Harus Tahu! 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Sepatu dengan Software Grosir

Bisnis sepatu merupakan bisnis yang tengah menjadi trend dan memiliki banyak peluang saat ini. Sepatu merupakan salah satu jenis fashion yang memiliki peminat yang loyal. Bahkan salah satu brand sepatu sold out atau habis hanya dalam beberapa detik setelah peluncuran produk. Bisnis sepatu ini menjadi salah satu fashion yang memiliki penggemarnya tersendiri. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bukan hanya karena kualitas sepatu yang premium namun juga pelayanan terbaik yang pemilik bisnis berikan kepada konsumen.  Anda dapat menggunakan sistem grosir terbaik untuk tingkatkan efisiensi bisnis sepatu Anda sehingga konsumen akan loyal pada produk sepatu yang Anda jual.

Software grosir terbaik akan mengotomatiskan berbagai proses operasional bisnis sepatu Anda, mulai dari pembelian hingga pelacakan penjualan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan penurunan penjualan nantinya karena ada software grosir terhandal ini. Tingkatkan juga kepuasan pelanggan Anda dengan sistem grosir terlengkap EQUIP. Selain itu, Anda juga dapat menjaga ketersediaan stok sepatu di gudang dengan software grosir terunggul di Indonesia

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips atau langkah jitu dalam memulai bisnis sepatu Anda.

bisnis sepatu

1. Tentukan Jenis Sepatu

Sepatu merupakan produk fashion yang memiliki banyak jenis mulai dari formal hingga casual. Tidak hanya itu warna, model hingga ukuran akan sangat berbeda-beda. Sepatu juga terbagi menjadi dua kategori mulai dari sepatu pria dan wanita. Jika Anda ingin berfokus menjual sepatu wanita Anda dapat menjual flat shoes, boots, sneakers, high heels, wedges, dan lain sebagainya. 

Sebagai pemula dalam bisnis sepatu, lebih baik Anda berfokus pada salah satu kategori sepatu. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda dalam pengelolaan dan mendapatkan target pasar. Jika Anda tidak berfokus pada satu jenis produk mungkin saja Anda akan kewalahan dalam menjalankan bisnis sepatu ini dan berujung pada kegagalan. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

2. Lakukan Analisa Pasar

Tips yang selanjutnya yaitu adalah melakukan analisa atau riset pasar. Analisa pasar ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target market dari bisnis serta mengetahui bagaimana kondisi pasar sepatu saat ini. Dalam melakukan riset pasar, Anda bisa langsung melakukannya dengan jenis sepatu yang dipilih. 

Misalnya Anda memilih jenis sepatu sneakers, Anda dapat langsung melihat kondisi model sepatu sneakers di pasaran. Lihat seperti apa model dan merk yang sedang banyak masyarakat cari. Selain itu, Anda juga dapat melihat bagaimana strategi yang dilakukan kompetitor baik dalam proses operasional maupun pemasaran dalam menjual sepatu ini. Jangan terlewat juga untuk mempelajari kisaran harga jenis sepatu yang ingin Anda jual.

Baca juga:  Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

3. Pilih Supplier Terpercaya untuk Bisnis Sepatu Anda

pilih supplier untuk bisnis sepatu

Untuk mendapatkan sepatu-sepatu tersebut, Anda pasti membutuhkan supplier atau pemasok. Maka dari itu carilah pemasok yang terpercaya agar Anda tidak khawatir ketika bekerjasama dengan mereka. Anda dapat mencarinya melalui internet karena banyak sekali supplier yang menawarkan produknya melalui internet. Namun, Anda perlu berhati–hati karena banyak juga supplier yang menjual produk sepatu KW atau palsu. Saat melakukan kerjasama dengan supplier, Anda juga harus menyatakan bahwa Anda penjual sepatu sehingga Anda bisa mendapatkan harga miring jika membeli sepatu dalam jumlah yang banyak. Kelola hubungan baik dengan konsumen dan atur pembelian sepatu kepada supplier dengan otomatis menggunakan software procurement atau pembelian terbaik

4. Tentukan Harga Produk yang Sesuai dengan Pasar

Apabila sudah mengetahui kondisi pasar dengan jelas, Anda dapat menentukan rentang harga dari sepatu yang ingin Anda jual. Perhatikan juga berapa harga beli yang Anda dapat dari supplier atau pemasok agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun, perlu Anda ingat juga, harga jual sepatu juga harus ditentukan berdasarkan harga yang ada di pasaran yang sudah diketahui melalui analisis pasar sebelumnya. Dalam penentuan harga juga tidak bisa terlalu murah karena dapat menyebabkan kerugian bagi Anda dan juga tidak bisa terlalu mahal karena produk sepatu Anda tidak laku. 

Baca juga: 7 Metode Analisis Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui!

5. Ikuti Trend Permintaan Jenis dan Kualitas Sepatu

Sebagaimana produk fashion lainnya, sepatu juga mengalami perubahan trend yang cukup cepat. Terutama saat ini banyak influencer atau kreator fashion baik pada instagram ataupun tiktok. Sosial media mempercepat perubahan trend fashion karena orang-orang akan mengikuti apa yang sedang trend pada sosial media. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis pemula. 

Pastikan Anda mengikuti perkembembangan trend dan sekaligus membuat forecasting untuk model-model terbaru. Hal ini memungkinkan Anda mengeluarkan model yang sedang trend dan memiliki peluang pasar yang besar. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga.

6. Gunakan Software Grosir untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnis Sepatu

Software grosir untuk bisnis sepatuSeperti yang Anda ketahui bahwa jenis atau model sepatu sangatlah beragam. Belum lagi jika kita lihat dari segi ukuran. Bisa Anda bayangkan pasti akan sulit untuk mengelola bisnis tersebut khususnya pada bagian inventory atau persediaan. Anda pasti tidak ingin membuat pelanggan kecewa saat ukuran atau model yang mereka cari tidak ada. Oleh karena itu, gunakanlah software grosir untuk mengotomatiskan berbagai proses operasional bisnis sepatu Anda. Software grosir terbaik dari EQUIP akan membantu Anda mulai dari proses pembelian sepatu hingga pelacakan penjualan. Selain itu, sistem grosir terlengkap ini dapat menjadi jawaban atas permasalahan ketersediaan karena software ini dapat membantu Anda dalam menjaga ketersedian stok pada gudang. Dengan demikian kepuasan pelanggan terhadap bisnis sepatu Anda akan meningkat.

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Wholesale dalam Berbisnis

7. Lakukan Strategi Promosi yang Tepat untuk Bisnis Sepatu Anda

Semua bisnis, tidak terkecuali bisnis sepatu juga harus melakukan promosi. Dengan adanya promosi maka lebih banyak masyarakat yang aware atau mengetahui tentang toko atau produk sepatu Anda. Namun, terkadang promosi yang berlebihan dan menelan banyak biaya justru bisa membuat Anda mengalami kerugian.

Oleh karena itu, rencanakan secara matang bagaimana strategi promosi yang ingin Anda lakukan sehingga bisa tepat sasaran dan efisien, tentunya dengan memperhatikan budget yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Jenis promosi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan diskon pembelian, keuntungan dalam bentuk member, diskon pada event-event tertentu seperti 12.12, dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips sukses yang dapat Anda lakukan dalam memulai bisnis sepatu. Bisnis ini merupakan bisnis yang memiliki banyak peluang karena konsumen yang loyal terhadap suatu brand. Perkembangan trend sepatu sangat cepat sehingga Anda juga harus bersiap-siap menghadapinya. Jangan sampai tertinggal dengan para kompetitor bisnis sepatu Anda. Oleh karena itu, implementasikan software grosir terlengkap sehingga dapat mengotomatiskan pengelolaan bisnis Anda. Saat bisnis berjalan dengan lancar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak pula. 

Sistem grosir dari EQUIP dirancang untuk memudahkan Anda dalam penggunaanya. Siapa saja bisa menggunakan sistem ini hanya dengan beberapa latihan saja. Dengan penerapan software grosir, Anda juga bisa menjadi market leader dan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami untuk merasakan kemudahan menggunakan software grosir EQUIP secara langsung. 

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA