Apa itu Budget? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Penyusunannya

Budget adalah salah satu hal yang paling penting dalam perusahaan. Penyusunan anggaran yang baik dapat meningkatkan efektivitas kegiatan bisnis. Tanpa budget yang benar maka perusahaan bisa mengalami kerugian baik dari segi penjualan maupun pembelian. Software akuntansi terlengkap dapat menjadi pilihan bagi Anda dalam menyusun laporan keuangan karena sudah terintegrasi dengan sistem yang otomatis. Budget artinya penyusunan anggaran perusahaan untuk belanja bahan baku produksi. Budget tersebut harus digunakan dengan baik sehingga perusahaan dapat meningkatkan performanya. 

Mengelola arus kas, buku besar, invoice secara manual tentunya sangat melelahkan dan dapat menyebabkan terjadi salah hitung. Namun, dengan sistem akuntansi tercanggih maka Anda tidak perlu lagi melakukan pekerjaan yang membuang waktu. Kegiatan pembelian akan berjalan dengan lebih mudah karena dibantu dengan procurement software dari EQUIP yang dapat mengajukan setiap pembelian barang dari berbagai divisi dan cabang di perusahaan melalui pembuatan multi-level approval matrix

Tidak hanya penting bagi perusahaan faktanya budget sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan seperti misalnya membeli rumah, mesin, hingga keuangan keluarga. Pembelian yang berlebih dapat merugikan setiap individu akan tetapi dengan menggunakan perangkat lunak procurement EQUIP Anda dapat lebih mudah dalam mengelola pembelian berulang dari penyuplai yang sama untuk sederhanakan proses procurement. Budget adalah perencanaan vital bagi perusahaan karena menentukan berapa besar anggaran yang harus mereka keluarkan untuk bahan baku. 

Baca juga: Akuntansi adalah Hal yang Penting untuk Perkembangan Bisnis

Budget adalah

Pengertian Budget

budget adalah hal penting
Sumber: pengadaan.web.id

Pada dasarnya budget adalah penganggaran mengenai perkiraan pengeluaran selama periode tertentu di masa yang akan mendatang sedangkan budgeting adalah proses dari penyusunan budget itu sendiri yang di mulai dari tahap persiapan hingga tersusunnya anggaran. Biasanya, perusahaan akan memprediksikan berapa banyak dana yang harus mereka keluarkan sesuai dengan kemampuan perusahaan itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menekan biaya yang tidak diperlukan untuk kedepannya dan dapat digunakan untuk pembelian yang lebih penting. Selain itu, budget dapat Anda gunakan untuk menilai kinerja manajerial perusahaan.

Budget adalah proses siklus akuntansi yang sangat riskan karena akuntan harus berpikir dengan baik untuk menyusun budget. Semakin baik akuntan dalam membagi dan mengelola budget atau anggaran, maka akan semakin baik kinerja perusahaan. Perusahaan jadi dapat mengetahu berapa anggaran yang mereka miliki untuk berbelanja bahan baku. Hal ini menandakan budget artinya suatu proses yang sangat penting pada siklus akuntansi.

Misalnya saja anggaran pribadi adalah ketika Anda ingin pergi berlibur tentunya Anda harus memperkirakan budget yang Anda perlukan untuk hotel, akomodasi, makanan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk anggaran perusahaan kerap berhubungan dengan hal internal seperti perencanaan jangka panjang, arus kas, modal, dan manajemen proyek. Penganggaran juga termasuk bagian dari ilmu mikro ekonomi yang menunjukkan bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan melakukan trade-off yaitu meletakkan aspek tertentu dan mengganti aspek lainnya untuk mendapatkan tujuan yang akan perusahaan capai.

Perhitungan budget dalam siklus akuntansi tentu membutuhkan waktu yang lama sehingga perusahaan banyak yang menggunakan sistem akuntansi. Penggunaan accounting software sangat membantu perusahaan dalam menyusun budget adanya sistem transaksi yang lengkap dapat membuat laporan dalam hitungan menit. Software akuntansi dapat mencatat dan mengklasifikasikan budget atau anggaran perusahaan mejadi lebih mudah. 

Tujuan Budgeting dan Budget

Setiap pelaku usaha akan menyusun anggaran untuk mempersiapkan pengeluaran untuk kegiatan operasional selanjutnya. Budget ini perusahaan gunakan untuk menyajikan rencana yang terperinci mengenai kegiatan guna mengurangi hal-hal yang tidak pasti. Sehingga, dana yang ada dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan sumber daya perusahaan. Selain itu, penganggaran juga dapat Anda jadikan sebagai alat pengukur dan pengendalian kerja bagi setiap tim departemen atau individu supaya proses komunikasi manajemen dapat lebih mudah untuk mereka pahami.

