Aplikasi Bisnis Digital untuk Marketing Usaha Online Store

Seiring perkembangan zaman, bentuk pemasaran atau marketing menjadi lebih bervariasi. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, bentuk pemasaran cenderung bersifat orang ke orang. Namun, bentuk pemasaran masa kini telah berevolusi menjadi sebuah pemasaran digital. Terlebih lagi, pemasaran masa kini mempunyai akses dukungan sebuah  aplikasi bisnis digital yang mampu mengkoordinir hal tersebut secara mudah.

Akibatnya, aplikasi pemasaran saat ini menjadi semakin bervariasi tergantung kebutuhan pemasarannya. Misalnya, ada beberapa aplikasi yang berguna untuk melihat data dan ada juga yang berfungsi sebagai alat untuk mempermudah pemasaran melalui media sosial. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai aplikasi bisnis digital yang berguna untuk mempermudah pemasaran online.

DemoGratis

Apa itu Aplikasi Bisnis Digital?

Aplikasi bisnis digital adalah suatu perangkat lunak yang berguna untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan kegiatan pemasaran mereka secara efisien. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan fungsi yang dapat membantu dalam pelaksanaan, analisis, hingga pengoptimalan strategi pemasaran. Dengan adanya aplikasi ini, pengelolaan yang sebelumnya bersifat manual dapat terkelola dengan lebih mudah.

Selain itu, aplikasi bisnis digital juga menyediakan analisis data yang mendalam. Dengan kemampuan ini, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis data bisnis secara real-time, memberikan wawasan yang berharga tentang kinerja bisnis, tren pasar, hingga preferensi pelanggan. Analisis ini dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan merumuskan strategi bisnis yang lebih baik.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Bisnis Digital

aplikasi pemasaran online

Aplikasi bisnis digital dapat membantu perusahaan dalam mengotomatisasi tugas dan efisiensikan keterlibatan manusia. Dampaknya, penggunaan aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional. Kemudian, aplikasi ini juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia, dan menghemat waktu serta sumber daya. Proses yang dulunya memakan waktu lama, sekarang dapat perusahaan selesaikan dengan cepat.

Selain itu, aplikasi bisnis digital memungkinkan perusahaan untuk berinovasi dan beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah. Hal ini didukung dengan adanya fitur integrasi API yang berfungsi untuk mengintegrasikan aplikasi dengan sistem dan perangkat lain. Dengan begitu, fitur ini dapat memungkinkan alur kerja yang lebih lancar dalam melakukan pertukaran data yang lebih efisien. 

Terakhir, aplikasi ini juga menyediakan data dan analisis yang mendalam, membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih cerdas. Dengan akses ke informasi real-time dan laporan yang terstruktur, pemilik bisnis dan manajer dapat melacak kinerja bisnis, mengidentifikasi tren, hingga melihat peluang atau tantangan dengan lebih baik. 

10 Rekomendasi Aplikasi Bisnis Digital Terbaik!

Setelah memahami pengertian dan manfaatnya, Anda perlu untuk memahami pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran bisnis Anda. Hal ini penting karena setiap aplikasi memiliki peran yang berbeda. Berikut ini adalah 10 pilihan aplikasi bisnis digital marketing untuk Anda!

1. Aplikasi Bisnis Digital EQUIP

aplikasi bisnis digital

Sebagai salah satu pengembang aplikasi bisnis terkemuka di Indonesia, EQUIP menyediakan berbagai modul yang lengkap seperti inventory, accounting, CRM (customer relationship management), hingga POS (point of sale). Dengan harga yang terjangkau, aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis UMKM lokal. Selain harganya yang ramah dikantong, EQUIP juga tergolong memiliki user experience yang mudah dan ramah untuk pemula. 

Selain itu, aplikasi dari EQUIP ini memiliki fleksibilitas yang mumpuni atau dengan kata lain dapat disesuaikan untuk bisnis Anda. Mulai dari bisnis retail, F&B, hingga bisnis grosiran dapat terkelola dengan bentuk pengelolaan yang Anda inginkan. Berbagai kemudahan tersebut menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi EQUIP ini cocok untuk bisnis UMKM. 

2. Aplikasi Google Ads

Google Ads adalah platform iklan online dari Google yang memungkinkan bisnis UMKM untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada target audiens yang relevan. Tools ini juga menyediakan berbagai opsi targeting yang memungkinkan Anda menjangkau audiens yang paling relevan. Dengan menggunakannya, pemasaran dapat menargetkan berdasarkan kata kunci, lokasi geografis, demografi, serta perilaku online pengguna.

3. Aplikasi Google Analytics

Google Analytics adalah platform analitik web dari Google yang dapat membantu bisnis dalam memahami dan menganalisis data situs web mereka. Anda dapat melihat berapa banyak pengunjung yang datang melalui pencarian organik, media sosial, tautan, atau sumber trafik lainnya. Oleh karena itu, informasi ini dapat membantu memahami efektivitas strategi pemasaran yang paling efisien.

4. Aplikasi bisnis digital Trello

Sebagai sebuah platform manajemen pemasaran, Trello dapat memungkinkan bisnis untuk mengelola dan mengawasi berbagai tugas dan proyek pemasaran mereka. Selain itu, hal yang paling menarik adalah trello dapat mengintegrasikan dengan berbagai alat pemasaran lainnya oleh bisnis UMKM. Misalnya, Anda dapat menghubungkan Trello dengan aplikasi email marketing atau media sosial untuk mengatur dan melacak kampanye pemasaran. 

5. Canva Editor

Dalam pemasaran, Anda perlu untuk memperhatikan kualitas visual agar pemasaran dapat menjangkau audiens. Dengan canva, Anda dapat mengedit iklan yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda dengan lebih mudah. Kelebihan dari canva dibanding dengan tool editing lain adalah bahwa canva cenderung lebih mudah dalam hal penggunaan sehingga pemula tidak akan terlalu kebingungan.

6. Mailchimp

Mailchimp adalah platform pemasaran email yang populer dan mudah digunakan untuk bisnis UMKM. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat, mengirim, hingga melacak kampanye email kepada pelanggan dan prospek Anda. Selain itu, fitur yang paling penting adalah otomatisasi email mereka yang fitur memungkinkan Anda mengirim email secara otomatis berdasarkan tindakan atau perilaku pengguna. 

7. RingCentral

Meskipun RingCentral bukanlah platform pemasaran langsung, aplikasi ini memberikan manfaat bagi bisnis UMKM dalam hal komunikasi yang lebih efisien dan profesional. RingCentral menyediakan fitur VoIP kuat, yang memungkinkan panggilan suara melalui internet dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, fitur ini memberikan kemampuan komunikasi suara yang lancar antara bisnis dan pelanggan. 

8. Workplace

Workplace merupakan platform dari facebook yang menyediakan berbagai fitur komunikasi, seperti grup, obrolan, hingga video call yang memungkinkan anggota tim berinteraksi secara langsung. Hal ini yangmemungkinkan kolaborasi secara lebih cepat dan komunikasi menjadi lebih efisien. Workplace memungkinkan anggota tim bekerja bersama dalam proyek pemasaran sehingga kolaborasi mereka akan meningkat.

9. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang dapat digunakan untuk memasarkan bisnis, termasuk UMKM. Anda dapat menghubungkan dan mengatur posting pada platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lainnya. Selain itu, Hootsuite menyediakan fitur analisis yang membantu Anda memahami kinerja kampanye pemasaran media sosial Anda.

10. Microsoft planner

Terakhir, microsoft Planner adalah sebuah aplikasi manajemen tugas yang dapat membantu dalam pemasaran digital bisnis UMKM. Alat ini memungkinkan Anda membuat rencana kampanye pemasaran digital dengan mudah. Selain itu, Anda dapat membuat tugas-tugas yang berkaitan dengan pengembangan konten, penjadwalan posting media sosial, perencanaan iklan, dan lain-lain

Kesimpulan

Dalam era pemasaran digital yang berkembang pesat, penggunaan aplikasi bisnis digital menjadi semakin penting bagi bisnis UMKM. Aplikasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan meningkatkan kegiatan pemasaran mereka dengan lebih efisien dan efektif. Dalam artikel ini, beberapa aplikasi bisnis digital tersebut berguna untuk mempermudah pemasaran bisnis UMKM.

Di antara banyak pilihan aplikasi bisnis digital, aplikasi EQUIP adalah salah satu yang direkomendasikan. Sebagai pengembang aplikasi bisnis terkemuka di Indonesia, EQUIP menyediakan berbagai modul lengkap seperti inventory, accounting, CRM, dan POS dengan harga yang terjangkau. Lakukan demo gratis bersama kami untuk menerapkan pada bisnis Anda!

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now