Mengenal Aplikasi Kasir Pintar Pro: Fungsinya Untuk Bisnis

Aplikasi Kasir Pintar Pro merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk pebisnis UMKM. Kasir Pintar didesain untuk membantu para pengguna mengelola sistem transaksi penjualan barang atau jasa dengan cara efektif dan efisien.

Aplikasi ini menyajikan fitur lengkap dan juga user friendly, sehingga sangat cocok bagi para pemilik usaha UMKM. Beberapa fitur yang bisa anda gunakan antara lain melakukan manajemen stok, transaksi penjualan, pembayaran, laporan penjualan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Kasir Murah untuk UMKM Tahun 2023

DemoGratis

Fitur Aplikasi Kasir Pintar Pro

Jika anda penasaran, berikut ini ada beberapa fitur yang dapat anda manfaatkan dalam aplikasi Kasir Pintar Pro, antara lain :

1. Membuka Laporan Kas Saat Melakukan Transaksi

Dengan adanya fitur untuk membuka laporan kas ketika melakukan transaksi, tentu saja sangat berguna dalam mengelola transaksi keuangan bisnis. Melalui fitur ini, and adapat mengecek laporan penjualan dengan terperinci, antara lain jumlah produk terjual, keuntungan bersih dan omzet.

2. Mengunci dan Membuka Informasi Detail Pada Struk Transaksi

Aplikasi kasir memiliki kemampuan untuk membuka dan mengunci informasi detail di dalam struk transaksi. Hal tersebut bisa anda lakukan melalui fitur pengaturan akses untuk pengguna berbeda. Dengan kata lain, hanya pengguna dengan otoritas tertentu saja yang bisa membuka informasi secara detail dalam struk transaksi.

Misalnya saja, aplikasi kelola kasir mempunyai beberapa level user atau pengguna, antara lain seperti level kasir, level karyawan dan level admin. Untuk level admin mempunyai akses penuh hingga ke seluruh fitur pada aplikasi, tidak terkecuali informasi detail dalam struk transaksi.

Semetara, level kasir biasanya hanya mempunyai akses mencetak struk dan memproses transaksi, tapi tidak mempunyai akses melihat informasi struk transaksi secara detail. Lain lagi dengan level pegawai, yang hanya bisa mengecek informasi transaksi terkait pekerjaannya, seperti informasi transaksi departemen atau divisi tertentu.

3. Menyinkronkan Gambar dari Perangkat ke Cloud Sistem

Aplikasi kasir pintar pro memiliki kemampuan menyinkronkan gambar menggunakan perangkat ke dalam cloud system. Anda bisa melakukannya lewat fitur unggah gambar ke layanan cloud yang sudah terintegrasi pada aplikasi kasir ini.

Contohnya saja, jika anda ingin mengunggah gambar produk ke aplikasi kasir, maka anda bisa mengambil gambar memakai kamera di perangkat yang anda gunakan untuk mengoperasikan aplikasi kasir. Di samping itu, para pengguna juga bisa memilih untuk unggah gambar pada cloud, karenanya gambar dapat disimpan di dalam server cloud.

aplikasi kasir pintar pro

4. Melacak Produk yang di beli dari Supplier

Aplikasi kasir pintar juga bisa melacak produk dari supplier. Biasanya fitur ini bernama manajemen persediaan atau stok. Melalui fitur ini, maka aplikasi kasir bisa memantau stok barang yang ada di toko sekaligus memberitahukan jika stok produk menipis.

Saat produk sudah hampir habis, maka aplikasi ini bisa memberikan peringatan ke pengguna supaya bisa memesan barang dari supplier lebih banyak. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa memberikan laporan untuk pembelian produk ke supplier, termasuk jumlah pembelian produk, tanggal pembelian dan juga harga beli.

Dengan demikian, dapat mempermudah para pengguna untuk melakukan pemantauan pengeluaran sekaligus dapat memeperkirakan keuntungan penjualan produk itu sendiri.

5. Memeriksa Pemasukan dan Profitabilitas

Software kasir pintar pro bisa membantu anda mengecek profitabilitas dan pemasukan secara efisien dengan mudah. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengatur keseluruhan trasaksi penjualan secara lebih terstruktur. Dapat mempermudah anda dalam melacak penghasilan yang sudah anda dapatkan.

Di samping itu, melalui fitur analisis data pada aplikasi ini, anda bisa mengecek profitabilitas bisnis dengan lebih detail. Caranya dengan mengetahui jumlah pengeluaran yang sudah anda keluarkan, serta berapa banyak keuntungan yang sudah anda dapatkan.

Dengan aplikasi ini bisa memberikan laporan finansial atau keuangan dengan cara real time, karenanya anda bisa mengecek kondisi bisnis degan cepat. Tentu saja hal tersebut penting sekali guna memastikan jika anda selalu bisa mengambil keputusan usaha yang tepat sekaligus dapat mengelola bisnis dengan baik.

6. Menampilkan Informasi Detail Tentang Harga dan Produk dalam Transaksi

Aplikasi ini juga bisa menyajikan informasi secara mendetail mengenai harga juga produk ketika transaksi. Melalui software ini, maka informasi mengenai produk yang pelanggan beli dan juga harganya bisa langsung muncul di layar aplikasi secara otomatis.

Di samping itu, ada banyak fitur tambahan yang bisa anda coba, seperti ketersediaan diskon, informasi stok produk, promo hingga informasi mengenai produk terkait, sehingga bisa menarik minat customer. Seluruh informasi tersebut bisa membantu anda untuk mengambil keputusan lebih baik mengenai penjualan serta stok barang.

Pada beberapa kasus, software ini bisa diintegrasikan dengan fitur manajemen persediaan maupun fitur software manajemen toko yang lainnya. Sehingga memungkinkan para penjual dapat melacak stok produk sekaligus dapat menganalisa data penjualan dengan lebih akurat.

Baca Juga : 7 Aplikasi & Software Kasir Terbaik untuk Bisnis UMKM | EQUIP

Kelebihan Menggunakan Kasir Pintar Pro

Sumber: Canva.com

Ada dua versi aplikasi kasir yang ditawarkan, antara lain Kasir Pintar dan Kasir Pintar Pro. Pada software Kasir Pintar versi Pro ini menawarkan banyak kelebihan, antara lain :

1. Pencatatan Transaksi dengan Mudah

Aplikasi kasir versi pro adalah salah satu aplikasi kasir yang dapat membantu para pengusaha dan bagian kasir untuk mencatat transaksi secara efisien dan mudah. Dengan aplikasi ini, anda bisa menggunakan fitur-fitur untuk mempermudah kasir dalam mengelola transaksi, antara lain seperti pilihan opsi pembayaran bervariasi, dan juga fitur untuk pemesanan online.

Pada penggunaannya, biasanya kasir cukup memilih menu sesuai keinginan pelanggan, memilih opsi pembayaran dapat menginputkan jumlah produk yang pelanggan beli. Dengan aplikasi ini, anda bisa menghitung harga total dengan otomatis sekaligus dapat mencetak struk resi pembayaran dengan mudah dan cepat.

2. Menggunakan Smartphone atau Tablet

Menariknya lagi, aplikasi kasir untuk versi pro juga bisa anda akses hanya dengan memakai smartphone atau tablet. Dengan demikian, memungkinkan pengguna dapat bekerja dengan mudah dan lebih efisien, tanpa terpaku pada mesin kasir atau komputer.

Untuk penggunaannya, para pengguna hanya perlu menginstall aplikasinya di smartphone atau kasir, lalu menghubungkannya pada printer kasir beserta scanner barcode.

3. Metode Pembayaran Cash dan Pembayaran Digital

Dengan menyajikan metode pembayaran secara tunai maupun pembayaran digital, maka bisa memberikan fleksibilitas untuk para Customer dalam memilih metode pembayaran paling tepat sesuai kebutuhan. Di samping itu, melalui pilihan pembayaran digital, maka pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan mudah tanpa perlu membawa uang cash, lebih nyaman dan aman.

Di samping itu, dengan menerima layanan pembayaran digital untuk bisnis, bisa membantu menekan biaya administrasi. Selain itu, dapat mempercepat proses pembayaran sekaligus dapat menghindari terjadinya risiko keamanan terkait pengelolaan uang cash.

4. Menerima Segala Jenis Metode Pesanan

Kelebihan dari aplikasi kasir pintar versi pro lainnya adalah dapat menerima berbagai jenis metode pesanan, sehingga bisa memberikan fleksibilitas untuk pelanggan dalam melakukan pembayaran dan pemesanan sesuai kebutuhan.Seperti metode pesanan lewat aplikasi kasir itu sendiri, lewat chat, situs web, langsung di toko atau lainnya.

5. Monitoring Cabang

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi oleh fitur monitoring cabang. Jika anda mempunyai beberapa cabang, maka aplikasi kasir bisa membantu melakukan manajemen dalam memantau stok barang dan penjualan yang ada di setiap cabang dengan cara real time.

Adanya fitur monitoring untuk cabang di aplikasi ini umumnya telah dilengkapi oleh sistem yang dapat memungkinkan anda mengecek laporan penjualan sekaligus stok barang secara terpusat di setiap cabang. Sehingga, manajemen bisa memantau kinerja dari setiap cabang dengan cara real time dan mudah, serta bisa mengambil tindakan segera apabila ada masalah terjadi di dalam salah satu cabang.

Baca Juga : 15 Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik di Indonesia

Bisang Usaha Apa Saja yang Tercakup Untuk Aplikasi Kasir Pintar EQUIP

Aplikasi Kasir Pintar EQUIP didesain untuk membantu usaha mengelola transaksi penjualan dengan efektif dan efektif. Ada beberapa jenis usaha yang bisa memanfaatkan aplikasi EQUIP, antara lain:

Retail

  1. Minimarket atau Swalayan
  2. Toko bangunan
  3. Bisnis Hijab atau Fashion Lainnya
  4. Bisnis Toko Olahraga
  5. Usaha Toko Parfum
  6. Bisnis Salon Kecantikan
  7. Toko Sepeda, dan masih banyak yang lainnya.

FnB

  1. Restoran Ayam Cepat Saji
  2. Bisnis Outlet Burger
  3. Bisnis Minuman Boba
  4. Usaha Ayam Geprek

Grosir

  1. Toko Grosir Beras
  2. Toko Grosir Swalayan Sembako
  3. Grosir Baha Pakaian

Kesimpulan

Aplikasi Kasir Pintar Pro EQUIP bisa kita manfaatkan untuk berbagai macam usaha untuk membantu mengelola transaksi inventarisasi barang dan transaksi penjualan. Menggunakan aplikasi kasir tentu saja memungkinkan bisnis anda bisa lebih efisien. Dapatkan demo gratis aplikasinya di sini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now