Tips Mengembangkan Usaha Cuci Sepatu, dan Modal yang Diperlukan

Usaha cuci sepatu kini sudah menjadi tren di masyarakat, apalagi permintaan akan cuci sepatu dengan laundry kini cukup meningkat. Masyarakat milenial saat ini cenderung lebih menyukai hal-hal yang praktis dan instan, terutama untuk aktivitas cuci mencuci.

Jangankan mencuci sepatu, banyak orang mempercayakan jasa laundry untuk mencuci baju. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci sepatu atau mungkin takut kurang bersih, maka pilihannya adalah menggunakan jasa laundry sepatu.

Jika dari sisi konsumen tentu saja hal ini sangat menguntungkan, begitupun bagi kamu yang ingin membangun usaha laundry sepatu. Dengan banyaknya permintaan, menjadikan bisnis cuci sepatu menjadi menguntungkan.

DemoGratis

Peluang Usaha Cuci Sepatu

Sepatu termasuk salah satu benda yang sering kita gunakan, dengan kata lain intensitas penggunaannya memang cukup tinggi. Apalagi bagi yang sedang bekerja atau pelajar, tentunya selalu memakai sepatu setiap hari.

Karena sering digunakan inilah, maka wajar jika barang yang satu ini menjadi mudah kotor. Belum lagi, kebanyakan orang enggan dan malas membersihkan sepatu karena memang cara membersihkannya tidak mudah. Proses pengeringan sepatu juga cukup lama.

Maka dari itu, dengan menawarkan usaha cuci sepatu ke masyarakat dapat menjadi salah satu peluang usaha yang dapat kamu jalankan. Untuk itu, kamu memerlukan strategi tepat untuk menjalankan bisnis laundry sepatu.

Tips Menjalankan Usaha Cuci Sepatu

Ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan ketika kamu hendak memulai dan menjalankan bisnis cuci sepatu, berikut ini :

1. Analisa Prospek Bisnis

Sebelum memulai usaha cuci sepatu, maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menganalisa prospek bisnis. Ini penting agar kamu dapat mengetahui ketertarikan masyarakat terhadap bisnis laundry sepatu yang kamu jalankan. Jadi, kamu bisa mencoba melakukan survei terlebih dahulu.

Selanjutnya, kamu akan memperoleh data pelanggan bisnis laundry yang kamu jalani. Walaupun demikian, kamu harus sudah menebak siapa saja target audiens yang dituju.

Kamu bisa membidik para konsumen, seperti pekerja kantoran, anak-anak sekolah dan juga mahasiswa. Akan tetapi, jika ternyata kamu tidak menjumpai segmentasi masyarakat yang sudah disebutkan di tempat usahamu, sebaiknya pindahkan lokasi tempat usaha kamu ke tempat yang prospektif.

2. Persiapan Bahan dan Alat

Bagaimana, sudah tahu prospek usaha yang kamu bangun? Jika sudah, selanjutnya kamu hanya perlu mempersiapkan apa saja peralatan dan juga bahan yang harus kamu gunakan untuk bisnis.

Beberapa hal yang harus kamu persiapkan antara lain rak sepatu, alat cuci sepatu, tempat menjemur sepatu, beserta alat-alat pendukung lainnya. Dengan kelengkapan fasilitas bisnis yang kamu persiapkan, bisa berpengaruh pada kelancaran bisnis laundry sepatu.

3. Persiapkan Mesin Cuci

Selain mempersiapkan peralatan di atas, fasilitas yang paling penting dalam membangun bisnis laundry sepatu adalah mempersiapkan mesin cuci terlebih dahulu. Namun sebelumnya, kamu harus membeli mesin cuci sesuai dengan spek dan anggaran yang dimiliki.

Hal ini karena, cara untuk mencuci pakaian dengan mencuci sepatu sudah pasti berbeda. Jadi, kamu tidak dapat memakai mesin cuci biasa untuk mencuci sepatu. Sebab bisa jadi sepatu yang konsumen titipkan akan rusak.

Jika kamu ingin membeli mesin cuci untuk mencuci sepatu khusus, maka budget yang harus dipersiapkan hanya Rp2 jutaan saja. Namun jika kamu mau yang ada pengeringnya, mungkin harganya berbeda.

Akan tetapi, sebagai langkah awal dalam memulai bisnis sebaiknya jangan terlalu banyak membeli mesin cuci. Kamu bisa membeli satu unit mesin cuci terlebih dahulu. Jika ternyata ada banyak pesanan atau mulai banyak orang menggunakan jasa laundry kamu, maka bisa tambah beberapa unit mesin cuci sesuai kebutuhan.

4. Pelajari Teknik Mencuci Sepatu

Sebetulnya ada 3 macam teknik mencuci sepatu seperti teknik combination, dry clean, dan juga wet clean. Setap teknik pencucian sepatu membutuhkan bahan berbeda.

Misalnya saja, untuk teknik combination akan memerlukan karet penghapus, sikat halus, spon suede, hingga semprotan.

Sedangkan untuk teknik dry clean, memerlukan antibacterial, shoes screamer, dan neutralizer. Sementara itu, teknik wet clean memerlukan parfum, air, surfaktan, antibacterial, cleaner dan neutralizer.

Kamu bisa menerapkan teknik-teknik pencucian berdasarkan jenis sepatu itu sendiri. Seperti teknik cuci sneaker, sepatu pentopel dan masih banyak lagi.

5. Tetapkan Tempat Usaha Strategis dan Target Pasar

Langkah yang tidak kalah penting untuk kamu persiapkan sebelum memulai usaha cuci sepatu adalah memilih tempat usaha strategis dan juga target pasar. Jika kamu sudah menentukan target market yang relevan, maka keuntungannya dapat membuat profitabilitas dan performa bisnis meningkat.

Untuk target pasar sendiri bisa kamu tentukan sesuai dengan status pengguna, model sepatu, dan juga tempat usaha berada. Kamu perlu tahu bahwa sepatu terdiri atas beberapa jenis, antara lain sepatu formal, casual dan sepatu olahraga.

Menentukan target market usaha laundry sepatu bisa memberikan hasil yang efektif apabila kamu memilih lokasi usaha yang relevan sesuai tipe customer itu sendiri.

6. Promosikan Usaha Kamu

Jika kamu sudah mempersiapkan tips-tips di atas, selanjutnya bisa mulai mempromosikan bisnis laundry sepatu kamu. Instagram dan Facebook termasuk platform media sosial yang tepat jika ingin mempromosikan tempat usaha cuci sepatu.

Kamu bisa menarik perhatian pelanggan sekaligus dapat menjaga loyalitas mereka dengan pemberian harga promo, gratis pick up, dan masih banyak lagi.

7. Berikan Pelayanan Tambahan

Kamu juga bisa memberikan pelayanan tambahan pada bisnis laundry kamu. Bisnis cuci sepatu adalah sejenis usaha jasa, karena itulah kunci keberhasilan menjalankan bisnis ini adalah dengan memberikan pelayanan terbaik.

Dari sini, kamu bisa memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan, kualitas jasa yang diberikan juga harus sesuai ekspektasi pelanggan. Bahkan kamu dapat memberikan reward ke customer yang sering berkunjung atau menggunakan jasa laundry.

Cara Membersikan Noda Pada Sepatu

Usaha Cuci Sepatu

Sebagai tambahan, kamu tentu saja harus paham dan bisa mempraktekkan bagaimana cara menghilangkan noda pada sepatu. Agar noda pada sepatu bisa hilang, maka kamu membutuhkan cairan kimia tertentu.

Di bawah ini, ada beberapa tahapan proses pembersihan noda sepatu yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Chemical Identification

Langkah pertama, kenali terlebih dahulu bagian pada sepatu yang akan kamu bersihkan. Jika memakai bahan-bahan kimia tertentu yang tidak tepat penggunaannya, justru bisa membuat bahan atau warna sepatu menjadi pudar dan rusak.

Namun bagi yang belum berpengalaman, kamu dapat melakukan tahap uji coba terlebih dahulu memakai cotton bud. Oleskan terlebih dahulu bahan kimia menggunakan cutton bud ke sepatu sedikit saja. Apabila tetap aman tanpa reaksi apapun yang membuat bahan atau warna sepatu rusak, kamu bisa melanjutkannya.

2. Identifikasi Peralatan

Jika kamu sudah mengidetifikasi bahan kimia, selanjutnya identifikasi apa saja peralatan yang tepat dan cocok untuk membersihkan sepatu. Kamu tidak boleh memakai sikat kasar di bagian bahan yang berbulu pada sepatu misalnya.

3. Proses Utama

Langkah ketiga yaitu proses utama pembersihan, bisa berupa wet clean, dry clean maupun kombinasi keduanya.

Perkiraan Modal Usaha Cuci Sepatu

Tidak lengkap rasanya, jika kamu tidak mengetahui estimasi modal yang harus kamu persiapkan untuk memulai bisnis laundry sepatu. Sebetulnya, modal yang kamu perlukan untuk usaha cuci sepatu sendiri tak terlalu besar.

Kamu bisa menyiasatinya dengan membeli peralatan sederhana terlebih dahulu. Berikut modal yang kamu perlukan :

1. Modal Awal

  • Mesin cuci khusus untuk sepatu      : Rp3.500.000,-
  • Mesin pengering khusus sepatu       :Rp3.000.000,-
  • AC                                                 :Rp2.500.000,-
  • Rak Sepatu                                    :Rp500.000,-
  • Alat dan bahan mencuci                  :Rp2.000.000,-
  • Kursi dan meja                               :Rp500.000,-

Total                                                 : Rp12.000.000,-

2. Biaya Operasional

  • Biaya gaji karyawan                      : Rp3.000.000
  • Detergen khusus sepatu                : Rp500.000
  • Biaya air dan listrik                         : Rp800.000
  • Biaya lain-lain                                 :Rp500.000

Total                                                 : Rp4.800.000,-

Kesimpulan

Sebelum kamu memulai usaha cuci sepatu, pastikan sudah mempersiapkan modal yang cukup untuk membangun bisnis laundry dan juga beberapa bahan serta peralatan yang dibutuhkan. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan bisnis laundry sepatu dengan lancar.

Ingin mengoptimalkan usaha cuci sepatu anda? Coba aplikasi Equip! Dengan Equip, Anda dapat dengan mudah mengelola stok, mengatur inventaris, dan melacak penjualan Anda dengan cepat dan efisien. Equip juga dilengkapi dengan fitur analitik yang memberikan wawasan berharga tentang kinerja bisnis Anda. Tingkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda sekarang dengan Equip. Coba demo gratis untuk bisnis laundry sepatu anda!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now