POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Point of Sale (POS) lebih dari sekadar pendataan, POS sangat berpengaruh dalam hal penjualan dalam dunia pemasaran. Point of sale merupakan salah satu layanan penting bagi para pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan lancar. Layanan ini merupakan titik yang menunjukkan bahwa transaksi antara penjual dan pembeli telah selesai, penjual telah menerima uang dan pembeli memiliki barang yang mereka inginkan. 

Sistem POS dibuat untuk memudahkan pemilik usaha dalam memproses pembayaran. Seringkali sistem ini disebut juga dengan mesin kasir, karena dapat merinci jumlah barang yang telah konsumen beli. Namun, harap Anda ingat bahwa sistem POS berbeda dari sistem kasir tradisional. Secara spesifik sistem POS merupakan pengembangan dari sistem cash register yang menggabungkan hardware dan software. Alhasil, sistem POS semakin canggih dan cocok Anda gunakan pada era teknologi ini. Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih detail mengenai sistem informasi ini.

point of sale

Daftar Isi

Pengertian POS (Point of Sale)

POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Sistem POS adalah sistem yang biasa digunakan oleh bisnis retail atau perusahaan komersial, sistem ini memudahkan transaksi jual beli. Point of sale atau POS adalah tempat pelanggan membayar untuk membeli suatu produk dengan menggunakan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras. Biasanya berbentuk seperti tablet, smartphone, mesin EDC, atau perangkat lain yang digunakan untuk transaksi dalam toko. Mesin POS dapat dengan cepat menghitung, menghemat uang, dan juga mencetak invoice atau kwitansi untuk pelanggan. 

Kemudian, dengan perkembangan teknologi, fungsi Point of Sale berkembang menjadi tempat untuk menyimpan data pelanggan, menghitung untung rugi, bahkan menyusun laporan penjualan. Saat ini, POS lebih dari sekadar mesin kasir. POS telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur canggih untuk membantu pemilik bisnis. Hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet, Anda dapat membuat sistem POS sendiri untuk bisnis Anda. Semua sistem pembelian ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknologi POS. 

Fungsi POS (Point of Sale)

Saat menggunakan Point of Sales Indonesia, transaksi akan tercatat secara detail. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk dapat mengamati keadaan bisnis dan memfasilitasi pengambilan keputusan. Lebih dari sekadar sistem pembayaran, POS juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui ketersediaan barang. Setiap item yang dipindai dan dibayar secara otomatis terdiskon dalam sistem, sehingga jumlah pastinya dapat Anda ketahui. Dengan sistem POS Anda dapat menyiapkan laporan keuangan secara cepat dan real time untuk mengetahui dengan cepat posisi keuangan usaha. Sistem ini akan sangat membantu Anda dalam berbisnis lebih mudah dan efisien. Untuk mendukung sistem POS ini, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan sistem akuntansi untuk memudahkan operasional bisnis.

Manfaat POS (Point of Sale)

Dengan teknologi yang canggih dan fungsi yang cukup menjanjikan, tentu saja Point of Sales menyuguhkan manfaat untuk pengolahan transaksi bisnis Anda. Berikut manfaat dari penggunaan sistem Point of Sales:

Mempermudah proses pemesanan

Saat ini banyak toko atau lokasi bisnis yang menggunakan tablet atau smartphone sebagai alat bantu untuk proses pemesanan produk. Kini sistem sudah masuk ke mesin POS dengan segala kemudahan pada setiap fungsi dan menu yang munch. Hal ini memberikan efek memudahkan dalam memilih, membayar atau menambah pesanan tanpa kita harus menghubungi server secara langsung. Hanya dengan mengakses aplikasi POS, makanan akan sampai sesuai dengan permintaan pelanggan atau customer.

Terciptanya fleksibilitas yang baik

Dengan hadirnya POS, maka sistem pembayaran tidak hanya fokus dalam satu metode saja. Melainkan bisa dilakukan baik secara tunai, non tunai, juga memakai kartu debit atau kredit. Dengan kalkulasi atau perhitungan secara otomatis, maka kasir tidak perlu lagi menghitung secara manual terkait uang pengembalian. Sehingga, bisa meningkatkan kecepatan proses pembelian (transaksi) dan terhindar dari antrian yang berkepanjangan.

Proses transaksi menjadi lebih terstruktur

Keuntungan utama dari Point of Sales adalah semua proses transaksi mulai dari akuntansi, pelaporan, dan manajemen inventaris atau tahap penyimpanan dapat didukung melalui aplikasi. Jadi, Anda hanya perlu mengkonfigurasi dan mengakses aplikasi melalui perangkat komputasi online. Selain itu, mesin POS juga dapat mencetak struk pembelian untuk pelanggan dengan cepat dan akurat. 

Pentingnya POS untuk Bisnis

POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Mengingat perkembangan digital saat ini, jika sebuah bisnis masih menjalankan secara tradisional akan menghambat kinerja dari bisnis itu sendiri. Menjalankan bisnis dengan cara tradisional akan memakan waktu yang lama dan tidak efektif. Ketika bisnis terus berkembang menjadi semakin besar proses jual beli akan menjadi lebih kompleks, pemanfaatan sistem akan lebih memudahkan proses jual beli tanpa khawatir terjadinya human error. Sistem Point of Sales dapat membuat pengerjaan proses jual beli lebih cepat dan lebih efisien. Segala pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan akan tercatat secara otomatis dalam sistem. Dengan sistem point-of-sale Anda dapat melakukannya sendiri, tanpa harus menyewa tim khusus.

Tidak hanya pelaku bisnis saja yang mendapatkan keuntungan dari kemudahan yang sistem tawarkan, tetapi begitu juga dengan pelanggan. Pelanggan akan sangat mendapat keuntungan dari segi kemudahan dalam pemesanan dan pembayaran. Sistem POS memudahkan pelanggan dalam memilih, membayar, dan menambahkan pesanan tanpa harus memanggil server.

Kelebihan dan Kekurangan POS

Kelebihan dari penggunaan Point of Sales dalam bisnis:

  • Lebih efisien dan akurat
  • Terintegrasi dengan persediaan barang
  • Dapat mengatur manajemen toko seperti karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya
  • Memiliki kemampuan pelaporan yang lebih baik
  • Mampu mengelola kinerja dari karyawan
  • Metode pembayaran yang luas dan mudah
  • Sistem akuntansi yang sangat efisien
  • Hasil laporan terperinci
  • Memberikan pelayanan lebih baik dan cepat

Kekurangan dari penggunaan Point of Sales dalam bisnis:

  • Memerlukan pembaruan
  • Memiliki nilai investasi yang lebih mahal
  • Komponen penggunaan yang banyak
  • Penggunaan yang perlu pelatihan

Kesimpulan

Point of sale

Point of Sales atau POS merupakan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan proses jual beli dalam bisnis. Sistem POS memberikan berbagai manfaat untuk pemilik bisnis. Pemilihan sistem Point of Sales sesuai dengan kebutuhan bisnis merupakan hal yang penting. Karena dengan memilih sistem yang tepat, maka fungsi dan manfaat dari pengimplementasian sistem akan maksimal. Salah satu sistem Point of Sales yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk bisnis Anda adalah sistem Procurement dari EQUIP, karena memiliki fitur lengkap yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Integrasikan juga sistem ini dengan Sistem ERP Retail EQUIP lainnya untuk membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA