Pengertian, Jenis, dan Fungsi Wholesale dalam Berbisnis

Wholesale merupakan sebuah istilah yang banyak penggiat bisnis gunakan dan praktikan. Dalam dunia bisnis wholesale adalah bagian dari pendistribusian barang atau produk perusahaan. Proses pendistribusian barang atau produk hingga supply barang ke konsumen juga memiliki relasi dengan wholesale. Karena perkembangan zaman yang semakin canggih, proses ini bisa dibantu dengan aplikasi trading terbaik karena mampu mengotomatiskan pelacakan penjualan dan pembelian barang. Anda juga bisa menggunakan software CRM dari EQUIP untuk membantu meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda.

Karena proses wholesale ini dinilai cukup berperan penting dalam aktivitas suatu bisnis. Dan menyebabkan lancar atau tidaknya supply barang yang masyarakat butuhkan. Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu wholesale, fungsi dan jenisnya bagi suatu bisnis. Untuk mengelola aktivitas bisnis ritel, Anda dapat menggunakan aplikasi retail terbaik dari EQUIP. Dan untuk meningkatkan tingkat penjualan produk Anda, aplikasi POS EQUIP mampu menjadi salah satu solusinya.

wholesale

Pengertian Wholesale

trading
Sumber: Canva

Wholesale merupakan sebuah proses pembelian barang atau produk tertentu dalam jumlah yang banyak atau besar dari produsen (grosir). Yang mana nantinya barang tersebut akan kembali mereka jual dalam unit kecil pada pengecer atau kepada konsumen langsung. Biasanya karena membeli dalam jumlah yang banyak, pedagang wholesale mendapatkan harga yang jauh lebih rendah dari produsen. Hal inilah yang menjadi keuntungan mereka karena berasal dari selisih harga beli dengan harga jual barang. 

Wholesale berbeda dengan distributor, hal yang membedakannya adalah adanya kesepakatan kerja resmi yang mengatur antara pihak penyalur dengan perusahaan terkait. Maka biasanya setiap perusahaan memiliki distributor resmi pada setiap daerah tetapi belum tentu memiliki wholesaler. Hal ini karena wholesale membeli barang dengan modal sendiri dan menjualnya sesuai inisiatif sendiri dan tidak terikat kesepakatan dengan pihak manapun.

Jenis-jenis Wholesale

Kegiatan wholesale ini terbagi menjadi beberapa jenis model bisnis yang sering dilakukan pada dunia bisnis. Berikut adalah beberapa jenis wholesale yang umum dikenal pada pasar:

Merchant wholesaler

Jenis pertama adalah merchant wholesaler yang mana dalam model jenis bisnis ini seorang pedagang wholesale melakukan pembelian produk dengan volume atau kuantitas yang besar dengan harga rendah. Tujuannya adalah untuk mereka jual kembali dengan harga yang tinggi. Para wholesaler jenis ini memiliki pengetahuan yang sangat mendalam mengenai produk yang mereka jual. Mereka juga melakukan kegiatan analisis terkait kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual produk ke bisnis eceran sehingga permintaan pasar lebih tinggi. Dengan kata lain model jenis ini para pedagang mampu menguasai dan mengendalikan pasar. Pembelian ini ditujukan kepada pihak manufaktur, distributor, ataupun wholesaler lainnya. Biasanya jenis ini perusahaan lakukan secara mandiri yang memiliki hak milik atas nama barang atau produk yang mereka jual.

Baca juga:10 Tips Sukses Membangun Toko Oleh-Oleh yang Ramai Wisatawan

Agen atau broker

Istilah dari agen bukan hal yang baru lagi di telinga Anda karena agen atau broker adalah orang yang membantu wholesaler untuk mencari distributor resmi maupun perusahaan manufaktur yang menyediakan harga produk rendah namun bermutu tinggi. Bisa dikatakan agen sekilas mirip dengan dropship, namun agen masih memiliki akses untuk mengontrol produk yang perusahaan persiapkan. Agen dalam wholesale mendapatkan keuntungannya dari komisi penjualan barang dari operator grosir pada konsumen.

Divisi distribusi manufaktur

Jenis ini adalah wholesale yang bertugas untuk mendistribusikan produk dari perusahaan manufaktur. Karena jenis ini memiliki keterkaitan yang erat dengan regulasi perusahaan. Biasanya divisi distribusi manufaktur akan mensupply produk pada wholesale lainnya yang sudah melakukan pembelian, dan keuntungan disesuaikan dengan kesepakatan pada perhitungan situasi dan kondisi pasar. Jenis ini juga merupakan jenis wholesale resmi yang perusahaan produsen miliki karena memiliki tujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengontrol harga di pasaran. 

Kantor pusat dan cabang retail

Wholesale jenis ini biasanya dilakukan oleh perusahaan ritel yang membeli produk yang sangat banyak dan kemudian disebar ke cabang-cabangnya dengan menetapkan harga tertentu. Pada jenis ini tidak ada orang luar perusahaan yang turut andil dalam kegiatan ini karena semua pelakunya adalah dari perusahaan itu sendiri. Adanya kantor cabang ini bertujuan untuk mengontrol laju harga dan kuantitas barang pada suatu wilayah dengan menggunakan basis perusahaan. 

Keuntungan Menjalankan Wholesale

wholesale
Sumber: Canva

Seperti yang telah ada pada penjelasan di atas bahwa wholesale mendapatkan keuntungan dari hasil selisih harga beli dengan harga jual suatu barang. Keuntungan yang biasanya mereka akan dapatkan adalah dengan melakukan mark up pada harga jual produk. Hal ini tentunya memerlukan kalkulasi yang tepat sebelum melakukan mark up harga. Bahkan proses distribusi dari wholesale pada pihak selanjutnya juga dapat menentukan keuntungan karena akan semakin tinggi juga mark up harga jualnya. Hal ini tergantung dari volume permintaan, keamanan kondisi nasional, hingga kelangkaan suatu barang. Selain itu ada beberapa keuntungan lainnya seperti:

  1. Mendapatkan harga grosir. Karena Anda akan membeli produk yang jumlahnya banyak, maka pihak produsen biasanya akan menetapkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual eceran.
  2. Untung besar. Dengan ini Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar karena konsumen akan melakukan pembelian produk dari Anda dalam jumlah yang besar pula.
  3. Kemudahan akses produk. Dengan ini maka Anda akan memiliki kedekatan dengan kondisi pasar karena Anda menjual produk dalam jumlah yang besar. Karena ini pula Anda akan mudah mengakses jenis produk dengan permintaan pasar yang tinggi seperti apa.

Baca juga: 10 Tips Sukses Membangun Toko Oleh-Oleh yang Ramai Wisatawan

Fungsi Wholesale

Kegiatan wholesaler memiliki beberapa fungsi penting. Salah satunya adalah sebagai rantai distribusi barang dari produsen ke konsumen. Berikut ini beberapa fungsi lain dari aktivitas wholesale:

  1. Penjualan dan promosi.
  2. Memecah produk menjadi unit yang lebih kecil
  3. Menentukan jenis pembelian yang tepat berdasarkan produk yang konsumen butuhkan.
  4. Pergudangan dan penyimpanan persediaan produk.
  5. Memberikan dukungan keuangan kepada pemasok dan konsumen. Ini karena pedagang grosir dapat menawarkan penawaran kredit kepada konsumen, memesan barang dan membayar produk yang sudah dibeli ke produsen atau pemasok.
  6. Menyederhanakan distribusi produk dari produsen ke konsumen
  7. Memberikan informasi pasar kepada konsumen dan pemasok seperti perkembangan harga, jenis produk baru, dll.
  8. Menanggung risiko kerusakan produk
  9. Memberikan layanan konsultasi atau memberi saran kepada pengecer tentang prosedur penjualan produk yang lebih baik.

Manfaat Menjadi Wholesaler

Menjadi seorang wholesale tidak hanya akan mendapatkan keuntungan dari profit penjualan, namun Anda juga akan mendapatkan manfaat yang banyak lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

  1. Bagi produsen. Pada perusahaan aktivitas ini memiliki keuntungan yang dapat meminimalisasi pekerjaan distribusi mereka. Karena dengan adanya wholesale yang membeli produk mereka dalam jumlah yang banyak dan akan mereka jual kembali, itu berarti produk dari produsen nantinya akan menyebar pada berbagai wilayah.
  2. Bagi pedagang. Keuntungan pada pihak pedagang atau wholesaler adalah karena mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar dari membeli barang dalam jumlah banyak. Selain itu mereka juga akan mendapatkan engagement dari konsumen jika menjual harga lebih murah dari harga yang ada di pasar. Hal ini tentu tidaklah membuat mereka rugi untuk menurunkan harga, karena mereka tidak memerlukan biaya untuk distribusi.
  3. Bagi konsumen. Pihak konsumen juga akan mendapatkan keuntungan karena umumnya harga yang ada lebih murah dari harga yang ada pada toko atau pasar umum. Dengan hal ini mereka biasanya akan mencari barang tertentu untuk kebutuhan bulanan mereka dalam jumlah banyak.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

wholesale

Berdasarkan penjelasan tersebut kegiatan wholesale buktinya memiliki peran yang sangat penting dalam suatu bisnis atau perusahaan. Karena selain perusahaan dapat menghemat biaya proses distribusi, pihak wholesale juga akan membeli produk atau barang yang sangat banyak. Bagi Anda yang ingin menggeluti bidang ini patut untuk dicoba karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Selain itu Anda tidak harus memiliki izin resmi dari perusahaan produk yang ingin Anda jual karena modal dan sistem penjualannya berasal dari diri Anda sendiri. Dengan ini aplikasi trading terbaik dari EQUIP mampu meningkatkan efisiensi penjualan perusahaan dan mengotomatiskan berbagai operasional bisnis wholesale Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA