Ini Dia Tips Sukses Untuk Memulai Bisnis Apotek

Bisnis apotek adalah salah satu jenis usaha yang dapat kita temukan dimanapun. Terlebih lagi jika kita melihat situasi pandemi COVID-19 membuat banyak orang cenderung menyetok obat untuk berjaga-jaga. Hal riskan saat menjalani usaha apotek adalah kesulitan menghitung persediaan obat dan menyebabkan terjadinya kadaluarsa. Sehingga, banyak toko apotek mulai menggunakan software POS terbaik yang dapat melaporkan stok gudang secara berkala dan adanya notifikasi otomatis apabila stok hampir habis. Masyarakat zaman sekarang lebih memilih sistem pembayaran cashless guna mencegah virus dan bakteri oleh karena itu kebanyakan toko apotek saat ini menyediakan beragam metode pembayaran untuk memberikan pengalaman transaksi yang nyaman dan aman. Baik lewat uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit dengan bantuan perangkat lunak POS terlengkap

Toko apotek tidak selalu tentang obat-obatan karena apotek juga menyediakan peralatan kesehatan lainnya seperti vitamin, masker, dan lain sebagainya. Memiliki banyak bisnis apotek memang terkesan menyenangkan namun banyak pelaku bisnis yang mengalami kesulitan saat mengelola data pelanggan dan hal itu juga berdampak saat menghitung laporan keuangan. Namun, semua dapat teratasi dengan mudah apabila Anda mempertimbangkan penggunaan sistem POS dari EQUIP ERP. Anda dapat membuat promosi yang unik bagi pelanggan Anda sehingga mereka tertarik untuk berbelanja obat-obatan di toko apotek milik Anda. Selain itu, struk transaksi bisa dicetak dan dikirim ke pembeli via email/sms sesuai kebutuhan. Sehingga, Anda tidak perlu membuat struk manual dan lebih menghemat kertas apabila menggunakan software POS terintegrasi. Melihat bisnis ini memiliki peluang yang besar dalam industri kesehatan tentunya terdapat beberapa tips untuk memulai bisnis apotek supaya tidak kandas ditengah jalan.

DemoGratis  

 

Daftar Isi

  1. Tingkatkan Pengetahuan dalam Industri Kesehatan dan Farmasi
  2. Lakukan Perhitungan Modal dan Keuntungan Bisnis Apotek
  3. Temukan Lokasi yang Strategis dan Bangun Sarana Prasarana Toko
  4. Urus Perizinan Bisnis Apotek
  5. Bekerja Sama dengan Pihak Asuransi
  6. Rekrut SDM Ahli dalam Bidang Tersebut
  7. Temukan Supplier Obat Terpercaya
  8. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan
  9. Kelola Persediaan Obat dengan Terkontrol
  10. Kesimpulan

1. Tingkatkan Pengetahuan dalam Industri Kesehatan dan Farmasi

Sebelum memulai bisnis apotek, ada baiknya bagi pelaku usaha untuk memahami dan mencari terlebih dahulu ilmu terkait industri kesehatan dan farmasi. Anda dapat mengikuti kelas dari pendidikan formal, non formal, hingga pengalaman kerja. Hal itu berguna supaya ketika Anda membuka usaha apotek, Anda tidak salah dalam menjualkan obat yang dapat berakibat fatal bagi pelanggan yang mengonsumsinya. Selain itu, dengan memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang kesehatan dan farmasi tentunya konsumen akan lebih yakin untuk membeli obat, vitamin, dan lain sebagainya pada toko Anda karena telah konsumen anggap berkompeten pada bidangnya. 

bisnis apotek
Sumber: shutterstock.com

2. Lakukan Perhitungan Modal dan Keuntungan Bisnis Apotek

Sama seperti bisnis lainnya dalam menjalankan usaha apotek langkah yang harus Anda lakukan adalah menghitung modal dan keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memulai bisnis apotek. carilah informasi harga dengan melakukan riset pasar sehingga dapat memperkirakan besaran modal. Apabila memiliki modal terbatas, maka tidak ada salahnya untuk membuat apotek berskala kecil untuk menekan biaya pengeluaran maupun operasional. Untuk membantu dalam menghitung laporan keuangan sehingga segala transaksi dapat lebih jelas Anda dapat menggunakan software akuntansi dari EQUIP. Sistem yang dapat berjalan secara otomatis memampukan Anda sebagai pelaku bisnis untuk lebih mudah dalam melihat laporan keuangan seperti pengeluaran, pemasukan, arus kas, dan lain sebagainya. Sehingga, bisnis apotek Anda dapat terhindar dari kerugian karena adanya sistem akuntansi yang berkualitas. 

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

3. Temukan Lokasi yang Strategis dan Bangun Sarana Prasarana Toko

Pemilihan lokasi menjadi salah satu hal penting dan penentu apakah bisnis tersebut dapat bertahan atau tidak. Adanya lokasi yang strategis akan lebih mudah dalam menjangkau target pasar. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu kepadatan penduduk dan transportasi umum yang tersedia di sekitar lokasi. Upayakan untuk membuka apotek di daerah ramai dengan lalu lintas dua arah. Anda juga perlu mempertimbangkan luas apotek karena hal itu akan mempengaruhi banyaknya obat yang ingin kamu jual. Pastikan juga tersedia tempat parkir karena pembeli akan membutuhkan hal tersebut.

4. Urus Perizinan Bisnis Apotek

Membuka usaha apotek tentunya harus memiliki surat izin usaha agar bisnis Anda tidak dicap ilegal oleh masyarakat. Dengan adanya surat izin, maka legalitas dari apotek kamu akan membuat pelanggan percaya. Anda bisa mengajukan perizinan ke dinas pemerintah terkait. Persiapkan dokumen yang diminta dan patuhi prosedurnya. Setelah perizinan rampung dan permohonan Anda diterima, maka Anda bisa langsung membuka toko apotek. Biasanya, apotek diperbolehkan beroperasi jika memiliki apoteker yang ahli dalam bidang obat-obatan. Oleh sebab itu, Anda perlu mempekerjakan apoteker yang handal.

5. Bekerja Sama dengan Pihak Asuransi

Menjalin kerjasama dengan pihak asuransi memberikan kesempatan apotek dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Terlebih lagi, pelanggan yang datang membeli obat di apotek milik Anda pasti ada yang menjadi peserta asuransi. Sehingga tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan lembaga kesehatan misalnya BPJS. Untuk prosedur kerja sama, Anda bisa menghubungi beberapa asuransi itu secara langsung untuk informasi lebih lanjut. 

6. Rekrut SDM Ahli dalam Bidang Tersebut

SDM ahli obat
Sumber: smartlegal.id

Bisnis apotek adalah usaha yang sifatnya krusial karena berhubungan langsung dengan obat. Oleh sebab itu, pastikan untuk merekrut sumber daya manusia terbaik agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Pastikan semua staff yang Anda pekerjakan memenuhi persyaratan untuk bekerja di apotek. Hal ini biasa apotek lakukan untuk menjaga kredibilitas apotek di mata konsumen. Selain itu dengan merekrut SDM terbaik, tentu mendukung apotek untuk memberikan pelayanan optimal.

7. Temukan Supplier Obat Terpercaya

Bisnis apotek membutuhkan pemasok untuk menyalurkan stok obat dan produk kesehatan lainnya. Ada banyak supplier obat terpercaya yang dapat Anda ajak bekerja sama. Namun, pastikan supplier tersebut memiliki surat izin dari pemerintah supaya terjaga kualitasnya dan terhindar dari pemasok obat abal-abal. Kemudian, Anda bisa bekerja sama dengan lebih dari satu supplier karena merk obat-obatan itu beragam supplier-nya. Di sini kamu memerlukan modal yang cukup untuk membeli obat itu.

Apabila Anda membeli obat dengan jumlah yang banyak tentunya pihak supplier bersedia menjual dengan harga obat yang lebih murah. Sehingga Anda bisa menjualnya di harga pasaran. Jangan mematok harga yang mahal pada pelanggan karena itu hanya merugikan bisnis Anda. Pelanggan biasanya akan memilih apotek yang memasang harga wajar. Gunakan software pembelian dari EQUIP untuk mendapatkan laporan lengkap seputar kinerja vendor atau supplier bisnis Anda dengan fitur Vendor Evaluation System. 

Baca juga: Peran dan Strategi Menjadi Distributor Sukses yang Perlu Anda Pahami

8. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Pelayanan merupakan hal penting dalam menjalankan suatu usaha. Bisnis apotek dapat berjalan dengan baik apabila memiliki pelayanan yang baik juga. Ramah dan mudah tersenyum akan membuat konsumen datang kembali ke toko apotek milik Anda. Rekrutlah karyawan yang selain mengerti dunia industri kesehatan namun juga bersikap baik kepada konsumen. Untuk mempermudah kegiatan pelayanan, Anda dapat menggunakan software POS dari EQUIP ERP yang dapat memberikan promosi terpersonalisasi dan layanan transaksi yang lebih mudah.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

9. Kelola Persediaan Obat dengan Terkontrol

persediaan stok barang
Hand holding medicine capsule pack at the pharmacy drugstore.

Menjalani bisnis apotek tentunya harus mempunyai berbagai obat supaya konsumen dapat menilai bahwa toko Anda memiliki persediaan obat yang lengkap. Namun, masalah yang sering pelaku usaha apotek hadapi adalah kesulitan dalam mengontrol persediaan obat. Mengecek produk secara manual akan lebih membuang waktu dan menyebabkan terjadinya human error. Sehingga, sistem inventaris EQUIP ERP sangat Anda perlukan untuk bisnis apotek. Software ini memberikan kemudahan proses stock opname dengan mobile apps yang dilengkapi QR/barcode scanner. Anda juga bisa mendapatkan notifikasi seputar informasi garansi dan masa kadaluarsa produk/bahan baku dan update data ketersediaan stok barang secara real-time, kapan dan di mana saja dengan software inventory dari EQUIP ERP. 

Baca juga: Digitalisasi Pembuatan Laporan Stok Barang dengan Software Inventory

Kesimpulan

Membuka bisnis apotek dapat menjadi peluang yang bagus untuk Anda. Toko apotek yang mudah ditemukan tidak heran jika bisnis ini mudah berkembang. Selain menyediakan obat jangan lupa untuk menjual peralatan lainnya karena masyarakat pergi ke toko apotek bukan karena sakit saja tapi ada yang ingin membeli vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah situasi yang kurang baik. Selain itu, untuk memulai usaha ini pastikan Anda telah mengikuti beberapa tips di atas supaya bisnis Anda dapat bertahan dan kuat menghadapi pesaing sejenis. Gunakan juga software POS dari EQUIP ERP untuk menunjang kegiatan bisnis apotek karena memberikan kemudahan dalam mengelola penjualan. Sistem POS memberikan kontrol yang cepat dan akurat pada stock inventory dan memberikan kemudahan dalam mencetak faktur atau nota. Dapatkan demo gratis software POS dari EQUIP sekarang!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now