14 Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Produktivitas Usaha

Aplikasi bisnis adalah hal esensial di dunia bisnis yang serba cepat dan dinamis seperti saat ini. 2024 adalah tahun dimana pebisnis dituntut untuk berkolaborasi dengan teknologi agar bisnisnya dapat bertahan dan berkembang.

Tentu saja, percepatan bisnis yang ada harus diimbangi pula dengan minimalnya kesalahan akibat human error dan pemborosan waktu. Maka dari itu, penggunaan aplikasi bisnis menjadi penting, termasuk untuk Anda.

Jika perusahaan tidak bersinergi dengan aplikasi atau software bisnis, akan ada banyak risiko yang mengancam keberlanjutan usaha Anda. Mulai dari alur kas yang berantakan, buruknya manajemen gudang dan stok bahan, kerugian akibat salah pilih supplier, hingga  profit loss.

Pertanyaannya, pebisnis mana yang mau mengalami kerugian-kerugian itu?

Tentu tidak ada.

Oleh karena itu, berikut kami paparkan rekomendasi aplikasi bisnis terbaik di tahun 2024. Pastikan Anda menyimak artikel hingga akhir sebelum mengambil keputusan bijaksana lainnya.

DAFTAR ISI

14 REKOMENDASI APLIKASI BISNIS TERBAIK

Ada 14 aplikasi bisnis terbaik yang beberapa di antaranya bisa Anda akses secara bebas dan online di Indonesia. Berikut adalah rekomendasi terbaik kami untuk Anda, pebisnis andal.

1. EQUIP

Aplikasi bisnis EQUIP merupakan sistem perangkat lunak terdepan di Indonesia yang berbasis ERP (Enterprise Resource Planning). EQUIP bertujuan membantu perusahaan di Indonesia mencapai kemandirian bisnis dengan strategi berbasis teknologi terkini.

Beberapa modul dalam aplikasi bisnis terbaik ini adalah:

  • Akuntansi: Modul akuntansi menjadi penting agar Anda dapat mengetahui cash flow perusahaan. Anda perlu visibilitas tinggi atas keuangan perusahaan agar Anda dapat mengambil keputusan yang ideal mengenai kebijakan perusahaan. Faktanya, modul akuntansi dari EQUIP telah digunakan oleh banyak perusahaan dan berhasil meningkatkan efektivitas kerja.
  • POS: Selanjutnya adalah POS. Modul ini memungkinkan Anda untuk mencatat transaksi dan meng-update inventory secara real-time. Sistem EQUIP memungkinkan Anda untuk bisa tetap mencatat transaksi, meskipun Anda sedang offline. Data tidak akan hilang dan akan otomatis ter-update apabila sistem kembali online.
  • CRM: Berikut CRM, Anda dapat terhubung dengan customer dan mengetahui customer potential dengan adanya modul CRM yang optimal dan terintegrasi. Modul ini nantinya dapat meningkatkan probabilitas tepat sasaran agar Anda mendapat customer ideal yang lebih banyak.
  • Inventory: Modul ini menjadikan Anda mudah mengontrol stok barang tanpa harus mengecek gudang secara langsung dan berkala. Anda akan memiliki visibilitas ketersediaan barang, sehingga Anda terhindar dari kekurangan atau kelebihan stok.
  • Procurement atau pembelian: Anda bisa mencatat pembelian barang, terintegrasi dengan vendor, dan mendapatkan bills atau invoice secara real-time dan bisa dikustomisasi. Dapatkan kemudahan ini hanya dengan satu fitur.

Terutamanya, EQUIP bertujuan untuk dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis dengan cara menyediakan berbagai fitur yang bisa memperbaiki dan mempermudah proses pengambilan keputusan.

Berbeda dari yang lain, faktanya, ribuan bisnis mempercayakan bisnisnya ke aplikasi bisnis terbaik EQUIP. Anda bisa menjadi salah satu pengusaha sukses tersebut dengan coba demo gratis di sini.

2. EVA-HR

Kedua adalah aplikasi EVA-HR yang menjadi salah satu software Human Resources yang membantu pihak perusahaan dalam melakukan manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Aplikasi ini memiliki fitur manajemen kinerja, absensi, manajemen gaji, dan manajemen cuti.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu pihak perusahaan mengelola dan merekrut karyawan secara lebih efektif. EVA HR juga bisa memperbaiki komunikasi yang terjadi antara karyawan dengan manajer melalui penyediaan platform khusus komunikasi secara terintegrasi.

Seperti yang sudah dijelaskan, melalui EVA HR, maka perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam manajemen, mengurangi penggunaan waktu serta biaya terkait administrasi.

3. Microsoft Planner

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Umumnya, Microsoft Planner digunakan untuk membuat dan mengelola tugas dan memantau progress tugas pribadi maupun tim.

Fitur unggulan Microsoft Planner terutamanya adalah attachment file, kolaborasi, dan integrasi dengan produk Microsoft lain, seperti Outlook dan Teams. Kendatipun begitu, aplikasi ini bisa Anda gunakan dengan bebas dan gratis melalui peramban perangkat.

4. Aplikasi Bisnis Trello

Trello merupakan perangkat lunak untuk manajemen proyek secara online bagi bisnis. Ada beberapa manfaat aplikasi Trello bagi bisnis, antara lain dapat mengelola proyek, melacak atau menganalisa kemajuan proyek, membantu kolaborasi tim, mengatur tugas, dan terintegrasi dengan aplikasi bisnis online. Melalui Trello, bisnis bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

5. Google Analytics

Aplikasi besutan Google seperti Google Analytic juga dapat membantu bisnis dengan baik. Google Analytic dapat melacak traffic situs web, menganalisa perilaku pengunjung web, melacak kampanye pemasaran, melakukan analisis demografi, terintegrasi dengan aplikasi bisnis, dan menyajikan fitur laporan untuk mengecek data web bisnis dalam bentuk grafik, tabel, maupun visualisasi lainnya.

6. Aplikasi Bisnis Hootsuite

Berikutnya adalah Hootsuite yang merupakan aplikasi yang digunakan untuk manajemen media sosial bisnis. Ada beberapa manfaat dari hootsuite, seperti memungkinkan usaha mengelola unggahan dan kotak masuk akun media sosial melalui satu platform serta meningkatkan kerja sama antar tim dengan baik.

7. Aplikasi Bisnis Asana

Asana termasuk software manajemen proyek yang dapat membantu Anda merencanakan, mengelola, dan mengatur pekerjaan tim mulai dari awal hingga akhir. Anda bisa membagikan file, memperbaharui status, dan memberikan umpan balik kepada tim. Efeknya, Anda mudah melacak progress dan menyederhanakan komunikasi dalam satu tempat.

8. Salesforce

Aplikasi bisnis selanjutnya adalah aplikasi Salesforce. Sebagai aplikasi CRM atau manajemen hubungan customer yang bisa digunakan oleh bisnis, ada beberapa manfaat yang ditawarkan Salesforce.

Manfaat tersebut seperti kemudahan mengelola hubungan customer, mempermudah kolaborasi yang antar tim, mengelola penjualan dengan memantau perkembangan penjualan, menganalisis data penjualan, dan memungkinkan bisnis membuat penawaran email.

9. KlikPajak

Klikpajak merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dirjen Pajak Indonesia untuk memudahkan segala proses keuangan pajak. Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari aplikasi bisnis ini, seperti memungkinkan usaha untuk melaporkan pajak secara online, kemudahan mengisi formulir pajak, dan menawarkan perhitungan pajak secara otomatis.

10. Google Bisnisku

Google mengembangkan aplikasi bisnis ini untuk membantu perusahaan dalam mengelola bisnis online mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur optimasi SEO dan pembuatan website gratis. Google Bisnisku sudah terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Google My Business dan Google Analytics. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat digunakan dengan akun Google Anda.

11. RingCentral

RingCentral adalah aplikasi yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan cepat dan efisien. Berbeda dari yang lain, fitur aplikasi ini meliputi dukungan kolaborasi dan integrasi dengan aplikasi Office serta G-Suite. Aplikasi ini tersedia dapat digunakan di perangkat mobile atau desktop.

12. Aplikasi Bisnis Workplace

Aplikasi ini dikembangkan oleh Facebook dan dirancang khusus untuk digunakan di lingkungan kerja. Platform ini memungkinkan tim dan organisasi untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berbagi informasi dengan aman dan efisien di dalam perusahaan mereka.

Workplace menawarkan fitur-fitur seperti obrolan, video konferensi, dan grup kerja, serta integrasi dengan aplikasi bisnis seperti G-Suite, Microsoft Office, dan Zoom.

13. Quickbooks

Aplikasi bisnis selanjutnya adalah Quickbooks. Quickbooks merupakan salah satu software keuangan dan akuntansi yang telah dikembangkan Intuit. Aplikasi ini cocok bagi pemilik usaha kecil maupun menengah untuk mengelola akuntansi dan keuangan mereka.

Quickbooks telah menyediakan banyak fitur yang bisa membantu pengguna untuk mengelola penerimaan, pengeluaran, pembayaran, faktur, dan laporan keuangan. Aplikasi ini telah tersedia lewat berbagai versi, antara lain versi cloud based dan versi desktop.

14. Aplikasi Bisnis Slack

Slack merupakan platform komunikasi online untuk manajemen proyek dan kolaborasi di lingkungan bisnis yang menyediakan fitur pesan langsung, obrolan grup, dan saluran atau channel sesuai proyek, departemen, atau topik.

Selain itu, aplikasi slack mempunyai fitur pengingat atau reminder, pencarian arsip pesan dan notifikasi. Slack bisa membantu mengurangi terlalu banyak email dan memungkinkan komunikasi tim dengan cara real time serta terstruktur.

FAKTOR PENTING DALAM MEMILIH APLIKASI BISNIS

aplikasi bisnis terbaikAda berbagai macam faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih aplikasi yang efektif. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan Bisnis

Pada waktu merencanakan pembelian, pastikan aplikasi bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang ada. Hal ini menjadi penting agar aplikasi yang Anda beli benar-benar dapat Anda gunakan secara optimal dan memenuhi kebutuhan operasional bisnis.

Sebagai contoh, apabila Anda menjalankan usaha retail, Anda perlu aplikasi yang memiliki fitur POS yang terintegrasi dengan manajemen stok dan platform pembayaran.

2. Fitur dan Fungsionalitas

Kedua adalah fitur dan fungsi. Selain memahami kebutuhan bisnis, Anda juga harus memilih perangkat lunak yang menawarkan fitur bisnis lengkap dan fungsionalitas. Dengan demikian, penggunaan aplikasi dapat optimal.

Beberapa fitur penting yang harus ada dalam aplikasi adalah integrasi dengan modul dan bank, update real-time, dan manajemen inventory untuk mengelola stok.

3. Kemudahan Penggunaan

Sebaiknya pilih perangkat lunak atau aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah serta memiliki interface yang intuitif. Hal ini menjadi penting agar Anda tidak perlu keluar biaya tambahan untuk mengadakan pelatihan staf atau merekrut pegawai IT tambahan.

Seperti yang sudah dijelaskan, pastikan bahwa aplikasi memiliki UI yang modern, mudah Anda pahami, dan responsif. Fitur yang lengkap serta dan mudah penggunaannya akan menunjang kinerja bisnis Anda.

4. Biaya Aplikasi Bisnis

Anda harus mempertimbangkan biaya untuk aplikasi, seperti biaya dukungan teknis, biaya lisensi, serta biaya lain terkait dengan pemakaian aplikasi.

Tidak semua aplikasi yang mahal selalu lengkap dan tidak semua aplikasi murah menjamin sekuritas data perusahaan. Dengan pemikiran ini, Anda akan jauh dari kata rugi. Pilihlah aplikasi yang worth to buy dan memiliki value yang setimpal dengan harganya.

5. Keamanan Aplikasi Bisnis

Fitur keamanan aplikasi bisnis adalah hal esensial yang wajib Anda perhatikan. Pastikan aplikasi memiliki fitur keamanan yang memadai dan berlapis. Hal ini bertujuan agar data perusahaan tidak bocor dan aman dari cyber-attack.

Maka dari itu, cek keamanan aplikasi Anda dan komunikasikan dengan pihak vendor agar sebelum benar-benar membelinya, Anda mengetahui poin-poin yang menjadi hak Anda sebagai pelanggan aplikasi.

KESIMPULAN

Memiliki aplikasi bisnis yang tepat memang membutuhkan waktu dan mengharuskan Anda untuk melewati proses yang rumit. Akan tetapi, dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, Anda bisa memiliki referensi terbaik sebelum memilih program yang tepat.

Selanjutnya, berdasarkan beberapa rekomendasi di atas, EQUIP ERP adalah pilihan aplikasi yang paling tepat. EQUIP mewakili semua fitur yang tersedia pada aplikasi lainnya, mulai dari aplikasi manajemen customer, manajemen keuangan atau akuntansi, hingga fitur perhitungan pajak. Coba demo gratis software ERP dari EQUIP sekarang.

DemoGratis

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now