa memakan waktu dan memerlukan sumber daya yang signifikan.
  • × Beberapa pengguna melaporkan keterbatasan dalam kustomisasi tertentu.

19. Compiere ERP Software

compiere erp software

Compiere adalah software ERP open-source yang menawarkan fleksibilitas tinggi dan kemampuan kustomisasi. Produk ini memiliki modul-modul yang mencakup keuangan, distribusi, dan manajemen inventaris.

Compiere memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Solusi ini cocok untuk perusahaan yang mencari ERP dengan biaya lebih rendah namun tetap menawarkan fungsionalitas yang kuat.

Kelebihan Kekurangan
  • Memberikan fleksibilitas tinggi dan kemampuan kustomisasi yang luas.
  • Menyediakan berbagai modul yang mencakup keuangan, distribusi, dan manajemen inventaris.
  • Didukung oleh komunitas pengguna yang aktif, menyediakan sumber daya dan dukungan tambahan.
  • × Dukungan resmi terbatas.
  • × Kustomisasi yang sangat menjadi kompleks dan memerlukan keahlian teknis.
  • × Antarmuka pengguna kurang intuitif.

Bagaimana Memilih Software ERP yang Tepat?

Memilih sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang tepat bagi bisnis merupakan keputusan kritis yang dapat berpengaruh pada efisiensi dan produktivitas perusahaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu dalam memilih sistem ERP yang sesuai:

  1. Evaluasi Kebutuhan Bisnis: Identifikasi kebutuhan unik bisnis Anda. Libatkan pemangku kepentingan dan pahami proses bisnis yang ada dengan baik. Pertimbangkan area seperti keuangan, manufaktur, distribusi, CRM, dan lainnya.
  2. Tentukan Anggaran: Tetapkan anggaran yang realistis untuk implementasi dan pemeliharaan ERP. Ini mencakup biaya lisensi, konsultasi, pelatihan, dan dukungan.
  3. Fokus pada Skalabilitas: Pilih sistem yang dapat disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis Anda. Pastikan bahwa ERP dapat dengan mudah disesuaikan dengan perubahan skala dan kompleksitas perusahaan.
  4. Integrasi dengan Sistem yang Ada: Pastikan ERP dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah ada, seperti sistem manajemen database, aplikasi bisnis, dan perangkat lunak lainnya. Hal ini meminimalkan ketidakseimbangan data dan meningkatkan efisiensi.
  5. Keamanan dan Kepatuhan: Pertimbangkan keamanan data yang ketat dan kemampuan untuk memenuhi regulasi industri atau kepatuhan hukum yang berlaku.
  6. Pemilihan Vendor yang Andal: Teliti vendor ERP yang berpotensi. Pertimbangkan pengalaman mereka, reputasi, dan seberapa baik mereka mendukung pelanggan setelah implementasi.
  7. Demo dan Uji Coba: Mintalah demo dari calon sistem ERP dan lakukan uji coba. Libatkan tim pengguna yang sebenarnya untuk mendapatkan pandangan langsung tentang kemudahan penggunaan dan fungsionalitas.
  8. Kemudahan Penggunaan: Pastikan antarmuka pengguna sistem ERP mudah digunakan. Pelatihan yang efektif untuk pengguna baru juga penting untuk mengoptimalkan penerapan.

Dengan menyelidiki dan merencanakan dengan cermat, bisnis dapat memilih sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan unik mereka dan juga mendukung pertumbuhan serta keberlanjutan jangka panjang.

Pelajari lebih lanjut tentang Panduan Praktis Memilih Produk dan Vendor ERP

Kesimpulan

Implementasi ERP tidak hanya membantu menghilangkan sistem manual dalam perusahaan, tetapi juga memperbaiki pencatatan, penjadwalan, dan proses bisnis lainnya. Dengan ERP, Anda dapat mengintegrasikan informasi keuangan, pesanan pelanggan, serta standarisasi proses pabrikasi dan informasi sumber daya manusia.

Studi menunjukkan bahwa penerapan ERP mempermudah dan membantu proses produksi, sehingga Anda dapat bersaing lebih baik di pasar yang kompetitif. Software ERP membantu meningkatkan kolaborasi antar departemen dengan data terpusat dan konsisten, sementara produk ERP juga membantu perusahaan dalam penghematan biaya administrasi dan operasional.

Terlepas dari industri Anda, baik itu dalam konstruksi, manufaktur, atau bisnis ritel, software ERP dapat membantu memantau proyek secara real-time, mengelola inventaris, dan mengelola rantai pasokan, inventaris, dan keuangan. Modul dalam software ERP mencakup Finance, Human Resources, Inventory, CRM, Paperless Office, Point of Sale, General Affair & Procurement, Legal Management System, Asset, dan lainnya.

EQUIP adalah software ERP terdepan di Indonesia yang menawarkan solusi terintegrasi. Artinya, software EQUIP dapat dipadukan dengan software lain yang sudah Anda gunakan. Kelebihan ini membuat EQUIP pilihan tepat bagi pemilik usaha yang ingin meningkatkan kelancaran operasional.

Perangkat lunak EQUIP dirancang khusus untuk bisnis yang sedang berkembang pesat dan memiliki struktur manajemen yang kompleks. Fitur-fitur canggihnya membantu pemilik bisnis dalam melakukan pengawasan dan manajemen secara efisien. Aplikasi ERP EQUIP cocok untuk berbagai jenis industri dan ukuran bisnis. Software ini memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan pertumbuhan usaha Anda.

Rasakan langsung manfaat EQUIP dengan mendaftarkan demo ERP software dari EQUIP, Anda dapat mencoba sistem ini secara langsung dan mengeksplor semua fitur canggih yang ditawarkan.

Link Sumber

1‘The Ultimate List of ERP Statistics for 2024’ FounderJar, diakses pada 13 Juni 2024,  https://www.founderjar.com/erp-statistics/.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now