15 Rekomendasi Aplikasi Warehouse Terbaik untuk Perusahaan Tahun 2024

Dalam era digital yang terus berkembang, efisiensi operasional menjadi kunci kesuksesan bagi perusahaan, terutama dalam manajemen warehouse. Aplikasi warehouse adalah solusi perangkat lunak yang dirancang untuk mengoptimalkan manajemen persediaan, pengiriman, dan pemantauan stok secara real-time.

Tanpa Warehouse Management System (WMS), operasional gudang menjadi tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan, mengakibatkan penundaan serta peningkatan biaya. Kesulitan dalam pengambilan keputusan yang cepat juga berdampak pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, fungsi warehouse management system sangat krusial untuk memastikan operasional gudang yang efisien dan akurat.

Di Indonesia terdapat berbagai opsi aplikasi warehouse yang dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan akurasi operasional. Dalam artikel ini akan mengulas rekomendasi aplikasi warehouse terbaik yang dapat menjadi solusi bagi kebutuhan perusahaan Anda.

Simak hingga akhir untuk menemukan aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda!

Daftar isi

    Apa Itu Aplikasi Warehouse?

    Aplikasi warehouse adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola dan mengoptimalkan operasi gudang, mulai dari penerimaan barang, penyimpanan, hingga pengiriman. Aplikasi ini membantu perusahaan dalam memantau persediaan secara real-time dan meningkatkan efisiensi operasional.

    Untuk lebih lengkapnya berikut berbagai manfaat dari software warehouse bagi perusahaan, antara lain:

    • Efisiensi Operasional: Dengan otomatisasi berbagai proses seperti penerimaan barang, penyimpanan, dan pengambilan, aplikasi warehouse dapat mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam manajemen gudang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk beroperasi lebih efisien dan responsif terhadap permintaan pasar.
    • Pengelolaan Inventaris yang Lebih Baik: Aplikasi warehouse memungkinkan perusahaan untuk melacak serta mengurangi kemungkinan kehabisan atau kelebihan persediaan. Dengan fitur pemantauan real-time, perusahaan dapat mengetahui status persediaan setiap saat.
    • Peningkatan Akurasi: Kesalahan manusia dalam pengelolaan dapat menyebabkan kerugian besar. Aplikasi warehouse mengurangi risiko kesalahan dengan menyediakan sistem yang terintegrasi dan otomatis untuk memantau dan mengelola persediaan yang ada.
    • Peningkatan Kepuasan Pelanggan: Dengan manajemen inventaris yang lebih baik dan pengiriman yang lebih cepat, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
    • Analitik dan Pelaporan: Aplikasi warehouse menyediakan berbagai laporan dan analisis yang membantu perusahaan memahami tren dan pola dalam operasi warehouse. Informasi ini dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan strategis.

    Dengan memahami sofware warehouse, perusahaan dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengoptimalkan manajemen warehouse perusahaan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki sistem yang efisien dan andal adalah kunci untuk mencapai keunggulan operasional dan mempertahankan kepuasan pelanggan.

    15 Rekomendasi Aplikasi Warehouse untuk Perusahaan

    Tentunya, efisiensi dan ketepatan dalam pengelolaan warehouse merupakan faktor krusial bagi kesuksesan operasional perusahaan di saat ini.

    Dalam upaya membantu Anda menemukan solusi yang sesuai, artikel ini akan membahas rekomendasi aplikasi warehouse management system yang dapat meningkatkan produktivitas serta memastikan pengelolaan persediaan yang lebih akurat.

    Berikut adalah 15 rekomendasi aplikasi warehouse yang dapat diandalkan.

    1. Aplikasi warehouse EQUIP

    aplikiasi warehouse management system

    EQUIP adalah salah satu penyedia warehouse management system Indonesia. EQUIP telah berhasil membantu ribuan perusahaan dalam berbagai sektor industri untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.

    Selain itu, perusahaan juga dapat memprediksi kebutuhan persediaan di masa depan, update persediaan barang di seluruh gudang yang ada, hingga mengotomatisasi reorder persediaan sesuai rules yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Aplikasi warehouse EQUIP dikenal unggul karena mampu memberikan solusi komprehensif untuk manajemen warehouse menjadi lebih efisien. Dengan fitur canggih aplikasi warehouse EQUIP memastikan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan pasar.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi warehouse EQUIP, Anda dapat mencoba demo gratis dan berkonsultasi dengan tim ahli kami.

    Untuk mengetahui lebih lanjut berikut fitur-fitur unggulan aplikasi warehouse EQUIP, antara lain:

    • Scan barcode: Fitur ini memudahkan dalam melakukan stock opname dengan cara scan barcode di mobile apps serta dapat mengidentifikasi persediaan secara cepat dan akurat.
    • Expired tracking: Expired tracking pada aplikasi warehouse memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengelola produk yang mendekati atau telah melewati tanggal kadaluarsa, sehingga memastikan penggunaan produk secara tepat waktu dan mengurangi risiko kerugian akibat kadaluarsa.
    • Estimasi persediaan barang: Fitur dalam aplikasi ini dapat memberikan prediksi tentang kebutuhan restock berdasarkan data historis dan tren penjualan, membantu perusahaan mengoptimalkan persediaan dan menghindari kekurangan stok yang tidak terduga.
    • Laporan valid dan lengkap: Memberikan analisis dan laporan warehouse yang akurat dari berbagai lokasi serta untuk mendukung pengambilan keputusan yang informasi.
    • Fleksibilitas Unit of Measurement: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola persediaan dengan berbagai satuan ukuran, seperti kemasan, karton, atau unit individu. Ini mempermudah penyesuaian dan pelacakan inventaris yang presisi, mengoptimalkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan pengelolaan persediaan.
    • 3D warehouse overview: Dengan visualisasi gudang 3D, manajer dapat melihat tata letak stok secara intuitif yang membantu dalam mengidentifikasi area yang mungkin mengalami kekurangan atau kelebihan persediaan.
    Kelebihan Kekurangan
    • Memiliki interface yang intuitif
    • Laporan analitik yang detail
    • Dukungan pelanggan yang responsif
    • Unlimited user tanpa biaya tambahan
    • Adanya antrian demo gratis yang panjang akibat tingginya permintaan pebisnis

    Dengan berbagai fitur unggulan dan kelebihan yang dimilikinya, aplikasi warehouse dari EQUIP adalah solusi ideal untuk perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen gudang.

    Anda dapat terhubung dengan tim expert EQUIP atau mencoba demo gratis aplikasi ini. Serta dapatkan pengalaman langsung bagaimana aplikasi warehouse EQUIP dapat membawa perubahan positif bagi bisnis Anda!
    DemoGratis

    2. Netsuite WMS

    NetSuite WMS adalah software WMS yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam pengelolaan warehouse perusahaan, termasuk di dalamnya penerimaan, penyimpanan dan pengiriman persediaan.

    Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Netsuite adalah:

    a. Inbound logistic
    b. Order Fulfillment
    c. Mobile warehouse management

    Kelebihan dan Kekurangan Netsuite WMS

    Kelebihan Kekurangan
    • Memfasilitasi pemindaian QR
    • Skalabilitas yang bisa menyesuaikan sesuai pertumbuhan bisnis
    • Memiliki fitur yang mencakup berbagai aspek manajemen warehouse
    • Memiliki kurva pembelajaran yang rumit
    • Biaya implementasi yang cukup tinggi untuk bisnis kecil

    3. Aplikasi warehouse management system HashMicro

    aplikasi warehouse terbaik

    HashMicro telah menjadi penyedia solusi operasional kerja untuk berbagai jenis bisnis dan industri. Warehouse management system HashMicro yang memudahkan Anda dalam membantu keluar-masuknya stok beserta penempatannya dalam warehouse.

    Solusi ini membantu perusahaan mengoptimalkan pengelolaan warehouse mereka untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional. Selain itu, perusahaan dapat memprediksi kebutuhan barang di masa mendatang dan mengotomatisasi pemesanan ulang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

    Terdapat beberapa fitur yang dimiliki antara lain:

    a. RFID Warehouse rack stock in out automation
    b. Location Dimension Management
    c. Putaway Strategy Settings
    d. Putaway Capacity Checking
    e. Warehouse Pallet Racking
    f. Reporting

    Kelebihan dan Kekurangan aplikasi warehouse HashMicro

    Kelebihan Kekurangan
    • Memiliki fitur yang lengkap
    • Dapat terintegrasi dengan berbagai modul, seperti Akuntansi, Pembelian, dll
    • Dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan
    • Waktu implementasi yang beragam menyesuaikan kebutuhan perusahaan

    4. Aplikasi warehouse Total ERP
    contoh aplikasi warehouse management system

    Aplikasi warehouse dari Total ERP adalah program WMS yang dirancang untuk membantu mengelola operasi gudang, termasuk pengelolaan inventaris, pengiriman, dan penerimaan barang, serta tugas-tugas penting lainnya dalam gudang. Solusi ini dirancang untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan kontrol atas persediaan, dan mendukung operasi bisnis yang lebih lancar.

    Adapun fitur-fitur yang dimiliki software warehouse Total ERP sebagai berikut:
    a. Monitoring multi gudang
    b. Scanning barcode
    c. Manajemen inventaris real-time

    Kelebihan dan Kekurangan aplikasi warehouse Total ERP

    Kelebihan Kekurangan
    • Sistem dapat terintegrasi dengan modul lainnya
    • Memiliki interface yang sederhana
    • Pelacakan persediaan yang akurat
    • Waktu implementasi yang cukup lama, namun masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis

    5. Fishbowl WMS Go

    Sistem WMS ini dirancang untuk mengelola persediaan fisik di gudang. Fishbowl Go dapat diakses melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android atau iOS, dan memungkinkan pengguna untuk memindai barcode serta melakukan berbagai tugas manajemen warehouse penting di seluruh gudang.

    Fitur yang dimiliki program WMS Fishbowl WMS Go, antara lain :
    a. Barcode scanning
    b. Order management
    c. Cycle counting

    Kelebihan dan Kekurangan Fishbowl WMS Go

    Kelebihan Kekurangan
    • Dapat diakses melalui perangkat mobile
    • Kemampuan untuk merekam transaksi secara simultan
    • Terdapat fitur yang memenuhi kebutuhan perusahaan
    • Biaya implementasi yang cukup tinggi untuk bisnis skala kecil
    • Memerlukan kurva pembelajaran untuk menggunakan fitur-fiturnya

    6. Warehouse management system Jubelio

    aplikasi warehouse

    Aplikasi warehouse Jubelio adalah contoh aplikasi warehouse management system yang dirancang untuk mempermudah proses inbound dan outbound, mulai dari penempatan, pengambilan, hingga stok opname dalam satu sistem yang terintegrasi.

    Aplikasi Jubelio memiliki berbagai fitur, sebagai berikut:
    a. Inbound management
    b. Inventory tracking
    c. Barcode scanning
    d. Reporting and Analytics

    Kelebihan dan Kekurangan warehouse management system Jubelio

    Kelebihan Kekurangan
    • Terintegrasi dengan omnichannel
    • Visibilitas yang detail
    • Ketergantungan pada koneksi internet untuk akses
    • Memerlukan kurva pembelajaran untuk fitur-fitur lanjutan

    7. Sortly Pro

    Sortly Pro adalah sistem WMS yang memudahkan manajemen warehouse. Aplikasi ini dirancang untuk membantu perusahaan dari berbagai ukuran mengelola inventaris mereka dengan lebih efisien dan akurat, sehingga mendukung operasional yang lebih lancar dan terorganisir.

    Fitur yang ada di sistem WMS Sortly Pro, antara lain:
    a. Pemindaian kode QR
    b. Pengaturan peringatan
    c. Ekspor dan impor data
    d. Pelacakan visual

    Kelebihan dan kekurangan Sortly Pro

    Kelebihan Kekurangan
    • Sistem yang user-friendly
    • Dapat diakses melalui mobile
    • Integrasi yang terbatas
    • Jam layanan pelanggan yang terbatas
    • Memerlukan infrastruktur yang

    mendukung penggunaan kode QR

    8. Aplikasi warehouse SAP

    Aplikasi warehouse SAP adalah sistem manajemen warehouse yang komprehensif, dirancang untuk mengoptimalkan operasi warehouse dengan fitur-fitur seperti pelacakan inventaris real-time, manajemen pesanan, dan integrasi dengan sistem ERP untuk meningkatkan visibilitas dan kontrol atas operasional perusahaan.

    Adapun beberapa fitur yang ada di aplikasi warehouse SAP adalah:
    a. Optimasi operasi gudang
    b. Pengelolaan gudang
    c. Fitur lintas fungsional
    d. Efisiensi proses ritel

    Kelebihan dan kekurangan aplikasi warehouse SAP

    Kelebihan Kekurangan
    • Sistem terintegrasi dengan baik
    • Memiliki fitur yang lengkap
    • Visibilitas yang real-time
    • Dukungan multi-lokasi
    • Fitur yang kompleks membuat kurva belajar cukup tinggi

    9. Ecount

    Aplikasi warehouse Ecount adalah software WMS yang memungkinkan pengelolaan stok masuk dan keluar secara akurat, serta penentuan lokasi penyimpanan dengan menetapkan nomor individual untuk setiap barang.

    Berikut beberapa fitur yang ada di Ecount:
    a. Fitur riwayat stok
    b. Management jumlah stok
    c. Multi warehouse management

    Kelebihan dan kekurangan Ecount

    Kelebihan Kekurangan
    • Interface sistem yang sederhana
    • Mendukung akses cloud
    • Kustomisasi yang terbatas
    • Ketergantungan pada koneksi internet
    • Waktu implementasi yang cukup lama menyesuaikan kebutuhan perusahaan

    10. Warehouse management system Koneksi

    Warehouse Management System (WMS) merupakan bagian penting dari Koneksi ERP yang berfungsi untuk mengelola dan mengoptimalkan operasi pergudangan. Sistem ini membantu perusahaan dalam mengatur alur barang mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga pengiriman barang dengan lebih efisien.

    Terdapat beberapa fitur yang ada pada warehouse management system koneksi, antara lain:
    a. Accurate stock aging analysis
    b. Multi-UOM (Unit of Measurement)
    c. Multi-store stock request management

    Kelebihan dan kekurangan warehouse management system Koneksi

    Kelebihan Kekurangan
    • User unlimited tanpa biaya tambahan
    • Pemantauan persediaan secara real-time
    • Terintegrasi dengan sistem lainnya seperti accounting, CRM
    • Kurang cocok untuk bisnis berskala kecil yang kebutuhannya belum terlalu kompleks

    11. ScaleOcean

    aplikasi warehouse

    Aplikasi ScaleOcean dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola gudang mereka dengan optimal, memastikan bahwa setiap aspek dari manajemen inventaris dapat dioptimalkan untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

    Fitur yang terdapat di ScaleOcean adalah
    a. Inventory forecasting
    b. Stock adjustment
    c. Notifikasi low-stock
    d. Warehouse tracking

    Kelebihan dan kekurangan ScaleOcean

    Kelebihan Kekurangan
    • Sistem saling terintegrasi
    • Dapat melakukan pelacakan secara real-time
    • Biaya implementasi yang cukup mahal

    12. Bhansali

    Aplikasi warehouse Bhansali adalah aplikasi WMS yang membantu perusahaan mengelola gudang. Aplikasi ini memudahkan pengaturan penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman barang secara teratur dan cepat. Dengan fitur yang dimiliki aplikasi ini membantu perusahaan meningkatkan produktivitas perusahaan.

    Fitur yang terdapat pada di aplikasi Bhansali diantaranya:
    a. Pengelolaan barang
    b. Pengelolaan produk
    c. Penghitungan barang jual
    d. Pengelolaan pengiriman

    Kelebihan dan kekurangan aplikasi warehouse Bhansali

    Kelebihan Kekurangan
    • Memiliki sistem interface yang sederhana
    • Terdapat fitur untuk pengelolaan barang dan transaksi penjualan
    • Keterbatasan terhadap kebutuhan bisnis yang berkembang

    13. Aplikasi warehouse Infor

    Infor Warehouse Management System (WMS) adalah solusi manajemen gudang yang canggih. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mengelola inventaris, tenaga kerja, dan faktur 3PL. Dengan Infor WMS, perusahaan dapat mengoptimalkan operasi gudang mereka, meningkatkan efisiensi, dan memastikan visibilitas yang lebih baik dalam rantai pasokan.

    Terdapat fitur-fitur pendukung dari aplikasi warehouse Infor, sebagai berikut:
    a. Peringatan prediktif
    b. Kolaborasi real-time dengan supplier
    c. Management supply and demand

    Kelebihan dan kekurangan Infor

    Kelebihan Kekurangan
    • Analisis dan pelaporan yang akurat
    • Pelacakan persediaan yang real-time
    • Kompleksitas sistem yang rumit
    • Memerlukan pelatihan yang detail terkait penggunaan sistem

    14. Goods Order Inventory

    aplikasi warehouse

    Goods Order Inventory (GOIS) adalah aplikasi WMS berbasis cloud yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola stok mereka secara lebih efisien. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau lokasi dan jumlah stok secara real-time, serta mengoptimalkan tingkat persediaan.

    Adapun fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Goods Order Inventory adalah:
    a. Barcode scanning
    b. Manajemen multi-gudang
    c. Pelacakan serial and batch

    Kelebihan dan kekurangan Goods Order Inventory

    Kelebihan Kekurangan
    • Dapat terintegrasi dengan sistem lainnya
    • Otomatisasi proses
    • Biaya implementasi yang cukup tinggi bagi perusahaan yang baru berkembang

    15. Warehouse management system Inventory Now

    Aplikasi Warehouse Management System (WMS) Inventory Now adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola warehouse. Aplikasi warehouse Inventory Now membantu meningkatkan akurasi data inventaris, mempercepat waktu respons operasional, dan mengurangi kesalahan manusia.

    Terdapat beberapa fitur dalam warehouse management system Inventory Now:
    a. Item grouping
    b. Order tracking
    c. Multi user sync
    d. Import and export

    Kelebihan dan kekurangan Inventory Now

    Kelebihan Kekurangan
    • Aksesibilitas mobile
    • Dapat melakukan pelacakan persediaan secara real-time
    • Memiliki fitur yang terbatas
    • Memiliki dukungan pelanggan yang terbatas

    Tips Memilih Software Warehouse Terbaik

     

    Memilih aplikasi warehouse yang tepat adalah langkah penting bagi perusahaan untuk memastikan operasional yang efisien dan kepuasan pelanggan yang maksimal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih software warehouse yang terbaik:

    • Kesesuaian dengan Kebutuhan Bisnis: Pastikan software yang dipilih dapat menangani kebutuhan spesifik operasional perusahaan Anda, seperti manajemen inventaris bahan baku, pengaturan stok berdasarkan tanggal kedaluwarsa, dan pengiriman pesanan dalam jumlah besar.
    • Kemudahan Penggunaan: Aplikasi yang mudah digunakan akan mengurangi waktu pelatihan dan meminimalkan kesalahan. Antarmuka yang intuitif dan navigasi yang sederhana sangat penting untuk mendukung produktivitas tim.
    • Integrasi dengan Sistem Lain: Pilih software yang dapat terintegrasi dengan sistem lain yang sudah digunakan oleh perusahaan, seperti ERP, CRM, dan sistem akuntansi. Hal ini akan mempermudah aliran data dan meningkatkan efisiensi operasional.
    • Fitur Pelacakan Real-Time: Kemampuan untuk melacak inventaris secara real-time membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, mengurangi risiko kehabisan stok atau overstock.
    • Dukungan dan Layanan Pelanggan: Pastikan penyedia software menawarkan dukungan teknis yang responsif dan berkelanjutan. Layanan pelanggan yang baik akan membantu Anda mengatasi masalah teknis dengan cepat dan efisien.
    • Fleksibilitas dan Skalabilitas: Pilih software yang dapat berkembang bersama bisnis Anda. Software harus mampu menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan operasional seiring pertumbuhan perusahaan.
    • Keamanan Data: Pastikan aplikasi memiliki fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif perusahaan. Ini termasuk enkripsi data, kontrol akses, dan pemulihan bencana.

    Sebagai solusi, aplikasi warehouse EQUIP bisa menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaan catering Anda. Dengan fitur-fitur unggulan seperti pelacakan inventaris secara real-time, kemudahan integrasi dengan sistem lain, serta dukungan pelanggan yang responsif, EQUIP mampu membantu mengoptimalkan operasional gudang dan meningkatkan efisiensi perusahaan secara keseluruhan.

    Inventory

    Kesimpulan

    Memilih aplikasi warehouse yang tepat sangat penting bagi perusahaan catering untuk memastikan operasional yang lancar dan efisien. Dengan berbagai fitur canggih seperti pelacakan inventaris real-time, integrasi dengan sistem lain, dan dukungan pelanggan yang responsif, warehouse management system dapat mengurangi kesalahan, meningkatkan produktivitas, dan memaksimalkan keuntungan perusahaan.

    Salah satu solusi yang kami rekomendasikan adalah aplikasi warehouse EQUIP. Dengan EQUIP, perusahaan catering dapat menikmati manfaat dari teknologi canggih yang dirancang untuk mengoptimalkan setiap aspek operasional warehouse.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana EQUIP dapat menjadi solusi terbaik bagi bisnis. Anda dapat berkonsultasi dengan tim expert kami dan ikuti demo gratisnya.

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Forbes
    Hospitality Product

    Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

    Coba Gratis
    One Mart
    Supermarket

    Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

    Coba Gratis
    Bee Choo
    Beauty Treatment Product

    EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

    Coba Gratis
    Icon EQUIP

    Gabriella
    Balasan dalam 1 menit

    Gabriella
    Ingin Demo Gratis?

    Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
    628111775117
    ×

    Gabriella

    Active Now

    Gabriella

    Active Now