Memahami Analisis SWOT yang Bermanfaat bagi Bisnis Anda

Analisis SWOT merupakan sebuah alat sederhana yang dapat membantu untuk mengembangkan strategi bisnis Anda. Analisis SWOT sendiri banyak digunakan untuk merencanakan strategi dalam suatu bisnis dari berbagai industri. Hal ini tentu sangat penting bagi bisnis Anda untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, hingga menemukan ide bisnis yang baru. Software ERP terbaik akan membantu Anda untuk meningkatkan manajemen bisnis Anda menjadi lebih baik. Aplikasi CRM dari EQUIP tentunya dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda.

Selain digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis, analisis ini juga dapat Anda terapkan sebagai bentuk mengembangkan diri atau karir pribadi Anda. Namun artikel ini akan membahas mengenai analisis SWOT pada suatu bisnis atau perusahaan yang lebih lanjut. Sebelumnya jika Anda membutuhkan perencanaan keuangan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan bantuan dari aplikasi akuntansi EQUIP. Atau untuk membantu Anda memantau ketersediaan stok barang secara real-time, aplikasi inventory dari EQUIP adalah jawaban yang sangat tepat.

analisis swot

Daftar Isi

Pengertian Analisis SWOT dan Kegunaannya

Analisis SWOT adalah sebuah akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia analisis ini menganalisa suatu kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang terjadi dalam bisnis Anda. Jika memahami lebih lanjut unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal bagi bisnis Anda, sehingga Anda dapat mengaturnya dari waktu ke waktu. Sedangkan unsur peluang dan ancaman adalah bersifat eksternal yang mana mau tidak mau unsur tersebut sangat sulit untuk Anda kontrol karena sifatnya yang fleksibel dan berfluktuatif

Manfaat dari analisis ini adalah sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan suatu bisnis. Adanya penilaian SWOT ini akan sangat membantu bisnis Anda untuk menentukan mana prioritas dan mana yang bukan. Selain itu, kegunaannya adalah untuk mengetahui potensi pasar bisnis Anda dan menentukan seberapa tingginya pesaing dari bisnis Anda.

Baca juga: Apa Itu Startup dan Bagaimana Tips Sukses untuk Memulainya?

Elemen-elemen Dalam Analisis SWOT

analisis swot
Sumber: Canva

Seperti pada pembahasan tersebut, elemen dalam analisis ini ada empat unsur yang dapat Anda bedah sebagai strategi bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasan keempat unsur analisis SWOT:

Strengths

Elemen ini merujuk pada suatu kelebihan atau hal-hal yang sudah bisnis Anda lakukan. Pada elemen ini bisa berupa sesuatu yang tidak terwujud seperti brand bisnis atau unique selling proposition dari produk Anda. Hingga sesuatu yang berwujud seperti aset teknologi dan sumber daya manusia berkualitas yang Anda miliki. Elemen ini adalah poin internal yang keberadaannya dapat Anda kendalikan.

Weaknesses

Unsur kelemahan ini bertumpu pada hal-hal yang dapat menghambat bisnis Anda. Misalnya keterbatasan keuangan bisnis Anda atau kurangnya jumlah sumber daya manusia yang Anda miliki. Kelemahan ini adalah suatu faktor negatif yang mempengaruhi kekuatan Anda, dan Anda harus sebisa mungkin untuk meningkatkan kelemahan ini agar bisa lebih kompetitif.

Baca juga: Kalender 2022 lengkap beserta Tanggal Merah dan Cuti Bersama yang Perlu Anda Perhatikan!

Opportunities

Peluang ini muncul dari luar bisnis Anda (eksternal) dan dapat membuat perbedaan pada kemampuan bisnis Anda bersaing. Opportunities ini bisa muncul sebagai perkembangan pasar atau dalam teknologi yang digunakan semakin canggih. Selain itu, peluang ini juga dapat berkontribusi untuk mensukseskan bisnis Anda.

Threats

Dan elemen terakhir ini seperti namanya yang mana merujuk pada segala sesuatu yang dapat menimbulkan resiko pada bisnis Anda. Ancaman ini sifatnya eksternal yang mana contohnya dapat berupa pesaing baru bisnis, perubahan dalam aturan dagang, dan lain sebagainya yang kondisinya tidak bisa Anda kontrol.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Reseller dengan Software CRM

Langkah Membuat Analisis SWOT

strengths weaknesses opportunities threats diagram
Sumber: Canva

Setelah mengetahui pengertian dari analisis ini, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebelum menerapkan teknik ini untuk bisnis Anda:

1. Tentukan tujuan dari analisis SWOT

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat diagram yang berisi keempat elemen tersebut. Selanjutnya, Anda harus menentukan tujuan yang jelas dari bisnis Anda. Identifikasikan segala strategi yang ingin Anda kembangkan lalu gunakan strategi tersebut untuk menentukan tujuan Anda melakukan analisis ini.

2. Lakukan brainstorming dalam mengisi elemen SWOT

Berikutnya adalah dengan mengumpulkan semua tim yang Anda miliki untuk melakukan brainstorming. Dengan melakukan sesi ini akan sangat membantu Anda dan tim untuk menentukan daftar setiap elemen yang harus Anda analisis. Dengan ini Anda akan dengan mudah untuk menentukan mana yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam bisnis Anda.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

3. Masukkan hasil brainstorming ke dalam matriks analisis SWOT

Selanjutnya setelah Anda melakukan brainstorming, anda dapat menentukan hasil tersebut kedalam diagram matriks yang telah Anda buat pada langkah pertama. Dengan memasukan semua hasil brainstorming yang Anda lakukan ke dalam matriks. Anda dapat menyusun strategi bisnis Anda dengan mengidentifikasi masing-masing dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada bisnis Anda.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Contoh Analisis SWOT pada Suatu Bisnis

Setelah memahami elemen-elemen dari SWOT, berikut ini adalah contoh analisis pada suatu bisnis Anda yang mungkin bisa Anda lakukan sebagai langkah membuat analisis SWOT ini. Berikut adalah contohnya:

Strengths

1. Menawarkan produk dengan harga terbaik dan layanan terbaik

2. Memperhatikan permintaan dan kebutuhan pelanggan

3. Memiliki reputasi yang baik 

Weaknesses

1. Memiliki SDM yang kurang jumlah

2. Keterbatasan biaya

3. Lokasi yang kurang strategis dan sulit akses

Opportunities

1. Industri yang dijalani sedang mengalami kenaikan

2. Pemerintah mendukung bisnis lokal

3. Masih sedikit pesaing yang ada

Threats

1. Perubahan strategi bisnis pesaing yang dapat mengancam posisi bisnis

2. Perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga sulit untuk mengikuti perkembangannya

 

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, analisis SWOT memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis Anda untuk bertahan dan siap bersaing di pasaran. Dengan melakukan analisis ini, Anda dapat menentukan strategi yang sesuai dengan kemampuan dan kelemahan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi dari EQUIP yakni POS. Oleh karena itu, Anda dapat mengatur promosi hingga pengelolaan inventaris bisnis Anda  menjadi lebih mudah dan praktis dengan Software POS terintegrasi. Dapatkan demo gratisnya di sini.

analisis swot

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now