10 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Aset Terbaik 2024

Mengelola aset perusahaan secara manual bukan hanya memakan waktu, tetapi juga penuh risiko. Studi dari IDC menyatakan bahwa perusahaan yang beralih dari manajemen aset manual ke sistem otomatis mengalami peningkatan produktivitas hingga 20% dan peningkatan efisiensi operasional hingga 30%.

Tanpa sistem manajemen aset yang efisien, tak jarang bisnis terjebak pada permasalahan seperti kehilangan aset, penurunan kinerja serta peningkatan beban administratif. Hal ini tentunya dapat mengganggu operasi bisnis dan mengakibatkan biaya pemeliharaan yang tidak terduga.

Melalui penggunaan software manajemen aset yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya yang tidak perlu, dan meningkatkan daya saing mereka di pasar. Ini memungkinkan mereka untuk fokus pada pertumbuhan bisnis dan inovasi, sambil memastikan bahwa aset mereka dikelola dengan optimal.

Di sisi lain, memilih aplikasi yang tepat dalam manajemen aset perusahaan adalah hal yang juga menjadi tantangan, sehingga perlu perhatian lebih untuk melakukan riset mendalam terkait sistem yang akan digunakan. Melalui artikel ini, akan dijelaskan beberapa rekomendasi managemen asset software yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

Daftar Isi

    1. Equip Management Asset Software
    2. Oracle
    3. HashMicro Asset Management
    4. Infor
    5. Talenta
    6. Sage Fixed Asset
    7. Odoo
    8. GoCodes Asset Management
    9. Ivanti IT
    10. Asset Explorer

Apa itu Asset Management?

Asset management adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk melacak dan mengelola aset mereka, baik itu aset fisik seperti mesin, alat produksi dan aset lainnya.

Manajemen aset mencakup berbagai aktivitas seperti pelacakan lokasi aset, penjadwalan pemeliharaan, penghitungan depresiasi, dan pengelolaan siklus hidup aset. Sistem manajemen aset yang efektif membantu perusahaan untuk memaksimalkan nilai dari aset yang mereka miliki, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi. 

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, manajemen aset menjadi semakin penting untuk menjaga keunggulan kompetitif dan memastikan penggunaan sumber daya yang optimal.

Dengan teknologi yang terus berkembang, banyak perusahaan beralih ke solusi digital untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan proses ini, memastikan bahwa setiap aset digunakan sebaik mungkin sepanjang masa pakainya.

Manfaat Aplikasi Asset Management untuk Bisnis

Menggunakan sistem manajemen aset dalam bisnis membawa berbagai keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

  • Peningkatan efisiensi operasional: Dengan sistem manajemen aset, perusahaan dapat melacak dan mengelola aset secara real-time, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari dan mengidentifikasi aset.
  • Penghematan biaya: Pemeliharaan preventif yang dijadwalkan dengan baik dapat memperpanjang masa pakai aset dan mengurangi biaya penggantian yang tidak terduga.
  • Kepatuhan regulasi: Sistem manajemen aset membantu perusahaan memenuhi berbagai persyaratan regulasi dengan menyediakan catatan yang akurat dan up-to-date.
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik: Data yang dihasilkan dari sistem manajemen aset memberikan wawasan berharga yang dapat digunakan untuk membuat keputusan strategis yang lebih baik.
  • Keamanan yang ditingkatkan: Pelacakan aset secara real-time dan sistem keamanan yang kuat membantu melindungi aset dari pencurian dan kehilangan.
  • Optimasi penggunaan aset: Dengan pemantauan yang terus menerus, perusahaan dapat memastikan bahwa aset digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Aset Terbaik

Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen aset yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya yang tidak perlu, dan fokus pada pertumbuhan bisnis. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi manajemen aset yang bisa menjadi pertimbangan untuk efektivitas bisnis Anda.

1. Equip Management Asset Software

equip dashboard

Equip Management Asset Software adalah salah satu platform yang dapat menjawab permasalahan manajemen aset bisnis Anda. Software ini menyediakan fitur pelacakan aset real-time, manajemen pemeliharaan preventif, dan integrasi dengan perangkat mobile. 

Dengan pengalaman menangani ribuan perusahaan dari berbagai industri, platform ini menawarkan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik tiap perusahaan. Dengan antarmuka yang user-friendly, Equip management asset software memudahkan pengguna untuk mengelola berbagai jenis aset dari satu platform. 

Kelebihan utama dari Equip management software adalah fleksibilitasnya untuk penyesuaian sistem sehingga bisa memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Dengan dukungan analitik yang canggih, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan aset dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Keamanan data yang kuat juga memastikan bahwa informasi aset perusahaan terlindungi dengan baik. Equip asset management juga dilengkapi dengan teknologi RFID sehingga memudahkan pelacakan dan identifikasi aset perusahaan secara cepat dan akurat.

 Beberapa fitur yang ditawarkan Equip antara lain:

  • Asset tracking with GPS integration: memantau dan memonitor aset perusahaan di berbagai lokasi secara real-time.
  • Asset stock taking: fitur ini memastikan barang yang dimiliki perusahaan sesuai dengan data sistem.
  • Asset Document Renewal: memungkinkan pelacakan dokumen aset dan memberikan notifikasi ketika pembaruan diperlukan, memastikan pembaruan dan kepatuhan yang tepat waktu.
  • Asset cost report: memberikan informasi untuk keputusan pembelian dan retensi aset dengan menganalisis penyusutan aset dan biaya pemeliharaan.
  • Barcode scanner: sistem barcode yang digunakan untuk digitalisasi pencatatan aset perusahaan.
  • Service logs: pemberitahuan otomatis terkait pembaharuan kondisi aset.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana Equip manajemen aset membantu operasional bisnis Anda, klik banner di bawah ini untuk mendapatkan demo gratisnya sekarang juga.

DemoGratis  

2. Oracle Asset Management

oracle asset management

Oracle Asset Management adalah salah satu penyedia perangkat lunak terbesar di dunia, menawarkan keandalan dan dukungan yang komprehensif. Dengan fitur seperti pelacakan aset terintegrasi, manajemen siklus hidup aset, dan analisis prediktif, Oracle Asset Management memberikan nilai tambah bagi perusahaan besar. 

Skalabilitasnya memungkinkan untuk mengelola aset dalam skala besar dengan efisiensi tinggi, menjadikannya pilihan ideal untuk perusahaan yang membutuhkan solusi yang kuat dan dapat diandalkan. Namun, biaya implementasi dan pemeliharaan yang tinggi bisa menjadi kendala bagi perusahaan kecil dan menengah. 

Oracle manajemen asset menawarkan beberapa ftur antara lain:

  • Asset management
  • Work management
  • Report & analytic

3. HashMicro Asset Manajemen

aset manajemen hashmicro dashboard

HashMicro adalah solusi manajemen aset berbasis cloud yang dirancang untuk berbagai jenis industri, menawarkan fleksibilitas dan efisiensi. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur seperti pelacakan aset otomatis, manajemen inventaris, dan laporan analitik yang mendalam. 

Salah satu kelebihan HashMicro adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan kebutuhan spesifik bisnis, memungkinkan penyesuaian yang mudah dan cepat. Dengan fleksibilitasnya yang tinggi, membuat HashMicro membutuhkan waktu yang bervariasi dalam implementasi sistem.

Secara keseluruhan, HashMicro menawarkan nilai yang baik dengan kombinasi fitur yang kuat dan didesain untuk menyelesaikan masalah aset perusahaan secara end-to-end. Fitur-fitur aplikasi manajemen aset HashMicro adalah:

  • Asset Maintenance Budget
  • Preventive Maintenance Scheduling
  • Asset Stock Take with barcode
  • Asset GPS Tracking
  • Parent & Child Asset Management

4. Infor Asset Management

infor manajemen aset dashboard

Infor menyediakan solusi manajemen aset dengan fokus pada analitik dan efisiensi operasional. Dengan fitur seperti pelacakan aset yang terperinci, manajemen pemeliharaan, dan integrasi dengan berbagai sistem ERP lainnya, Infor memberikan alat yang kuat untuk mengoptimalkan pengelolaan aset. 

Kemampuan analitik yang kuat memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan berbasis data dengan lebih baik, menjadikan Infor pilihan yang sangat baik untuk bisnis yang mencari solusi berbasis data.

Namun, kurva pembelajaran yang curam dan biaya pelatihan tambahan bisa menjadi kendala. Beberapa fitur yang ditawarkan Infor sistem manajemen aset adalah:

  • Asset tracking
  • Maintenance management
  • Reporting & analitycs

5. Talenta

talenta manajemen aset

Talenta adalah solusi HR dan manajemen aset yang terintegrasi, menawarkan berbagai fitur untuk mengelola sumber daya manusia dan aset fisik. 

Platform ini merupakan provider manajemen aset yang dirancang khusus untuk mengelola aset perusahaan yang berada di lingkungan kantor, seperti komputer, perangkat keras, furnitur, dan perlengkapan kantor lainnya. Software ini kurang mendukung pengelolaan aset alat berat dan peralatan lapangan.

Keunggulan software aset manajemen ini adalah kemampuannya untuk menggabungkan manajemen aset dan HR dalam satu platform yang mudah digunakan. Namun, fungsionalitas yang terbatas untuk perusahaan besar bisa menjadi kekurangan jika kebutuhan manajemen aset mereka lebih kompleks. Beberapa fitur didalamnya:

  • Dokumentasi aset
  • Inventaris aset
  • Pelaporan dan analitik

6. Sage Fixed

sage fixed asset management

Sage Fixed merupakan salah satu vendor sistem manajemen aset yang dirancang khusus untuk kebutuhan akuntansi dan pelaporan aset. Dengan fitur seperti pelacakan aset, penghitungan depresiasi, dan pelaporan keuangan, Sage Fixed sangat cocok untuk tim keuangan. 

Namun, fungsionalitas pelacakan fisik aset mungkin terbatas dibandingkan dengan solusi lain yang lebih komprehensif. Meski demikian, bagi perusahaan yang fokus pada pelaporan keuangan dan pengelolaan depresiasi aset, Sage Fixed menawarkan alat yang sangat berguna dan efisien. Beberapa fitur yang ada di dalamnya adalah:

  • Asset tracking
  • Cost allocation
  • Report & analytic

7. Odoo

asset management odoo dashboard

Odoo adalah platform ERP open-source yang menawarkan modul manajemen aset sebagai bagian dari paket lengkapnya. Fitur utama meliputi pelacakan aset, pemeliharaan preventif, dan integrasi dengan modul lain seperti keuangan dan inventaris. 

Fleksibilitas Odoo memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan modul sesuai kebutuhan spesifik mereka, menjadikannya pilihan yang sangat serbaguna. Namun, implementasi dan penyesuaian mungkin memerlukan bantuan teknis tambahan, terutama untuk perusahaan yang tidak memiliki tim IT yang kuat. 

Fitur-fitur yang dimiliki software ini antara lain:

  • Asset tracking
  • Maintenance management
  • Security & access control

8. GoCodes

gocodes aset manajemen

GoCodes adalah solusi manajemen aset berbasis QR code yang memudahkan pelacakan dan pengelolaan aset dari perangkat mobile. 

Dengan fitur seperti pelacakan aset real-time, audit aset, dan pelaporan yang mudah diakses, GoCodes menawarkan solusi yang sangat praktis dan mudah digunakan, terutama bagi tim lapangan yang membutuhkan akses cepat dan mudah ke informasi aset.

Kelebihan utama dari GoCodes adalah kemudahan dalam setup dan penggunaan. Namun, fitur yang tersedia mungkin kurang lengkap untuk kebutuhan perusahaan besar dengan banyak aset. Fitur-fitur GoCodes Aset Manajemen antara lain:

  • Asset tags
  • Maintenance scheduling
  • User access management

9. Ivanti IT

ivanti aset manajemen dashboard

Dengan fitur utama seperti pelacakan perangkat lunak dan perangkat keras, manajemen lisensi, dan kepatuhan regulasi, Ivanti memberikan alat yang kuat untuk mengelola seluruh siklus hidup aset TI.

Kelebihan Ivanti adalah kemampuan untuk mengelola aset TI secara komprehensif dengan fitur-fitur yang dirancang khusus untuk kebutuhan teknologi informasi. Namun, harga yang relatif tinggi dan kebutuhan pelatihan khusus bisa menjadi kendala bagi beberapa perusahaan. 

Beberapa fitur yang ditawarkan Ivanti IT aset manajemen adalah:

  • Asset discovery & inventory
  • Lifecycle management
  • Reporting and Analytics

10. Asset Explorer

asset explorer dashboard

Asset Explorer adalah aplikasi manajemen aset dari ManageEngine yang menawarkan berbagai fitur untuk pengelolaan aset TI dan non-TI. Fitur utama termasuk pelacakan aset, manajemen pemeliharaan, dan pelaporan yang komprehensif. 

Keunggulan utama dari Asset Explorer adalah antarmuka yang intuitif dan kemampuan integrasi yang baik, membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi banyak perusahaan. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa layanan pelanggan bisa ditingkatkan untuk respon yang lebih cepat. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Asset Explorer adalah:

  • Asset management
  • Asset audit
  • Customizable reporting

Cara Memilih Aplikasi Manajemen Aset yang Tepat untuk Bisnis

Memilih software manajemen aset yang tepat untuk bisnis memerlukan pertimbangan berbagai faktor. Pertimbangkan beberapa poin berikut penjelasannya:

  • Kebutuhan bisnis: Pastikan software tersebut dapat memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda, termasuk jenis aset yang dikelola dan skala operasional. Apakah perusahaan Anda mengelola aset fisik, digital, atau keduanya? Apakah Anda membutuhkan fitur khusus seperti pelacakan real-time atau manajemen siklus hidup aset?
  • Biaya total: Pertimbangkan biaya total, termasuk biaya implementasi, pelatihan, dan pemeliharaan. Beberapa solusi mungkin menawarkan harga awal yang rendah tetapi memiliki biaya tersembunyi yang tinggi. Bandingkan berbagai opsi dan pilih yang menawarkan nilai terbaik untuk anggaran Anda.
  • Fitur keamanan: Pastikan software tersebut memiliki fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data aset Anda. Ini termasuk enkripsi data, kontrol akses, dan audit trail. Keamanan adalah aspek penting terutama jika Anda mengelola aset yang sangat berharga atau sensitif.
  • Dukungan pelanggan: Cari tahu tentang dukungan pelanggan dan ulasan pengguna untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman pengguna lain. Dukungan teknis yang baik dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah dan memastikan bahwa software berjalan lancar.
  • Kemudahan penggunaan: Antarmuka pengguna yang intuitif dan kemudahan penggunaan adalah faktor penting untuk memastikan bahwa tim Anda dapat mengadopsi dan menggunakan software dengan cepat dan efisien.
  • Integrasi dengan sistem lain: Pastikan aplikasi manajemen aset dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang Anda gunakan, seperti ERP, CRM, atau sistem akuntansi. Integrasi yang baik akan membantu memastikan aliran data yang lancar dan meningkatkan efisiensi operasional.
  • Fleksibilitas dan skalabilitas: Pilih software yang fleksibel dan skalabel untuk memastikan bahwa sistem dapat tumbuh bersama bisnis Anda dan dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan.

Kesimpulan

Pengelolaan aset yang efisien melalui software manajemen aset dapat mengoptimalkan penggunaan aset dan meningkatkan efisiensi operasional. Memilih vendor sistem manajemen aset dengan cermat memastikan bahwa perusahaan dapat mengelola asetnya secara lebih efektif.

Memilih sistem yang tepat sangat penting untuk menghindari risiko. Berikut, perlu pertimbangan matang, seperti analisis kebutuhan, evaluasi biaya dan manfaat, serta kemampuan sistem. Dengan demikian, keputusan akan lebih sesuai dengan tujuan jangka panjang perusahaan.

Software asset management milik Equip adalah salah satu sistem manajemen aset yang dapat menjadi pilihan. Software ini memiliki fitur yang komprehensif yang dapat membantu menyederhanakan pengelolaan aset Anda dengan fitur-fiturnya seperti asset GPS tracking, preventive maintenance scheduling dan asset maintenance budget.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait penerapan aplikasi Manajemen Aset Equip dalam bisnis Anda beserta kelengkapan fiturnya, klik banner di bawah ini untuk mendapatkan demo gratisnya sekarang juga.

DemoGratis  

Zara Farhana
Zara Farhana
a content writer with a passion for the tech industry, specializes in creating clear, engaging content that makes complex technical topics accessible to a broad audience.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now