Sistem Point Of Sales (POS): Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya untuk Bisnis

Point Of Sales, atau POS, bukan hanya alat untuk penerimaan pembayaran, melainkan juga sistem yang memiliki pengaruh besar dalam hal penjualan. Seringkali sistem Point of Sales (POS) disebut juga dengan mesin kasir, karena memiliki fungsi yang sama yaitu merinci jumlah barang yang telah konsumen beli. Namun, POS adalah pengembangan dari sistem cash register yang menggabungkan hardware dan software. Alhasil, sistem POS semakin canggih dan cocok digunakan di era teknologi saat ini.

Fungsi utama POS sistem adalah untuk memudahkan pemilik usaha dalam memproses pembayaran, melacak penjualan, dan mengelola inventaris. Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih detail mengenai sistem informasi POS, termasuk manfaatnya bagi bisnis Anda.
CTA Banner EQUIP Software POS

Apa Itu Point Of Sales dan Bagaimana Sejarahnya?

Pengertian Point Of Sales

Point Of Sales, atau dikenal juga dengan POS, adalah kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras yang bekerja secara integratif untuk memfasilitasi transaksi penjualan. Dalam praktiknya, sistem ini memungkinkan pencatatan data secara otomatis, dari penjualan hingga pengelolaan inventaris, membedakannya dari sistem kasir tradisional.

Dengan perkembangan teknologi, fungsi Point of Sales Bberkembang menjadi tempat untuk menyimpan data pelanggan, menghitung untung rugi, bahkan menyusun laporan penjualan. Saat ini, Point of sales software lebih dari sekadar mesin kasir. POS sistem telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur canggih untuk membantu pemilik bisnis.

Perkembangan Point Of Sales dari Masa ke Masa

Perkembangan Point Of Sales bermula dari penggunaan mesin kasir manual yang sederhana, evolusi teknologi telah mendorong munculnya sistem POS yang bisa melakukan lebih dari sekedar proses transaksi. Seiring waktu, terjadi pengintegrasian sistem POS dengan teknologi cloud, mobile computing, dan berbagai platform pembayaran digital, yang memungkinkan para pemilik bisnis untuk menjalankan usahanya lebih efisien.

Perbedaan Point Of Sales dengan Kasir Konvensional

  1. Kasir konvensional sering kali terbatas dalam hal fungsi dan kecepatan transaksi, sedangkan POS modern menawarkan kecepatan dan kenyamanan dalam proses transaksi penjualan.
  2. POS modern dilengkapi dengan fitur pelaporan realtime untuk pemantauan kinerja dan pengelolaan inventaris yang efisien.
  3. Sistem POS memungkinkan integrasi dengan berbagai platform lain seperti e-commerce dan sistem pengelolaan pelanggan, sementara kasir konvensional terbatas pada transaksi fisik di toko.
  4. Perbandingan POS dan kasir konvensional juga terlihat pada kapabilitas POS dalam mendukung kasir online, yang memperluas jangkauan pasar dan mempermudah pengelolaan penjualan di berbagai saluran.

Komponen Utama dalam Sistem POS (Point Of Sales)

Dua komponen yang signifikan dalam sistem Point Of Sales adalah perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang masing-masing memiliki peranan penting dalam operasional harian.

Perangkat Lunak Untuk Pengelolaan Transaksi

Perangkat lunak POS adalah fondasi yang memungkinkan berbagai aktivitas komersial Anda tercatat dan terproses dengan akurat. Beberapa fungsi utama dari perangkat lunak POS meliputi:

  • Pencatatan penjualan dan pengelolaan transaksi kasir.
  • Manajemen inventaris yang terintegrasi dan otomatis.
  • Analisis data dan pembuatan laporan keuangan yang mendetail untuk menunjang keputusan bisnis Anda.

Perangkat Keras Pendukung Operasional

Perangkat keras POS adalah elemen yang memastikan transaksi dapat dijalankan dengan lancar. Beberapa perangkat ini antara lain:

  1. Layar monitor yang berfungsi sebagai antarmuka bagi pengguna dan pelanggan.
  2. Server jaringan yang menjamin koneksi data yang stabil.
  3. Komputer dan tablet yang mengoperasikan perangkat lunak POS dalam toko.
  4. Mesin EDC (Electronic Data Capture) yang menangani transaksi kartu.

Dengan kombinasi komponen Point Of Sales tersebut, bisnis Anda dapat beroperasi lebih efisien sambil meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan yang cepat dan andal.

Manfaat Implementasi Sistem POS (Point Of Sales) bagi Bisnis

Sistem POS tidak hanya mendukung transaksi, tapi juga memberikan sejumlah manfaat yang berdampak langsung pada produktivitas dan keberlanjutan usaha Anda.

Peningkatan Efisiensi Pekerjaan Karyawan

Satu keuntungan utama Sistem POS adalah efisiensi kerja karyawan. Sistem POS memungkinkan transaksi dilakukan lebih cepat dan akurat, mengurangi kesalahan manusia dan menghemat waktu. Ini berarti karyawan dapat mengalokasikan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih produktif.

Terciptanya Fleksibilitas yang Baik

Dengan hadirnya Point of sales software, maka sistem pembayaran tidak hanya fokus dalam satu metode saja. Melainkan bisa dilakukan baik secara tunai, non tunai, juga memakai kartu debit atau kredit. Dengan kalkulasi atau perhitungan secara otomatis, maka kasir tidak perlu lagi menghitung secara manual terkait uang pengembalian. Sehingga, bisa meningkatkan kecepatan transaksi dan terhindar dari antrian yang berkepanjangan.

Kepuasan Pelanggan Melalui Transaksi yang Cepat dan Mudah

Sistem POS yang canggih memastikan proses pembayaran menjadi cepat dan bebas hambatan, mempercepat waktu tunggu dan meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Selain itu, mesin POS juga dapat mencetak struk pembelian untuk pelanggan dengan cepat dan akurat. Sebuah sistem pembayaran yang efisien membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk kembali di kemudian hari.

Manajemen Inventaris yang Lebih Akurat

  • Otomatisasi data perkiraan stok
  • Pembaruan inventaris realtime
  • Analisis tren penjualan untuk perencanaan stok yang lebih baik

Manajemen inventaris yang efektif adalah salah satu manfaat Point Of Sales terbesar. Sistem POS memudahkan pelacakan jumlah stok yang ada dan memungkinkan bisnis untuk mengidentifikasi tren penjualan sehingga dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam pemesanan ulang dan produksi barang. Manajemen inventaris yang akurat sangat penting untuk memastikan bisnis Anda tidak kehilangan penjualan karena kekurangan stok atau, sebaliknya, terlalu banyak menumpuk barang yang tidak laku. 

Cara Kerja Sistem POS (Point Of Sales) dalam Transaksi Bisnis

Dalam sistem POS, Anda akan menemukan proses yang memanfaatkan perangkat keras dan lunak terintegrasi untuk mempercepat pemrosesan transaksi sambil memberikan data akurat untuk analisis penjualan.

Scan Barcode Produk Atau Memasukkan Kode Produk Secara Manual

Scan barcode produk atau memasukkan kode produk secara manual adalah salah satu tahapan yang tersedia dalam sistem POS. Jika secara auto untuk memindai kode unik yang terdapat pada produk, sedangkan jika secara manual dapat digunakan jika produk tidak memiliki barcode atau barcode tidak dapat dibaca. Dengan fitur ini, operator dapat dengan cepat dan akurat menambahkan produk ke dalam sistem.

Pemindaian Produk dan Proses Penghitungan Otomatis

Komponen utama dalam cara kerja Point Of Sales adalah pemindaian produk. Proses ini dimulai ketika produk yang ingin dibeli pelanggan dipindai menggunakan barcode scanner. Informasi produk, termasuk harga, akan otomatis tercatat dalam sistem. Proses ini tidak hanya mempercepat transaksi tetapi juga mengurangi kemungkinan kesalahan selama pemrosesan pembayaran dan pengurangan jumlah stok secara manual.

  1. Menempatkan produk di depan scanner untuk memindai barcode.
  2. Sistem POS secara otomatis menampilkan harga dan mengurangi stok produk yang terjual.
  3. Generasi receipt atau invoice yang dapat dicetak atau dikirim secara digital kepada pelanggan.

Pelacakan Penjualan dan Laporan Realtime

Salah satu keuntungan terbesar dari sistem POS adalah kemampuannya untuk melakukan pelacakan penjualan secara detail dan menyajikan laporan penjualan realtime. Fitur ini memungkinkan pengelola bisnis mendapat gambaran jelas terhadap kinerja penjualan, memantau tren, serta memprediksi kebutuhan stok di masa mendatang. Laporan yang dihasilkan oleh sistem POS dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda, memastikan bahwa informasi paling vital selalu tersedia saat diperlukan.

  1. Pelacakan jumlah penjualan per produk, kategori, atau periode waktu tertentu.
  2. Pengumpulan data transaksi untuk analisis tren penjualan.
  3. Generasi laporan penjualan realtime untuk penyesuaian strategis operasional dan keuangan.

Adaptasi dengan sistem POS yang efisien tidak hanya meningkatkan kecepatan dalam pemrosesan transaksi tetapi juga menghilangkan hambatan umum dalam pengelolaan penjualan retail. Dengan memahami cara kerja Point Of Sales, penerapan pemindaian produk hingga pelacakan penjualan bisa berhasil memposisikan bisnis Anda di puncak kompetisi pasar yang ketat.

Keunggulan dan Kekurangan Sistem POS (Point Of Sales) serta Penggunaannya

POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Kelebihan dari penggunaan sistem Point of Sales dalam bisnis:

  • Lebih efisien dan akurat
  • Terintegrasi dengan persediaan barang
  • Dapat mengatur manajemen toko seperti karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya
  • Penambahan atau pengurangan item menu dan pengaturan harga secara realtime
  • Memiliki kemampuan pelaporan yang lebih baik
  • Mampu mengelola kinerja dari karyawan
  • Metode pembayaran yang luas dan mudah
  • Integrasi lancar dengan modul akuntansi untuk keakuratan data keuangan
  • Hasil laporan terperinci & kustomisasi laporan sesuai kebutuhan bisnis
  • Memberikan pelayanan lebih baik dan cepat

Kekurangan dari penggunaan Point of Sales dalam bisnis:

  • Memerlukan update (pembaruan)
  • Memiliki nilai investasi yang besar di awal
  • Komponen penggunaan yang banyak
  • Penggunaan yang perlu pelatihan

Penggunaan Point Of Sales dalam Berbagai Sektor Bisnis

Banyak sektor bisnis telah beralih pada penggunaan POS digital karena kemudahan dan efisiensinya. Retail, restoran, coffee shop, hingga layanan seperti laundry, semakin banyak mengadopsi teknologi ini untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan proses transaksi mereka.

    1. Di sektor retail, POS digital membantu dalam pengelolaan stok dan pelabelan harga yang efektif.
    2. Restoran dapat mengelola pesanan dan inventaris dapur dengan lebih mudah.
    3. Coffee shop dan kafe memanfaatkan POS untuk pelacakan penjualan harian dan mempermudah pengaturan promosi.
    4. Layanan laundry mengintegrasikan operasional sehari-hari dengan pelacakan keseluruhan pencucian dan pembayaran.

Penggunaan POS digital memang telah menjadi tren yang berkembang dalam dunia bisnis saat ini. Kemudahan penggunaan dan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Point Of Sales menjadikannya pilihan yang bijak dan menguntungkan untuk pengembangan setiap sektor bisnis.

Tips Memilih Sistem POS (Point Of Sales)

sistem pos

Pada saat ini, perkembangan digital semakin merajalela yang membuat banyaknya pilihan point of sales yang dapat Anda pilih. Dengan begitu banyaknya pilihan tersebut, perlu bagi Anda untuk memilih dengan tepat. Berikut ini adalah tips dalam memilih yang perlu Anda ketahui!

1. Sesuaikan Budget Perusahaan

Langkah pertama dalam memilih sistem POS yang sesuai dengan budget adalah menetapkan anggaran yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Identifikasi Kebutuhan Bisnis Anda

Dengan begitu banyaknya fitur yang berbeda, bisnis harus mempertimbangkan fitur-fitur untuk memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentukan apakah Anda lebih fokus pada manajemen stok, pelacakan penjualan, atau integrasi dengan aplikasi keuangan.

3. Cek Kemudahan Operasionalnya

POS system yang mudah digunakan dapat membantu pengguna untuk lebih produktif dan efisien dalam menjalankan bisnis mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk mencoba aplikasinya sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

4. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Pastikan sistem POS dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain yang digunakan dalam bisnis Anda, seperti akuntansi, manajemen stok, atau sistem pemesanan online.

5. Dukungan dan Layanan Pelanggan

Pastikan penyedia sistem POS memberikan customer support yang responsif terhadap pertanyaan atau masalah yang mungkin muncul. Cari tahu lebih lanjut tentang pelatihan dan dukungan teknis.

6. Ulasan Pengguna

Baca ulasan dari pengguna lain yang telah menggunakan sistem POS yang Anda pertimbangkan.

7. Uji Coba atau Demo

Lakukan uji coba atau minta demo dari penyedia sistem POS yang Anda pertimbangkan untuk mengalami secara langsung seberapa baik aplikasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Point of Sales Terbaik untuk Bisnis Anda

EQUIP, Pilihan Sistem POS (Point Of Sales) Anda

Software POS EQUIP dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern, menggabungkan kecanggihan teknologi dengan fungsionalitas yang dibutuhkan pelaku usaha. Dengan EQUIP, Anda bisa menikmati berbagai fitur seperti pemantauan performa usaha secara real-time, menjalankan program loyalitas untuk meningkatkan keterikatan pelanggan, serta pengelolaan inventaris yang efisien dan akurat.

Solusi yang EQUIP tawarkan berorientasi pada keandalan dan kenyamanan, memastikan bahwa Anda dapat berfokus pada pertumbuhan bisnis tanpa terbelit oleh kompleksitas operasional sehari-hari.

Jika Anda mencari software POS yang dapat diandalkan, pertimbangkanlah EQUIP sebagai pilihan utama. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem EQUIP dapat menyokong kemajuan bisnis Anda, kunjungi website resmi EQUIP dan eksplorasi berbagai solusi yang ditawarkan. Dapatkan software POS EQUIP dan manfaatkan setiap peluang yang ada untuk bisnis Anda meraih kesuksesan. Segera daftarkan demo gratis disini!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now