7 Rekomendasi Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Ritel Swalayan

Aplikasi kasir swalayan sangat berguna untuk menunjang dan mendukung proses perkembangan usaha. Setiap bisnis tentu saja membutuhkan program yang satu ini, agar operasional usaha keseluruhan dapat berjalan lancar. Ada banyak opsi aplikasi yang dapat Anda pilih dengan masing-masing kelebihan yang mereka miliki.

Aplikasi kasir swalayan memiliki peranan yang sangat penting karena dapat mempermudah transaksi pembayaran produk barang maupun jasa dari konsumen. Dengan aplikasi ini, dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan saat melakukan transaksi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat meningkatkan manajemen stok dengan baik.

Jika ingin usaha Anda dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa rekomendasi aplikasi kasir swalayan yang bisa dipilih, antara lain:

DemoGratis

1. Aplikasi Kasir Swalayan EQUIP ERP

Aplikasi Kasir Swalayan EQUIP

EQUIP ERP merupakan salah satu rekomendasi terbaik aplikasi kasir untuk toko swalayan. EQUIP ERP membantu Anda mengelola transaksi pembelian dengan mudah dan cepat, meningkatkan efisiensi operasional toko. Anda juga dapat menghasilkan laporan akuntansi dan keuangan yang detail dan akurat untuk memahami performa bisnis, serta memantau penjualan dan stok barang secara real-time untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan software swalayan EQUIP:

  • Mudah dan Cepat: Catat pembelian dengan mudah dan cepat, tingkatkan efisiensi operasional toko. Serta, kelola berbagai metode pembayaran, tunai, non-tunai, hingga e-money, berikan kemudahan bagi pelanggan Anda.
  • Laporan Akurat: Dapatkan laporan akuntansi dan keuangan yang detail dan akurat, bantu Anda memahami performa bisnis.
  • Stok Terkontrol: Kelola inventaris dengan mudah dan akurat, bantu Anda menghindari stok barang yang berlebihan atau kekurangan.
  • Minimalisir Kesalahan: Bantu meminimalisir kesalahan perhitungan dan pencatatan keuangan, tingkatkan kredibilitas bisnis.
  • Berbasis Cloud: Akses EQUIP ERP kapanpun dan dimanapun, melalui perangkat apapun dengan koneksi internet.
  • Aman: Data Anda aman tersimpan di cloud, terhindar dari kerusakan dan kehilangan.

2. eHopper

eHopper juga termasuk alternatif program kasir swalayan yang sudah berdiri hampir selama 15 tahun. Menawarkan paket hemat, sehingga memberikan Anda akses menuju tools manajemen pengelolaan stok dan pelanggan.

eHopper menyediakan sebanyak 4 paket, dimana semuanya meliputi beberapa fitur terintegrasi untuk pemrosesan credit card. Setelah itu, biaya yang berasal dari kasir akan langsung diteruskan kepada Customer lewat biaya tambahan.

Semua versi aplikasi ini, memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai macam fitur, antara lain manajemen tip, opsi pelaporan, email atau cetak tAnda terima, manajemen persediaan, hingga manajemen pelanggan.

3. Toast POS

Bagi Anda yang sedang membangun usaha restoran, untuk mengelola bisnis restoran, maka Anda bisa memilih aplikasi Toast POS yang berpusat di negara Amerika Serikat. Hal ini karena Toast POS memang berfokus untuk manajemen bisnis restoran, antara lain dapat terintegrasi untuk pengelolaan lebih cepat dan dapat memesan makanan langsung ke kasir.

Aplikasi POS ini memiliki kelebihan yaitu fungsi order makanan, karena itu membuat masyarakat yang akan memesan makanan di restoran menjadi lebih cepat tanpa harus antri membelinya. Sementara itu, fitur lainnya dapat mempermudah konsumen melakukan pembayaran, sebab telah menyediakan mesin otomatis bernama Kiosks.

4. Aplikasi Kasir Swalayan TruePOS

TruePOS merupakan sebuah sistem terintegrasi, Anda dapat mengaksesnya lewat berbagai macam perangkat, antara lain PC, mesin kasir dan mobile. Meskipun berbasis situs web, namun program ini masih dapat menyimpan penjualan ketika offline. Menyediakan fitur berupa CRM, inventori, reporting dan lain sebagainya.

Aplikasi True POS sendiri dari India, yang kini tersedia lewat 2 versi. Untuk versi pertama yaitu gratisan yang bisa dipilih oleh bisnis UMKM dan hanya bisa memakai 1 mesin kasir. Semetara itu, versi kedua yaitu versi berbayar untuk seluruh bisnis. Versi ini menyediakan fitur lebih lengkap daripada versi gratisan.

5. Bee POS

Aplikasi kasir swalayan selanjutnya adalah Bee POS. Ini adalah aplikasi kasir swalayan online untuk kecepatan dan keamanan transaksi jualan Anda. Dengan menggunakan Bee POS, maka Anda tetap dapat berjualan tanpa akses internet, mudah mengontrol aplikasi darimana saja, medukung banyak hardware, terintegrasi pada sistem akuntansi, dan mudah Anda operasikan.

6. Aplikasi Kasir Swalayan Vend

Kasir Vend adalah salah satu rekomendasi aplikasi kasir terbaik bagi pengguna iPad. Anda bisa memakai aplikasi ini untuk operasional bisnis ritel, antara lain seperti manajemen penjualan dan inventaris. Aplikasi yang satu ini memang sangat fleksibel, Anda bahkan bisa menggunakan aplikasi tanpa internet, hanya saja Kasir Vend hanya bisa Anda gunakan lewat iPad.

7. Robotill

Robotill merupakan aplikasi kasir yang memiliki banyak pilihan fungsi dasar. Akan tetapi, jika Anda hanya menggunakan versi gratis dari Robotill, maka Anda tidak akan mendapatkan fitur pencadangan data. Supaya aplikasi dapat berfungsi penuh, maka penting sekali untuk upgrade ke versi berbayarnya.

Tips Memilih Aplikasi Kasir Swalayan

Tips Memilih Aplikasi Kasir Swalayan

Setelah melihat rekomendasi aplikasi kasir di atas, Anda mungkin penasaran bagaimana cara memilih aplikasi kasir terbaik untuk Anda. Jangan khawatir, kami akan membagikan tipsnya berikut ini:

1. Memahami Kebutuhan dengan Program Swalayan yang Ditawarkan

Sebelum Anda memilih program swalayan atau toserba untuk bisnis Anda, maka pahami terlebih dahulu kebutuhan yang Anda inginkan pada aplikasi tersebut. Hal ini karena, setiap aplikasi memiliki program atau fitur berbeda. Sehingga agar Anda bisa menemukan aplikasi yang terbaik, silakan buat daftar fitur yang Anda butuhkan dalam bisnis.

Contohnya, Anda membutuhkan cek stok opname dan pencatatan transaksi masuk dan keluar. Jika Anda kesulitan menemukan fitur yang tepat sesuai kebutuhan, ingat kembali apa yang membuat Anda kesulitan pada saat menghitung keuangan usaha Anda dengan cara manual.

Hal tersebut tentu saja dapat menjadi dasar pertimbangan untuk memilih aplikasi swalayan agar fitur-fitur program swalayan pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Melihat Harga Aplikasi kasir swalayan dari Vendor

Jika sudah mengetahui kebutuhan apa saja yang Anda inginkan, selanjutnya cek harga yang penyedia aplikasi tersebut tawarkan. Pertimbangkan harga dan pastikan biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan manfaat dan fitur yang Anda peroleh pada aplikasi tersebut. Jadi, jangan sampai terlalu murah atau terlalu mahal.

3. Sesuaikan dengan Fitur yang ada dalam Aplikasi kasir swalayan

Tips ketiga ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin pertama. Tentu saja, sesudah Anda mengetahui kebutuhan bisnis selanjutnya tinggal menyesuaikan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi. Jika perlu, pilih aplikasi yang menawarkan fitur lengkap. Tentu saja, harus sesuai kebutuhan bisnis yang Anda tawarkan.
Ada beberapa macam fitur yang seharusnya dimiliki aplikasi kasir, seperti manajemen inventaris, manajemen stok, maajemen diskon/promo, laporan penjualan dan manajemen pelanggan.

4. Kemudahan Penggunaan

Jangan lupa, Anda juga harus memilih aplikasi yang menawarkan kemudahan penggunaan. Karena percuma jika Anda sudah membayar mahal dengan alasan mendapatkan aplikasi terbaik, tapi justru tidak ramah pengguna. Pastikan aplikasi tersebut mempunyai tampilan antar muka yang intuitif dan user friendly, untuk membantu mempercepat pelatihan beserta efisiensi kerja.

Baca juga: Swalayan Tanpa Kasir (Cashierless Stores), Masa Depan Belanja Modern

Kesimpulan

Retail

Memilih aplikasi kasir swalayan terbaik sangat penting, karena memang memiliki banyak fungsi bagi bisnis Anda. Jangan sampai, Anda salah memilih, apalagi jika sampai harus membayar di atas harga seharusnya. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba aplikasi kasir dari EQUIP ERP.

Aplikasi kasir swalayan EQUIP ERP menawarkan fitur terbaik dengan sistem penyimpanan berbasis cloud untuk bisnis Anda. Ada banya fitur yang EQUIP tawarkan untuk membantu efisiensi bisnis dan operasional bisnis dapat berjalan dengan baik.

Menariknya lagi, Anda bisa mencoba demo gratis EQUIP ERP untuk mencoba performa terlebih dahulu sebelum berlangganan.

Eka Mulia
Eka Mulia
Hello, I'm Mohammad Eka Mulia, a junior content writer passionate about crafting compelling stories and engaging copy to help businesses and individuals reach their target audience through effective content. I bring a fresh perspective and eagerness to learn and grow in content creation.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now