Ketahui Manfaat dan Jenis Digital Payment Demi Kepuasan Pelanggan

Perkembangan teknologi akan terus berkembang dan canggih. Terutama penggunaan teknologi di dunia bisnis, banyak dari berbagai perusahaan yang kini terus bersaing untuk mengembangkan dan mensukseskan bisnisnya. Saat ini, banyak dari pelaku bisnis telah menggunakan software POS terintegrasi untuk melakukan pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, pengaturan promosi hingga pengelolaan inventaris yang menjadi lebih mudah dan praktis. Saat ini untuk melakukan transaksi, digital payment merupakan cara yang praktis. Software POS dari EQUIP mempermudah dan mempercepat proses transaksi dan memudahkan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien. Anda perlu menggunakan software POS yang tepat untuk membuat bisnis Anda terus berkembang dan sukses. Simak artikel ini untuk ketahui manfaat dan jenis digital payment terbaik untuk bisnis Anda!

DemoGratis

Daftar Isi

Manfaat Menggunakan Digital Payment

Pada umumnya, dari banyaknya bisnis menanggapi kegiatan transaksi hanya bagian termudah dan pembayaran konsumen saja. Tetapi, setelah berkembangnya teknologi saat ini digital payment dapat mengembangkan perkembangan bisnis untuk terus tumbuh dan proses transaksi tidak hanya sekedar transaksi saja. Selain menjadi cepat dan praktis, digital payment juga memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Berikut beberapa manfaat jika bisnis Anda menggunakan digital payment

1. Pembayaran instan yang memudahkan

Digital payment dapat mempercepat proses transaksi jika Anda bandingkan dengan pembayaran secara tunai atau cash. Dengan metode ini, konsumen dapat melakukan pembayaran secara instan kapan dan dimana saja melalui smartphone, tanpa harus memikirkan uang pas atau menunggu uang kembalian. Tetapi, dengan metode ini smartphone Anda harus tetap dalam jangkauan sinyal yang baik. 

2. Keamanan transaksi yang lebih baik

Sistem pembayaran digital menawarkan berbagai cara transaksi untuk meningkatkan sistem keamanan dalam bertransaksi. Seperti metode pembayaran digital QRIS, konsumen tidak perlu menggunakan kartu kredit saat melakukan transaksi. Konsumen hanya perlu melakukan pemindaian kode dari perangkat smartphonenya dan proses transaksi pun selesai dan tentunya keamanan data konsumen tetap terjaga dengan aman. Selain itu, risiko pencurian atau kehilangan uang hasil transaksi, karena transaksi melalui digital payment yang otomatis dan secara akurat tersimpan pada software POS.  

Baca juga: Memahami Analisis SWOT yang Bermanfaat bagi Bisnis Anda

3. Memaksimalkan kepuasan pelanggan

digital payment
Sumber: canva.com

Banyak pilihan yang dapat konsumen pakai dalam bertransaksi digital. Mereka dapat memilih digital payment yang mereka anggap paling mudah, menguntungkan, dan aman. Banyak sistem pembayaran digital yang menawarkan potongan harga tertentu. Hal ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan dan tanpa Anda sadari, hal ini membangun pelanggan yang loyal dan setia. 

4. Menghemat processing cost dan transparansi

Saat menyediakan layanan tertentu, Anda perlu bekerja sama dengan bank untuk menginstall mesin EDC. Hal ini, memerlukan processing cost atau biaya yang perlu Anda bayar terkait dengan mesin EDC. Jumlah biaya yang perlu Anda keluarkan tergantung kebijakan bank masing-masing. Biasanya akan dikenakan biaya install pada proses awal dan biaya admin per-transaksi. Secara keseluruhan, perhitungan dari total processing cost yang perlu ditanggung bisnis relatif besar. Sementara itu, biaya pemrosesan digital payment seperti e-money relatif lebih rendah. Selain itu, digital payment juga lebih transparan.

5. Minim kontak dan efisien waktu

Meskipun pandemi Covid-19 sudah berkurang dan tidak separah dulu, meminimalisir kontak dengan yang lain merupakan cara terbaik dalam bertransaksi. Selain mengefisien waktu dalam bertransaksi, sangat perlu pembatasan dan minim kontak yang tujuannya agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi. Maka dari itu, digital payment merupakan solusi yang tepat karena pembayaran akan selesai tanpa adanya kontak dengan banyak orang. 

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

Jenis Digital Payment yang Berkembang di Indonesia

pembayaran elektronik
Sumber: canva.com

Melakukan transaksi dengan digital payment menjadi metode yang tepat dan efisien. Mengingat perkembangan teknologi di era modern saat ini, berbagai kecanggihan teknologi di perusahaan menjadi suatu metode yang dapat mengembangkan dan meningkatkan efisiensi manajemen perusahaan. Berikut beberapa jenis dari digital payment:

1. Mobile banking

Pembayaran digital mobile banking digunakan untuk melakukan kegiatan finansial. Digital payment akhir-akhir ini banyak digunakan oleh masyarakat dalam proses bertransaksi. Pengguna hanya cukup mengunduh aplikasi mobile banking dari bank yang mereka gunakan lalu mengikuti proses dengan kebijakan dari bank nya masing-masing. 

2. Internet banking

Jenis digital mobile ini adalah salah satu layanan transaksi finansial lainnya dari bank. Saat mengaktifkan layanan ini, memerlukan kartu identitas yang masih berlaku, kartu ATM, buku tabungan, dan alamat email aktif. Saat proses tersebut telah selesai, proses transaksi digital payment dengan internet banking akan bisa pengguna gunakan. Untuk mengaplikasikan internet mobile memerlukan token saat melakukan transaksi. 

3. SMS banking

Layanan transaksi SMS banking merupakan layanan transaksi finansial lainnya  yang ditawarkan pihak bank. Transaksi perbankan dilakukan dengan SMS banking melalui fitur SMS. Sehingga pengguna perlu mendaftarkan nomor ponselnya agar nomornya dapat dijadikan alat transaksi. Maka dari itu, untuk layanan SMS banking, nomor ponsel menjadi peran yang sangat penting dalam layanan jenis ini. 

4. Uang elektronik

Terakhir, layanan finansial dari uang elektronik merupakan transaksi yang dilakukan secara digital. Akhir-akhir ini, layanan yang elektronik populer dan banyak digunakan oleh seluruh masyarakat. Saat melakukan transaksi, pengguna membutuhkan internet yang cukup. Banyak perusahaan yang telah menghadirkan uang elektronik, tetapi untuk menghadirkannya, uang elektronik perlu terdaftar di bank Indonesia. 

Baca juga: Tips dan Strategi yang Perlu Anda Terapkan Sebelum Memulai Bisnis Bengkel Motor

POS

Kesimpulan 

Dalam melakukan transaksi, saat ini uang tunai sudah mulai berkurang dan digital payment merupakan salah satu penggantinya. Selain mempermudah dan mempercepat proses dalam bertransaksi, pembayaran elektronik juga memiliki nilai penting untuk pengguna. Metode ini juga dapat menghemat waktu dan biaya. Maka dari itu, penggunaan software POS terintegrasi dari EQUIP merupakan solusi untuk memfasilitasi digital payment. Karena dengan penggunaan software ini akan mempermudah Anda dalam mengelola transaksi dan update data inventory. Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now