Tips Mudah Cara Pembukuan Stok Barang dengan Software Inventory

Cara pembukuan stok barang adalah salah satu aktivitas yang perusahaan lakukan guna mencatat keluar masuknya barang. Hal ini perusahaan lakukan karena adanya permintaan barang yang tinggi atau hanya untuk pemenuhan stok barang perusahaan. Dalam melakukan pembukuan stok barang, perusahaan biasanya membuatnya dengan tabel Excel. Namun ada juga perusahaan yang menggunakan aplikasi inventory terbaik untuk mempermudah pencatatan yang perusahaan lakukan. Anda juga bisa menggunakan bantuan software akuntansi dari EQUIP untuk mengotomatiskan kegiatan keuangan perusahaan Anda.

Kegiatan pembukuan stok barang menjadi suatu kegiatan yang wajib perusahaan lakukan. Namun kegiatan ini memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi agar pencatatan yang akan Anda lakukan mendapatkan hasil yang akurat. Kegiatan ini juga memerlukan alat bantu untuk menghitung jumlah barang karena jika tidak pendataan yang Anda lakukan akan kacau dan berantakan. Maka EQUIP hadir dengan software inventory terbaiknya, yang mana dengan ini kegiatan manajemen inventaris perusahaan Anda dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara pembukuan stok barang yang dapat Anda lakukan dengan baik menggunakan aplikasi inventaris terbaik.

cara pembukuan stok barang

Persiapkan Data Inventory yang Ada pada Gudang

Cara pembukuan stok barang yang pertama adalah dengan mempersiapkan data yang ingin Anda masukan. Anda bisa meminta bantuan seseorang yang bertanggung jawab secara penuh dalam hal pencatatan. Karena dengan ini orang tersebut harus melakukannya dengan sangat akurat karena tentunya Anda tidak ingin data yang terinput adalah data yang salah. Dalam hal ini Anda akan mengetahui data transaksi dari periode sebelumnya sebelum akhirnya Anda dapat menentukan target pemasaran dan peramalan penjualan pada periode yang sedang berjalan.

Lakukan Forecast Penjualan

inventory

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan peramalan atau forecast penjualan. Peramalan ini berfungsi untuk mencatat jumlah persediaan atau stok yang perusahaan Anda butuhkan pada periode yang sedang berjalan. Selain itu kegunaan lainnya adalah agar persediaan stok tidak terlalu banyak berada di gudang sehingga menjadi mubazir. Dengan ini Anda dapat menentukan item apa saja yang sedang dibutuhkan dan mana yang tidak berdasarkan hasil data transaksi pada periode sebelumnya.

Baca juga: Cara Mudah Kelola Gudang Sembako dengan Software Inventory

Cek Kembali Barang Sebelum Masuk Gudang

Setelah melakukan peramalan barang yang ingin Anda jadikan stok. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan barang sebelum Anda simpan dalam gudang. Dalam langkah ini Anda bisa mengetahui mana barang yang cacat dan mana yang salah sebelum akhirnya Anda jual kembali ke konsumen Anda. Dalam langkah ini pula bisa disebut sebagai quality control, Anda juga bisa memberikan kode pada barang yang ingin Anda masukan ke gudang untuk mengetahui bahwa barang tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak cacat.

Buat Tabel Laporan Keluar Masuk Barang di Gudang

Untuk membuat laporan barang yang keluar atau masuk dari gudang, Anda bisa melakukannya secara manual dengan aplikasi Microsoft Excel. Karena dalam aplikasi Excel bukan menjadi hal yang tabu untuk melakukan pembuatan laporan. Dengan adanya tabel laporan yang Anda buat, maka pendataan mengenai kegiatan barang yang ada dalam perusahaan Anda dapat tercatat dengan baik mana yang masuk dan yang keluar. Anda juga bisa melakukannya dengan manual menggunakan berbagai aplikasi inventaris yang ada, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi inventaris dari EQUIP.

Pisahkan Stok Lama dan Baru

Cara pembukuan stok barang yang terakhir adalah dengan memisahkan stok yang baru dan yang lama. Cara ini dapat Anda lakukan agar dapat memudahkan Anda dalam menghitung persediaan stok lama yang terjual dan yang belum terjual. Dengan ini maka Anda dapat menentukan mana barang yang harus Anda stok lagi dan mana yang tidak perlu. Dalam melakukan laporan ini Anda juga bisa melakukannya secara manual menggunakan aplikasi Excel atau Anda dapat melakukannya secara otomatis menggunakan software inventaris terbaik dari EQUIP.

Baca juga: Catat! Data Tanggal Merah dan Daftar Libur Nasional 2022

Permudah Pencatatan dengan Software Inventory

Cara Pembukuan Stok Barang

Dalam melakukan pencatatan data stok barang Anda dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu dengan manual Anda memasukan dan menghitung barang atau stok yang ada secara manual dan memasukan datanya sendiri secara manual. Dan Anda juga bisa melakukan semua kegiatan tersebut secara otomatis yang dapat dilakukan oleh software inventory. Langkah pencatatan menggunakan bantuan software terbilang lebih efisien dan lebih cepat. Karena dengan aplikasi ini akan membantu Anda untuk menghitung ratusan bahkan ribuan SKU barang yang ada pada perusahaan Anda dengan cepat dan akurat. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan Anda.

Kesimpulan

cara pembukuan stok barang

Berdasarkan tips mengenai cara pembukuan stok barang yang telah dijelaskan. Terbukti bahwa melakukan pembukuan stok barang merupakan suatu kegiatan yang tidak mudah dan memerlukan ketelitian yang tinggi agar tidak terdapat kesalahan dalam memasukan angka data dalam laporan. Kegiatan ini juga berfungsi agar tidak ada pembelian barang yang berlebihan karena banyaknya stok dalam gudang yang tidak terjual. Sehingga Anda dapat membeli barang yang memang stoknya kosong atau karena permintaan yang banyak dari konsumen. Untuk mengatasi permasalah tersebut, aplikasi inventory dari EQUIP dapat menjawab dan mengatasi permasalahan tersebut. Karena aplikasi ini memang disediakan untuk memberikan kemudahan untuk mengelola manajemen inventaris dari berbagai tipe dan jenis perusahaan. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA