Cara Mudah Kelola Gudang Sembako dengan Software Inventory

Bisnis sembako merupakan peluang usaha yang akan terus hidup. Orang-orang akan terus mencari bahan baku sembako setiap hari, bulan, bahkan tahun. Maka, gudang sembako menjadi sebuah sistem logistik dari agen sembako yang berfungsi untuk menyimpan produk. Ketika mengelola manajemen persediaan barang pasti ada masalah yang sering terjadi pada gudang. Bisa disebabkan karena ketidakcocokkan antara data stok dengan persediaan barang fisik yang ada dalam gudang sembako sehingga membuat manajemen pergudangan tidak efisien. Dengan bantuan software inventory terbaik, maka manajemen gudang untuk sembako akan lebih efisien dengan sistem.

Berbeda dengan pencatatan manual yang harus mengecek kesediaan barang secara manual dan membutuhkan waktu yang lama, software inventory akan otomatis mengecek kesediaan barang sehingga akan mempercepat proses pelayanan kepada pelanggan dan pastinya akan menguntungkan perusahaan. software inventory juga memiliki fitur warehouse atau yang berfungsi untuk mengelola penyimpanan barang untuk dijual dalam waktu tertentu yang kemudian mendistribusikannya ke lokasi pelanggan berdasarkan permintaan. Manfaat fitur ini dapat memudahkan perusahaan untuk memantau pergerakan stok barang otomatis yang berada pada area gudang.

Baca Juga: Siap Menjadi Beautypreneur? 10 Ide Bisnis Kecantikan yang Harus Anda Coba

DemoGratis

Pemasalahan yang Muncul saat Mengelola Gudang Sembako

gudang sembako
Sumber: mitra.bukalapak.com

Seringkali agen sembako terjebak untuk melengkapi semua jenis barang agar kelihatan bahwa tokonya merupakan toko yang paling lengkap. Akan tetapi hal ini membuat gudang semakin berantakan, dan memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi ketika barang-barang tersebut tidak laku dalam waktu yang lama, bahkan akan menimbulkan kerugian besar jika barang tersebut rusak atau tidak dapat Anda jual kembali.

Kendala selanjutnya adalah barang kadaluarsa dan barang rusak. Hal ini akan berdampak pada konsumen yang enggan membeli pada toko agen sembako kemudian hari jika mereka mengetahui banyak barang yang kadaluarsa atau mendekati kadaluarsa. Masalah barang dagangan yang rusak sering pemilik usaha warung sembako temui, karena sulitnya mengecek barang yang banyak secara manual. 

 

Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Masalah pada Gudang Sembako? 

Ketika Anda ingin mengatur dan mengelola stok barang pada gudang, pastikan Anda telah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan stok barang tersebut. Pastikan Anda sudah menugaskan setidaknya satu orang khusus yang bertanggung jawab dalam melakukan segala jenis pencatatannya, seperti mencatat stok barang masuk dan stok barang keluar.  Dalam hal mengumpulkan data, seseorang yang bertanggung jawab mencatat dapat dibantu dengan sebuah program pendukung agar menghasilkan pencatatan yang akurat.

Setelah mengumpulkan data input dan output barang, maka langkah selanjutnya adalah membuat forecast atau perkiraan persediaan stok barang. Hal ini bukan tahap yang mudah apalagi jika Anda memiliki penjualan produk dengan jenis yang bermacam-macam, karena Anda harus menentukan jumlah per item yang ada. Perhitungan tersebut akan menjadi lebih mudah jika bisnis Anda menggunakan dengan sebuah sistem manajemen inventaris yang tepat.

Baca Juga: Aplikasi Gudang untuk Memudahkan Aktivitas Bisnis Anda

 

Tips Mudah Memilih Software Inventory terbaik 

Software inventory merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengatur segala hal mengenai barang. Sebuah toko sembako yang memiliki software inventory akan sangat terbantu karena software inventory memiliki banyak manfaat. Untuk memilih software inventory yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut tips-tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan, yaitu:

1. Harga

Software Inventory dapat memangkas biaya operasional bisnis anda. Namun, tetap ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembelian. Maka, pilihlah software Inventory yang sesuai dengan kebutuhan serta terjangkau.

Memilih software Inventory yang mahal bukan solusi yang tepat jika tidak memiliki fitur-fitur yang sesuai. Jadi, Anda harus menyesuaikan antara kebutuhan bisnis Anda, fitur dan harganya.

2. Terintegrasi

gudang sembako
Sumber:

Ketika memilih sebuah software Inventory yang tepat untuk bisnis Anda, harus ada integrasi. Sebab dapat mempermudah kerja Anda sehingga lebih mudah serta cepat.  Tidak semua software inventory menerapkan elemen integrasi, oleh sebab itu pilihlah software dengan elemen integrasi agar Anda tidak perlu kerja 2 kali karena semuanya telah terhubung.

3. Penggunaan yang mudah

Software inventory yang ideal merupakan software yang bisa Anda gunakan dengan mudah oleh semua orang. Penggunaan yang terlalu rumit dapat memunculkan masalah baru, waktu belajar yang lama.

Untuk itu, pilihlah software yang user-friendly. Selain itu, cek juga keberadaan fitur pendukung seperti dokumentasi, customer service dan lainnya. Fitur-fitur pendukung ini dapat membantu Anda saat kesulitan dalam menggunakan software.

 

Kelebihan Software Inventory EQUIP ERP dibanding Software Inventory Lainnya

aplikasi inventaris
Sumber: www.equiperp.com

Software inventory EQUIP adalah salah satu software yang dapat Anda andalkan untuk mengelola stok barang secara mudah dan praktis. Apa saja yang menjadi keunggulan EQUIP? Sistem manajemen inventaris EQUIP menawarkan Fitur lengkap mulai dari penyimpanan daftar stok, perhitungan stok, fitur multi gudang dan lain sebagainya. 

Manajemen bahan baku yang berfungsi untuk mendapatkan pemberitahuan jika stok akan segera habis yang memastikan stok selalu cukup, dan fitur canggih membuat kemudahan proses stock opname dengan mobile apps yang dilengkapi QR/barcode scanner untuk memastikan Anda selalu mendapat pandangan menyeluruh terhadap inventaris Anda.

Inventory

Kesimpulan

Pengelolaan gudang sembako tidak semudah yang dibayangkan, banyak lagi masalah yang dihadapi pebisnis saat mengelola stok barangnya di gudang. Walaupun sekarang Anda sudah tahu apa saja kendala dalam mengurus proses pergudangan. 

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi semua kendala tersebut. Software inventory EQUIP hadir sebagai solusi kebutuhan usaha Anda dengan menyediakan produk yang mudah digunakan serta dengan harga yang kompetitif. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now