15 Software Apotek Terbaik beserta Kelebihan & Kekurangannya

Apotek yang mengalami deadstock dan obat kadaluwarsa berpotensi rugi belasan hingga puluhan juta rupiah. Sebuah studi di kota Magelang menyebutkan bahwa sebuah puskesmas rugi lebih dari Rp 14 juta akibat buruknya perencanaan stok obat.1

Selain itu, 40% obat pada puskesmas tersebut mengalami deadstock karena kesalahan pengadaan. Tentu saja, sebagai pelaku bisnis yang bergerak di bidang kesehatan, Anda tidak ingin hal ini terjadi pada bisnis Anda bukan?

Oleh karena itu, software apotek menjadi solusi yang sangat direkomendasikan oleh puluhan jurnal terindeks. Manajemen FIFO dan FEFO di dalam software apotek sangat dibutuhkan oleh pebisnis yang mengelola banyak cabang dengan sirkulasi permintaan yang tinggi.

Dari banyaknya opsi sistem apotek di Indonesia, EQUIP menjadi salah satu vendor yang patut Anda pertimbangkan. Bersama dengan hal ini, artikel berikut merangkum 15 software apotek terbaik untuk Anda. Simak hingga akhir dan temukan vendor mana yang ideal bagi bisnis Anda.

Daftar Isi

DemoGratis

Apa Itu Software Apotek dan Manfaatnya?

Software apotek adalah sebuah sistem teknologi informasi yang dirancang khusus untuk mengelola operasi harian apotek. Software ini berfungsi untuk mengelola inventarisasi, penjualan, pengelolaan resep, dan pelaporan keuangan dalam apotek.

Jika Anda sudah atau akan mengadopsi software ini, beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan, seperti mempercepat transaksi dan pengelolaan stok, mengurangi kesalahan dalam pencatatan, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan stok yang efisien.

Apa Sajakah Fitur Penting dalam Software Apotek?

Dalam upaya mengimplementasikan esensi farmasi, pemilik apotek harus menjamin ketersediaan barang-barang farmasi. Sayangnya, mengelola stok dari belasan cabang dengan ratusan macam obat butuh upaya ekstra jika berlangsung manual.

Untuk itu, software apotek dengan fitur-fitur terbaik sangat Anda butuhkan. Sehubungan dengan memilih vendor yang prima, memahami fitur software dapat menjadi acuan untuk Anda memilih penyedia terbaik. Berikut adalah daftar fitur utama software apotek yang harus Anda miliki:

  • Manajemen inventaris
  • Pengelolaan resep
  • Penjualan dan pembayaran
  • Pemantauan kedaluwarsa obat
  • Pengelolaan pelanggan
  • Pelaporan keuangan

15 Rekomendasi Software Apotek Terbaik di Indonesia 2024

Dari banyaknya vendor sistem apotek, berikut adalah 15 software apotek terbaik di Indonesia di tahun 2024 yang dapat Anda jadikan pertimbangan pilihan yang ideal.

1. Software Apotek EQUIP

software apotek equipEQUIP merupakan salah satu vendor software apotek yang mumpuni di Indonesia. Berbasis cloud technology, EQUIP menawarkan software yang mudah diakses, mudah digunakan, dan terintegrasi dengan berbagai modul bisnis profesional.

Telah lolos uji ISO, EQUIP menjadi kandidat terkuat bagi apotek yang mengelola banyak cabang melalui satu platform. Vendor ini juga bersinergi dengan regulasi di Indonesia, sehingga pelaporannya sesuai dengan peraturan pemerintah.

Beberapa fitur andalan yang software apotek EQUIP miliki mencakup:

a. Inventory management

Adanya integrasi dengan sistem inventory, membuat EQUIP mampu mengontrol ketersediaan stok obat secara real-time dan menyeluruh. Ini mencegah Anda dari kehabisan stok obat ketika terjadi permintaan yang tinggi.

b. FIFO and FEFO system

FIFO (First In First Out) dan FEFO (First Expired First Out) adalah fitur software apotek terbaik dari EQUIP yang disarankan oleh banyak penelitian guna mencegah deadstock dan menumpuknya obat kedaluwarsa.

Sistem ini mengatur agar obat dengan kedaluwarsa singkat lebih didahulukan dan atau memanajemen obat yang datang pertama adalah obat yang pertama kali terjual. Dampaknya, apotek Anda tidak akan mengalami penumpukan stok dan mencegah terjadinya deadstock.

c. Integrasi penjualan dan pembayaran

Software apotek dari EQUIP terhubung kuat dengan sistem POS yang efisien. Ini membuat Anda mampu memproses transaksi dengan lebih cepat dan akurat. Selain itu, Anda akan mendapat laporan komprehensif untuk mengetahui perkembangan bisnis apotek.

Manajemen promosi dan diskon dalam sistem ini juga akan membantu Anda dalam menarik minat pembeli serta berkontribusi dalam peningkatan kepuasan pelanggan.

Pelanggan Anda dapat leluasa memilih untuk membayar tagihan obat dengan e-money, bank, atau cash. Dengan ini, kepuasan mereka akan meningkat karena apotek Anda dianggap memahami kebutuhan pelanggan. Kemudahan inilah yang difasilitasi EQUIP untuk apotek Anda.

d. Pengelola dokumen

Apotek sudah pasti mengelola banyak dokumen, seperti resep obat, sertifikat, tagihan, dan laporan penjualan. Mengelola dan menyimpan dokumen ini kemudian tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Menyimpan dokumen secara manual akan berpotensi rusak, hilang, dan tidak efisien. Untuk itu, software apotek EQUIP terintegrasi dengan pengelolaan dokumen secara digital agar jika Anda membutuhkannya, Anda akan mudah menemukannya dengan jaminan keamanan tinggi.

e. Customer relationship management

Apotek dengan belasan hingga puluhan cabang umumnya menyimpan ribuan data riwayat obat dan pasien. Untuk itu, software apotek yang ideal seperti EQUIP memfasilitasi kebutuhan pengelolaan data customer.
Dengan tampilan sistem yang mudah dipahami dan digunakan, Anda akan mampu beralih dari pengelolaan data pelanggan yang banyak untuk bisa fokus mengelola strategi bisnis lain yang lebih penting.

f. Manajemen vendor dan pembelian

Mengotomatiskan proses pemesanan ulang obat ketika stok mencapai batas minimum, memastikan ketersediaan stok yang berkelanjutan dalam bisnis apotek Anda.
Software ini juga menjaga hubungan dengan pemasok, termasuk negosiasi harga, pengaturan pengiriman, dan pembayaran. Sistem menjamin apotek Anda selalu terkoneksi dengan vendor obat yang prima, bersertifikat, dan terpercaya.

g. Accounting report

Laporan keuangan yang komprehensif sangat berguna bagi apotek agar Anda, selaku pemilik usaha atau jajaran managerial, mampu mengambil keputusan bisnis yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Melalui laporan ini, selain mengetahui perkembangan bisnis, Anda juga dapat mengetahui permintaan produk mana yang sedang tinggi atau menurun. Hal ini berguna untuk merencanakan pembelian produk farmasi yang lebih ideal.

Kelebihan Kekurangan
  • Visibilitas stok real-time yang mumpuni
  • Terdapat notifikasi jika stok obat menipis
  • Mampu mendeteksi tanggaL kedaluwarsa obat atau produk
  • Antarmuka sistemnya user friendly
  • Gratis tambah user sistem kapan saja
  • Kustomisasi yang fleksibel
  • Customer support EQUIP cepat tanggap
  • Waktu implementasi sistemnya berbeda-beda tergantung pada kompleksitas kebutuhan bisnis Anda

Mengetahui fitur dan poin-poin di atas, jika Anda tertarik untuk mengoperasikan sistem apotek dari EQUIP sebelum mengadopsinya, EQUIP menawarkan demo gratis yang dapat Anda coba mulai dari hari ini.

Anda juga dapat mengetahui software ini lebih lanjut melalui fitur chat dengan tim expert EQUIP. Melalui opsi-opsi berikut, pebisnis apotek di Indonesia diharapkan mampu mengembangkan bisnisnya seiring dengan dinamika teknologi dan permintaan pasar yang ada.

2. Vmedis

Vmedis merupakanpenyedia solusi apotek yang telah membantu pelaku usaha farmasi dalam mengoptimalkan operasional mereka. Dengan pengalaman yang ada, Vmedis memastikan bahwa setiap solusi yang ditawarkan tidak hanya canggih, tetapi juga efisien.

Software apotek dari Vmedis dirancang untuk memenuhi kebutuhan apotek modern dengan berbagai fitur inovatif, meliputi:

a. Manajemen inventaris

b. Pengelolaan resep

c. Modul penjualan dan pembayaran

d. Sistem pelaporan keuangan

Kelebihan Kekurangan
  • Manajemen inventaris yang efisien
  • Fitur pengelolaan resep yang canggih
  • Pelaporan yang akurat dan terperinci
  • Keamanan data yang tinggi
  • Kurva pembelajaran yang cukup curam bagi pengguna baru
  • Kinerja dapat terpengaruh pada perangkat dengan spesifikasi rendah
  • Memerlukan koneksi internet yang stabil untuk akses fitur tertentu
  • Dukungan pelanggan yang terbatas pada jam kerja
  • Update sistem yang mungkin mengganggu operasional saat dilakukan

3. Software Kasir Apotek MyKlinik

MyKlinik merupakan vendor yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik pebisnis apotek di Indonesia. Produk mereka dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan keefisienan manajemen apotek melalui teknologi canggih yang mudah digunakan.

Fitur-fitur andalan dari software kasir apotek MyKlinik meliputi:

a. Manajemen inventaris

b. Pengelolaan resep

c. Modul pelaporan keuangan

d. Integrasi dengan sistem kesehatan lain

Kelebihan Kekurangan
  • Laporan keuangannya terperinci
  • Dukungan untuk kepatuhan regulasi
  • Analisis data kesehatan pasien yang komprehensif
  • Kurva pembelajaran yang cukup tinggi untuk pengguna baru
  • Pembatasan dalam kustomisasi fitur tertentu
  • Integrasi terbatas dengan sistem pihak ketiga tertentu
  • Memerlukan perangkat keras khusus untuk optimalisasi penuh

4. Aplikasi Apotek HashMicro

aplikasi apotek hashmicroBerdiri sejak tahun 2015, HashMicro menjadi pilihan banyak enterprise terkemuka di Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Singapura. HashMicro melalui aplikasi apoteknya yang mumpuni, menawarkan fitur dan kemudahan yang dapat membawa bisnis Anda menuju kesuksesan.

Beberapa fitur andalan HashMicro yang direkomendasikan oleh ribuan pengusaha, termasuk pebisnis apoteker adalah sebagai berikut:

a. Manajemen stok dan gudang: Mengelola stok di gudang Anda agar tidak sampai berlebihan atau kekurangan yang dapat membuat Anda kehilangan kesempatan bisnis yang menguntungkan.

b. Efisiensi pengadaan: Membantu Anda merencanakan dan mengadakan barang yang habis dengan pengelolaan vendor atau distributor yang komprehensif dan dapat dipercaya.

c. Fitur POS: Permudah pencatan transaksi dan kontrol berbagai cabang secara terpusat.

d. Integrasi dengan CRM: Menjadikan Anda mengetahui lebih dalam tentang kebutuhan customer di sekitar daerah Anda, sehingga Anda dapat membuat program khusus untuk meningkatkan retensi pembelian.

e. Online store management: Jika Anda mengelola puluhan cabang apotek dan ingin mengembangkan bisnis lebih jauh lagi ke ranah digital, fitur aplikasi apotek dari HashMicro ini dapat memfasilitasi Anda dengan baik dan bersinergi.

Kelebihan Kekurangan
  • Menyediakan demo gratis sistem
  • Gratis tambah user
  • Hasil laporannya komprehensif’
  • Customer support-nya responsif
  • Terdapat antrean demo gratis untuk Anda yang ingin mencobanya akibat dari tingginya permintaan

5. Klinik Pintar

Klinik Pintar adalah penyedia solusi teknologi kesehatan yang terkenal dengan pendekatannya yang inovatif dalam menyediakan software apotek. Didukung teknologi terkini, Klinik Pintar meningkatkan efisiensi dan keakuratan apotek dengan antarmuka yang ramah pengguna.

Fitur-fitur dari software apotek Klinik Pintar meliputi:

a. Dashboard analitik

b. Manajemen stok otomatis

c. Pencatatan elektronik resep

d. Modul pelaporan keuangan

Kelebihan Kekurangan
  • Aksesibilitas data pasien secara real-time
  • Fitur pelaporan otomatis
  • Dukungan untuk kepatuhan regulasi
  • Batasan dalam kustomisasi fitur
  • Memerlukan pembaruan sistem secara berkala
  • Potensi masalah keamanan data
  • Kesulitan integrasi dengan perangkat lunak lama atau eksternal

6. Software Manajemen Apotek Tetama

Dalam upaya menyederhanakanoperasi apotek, software manajemen apotek Tetama hadir sebagai solusi teknologi yang inovatif. Berfokus pada keefisienan dan kemudahan penggunaan, software ini menjadi pilihan pebisnis yang ingin meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Fitur andalan software apotek Tetama, antara lain:

a. Manajemen stok otomatis

b. Modul pencatatan resep elektronik

c. Sistem poin pelanggan

Kelebihan Kekurangan
  • Akurasi data yang tinggi
  • Pelayanan pelanggan yang baik
  • Terdapat risiko keamanan data
  • Kompleksitas implementasi
  • Perlunya pelatihan karyawan
  • Keterbatasan dalam personalisasi fitur
  • Ketergantungan pada pembaruan dari vendor

7. Program Apotek Koneksi

program apotek koneksiMenjadi salah satu vendor program apotek yang prima, Koneksi menawarkan segudang menfaat yang dapat Anda rasakan begitu menggunakan sistemnya. Sebagai vendor lokla yang berbasis di Indonesia, Koneksi telah bersinergi dengan regulasi pemerintah.

Oleh karena itu, hasil laporan dan manajemen sistemnya menjamin bisnis Anda akan selalu berjalan sesuai dengan standar peraturan di Indonesia. Beberapa fitur andalan dari Koneksi meliputi:

a. Manajemen FIFO/FEFO: Fitur ini menjamin bahwa apotek Anda tidak akan mengalami deadstock dan penimbunan obat kedaluwarsa

b. Real-time monitoring: Anda dapat memantau pergerakan stok di gudang dan toko Anda kapan saja dan dimana saja secara real-time dan menyeluruh.

c. Klasifikasi produk: Kategorikan obat-obat dan alat farmasi di apotek Anda ke dalam kelompok kecil yang mudah dikenali dan diingat oleh apoteker. Ini membantu Anda mengolah dan mencari produk dengan cepat dan efisien.

d. Laporan yang akurat: Dapatkan laporan yang akurat dan mudah dipahami terkait dengan jumlah stok, tanggal kedaluwarsa, jenis barang, dan tempat penyimpanannya untuk membantu operasional bisnis Apotek Anda lebih efisien.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka sistemnya user friendly
  • Anda masih dapat mengelola sistem, meskipun jaringan internet Anda buruk
  • Menyediakan demo gratis
  • Fleksibel dan dapat dikustomisasi
  • Customer support Koneksi cepat tanggap di keseluruhan waktu
  • Jika bisnis apotek Anda menginginkan kustomisasi mendetail, maka waktu implementasinya dapat memakan waktu

8. Apoteker.net

Vendor ini merupakan penyedia solusi digital yang mengedepankan inovasi dalam layanan kesehatan di Indonesia. Dengan menggabungkan teknologi terkini dan pengalaman yang mendalam dalam industri farmasi, Apoteker.net mempermudah pengelolaan apotek.

Menawarkan platform yang user-friendly, berikut adalah fitur andalan Apoteker.net:

a. Dashboard analitik

b. Manajemen inventaris

c. Modul pengelolaan resep

d. Integrasi POS (Point of Sales)

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi lengkap dengan sistem kesehatan
  • Pengelolaan resep yang efisien
  • Fitur analisis data yang mendalam
  • Keamanan data tingkat tinggi
  • Kurangnya fitur kustomisasi
  • Antarmuka pengguna yang kurang intuitif
  • Terbatasnya dukungan teknis lokal
  • Proses pembaruan software yang bisa mengganggu operasional harian
  • Fitur pengelolaan pelanggan yang masih dasar

9. TitanSystem Pharmacy

Didirikan dengan visi untuk memodernisasi pengelolaan apotek, perusahaan ini menyediakan solusi yang memenuhi kebutuhan apotek modern. Dengan pengalaman dalam industri farmasi, TitanSystem Pharmacy membantu apotek meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

Fitur andalan TitanSystem Pharmacy meliputi:

a. Manajemen inventaris

b. Pengelolaan resep elektronik

c. Integrasi dengan sistem pelayanan kesehatan

d. Dashboard analitik real-time

Kelebihan Kekurangan
  • Analisis data canggih
  • Pelaporan keuangan otomatis
  • Manajemen resepnya efisien
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Kustomisasi terbatas pada fitur tertentu
  • Dukungan teknis yang kurang responsif
  • Perlu pembaruan lebih frekuen untuk mengikuti regulasi terbaru

10. Sistem Apotek Total

sistem apotek totalTotal ERP merupakan salah satu vendor sistem apotek yang mampu mempermudah bisnis farmasi Anda dalam skala menengah ke atas. Sistem apotek Total menonjolkan kemampuan sistemnya yang mengintegrasikan seluruh cabang usaha ke dalam satu dashboard.

Anda akan dapat melihat performa setiap cabang apotek Anda tanpa harus datang ke lokasi dengan sistem keamanan data yang tinggi. Total juga menjamin bahwa data Anda tidak akan mampu diubah oleh sembarang orang yang tidak memiliki kepentingan.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut adalah daftar fitur sistem apotek Total yang harus Anda ketahui:

a. Kontrol stok: Optimalkan pengawasan stok Anda menggunakan Multi-UOM, pelacakan RFID, dan scanner barcode yang terintegrasi untuk efisiensi manajemen inventaris.

b. Implementasi promosi: Tingkatkan jumlah pelanggan Anda dengan memaksimalkan visibilitas bisnis melalui penerapan strategi promosi yang praktis dan efisien.

c. Manajemen penjualan: Optimalkan efisiensi manajemen penjualan di berbagai outlet dengan menerapkan strategi up-selling dan cross-selling yang terautomasi.

d. Real-time monitoring: Optimalkan efektivitas dan efisiensi manajemen operasional harian Anda dengan melakukan pemantauan dan pengawasan yang lebih cermat.

Kelebihan Kekurangan
  • Terdapat penawaran demo gratis
  • UI sistemnya ramah pengguna
  • Kurva pembelajaran Total tidak curam
  • Dukungan pelanggan Total tersedia kapan saja dan dimana saja
  • Terdapat antrean demo gratis yang panjang akibat permintaan yang tinggi

11. Farmacare.id

Dengan pendekatan yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan, Farmacare.id memperkuat operasional apotek di Indonesia. Software ini dirancang untuk memenuhi standar industri yang tinggi, menyediakan berbagai alat yang esensial untuk pengelolaan apotek yang modern.

Fitur andalan Farmacare.id meliputi:

a. Dashboard analitik

b. Pengingat kedaluwarsa obat

c. Manajemen CRM

Kelebihan Kekurangan
  • Fitur analisis datanya canggih dan komprehensif
  • Keamanan data yang terjamin melindungi informasi sensitif
  • Kurangnya fitur kustomisasi untuk kebutuhan spesifik apotek tertentu
  • Antarmuka pengguna yang kurang intuitif
  • Dukungan teknis yang terbatas pada jam tertentu
  • Tidak ada fitur pengelolaan promosi dan diskon secara otomatis
  • Fitur pengingat kadaluarsa obat yang kurang responsif

12. Trustmedis.com

Trustmedis.com menghadirkan inovasi dan efisiensi dalam pengelolaan farmasi. Keandalan dan kemudahan penggunaan menjadi prioritas utama dalam setiap fitur yang Trustmedis kembangkan.

Beberapa fitur andalan Trustmedis.com meliputi:

a. Dashboard analitik

b. Manajemen resep

c. Integrasi POS

d. Pelacakan stok real-time

Kelebihan Kekurangan
  • Tampilan antarmuka yang ramah pengguna
  • Fitur keamanan data yang kuat
  • Dukungan pelanggan yang responsif
  • Keterbatasan dalam fitur analitik lanjutan
  • Pembaruan sistem yang tidak konsisten.
  • Terbatasnya personalisasi fitur sesuai kebutuhan spesifik apotek

13. Software Manajemen Apotek Assist.id

software manajemen apotek assist idAssist.id menawarkan software apotek yang dirancang untuk memperkuat operasional apotek dengan pendekatan yang berorientasi pada kebutuhan pengguna. Produknya memaksimalkan kinerja apotek, sambil mempertahankan pengalaman pengguna yang sederhana dan efektif.

Fitur andalan Assist.id meliputi:

a. Pelacakan stok real-time

b. Integrasi dengan sistem keuangan

c. Laporan penjualan serta analisis data

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi yang mulus dengan sistem kesehatan lain
  • Antarmuka pengguna yang intuitif
  • Fitur keamanan data yang canggih
  • Dukungan pelanggan yang responsif
  • Keterbatasan dalam kustomisasi fitur
  • Kebutuhan bandwidth yang tinggi untuk operasi optimal
  • Tantangan dalam pembaruan sistem
  • Kurangnya tutorial dalam bahasa lokal

14. Inofarma 2.0

Dalam upaya memodernisasi pengelolaan apotek, Inofarma telah merilis versi terbaru dari software mereka, Inofarma 2.0. Sebagai vendor teknologi farmasi, Inofarma membawa transformasi digital yang signifikan dalam cara apotek mengelola operasional sehari-hari.

Fitur andalan Inofarma 2.0 meliputi:

a. Penjadwalan pengadaan obat

b. Pelaporan keuangan terintegrasi

c. Pemantauan kedaluwarsa obat

d. Manajemen promosi dan diskon

Kelebihan Kekurangan
  • Fitur manajemen inventaris otomatis
  • Analisis data yang mendalam untuk mendukung pengambilan keputusan
  • Keamanan data yang ketat dan proteksi privasi pasien
  • Kurva pembelajaran yang cukup tinggi bagi pengguna baru
  • Ketergantungan pada koneksi internet yang stabil untuk fungsi maksimal.
  • Tidak memiliki modul khusus untuk manajemen promosi
  • Terbatasnya dukungan teknis
  • Integrasi yang kurang optimal dengan beberapa perangkat keras spesifik.
  • Update fitur yang terkadang mengganggu operasional normal

15. Software Apotekdigital.com

software apotek digitalDi tengah kemajuan teknologi yang pesat, Apotekdigital.com menawarkan integrasi sistem yang mulus dan pengalaman pengguna yang optimal. Software ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan apotek dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Fitur andalan Apotekdigital.com meliputi:

a. Manajemen inventaris

b. Pengelolaan resep

c. Penjualan dan pembayaran

d. Pelaporan keuangan

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi lengkap dengan sistem kesehatan lainnya
  • Antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan
  • Keamanan data pasien yang tinggi
  • Kurva belajar untuk beberapa fitur yang kompleks
  • Tidak memiliki dukungan dalam beberapa bahasa lokal
  • Keterbatasan dalam kustomisasi fitur sesuai kebutuhan spesifik
  • Proses update sistem membuat downtime

Kesimpulan

Setelah mengetahui rekomendasi 15 vendor software apotek di atas, Anda perlu mempertimbangkan sistem mana yang menawarkan fitur lengkap dan memenuhi kebutuhan bisnis apotek Anda.

Sebagai salah satu pilihan favorit dengan performa yang memuaskan, software apotek dari EQUIP menawarkan fitur-fitur canggih yang didukung dengan kemudahan penggunaan. Selain itu, EQUIP juga menawarkan demo gratis yang dapat Anda coba mulai dari hari ini.

Untuk itu, jika Anda memiliki masalah bisnis dan ingin berkonsultasi dengan tim expert EQUIP, cobalah terhubung dengan kami dan temukan solusi bisnis paling ideal bagi apotek Anda di Indonesia.

Retail

Link Sumber

1Evaluasi Obat Kadaluwarsa, Obat Rusak dan Stok Mati di Puskesmas Wilayah Magelang‘ Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia Vol. 8 No. 1 April 2021, diakses pada 13 Juni 2024.

Yuki Putri
Yuki Putri
Yuki Putri adalah penulis blog yang mengkhususkan diri pada topik software dan bisnis. Dengan pengalaman luas di teknologi informasi, Yuki menyajikan analisis mendalam dan praktik terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi bisnis melalui konten yang informatif dan mudah dipahami.

Artikel Terkait

Baca Juga

Forbes
Hospitality Product

Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

Coba Gratis
One Mart
Supermarket

Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

Coba Gratis
Bee Choo
Beauty Treatment Product

EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

Coba Gratis
Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now