Software Inventaris Barang untuk Kemudahan Bisnis Anda

Era modern ini perkembangan teknologi sudah semakin maju, pengelolaan inventaris pun juga sudah dapat terkelola secara otomatis. Banyak orang yang beralih ke software inventaris dari EQUIP dalam mengatasi berbagai permasalahan manajemen inventaris bisnis. Software inventaris adalah salah satu software yang berguna untuk mengawasi pembelian barang dari supplier, mengelola stok, mengontrol jumlah produk, hingga melacak pesanan ke pelanggan.

Maka dengan bantuan software inventory terbaik, Anda dapat melakukan inventarisasi barang di kantornya dengan mudah. Apa pengertian dari inventaris barang? Dan apa manfaat Anda menggunakan aplikasi tersebut? Simak artikel untuk dapat mengetahui fungsi dan alasan Anda harus menggunakan sistem inventory terotomasi bagi bisnis Anda.

software inventaris barang

 

Apa itu Inventaris Barang?

Inventaris barang yang berasal dari kata Latin Inventarium yang memiliki arti barang-barang, atau bahan. Dalam definisinya adalah semua kegiatan untuk memperoleh data mengenai barang-barang di perusahaan Anda. Kegiatan tersebut mulai dari proses pembelian barang dari supplier, menerima barang dan mengelola stok, hingga mengawasi pembelian barang sampai ke tangan konsumen. Sehingga dapat digaris bawahi bahwa inventaris merupakan daftar barang yang perusahaan miliki.

Pencatatan atau inventarisasi harus Anda catat dengan rapi yang bertujuan untuk memudahkan pengecekan juga pengelolaan inventaris barang yang beragam dan berjumlah banyak.  Hasil dari pencatatan akan berguna sebagai acuan data dalam menyusun laporan keuangan. Jadi inventarisasi harus melakukannya dengan teliti dan pendataan dengan benar. Sehingga perusahaan dapat beroperasional dengan lancar sesuai dengan rencana. Pencatatan dapat Anda lakukan dengan menggunakan sistem inventaris barang terpercaya.

Baca Juga: Tips Mudah Cara Pembukuan Stok Barang dengan Software Inventory

 

Apa itu Software Inventaris Barang?

Software inventaris barang adalah salah satu alat yang berguna untuk mengelola atau mencatat daftar barang. Software ini dapat digunakan pada teknologi manapun dari perangkat mobile yang berbasis web sehingga dapat Anda gunakan dalam personal komputer atau laptop. Sehingga Anda akses dimana dan kapan saja hanya dengan jangkauan internet. 

Software atau aplikasi inventory menjadi opsi yang memudahkan perusahaan dalam mengelola fasilitas atau stok barang yang ada di perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan catatan manual yang memiliki resiko kesalahan relatif tinggi. 

software inventory
Sumber: freepik.com

 

Mengapa Software Inventaris Barang Banyak Digunakan?

Perusahaan Anda pastinya ingin melakukan kegiatan pendataan stok barang dengan rutin dan teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga fasilitas yang ada di perusahaan serta keamanan dalam penjagaan stok barang. Dengan adanya inventaris maka perekapan ketersediaan barang dapat mudah untuk melakukan pendataan dan pelacakan. Selain itu, terdapat empat alasan mengapa Anda harus menggunakan software inventaris barang, yaitu:

1. Sudah menggunakan sistem cloud

Menggunakan aplikasi inventaris barang tentunya sudah menggunakan sistem cloud. Sistem ini berfungsi untuk menyimpan semua data yang Anda masukkan ke dalam satu file dan mudah diakses banyak orang dalam satu database. Maka dari itu, menggunakan software inventory menjadi pilihan yang cocok untuk mengelola pendataan barang perusahaan Anda. 

2. Praktis, mudah, dan fleksibel

Dengan menggunakan software, maka Anda dapat mengakses dimana dan kapan saja selagi terdapat jangkauan internet. Dari penggunaan software inventaris barang, maka dapat memberikan kemudahan untuk penggunaannya. Sehingga Anda dapat menggunakannya dengan praktis, mudah, dan fleksibel karena kerangka pengerjaan sudah dari aplikasi. Semua data yang Anda masukkan akan tersimpan secara terpusat dan real-time.

3. Resiko kehilangan data lebih minim

Jika Anda masih menggunakan media penyimpanan pada teknologi berbasis komputer lokal, resiko kehilangan data relatif lebih besar karena banyak hal yang terjadi diluar dugaan. Apalagi Anda baru saja mencatat data ke dalam perangkat tersebut, maka inventaris tidak dapat update laporan karena data hilang. Dengan adanya software inventaris barang, maka data Anda akan tersimpan dan dapat Anda akses dengan perangkat apa saja. Sehingga resiko kehilangan data dapat teratasi.

Baca juga: Software inventori: Pengertian, Manfaat, Fitur, serta Rekomendasi Terbaik

4. Resiko human error lebih minim

Kesalahan yang terjadi akibat human error sering terjadi ketika pengerjaan masih manual. Banyak inventaris yang mengalami hal tersebut karena perlu mencatat banyaknya data barang pada perusahaan. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan sistem inventaris barang yang sudah terotomasi jika terjadi kesalahan penulisan data. Maka, bagi perusahaan besar sangat wajib menggunakan sistem inventaris untuk mengurangi kesalahan akibat human error.

 

Rekomendasi Software Inventaris Barang Terpercaya

Setelah membahas dengan pentingnya aplikasi inventory bagi perusahaan, berikut terdapat dua rekomendasi aplikasi inventaris barang yang terpercaya:

HashMicro 

Software inventory dari HashMicro merupakan software terbaik No. 1 di Indonesia yang dapat mengoptimalkan tingkat persediaan hingga memantau proses stok transfer. Selain itu, dari software ini dapat mengecek estimasi kebutuhan inventaris serta keefektifan pengelolaan stok di setiap lokasi dengan Sistem Inventory Barang berbasis web terbaik. Software ini cocok bagi perusahaan besar yang sudah memiliki bisnis pada level enterprise.

EQUIP (penjelasan untuk level bisnis menengah ke bawah)

Rekomendasi yang kedua adalah software inventaris barang dari EQUIP yang dapat mengatasi berbagai permasalahan manajemen inventaris bisnis Anda. Selain itu, dengan EQUIP dapat membuat forecasting stock dengan mudah lengkap dari rekomendasi reordering otomatis. Bagi Anda pengusaha UMKM, software ini sangat cocok untuk mengelola bisnis Anda.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai software inventaris barang dengan fitur terlengkap dapat mempermudah Anda dalam proses pendataan barang. Fitur yang akan Anda dapatkan dari penggunaan software adalah Anda mendapat kemudahan roses stock opname dengan QR/barcode scanner dan mendapatkan notifikasi real-time seputar informasi garansi. Selain itu, penggunaan yang easy-to-use, serta mendapatkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik. Daftarkan perusahaan Anda segera dan dapatkan demo gratis!

software inventaris barang

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA