Ketahui Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam mengembangkan bisnis, Anda perlu untuk membuat rencana bisnis yang merupakan  agenda dalam mengarahkan bisnis untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, menetapkan strategi pemasaran yang juga merupakan hal penting untuk mencapai suatu keberhasilan pada sebuah bisnis. Penggunaan software CRM terintegrasi banyak digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan.

Saat ini telah banyak pebisnis yang telah menggunakan software CRM terbaik, selain dapat meningkatkan penjualan software CRM yang tepat juga dapat mengoptimalkan pengelolaan saluran penjualan bisnis termasuk pelanggan hingga leads dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Simak artikel ini untuk mencapai strategi pemasaran yang sukses!

strategi pemasaran

Perbedaan Definisi dalam Pemasaran

strategi pemasaran
Sumber:canva.com

Marketing strategy dan marketing plan merupakan istilah yang terdengar mirip. Tetapi, kedua  istilah tersebut memiliki definisi yang berbeda. Berikut perbedaan definisi dari marketing plan dan marketing strategy

Rencana pemasaran (marketing plan)

Merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai sasaran pemasaran atau target pemasaran. Rencana pemasaran berbeda dengan marketing strategy, perbedaannya adalah bagaimana atau tindakan Anda dalam mencapai tujuan. Singkatnya, Anda menentukan rencana yang akan Anda capai untuk mengembangkan dan mensukseskan bisnis Anda.

Strategi pemasaran (marketing strategy)

Berbeda definisinya dengan rencana pemasaran, marketing strategy merupakan sasaran apa yang akan Anda capai untuk mengembangkan bisnis Anda. Singkatnya, saat Anda membuat strategi pemasaran, Anda perlu merancang strategi dan tujuan yang akan bisnis jalankan. Seperti, apa yang akan Anda capai dan sebesar apa target yang anda ingin capai.

Baca juga: Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

 

Tujuan Strategi Pemasaran

Sumber: canva.com

Strategi pemasaran sangat perusahaan butuhkan, karena dengan adanya marketing strategy, bisnis Anda akan berkembang dengan sangat baik. Tujuannya yaitu menjadi kegiatan dalam pengembangan kemampuan bisnis agar dapat beradaptasi. Selain itu, hal ini berguna untuk menjadi dasar pemikiran dalam mengambil keputusan, agar tim marketing dapat meningkatkan kualitas koordinasi individunya masing-masing, dan strategi ini dapat Anda pakai untuk media ukur dari hasil pemasaran berdasarkan standar yang telah ditentukan.

 

Jenis Strategi Pemasaran

Sumber: canva.com

Memahami arti dan definisi dari marketing strategy saja masih belum cukup untuk memaksimalkan pengembangan bisnis Anda. Anda perlu mengetahui jenis untuk memaksimalkan pengembangan bisnis. Berikut beberapa jenisnya: 

Segmentasi

Jenis ini merupakan proses mengklasifikasi, kategori, dan menggolongkan seluruh target potensial produk yang akan bisnis pasarkan. Segmentasi merupakan kunci untuk Anda dapat menyaingi dan mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut dan cara berbeda yang biasa dilakukan pesaing. Sehingga, kesuksesan produk pada bisnis ditentukan dari kemampuan Anda dalam memetakan dan membaca pasar juga melakukan identifikasi segmen pasar dengan benar dan teliti. 

Targeting

Strategi targeting berbeda dengan segmentasi, targeting merupakan sasaran yang jauh lebih spesifik. Sedangkan segmentasi yang merupakan strategi yang lebih fokus ke pelanggan yang ditargetkan. Kunci utama pada strategi targeting yaitu keinginan pemilik usaha dalam memberikan kepuasan yang bersifat custom atau lebih personal. Maka dari itu, strategi ini membuat produk yang mewakili konsumen. 

Positioning

Strategi ini mengedepankan pada positif dari citra, persepsi, dan kesan dari produk yang perusahaan tanamkan pada benak dan pikiran konsumen yang mereka targetkan. Hal ini, menjadi fokus dari marketing strategy bagaimana cara konsumen mempersepsi suatu produk. Yang pada akhirnya, hal ini mempengaruhi sikap konsumen terhadap produk yang otomatis berhubungan dengan loyalitas produk. 

Pricing

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjalani strategi pricing. Strategi ini menentukan harga yang terbilang murah tapi tetap sesuai dan menguntungkan. Harga mencerminkan nilai yang akan konsumen persepsikan dan yang bisa mereka terima. Tetapi, sebelum Anda menentukan harga, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu harga tertinggi yang dapat konsumen terima dan harga terendah dari suatu produk. Karena, masih banyak kesalahan yang sering terjadi saat menentukan harga. 

Distribusi

Produk akan berguna jika produk tersebut sampai dan digunakan oleh konsumen. Pada akhirnya konsumen akan mendapatkan manfaat dari produk bisnis Anda baik secara fungsional maupun emosional. Untuk sampai ke konsumen, produk harus berada pada tempat yang dapat konsumen temukan dan waktu yang tepat. Sehingga, terdapat strategi distribusi yang biasanya saat produk diluncurkan, maka produk akan didistribusikan secara masif. 

Baca juga: 7 Cara Sukses Promosi Produk bagi Pebisnis Pemula

 

Kisah Sukses Strategi Pemasaran

strategi pemasaran
Sumber: canva.com

Banyak bisnis yang sudah sukses setelah menggunakan markerting strategy yang tepat. Banyak dari mereka yang sukses setelah bisnisnya menggunakan software CRM terbaik untuk membantu strategi pemasaran dan meningkatkan kualitas prospek bisnisnya. Salah satu kisah sukses marketing strategy dari Spotify yang merupakan platform streaming music dari swedia yang membantu pengguna menemukan konten musik baru.

Spotify memudahkan pengguna untuk memilih musik berdasarkan suasana hati mereka berdasarkan genre. Hal ini membantu pengguna dalam menemukan lagu yang sebelumnya mungkin belum pernah mereka dengar, hal ini juga membantu memperkuat hubungan mereka dengan merek.

 

Kesimpulan 

Strategi pemasaran merupakan strategi yang kuat untuk membangun perencanaan dari pemasaran yang lebih tepat sasaran. Dalam mengembangkan bisnis, marketing strategy sangat perusahaan perlukan karena berdampak baik dan memberi impact yang besar bagi perusahaan. Banyak perusahaan yang telah menggunakan software CRM terintegrasi untuk mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan proses penjualan. Perusahaan perlu berkembang menjadi lebih besar, maka Anda perlu memaksimalkan segala proses yang terus berjalan di perusahaan Anda.

strategi pemasaran

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA