Pengertian Software Toko Grosir dan Manfaatnya

Software toko grosir merupakan hasil dari perkembangan teknologi dalam bisnis retail. Jika dulu seseorang perlu melakukan pengelolaan bisnis secara satu persatu maka dengan adanya software ini semua dapat berjalan dengan lebih mudah.

Misalnya, perusahaan yang menjalin kerja sama dengan vendor lain. Awalnya mereka membutuhkan kertas dalam kegiatan transaksi namun, di era digital saat ini mereka dapat menggunakan sistem yang bernama software sehingga kegiatan bisnis dapat berjalan secara otomatis.

Apabila Anda adalah pemilik usaha retail, toko grosir, dan supplier. Maka Anda dapat menggunakan software toko grosir untuk mempermudah proses bisnis apalagi jika bisnis yang tersebut memiliki banyak cabang. Namun, apakah software toko grosir itu? Dan manfaatnya bagi bisnis Anda? Mari simak artikel ini sampai selesai.

Software toko grosir

Pengertian Software Toko Grosir

Hal yang sering para pebisnis retail alami adalah ketidakefisienan dalam pencatatan stok barang. Sehingga, laporan keuangan yang mereka miliki sering terjadi kesalahan dan tentunya dapat menjadi ancaman bagi aktivitas bisnis. Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda dapat menggunakan software toko grosir.

Software toko grosir atau retail adalah software khusus yang terprogram pada aplikasi komputer untuk menunjang penjualan barang dan jasa baik harga ecer(satuan) atau grosir(partai). Mulai dari accounting, purchasing, POS, inventory, dan CRM. Software ritel grosir akan membantu pemilik usaha dalam mengelola promosi di seluruh cabang secara terpusat, kelola penjualan bundle dan combo, laporan keuangan, pembelian produk, dan laporan terkait inventaris.

Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi dalam dunia bisnis menjadikan software ritel grosir dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau PC serta kemampuan akses data secara real-time.

Manfaat Software Toko Grosir

software toko grosir
Sumber: usmsystems.com

Penggunaan software retail dapat memampukan Anda untuk mengelola toko dengan lebih mudah. Selain itu pemilik usaha dapat menyimpan ribuan data terkait persediaan stok, penjualan, pembelian secara otomatis dan tidak terbatas. Selain, beberapa manfaat yang sudah disebutkan berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan software retail.

Software Toko Grosir dapat Meminimalisir kesalahan transaksi

Ketika Anda tidak menggunakan software toko grosir dalam kegiatan bisnis biasanya sering terjadi kesalahan atau human error yang menyebabkan Anda perlu mengecek ulang data yang sudah Anda kerjakan, tentunya hal tersebut sangat membuang waktu. Dengan menggunakan software retail Anda dapat menghindari kesalahan dalam penginputan. Sistem yang berjalan cepat dan otomatis memampukan pemilik usaha untuk lebih menghemat waktu.

Mengetahui stok barang secara akurat

Saat menjalankan sebuah usaha pastinya perusahaan perlu mengetahui stok atau persediaan barang. Jika Anda masih menggunakan sistem manual maka Anda perlu menghitungnya secara satu persatu. Nah, bayangkan saja apabila terdapat ratusan stok barang yang Anda miliki tentunya akan lebih sulit dan rentan terjadi kesalahan.

Software toko grosir memiliki bagian yang disebut juga sebagai inventory dan memiliki fungsi untuk memberikan laporan secara menyeluruh terkait persediaan barang, memberikan notifikasi otomatis garansi dan tanggal kadaluarsa setiap produk serta dilengkapi dengan pemindai barcode atau QR pada aplikasi mobile. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan data dengan lebih akurat.

Penyimpanan data tanpa batas

Software ritel grosir memampukan pemilik usaha untuk melakukan penyimpanan data tanpa batas apalagi jika ada puluhan cabang. Sehingga, Anda dapat mengelola purchasing request dan promosi di seluruh cabang toko dengan lebih mudah bukan hanya itu kamu tak perlu lagi kesulitan dalam mencari barang karena Anda dapat menemukan barang hanya dengan hitungan detik.

Mempermudah dalam pemberian barang

Software toko grosir dapat memudahkan pemilik toko dalam menentukan pembelian barang berikutnya. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan persediaan barang yang menipis. Dengan sistem purchasing Anda dapat kelola tender pembelian dengan perbandingan RFQ. 

Cara Memilih Software Terbaik Untuk Toko Grosir

software toko grosir
sumber: Kindpng.com

Ada berbagai macam software di luar sana yang menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, namun sebagai pemilik usaha yang masih awam ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli software toko grosir. Berikut ini kami jabarkan beberapa cara untuk memilih software toko terbaik bagi bisnis Anda. 

Pilih produk terpercaya

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli software sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu latar belakang pengembang atau developer software. Apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak. Biasanya, perusahaan software yang sudah terpercaya kerap memiliki puluhan hingga ratusan testimoni yang pelanggan berikan untuk perusahaan tersebut. Dengan mencari perusahaan yang terpercaya maka kegiatan bisnis akan lebih aman.

Mempercayai suatu produk untuk mendapatkan software toko terbaik tentu bukan suatu hal yang mudah. Anda harus mencoba menggunakan software tersebut untuk mengetahui bagaimana kemudahan dan kinerja dari software tersebut. EQUIP muncul sebagai salah satu perusahaan penyedia software toko terbaik di Indonesia. EQUIP memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola puluhan bisnis Anda dengan satu aplikasi. Software toko grosir dari EQUIP sudah dipercaya berbagai perusahaan untuk menjadi penyedia sistem bagi perusahaanya.

Sesuaikan dengan kebutuhan usaha

Meskipun banyak usaha yang bergerak pada bidang yang sama namun, tentunya kebutuhan mereka akan berbeda-beda. Misalnya, ada perusahaan yang membutuhkan software yang dapat mengintegrasikan segala proses bisnis namun ada pula yang hanya memerlukan software tertentu. Sehingga, penting bagi pemilik usaha untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Mengetahui jenis dan perawatan produk

Pada dasarnya, software dapat dijalankan secara online maupun offline. Perusahaan hanya perlu memilih bentuk yang efisien dari setiap kegiatan. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana cara melakukan maintenance dari software tersebut. Biasanya terdapat beberapa penyedia jasa software yang sudah memberikan layanan maintenance untuk retail software yang mereka sediakan.

Kesimpulan

Software toko grosir

Software toko grosir dapat memberikan kemudahan bagi kegiatan bisnis namun tak lupa untuk selalu mempertimbangkan penyedia layanan software yang terpercaya supaya tidak terjadi hal yang dapat merugikan proses bisnis. Anda dapat mencoba untuk menggunakan software retail dari EQUIP yakni penyedia sistem ERP terbaik untuk mengelola industri retail yang sudah dipercaya oleh ratusan perusahaan. Tingkatkan loyalitas pelanggan dengan sistem manajemen pelanggan dan pengelolaan promosi yang dipersonalisasi.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA