Aplikasi Scan Barcode untuk Mudahkan Pengelolaan Stok Barang Anda

Aplikasi scan barcode bisa sangat membantu bisnis untuk mempermudah sistem pengelolaan stok produk atau barang. Melalui sistem barcode, maka proses inventarisasi bisa anda lakukan lebih akurat dan cepat. Misalnya, jika ada barag yang masuk ke stok, maka barcode bisa dipindai agar dapat mengidentifikasinya dan dengan otomatis dapat memperbarui banyaknya stok yang masih tersedia.

Pemakaian aplikasi ini bisa mengurangi waktu untuk inventarisasi manual, sekaligus dapat menekan risiko kesalahan yang terjadi oleh manusia. Barcode juga bisa memungkinkan para penggunanya melacak sistem pergerakan barang lebih mudah. Selain itu, bisa memberikan informasi mengenai barang yang telah kadaluwarsa atau harus dipesan ulang.

Baca Juga : Tips Mudah Kelola Stock Opname Dengan Software Inventory

Aplikasi Scan Barcode

Apa Itu Aplikasi Scan Barcode?

Aplikasi scan barcode merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membaca sekaligus memindai kode batang atau barcode dalam sebuah objek memakai kamera tablet atau smartphone. Biasanya aplikasi ini dimanfaatkan di berbagai bidang, mulai dari perpustakaan, pengelolaan stok barang, hingga industri manufaktur.

Untuk mengelola stok barang itu sendiri, aplikasi ini memungkinkan para pengguna dapat memindai barcode dengan mudah di setiap item, karenanya bisa menghemat lebih banyak waktu. Selain itu, bisa meminimalisir kesalahan manusia ketika menghitung inventaris. Pemakaian scan barcode memungkinkan para pengguna dapat mengakses informasi secara terperinci mengenai suatu produk, antara lain seperti tanggal kadaluwarsa, harga, maupun informasi lainnya.

Secara keseluruhan, program ini bisa sangat membantu mempercepat pengelolaan stok dan dapat menyajikan informasi dengan terperinci dan akurat mengenai produk tertentu.

Baca Juga : 15 Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik di Indonesia

Manfaat Aplikasi Scan Barcode

aplikasi scan barcode

Ada beberapa manfaat aplikasi scan barcode untuk membantu berbagai macam aktivitas, seperti berikut :

1. Mengetahui Informasi Produk dengan Mudah

Biasanya scan barcode dalam produk berisi informasi mengenai produk, antara lain tanggal kadaluwarsa, model, merek dan sebagainya. Dengan memakai aplikasi scan barcode ini, maka anda bisa membaca informasi dengan cepat dan mudah terkait produk.

2. Pelanggan Bisa Berbelanja dengan Mudah

Melalui platform scan barcode, maka anda bisa mengecek harga produk sekaligus dapat membandingkannya menggunakan produk serupa. Sehingga, anda bisa memilih produk tersebut dengan harga jual lebih sesuai kebutuhan atau lebih terjangkau.

3. Lebih Hemat Waktu

Memakai aplikasi barcode ini, memungkinkan anda bisa mendapatkan informasi terkait harga atau informasi produk dengan cepat, tanpa membaca informasi produk dengan cara manual, seperti bertanya langsung kepada penjual.

4. Dapat Melacak Produk dengan Mudah

Ada beberapa aplikasi barcode yang menyediakan fitur pelacakan untuk produk, sehingga memungkinkan anda dapat melacak produk itu sendiri. Seperti melacak buku di perpustakaan atau paket pengiriman lewat jasa ekspedisi. Fitur ini bisa memungkinkan kita dapat mengetahui informasi lokasi keberadaan produk.

5. Mempercepat Checkout

Untuk bisnis, scan barcode bisa mempercepat checkout yang dapat anda lakukan di supermarket atau toko. Para pelanggan bisa memindai barcode pada produk yang mereka beli, kemudian membayarnya langsung.

6. Inventaris Lebih Mudah

Scan barcode bisa anda gunakan agar mempermudah pengurangan stok dan inventaris. Dengan meminimalisir kesalahan ketika memasukkan data, maka aplikasi yang satu ini bisa meingkatkan efisiensi proses dan akurasi.

7. Mempermudah Akses untuk Diskon

Ada beberapa merek dan toko memakai sistem barcode untuk promosi produk dan menawarkan diskon khusus bagi pelanggan. Melalui pemindaian barcode, pelanggan bisa mengakses promosi dan diskon yang bisa saja tidak tersedia bagi umum.

Dapat kita simpulkan bahwa sistem scan barcode bisa membantu meningkatkan akurasi, mempercepat proses, menyediakan informasi untuk konsumen lebih lajut, dan dapat meningkatkan keamanan.

Jenis-jenis Barcode

Aplikasi Scan Barcode

Sebenarnya, barcode sendiri terdiri atas beberapa jenis, antara lain :

1. Barcode UPC-A

Barcode jenis ini terdiri atas 12 digit angka. Biasanya Barcode UPC-A untuk melakukan identifikasi terhadap produk-produk yang ada di Amerika Serikat. Jenis barcode ini memakai simbol-simbol tertentu yang bisa dibaca kamera atau mesin scanner.

Pada simbol-simbolnya terdapat spasi dan garis-garis horizontal dengan jarak dan panjang berbeda. Untuk tiap simbol mempunyai arti berbeda, karenanya bisa anda gunakan untuk melakukan identifikasi sebuah data.

2. Barcode EAN-13

Merupakan barcode yang biasanya paling banyak dipakai di dunia. Jenis ini terdiri atas 13 digit angka, sehingga kamera atau mesin scanner bisa membacanya dengan mudah. Biasanya jenis barcode EAN-13 untuk mengidentifikasi berbagai macam produk yang ada di supermarket.

EAN pada Barcode EAN-13 adalah kependekan dari European Article Number sebagai jenis barcode untuk menampung sebanyak 13 karakter alfanumerik. Biasanya jenis barcode ini untuk mengidentifikasi berbagai produk yang mempunyai informasi lengkap.

Simbol-simbol pada Barcode EAN-14 terdiri atas beberapa garis diagonal, horizontal, dan vertikal dengan jarak dan panjang berbeda. Umumnya setiap simbol mempunyai arti berbeda, karenanya bisa kita pakai untuk mengidentifikasi data tertentu.

3. Barcode QR Code

Jenis barcode QR (Quick Response) Code ini adalah jenis yang bisa menampung sampai 4000 karakter alfanumerik. Biasanya barcode ini untuk mengidentifikasi berbagai macam produkd engan informai lebih lengkap. Memiliki simbol berupa garis vertikal, diagonal dan horizontal dengan jarak dan panjang berbeda. Untuk tiap simbolnya mempunyai arti berbeda, jadi bisa anda gunakan dalam mengidentifikasi sebuah data dengan benar dan tepat.

QR Code ini bisa kita buat memakai software khusus di internet atau bisa dengan membelinya di toko-toko peralatan komputer. Sesudah QR code tersebut dibuat, maka bisa anda cetak kemudian tempelkan ke dalam produk tertentu yang anda jual.

Saat pemeriksaan di kasir, maka mesin scanner bisa melacak dan membaca QR Code serta dapat menampilkan informasi mengenai produk itu sendiri, antara lain deskripsi, harga dan sebagainya. Kegunaan barcode ii, tentu saja bisa membantu meningkatkan akurasi dan efisiensi pelayanan di supermarket atau toko.

4. Barcode Code 39

Ini adalah jenis barcode untuk menampung sebanyak 39 karakter dari alfanumerik. Biasanya barcode ini untuk melakukan identifikasi berbagai macam produk dengan nama yang cukup panjang. Jenis barcode ini juga memakai simbol-simbol berupa spasi dan garis-garis berbentuk horizontal dengan jarak dan panjang berbeda. Code 39 umumnya sering dipakai di industri distribusi dan manufaktur.

Baca Juga : Aplikasi Gudang Online Terbaik dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

5. Barcode Datametrix

Jenis barcode ini bisa untuk menampung sampai 2.335 karakter alfanumerik. Biasanya jenis barcode ini untuk melakukan identifikasi berbagai macam produk yang informasinya sangat sensitif. Barcode jenis ini memakai berbagai macam simbol, seperti terdiri atas garis-garis yang berbentuk diagonal, horizontal, dan vertikal.

6. Barcode Maxicode

Ini adalah jenis kode bar yang bisa menampung sampai 93 karakter alfanumerik. Biasanya barcode ini dapat mengidentifikasi berbagai macam produk yang mempunyai informasi sangat rahasia. Barcode Maxicode bisa menyimpan informasi berupa lokasi pengiriman, nomor resi, hingga informasi lainnya.

7. Barcode PDF417

Jenis barcode ini bisa menampung sampai 1.800 karakter alfanumerik. Barcode jenis ini biasanya sangat berguna mengidentifikasi berbagai macam produk dengan informasi cukup banyak. Umumnya, jenis barcode PDF417 digunakan di industri logistik, manufaktur dan distribusi.

8. Barcode Code 128

Jenis ini biasanya sering dimanfaatkan dalam sistem distribusi dan pengirima, sebab bisa menyimpan lebih banyak informasi jika kita bandingkan dengan Code 39.

Baca Juga : 4 Software & Aplikasi Inventaris Barang untuk Kelola Bisnis UMKM

Rekomendasi Aplikasi Scan Barcode

Di bawah ini, ada 2 rekomendasi aplikasi scan barcode terbaik, antara lain :

1. Equiperp

Software EQUIP menawarkan fitur aplikasi scan barcode, sehingga dapat mempermudah stock opname menggunakan mobile apps, melalui kelengkapan barcode atau QR Code Scanner. Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk mengatur ribuan SKU menggunakan software inventory yang terbaik.

2. HashMicro

Anda juga bisa menggunakan software barcode yang ditawarkan oleh Hashmicro. Dengan software ini, maka manajemen stok menjadi lebih mudah. Anda bisa membuat QR Code dan barcode pada ID card, produk, dokumen, kemasan, rak dan sebagainya dengan cara otomatis menggunakan sistem barcode Hashmicro.

Melalui Barcode Hashmicro, bisa melacak jumlah, kondisi barang dan lokasi barang dengan menyeluruh hanya dalam waktu yang singkat. Anda juga bisa mengetahui keaslian berbagai macam dokumen membuat barcode berbeda.

Kesimpulan

Aplikasi scan barcode memang sangat penting untuk berbagai macam usaha, karena dengan sistem ini pemilik usaha dapat mengontrol atau melakukan manajemen stok barang dengan baik. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Aplikasi scan barcode

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now