Sedangkan tujuan budgeting adalah untuk membantu perusahaan dalam memberikan batasan atas jumlah dana yang akan dikeluarkan, melakukan pengawasan terkait sumber uang di dalam anggaran, menganalisis keputusan aktivitas operasional, dan menyempurnakan rencana yang telah disusun sebelumnya. 

Setiap perusahaan pastinya memiliki tujuan ketika melakukan budgeting. Hal yang terpenting sebelum menyusun anggaran adalah tentukan terlebih dahulu goals yang ingin di capai agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Jangan lupa untuk menggunakan software akuntansi yang sudah terintegrasi yang mampu membuat keputusan perusahaan menjadi lebih akurat dan tepat.

Dalam suatu perusahaan, manager atau pemilik biasanya membagi anggaran menjadi beberapa tipe. Anggaran adalah sebuah rancangan biaya seperti budget yang terpisah menjadi beberapa golongan. Anggaran pribadi adalah sebuah anggaran yang notabenenya sebagai biaya pribadi pemilik dari perusahaan. Sementara itu, anggaran kunjungan kerja adalah sebuah anggaran yang bertujuan untuk membiayai operasional ketika manager atau karyawan melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri untuk kunjungan kerja.

Jenis Budget

Semua kegiatan bisnis tentunya akan melakukan proses budget terlebih dahulu untuk mengetahui anggaran. Sebab, budget adalah hal yang sangat bermanfaat dan mempengaruhi profit perusahaan. Setelah melihat pengertian budget dan tujuannya berikut adalah jenis-jenis budget yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa menentukan metode anggaran apa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berdasarkan perencanaannya

Jenis yang pertama terbagi menjadi empat bagian yakni:

  • Budget Incremental adalah metode penganggaran pertama yang paling dasar dan umum digunakan oleh perusahaan. Anggaran dalam jenis ini disesuaikan dengan tahun sebelumnya dengan menyesuaikan atau merubah beberapa alokasi.
  • Budget Activity Based merupakan jenis budget yang ditentukan langsung oleh pihak manajemen. Misalnya dengan input sebesar Rp 500.000.000, berapa besaran yang dapat perusahaan keluarkan berdasarkan aktivitas yang bersinggungan dengan tujuan perusahaan.
  • Anggaran Value Proposition merupakan anggaran proposisi nilai untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.
  • Anggaran Zero Based Budgeting memiliki nama lain sebagai anggaran tak bersisa. Proses jenis ini tidak mempertimbangkan kegiatan pada periode sebelumnya dan mengacu pada asumsi bahwa setiap alokasi dimulai dari nol.

Menurut Keterlibatannya

Proses ini memiliki dua jenis yaitu bottom-up dan top-down yang melibatkan manajemen dan karyawan. 

  • Budget Imposed adalah pendekatan manajemen anggaran berdasarkan top-down. Sehingga, kebijakan untuk menentukan pencapaian perusahaan akan diputuskan oleh top management.
  • Budgtet Negotiated merupakan gabungan dari top-down dan bottom-up. Pada proses ini pihak manajemen dan karyawan akan bersama-sama menentukan tujuan guna meraih capaian perusahaan. Namun, kegiatan ini membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga di nilai kurang efektif. 
  • Participated adalah proses anggaran berdasarkan masukan dari karyawan dan terjadi apabila divisi tertentu mengalami kendala atau perubahan strategi dalam mencapai goals perusahaan. 

Berdasarkan Aktivitasnya

Terakhir dan tidak kalah penting adalah aktivitas dan terdapat empat bagian pada jenis ini.

  • Master budget terdiri dari keseluruhan anggaran sebuah perusahaan mulai dari penjualan, operasional, perencanaan, aset, hingga sumber daya manusia. Selain itu, metode ini juga berfungsi sebagai alat evaluasi kinerja bisnis apakah sudah baik atau belum dari segi keuangan
  • Anggaran operasi berfungsi sebagai analisis pemasukan dan pengeluaran operasional pada periode tertentu. Operating budget terdiri dari anggaran tenaga kerja langsung, biaya overhead, bahan baku, produksi, persediaan, penjualan, dan program.
  • Budget Cash flow berguna untuk mengalokasikan bagaimana arus kas bekerja dalam waktu tertentu sehingga sangat berpengaruh pada utang piutang perusahaan.
  • Budget Financial untuk mengatur aset, kewajiban, dan modal yang pelaku usaha miliki. Jenis ini meliputi anggaran laba rugi, neraca, perubahan modal, dan perubahan posisi keuangan.

Baca juga: Laporan Laba Rugi adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Cara Membuatnya

Tips Penting dalam Menyusun Budget

budget adalah
Sumber: clockly.com

Sering kali terjadi pembelian yang berlebih karena tidak menghitung anggaran dengan tepat akibatnya Anda mengalami kerugian karena membeli barang yang tidak perlu. Pembelian yang tidak sesuai rencana tentu akan sangat mempengaruhi laporan keuangan dan neraca saldo perusahaan. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda gunakan guna menyusun budget dengan lebih baik.

Tetapkan goals yang ingin Anda capai

Apa gunanya melakukan penyusunan budget tanpa adanya tujuan yang ingin Anda capai. Tentukan terlebih dahulu goals yang ingin perusahaan raih. Sebab, pada dasarnya budget adalah petunjuk untuk mencapai tujuan. Sehingga, tujuan tanpa ada perencanaan akan sulit untuk perusahaan lakukan. Cobalah untuk memperhitungkan berapa modal yang Anda perlukan untuk memenuhi kegiatan perusahaan supaya Anda bisa mencapai goals yang maksimal. 

Perhatikan fixed cost dan variable cost

Fixed cost adalah biaya tetap yang meliputi gaji karyawan, peralatan, perlengkapan, atau hal pokok dalam aktivitas perusahaan sebaliknya variable cost merupakan biaya tidak tetap yang bisa saja Anda ganti. Memperhatikan kedua hal ini sangat berguna untuk menahan dan mengeluarkan hal yang tidak perlu. Sehingga, Anda bisa menentukan prioritas budget. Permudahkan pengelolaan pengeluaran perusahaan dengan menggunakan sistem akuntansi terbaik.

Sediakan informasi selengkap-lengkapnya

Carilah informasi yang detail misalnya Anda ingin membeli mesin untuk operasional maka tentukan dahulu jumlahnya, durasi pemakaian, harga, sewa atau beli. Adanya informasi yang lengkap dapat mengurangi dana yang tidak perlu dalam anggaran dan menjadi alat pengukuran kinerja pada setiap alokasi dana. Selain itu, dengan membuat anggaran Anda bisa mencapai target yang telah Anda rencanakan. 

Contoh Template Menyusun Budget

Anggaran yang telah perusahaan rancang tentu memiliki fungsi yang sangat fundamental. Fungsi anggaran adalah untuk memetakan dan memudahkan tim logistik dalam berbelanja bahan baku. Fungsi anggaran yang telah perusahaan siapkan harus menjadi pedoman dalam berbelanja. Hal ini karena anggaran yang telah perusahaan buat merupakan rincian penting pada suatu perusahaan dalam berbelanja bahan baku produksi.

Contoh rancangan budget atau anggaran diatas merupakan satu contoh template budget yang sering perusahaan buat. Namun, suatu template dari budget atau anggaran milik perusahaan biasanya berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri.

Penyusunan budget yang masih manual tentu memakan waktu yang lama. Terlebih, kita harus berhati-hati dalam menentukan rancangan anggaran belanja agar perusahaan tidak merugi. Untuk itu, Anda dapat menggunakan sistem erp untuk mengelola bisnis Anda menjadi lebih mudah. Gunakan sistem ERP yang terintegrasi sehingga membuat Anda dapat menghitung budget secara otomatis.

Kesimpulan

budget

Membuat budget yang benar dapat membantu kinerja perusahaan agar lebih efektif. Anda dapat mengetahui pengeluaran selama satu periode dan melakukan evaluasi untuk periode selanjutnya. Selain itu, budget juga bisa mengurangi biaya pembelian yang tidak penting sehingga menghemat keuangan perusahaan. Maksimalkan pengelolaan budget dengan menggunakan software akuntansi dari EQUIP yang dirancang khusus bagi para akuntan untuk mempermudah pencatatan transaksi bisnis yang umumnya dilakukan secara manual. Dengan bantuan program ini, Anda dapat melacak segala jenis transaksi yang terjadi sehingga operasional bisnis akan lebih terorganisir.

Program akuntansi telah lengkap dengan berbagai jenis fitur yang perusahaan butuhkan dalam proses pengelolaan finansial, seperti manajemen faktur dan pembayaran, manajemen nota kredit dan debit, manajemen pajak yang terlokalisasi, pembuatan berbagai laporan keuangan, manajemen multi-mata uang, rekonsiliasi rekening bank, akun analitik, dan lainnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA