Pentingnya Penggunaan Software Inventory untuk Manajemen Apotek

Di tengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, permintaan obat-obatan di apotek menjadi meningkat. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap keuntungan pada bisnis apotek. Jika manajemen apotek masih mengelola persediaan barang secara manual maka, besar kemungkinan timbulnya kekeliruan atau kesalahan stok barang. Apotek Anda dapat menggunakan software inventory terbaik untuk mengoptimalkan persediaan obat-obatan, memantau proses stok barang dari setiap lokasi. Dalam artikel ini akan merekomendasikan software inventory pilihan untuk melancarkan berbagai aktivitas persediaan barang di apotek. 

EQUIP menyediakan software inventory terlengkap yang terintegrasi dengan sistem lainnya dan dengan fitur-fitur utama yang dapat melancarkan operasional bisnis apotek Anda. Adapun salah satu fitur software inventaris dari EQIUP adalah QR atau barcode yang memberikan kemudahan proses stock opname dengan mobile apps. Sehingga, mengelola dan melacak pengiriman dan penerimaan barang secara real-time dan akurat.

DemoGratis

Pengertian Apotek Adalah?

Dikutip dari wikipedia, apotek adalah toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis. Tempat ini seringkali disebut rumah obat dan tempat ini juga seringkali menjadi tempat para apoteker meracik obat-obatan. Pandemi covid-19 yang melanda menjadikan penjualan obat di apotek menjadi meningkat. Hal ini tentunya mempengaruhi keuntungan apotek.  

Komponen Manajemen Apotek

manajemen

Manajemen apotek adalah manajemen farmasi yang apotek kelola. Sekecil apapun  apoteknya, sistem manajemennya setidaknya terdiri dari beberapa jenis manajemen yaitu:

1. Manajemen keuangan

Pengelolaan keuangan tentunya berkaitan dengan pengelolaan keuangan keluar dan masuk, pendapatan jual dan beli obat dan perhitungan apotek dari segi ekonominya. 

2. Pembelian

Meliputi manajemen cacat, manajemen pabrik, pemilihan item pembelian yang sadar FIFO dan FEFO, dinamika aliran produk, dan pola epidemiologi di area sekitar apotek. 

3. Penjualan

Manajemen ini meliputi pengelolaan penjualan obat-obatan dalam apotek apakah dalam bentuk tunai, kredit, dan kontraktor.

4. Persediaan barang

Manajemen ini mencakup pengelolaan gudang, persediaan bahan racikan, kinetika arus barang. Manajemen ini berafiliasi eksklusif menggunakan manajemen pembelian. 

5. Pemasaran

Berkaitan menggunakan pengelolaan & teknik pemasaran guna meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Manajemen ini tampak dalam apotek modern. 

6. Manajemen khusus

Manajemen spesial  yg apotek terapkan sinkron menggunakan kekhasannya. Misalnya pengelolaan buat apotek yg dilengkapi menggunakan laboratorium klinik, apotek menggunakan swalayan dan apotek yg bervariasi. 

baca juga: Inventory Control adalah Hal Penting yang Sering Disepelekan oleh Pebisnis

Mengapa Bisnis Apotek Harus Menggunakan Software Inventory

Jika suatu apotek masih mengelola persediaan barang secara manual maka, besar kemungkinan timbulnya kekeliruan atau kesalahan dalam mengelola stok barang. Anda dapat menggunakan software inventory untuk mengoptimalkan persediaan obat-obatan, memantau proses stok barang dari setiap lokasi. Software ini nantinya dapat mengelola perpindahan stok dari satu lokasi ke lokasi secara otomatis, mencegah stok barang yang banyak di gudang sehingga produk-produk lama dapat terjual terlebih dahulu.  .

EQUIP menawarkan software inventory terlengkap. Adapun sistem ini memiliki fitur fitur utama dan terlengkap yaitu:

  • QR/Barcode Scanner: Kemudahan proses stock opname dengan mobile apps yang dilengkapi QR/barcode scanner
  • Product Warranty & Expiry Tracking: Dapatkan notifikasi real-time seputar informasi garansi dan masa kadaluarsa produk/bahan baku
  • Easy to Use: Memiliki tampilan yang simple dan sistem yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan Perusahaan
  • Inventory Forecasting: Dapatkan update data ketersediaan stok barang secara real-time, kapan dan di mana saja dengan EQUIP
  • In Depth Reports: Hasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik
  • UOM Flexibility: Dapatkan detail mengenai rincian produk secara akurat dan lengkap dengan Sistem Inventory EQUIP
Inventory

Kesimpulan

Mengelola suatu apotek tentunya memerlukan media untuk memudahkan aktivitas pengelolaan stok barang atau obat-obatan di apotek. Salah satunya adalah dengan menggunakan software manajemen inventaris yang dapat mengelola stok barang dan mengelola pengiriman atau penerimaan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya secara cepat dan akurat. Software manajemen inventaris dari EQUIP dapat menjadi pilihan untuk apotek Anda. Sehingga, stok barang atau obat-obatan di apotek dapat terkelola dengan baik dengan sistem manajemen inventaris terlengkap. Adapun sistem inventaris dari EQUIP memiliki fitur-fitur utama dan terintegrasi dengan sistem lainnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now