Neraca Saldo: Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitungnya

Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar kata neraca saldo? Tentunya kata tersebut berkaitan dengan proses penyusunan akuntansi dan hitung-menghitung nominal transaksi. Tapi, tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis trial balance dalam pembukuan? Trial balance dikelompokkan ke dalam jenis dengan menyesuaikan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Tujuannya adalah untuk mengetahui performa keuangan perusahaan, apakah berjalan dengan lancar atau terjadi hambatan. Selain itu, Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk memudahkan Anda menyusun neraca saldo secara otomatis. Oleh karena itu, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui pengertian, jenis, dan cara menghitungnya!

Neraca saldo

Pengertian Neraca Saldo

Apa itu neraca saldo?, pengertian neraca saldo adalah suatu daftar proses akuntansi yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap pencatatan transaksi yang disusun dari buku besar perusahaan secara sistematis. Biasanya, dicatat atau disusun oleh perusahaan pada periode tertentu. Dengan laporan yang ada, maka Anda dapat menggunakannya sebagai tolak ukur agar tidak melakukan kesalahan saat pemindah buku ke kolom debit dan kredit yang ada di buku besar. Sementara itu, Kolom saldo dalam buku besar berfungsi untuk mencatat nilai jumlah transaksi yang terjadi. Hal ini berguna untuk mengetaui performa perusahaan dalam sekian waktu. 

Pengertian neraca saldo dapat diartikan sebagai proses pembuatan laporan keuangan. Ketika sedang membuat laporan, kerap kali terjadi perbedaan pada hasil. Beberapa kekeliruan yang sering terdapat di antaranya adalah kesalahan perhitungan saldo akun, memindahkan jumlah debit sebagai kredit atau sebaliknya, terjadi ketidaktepatan saat memposting atau mentransposisi digit sejumlah uang ke dalam neraca saldo, dan lain-lain. Neraca saldo dibuat untuk mempermudah perhitungan siklus akuntansi sehingga manager dapat mengetahui performa perusahaan. Trial balance merupakan tahapan keempat dari proses menyediakan informasi keuangan. Tahapan dalam menyediakan informasi keuangan yang pertama adalah menyiapkan sumber dokumen, selanjutnya mengumpulkan transaksi untuk pembuatan jurnal umum, memposting ke buku besar, menyusun neraca saldo, menyusun jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur, dan yang terakhir membuat laporan keuangan.

Komponen trial balance terdiri dari kolom debit dan kredit, daftar semua total nomor akun dalam buku besar perusahaan, nama akun atau keterangan yang telah diurutkan. Golongan akun yang tercatat dalam neraca saldo adalah harta, utang, modal, pendapatan, dan beban. Sehingga, kesimpulannya merupakan suatu laporan buku yang menyediakan informasi mengenai kumpulan transaksi milik perusahaan. Laporan trial balance ini tidak memberikan bukti konkret dan lengkap atas ketelitian atau kepastian buku besar. Fungsi neraca ini hanya menunjukkan kesamaan jumlah sisi debit dan sisi kredit.

Baca juga: Dispatching adalah: Ketahui Fungsi dan Prosedurnya dalam Proses Produksi

Neraca Saldo Perusahaan Dagang

Pengertian neraca saldo perusahaan dagang adalah laporan yang disusun secara sistematis mengenai semua transaksi dalam laporan keuangan perusahaan dagang. Perusahaan dagang membutuhkan tahapan ini dalam laporan keuangan yang berguna untuk mengetahui laba dan rugi, serta pemasukan dan pengeluaran dari perusahaan dalam periode waktu tertentu. Memiliki fungsi untuk mempersiapkan laporan keuangan, merekam keseluruhan saldo, mendeteksi kesalahan pencatatan, dan untuk mengontrol perusahaan. Untuk memudahkan menghitung neraca saldo perusahaan dagang, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi. Aplikasi tersebut dapat membuat neraca saldo secara otomatis. 

Banner Akuntansi adalah
Sumber: Pixabay.com

Cara membuat neraca saldo perusahaan dagang

Trial balance yang akan dibuat sebelumnya dapat dianalisis menggunakan beberapa metode. Untuk perusahaan dagang sendiri, biasanya menggunakan metode perpetual. Berikut metode cara membuat neraca saldo perusahaan dagang:

  1. Mempersiapkan format dari neraca
  2. Meninjau buku besar dan memindahkan setiap rekening beserta kode akun ke dalam trial balance
  3. Menjumlahkan total saldo yang ada pada kolom debit dan kredit
  4. Langkah terakhir, memastikan bahwa kolom debit dan kredit memiliki hasil yang seimbang atau balance.

Cara membuat neraca saldo mungkin terlihat lebih mudah karena hanya mencakup empat metode. Namun nyatanya, praktek cara membuat neraca saldo tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Hal ini karena banyaknya transaksi yang terjadi pada perusahaan membuat akuntan terkadang menjadi kesulitan dalam membuat neraca saldo. Perkembangan teknologi saat ini membuat kesulitan dalam membuat neraca saldo dapat teratasi dengan mudah. Anda cukup menggunakan software akuntansi dari equip yang mengotomatiskan pembuatan neraca saldo dengan mudah.

Contoh neraca saldo perusahaan dagang

Penyusunan trial balance wajib memperhatikan bentuk dan jenis akun-akun yang tercantum pada buku besar. Sebelum pencatatan buku besar, Anda harus melakukan perekapan nama akun-akun ke dalam jurnal umum. Pencatatan jurnal umum ketika transaksi keuangan di perusahaan terjadi dan ada yang mencatat transaksi tersebut. Transaksi keuangan dapat berupa pembelian dan penjualan barang dagang. Trial balance berfungsi sebagai alat untuk mengontrol keseimbangan total saldo debit dan kredit sehingga meminimalisirkan adanya kesalahan pada proses pencatat keuangan selanjutnya. Keseimbangan debit dan kredit pada neraca saldo menunjukkan perhitungan neraca saldo sudah benar dan sesuai. Oleh karena itu, berikut ini salah satu contoh neraca saldo perusahaan dagang. 

Neraca saldo perusahaan dagang

Contoh neraca saldo perusahaan dagang diatas merupakan contoh kecil dari besarnya kolom neraca saldo perusahaan dagang. Pada umumnya, satu neraca saldo dapat memuat banyak sekali transaksi. Hal ini tergantung dari besarnya value dan transaksi yang ada pada suatu perusahaan. Kolom neraca saldo pada umumnya terdiri dari kode akun, nama akun, kredit, dan debit.

Komponen Neraca Saldo

Neraca saldo yang ada pada setiap perusahaan biasanya berbentuk hampir mirip hanya berbeda transaksi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini komponen yang pasti ada pada neraca saldo perusahaan.

Nomor akun

Kolom ini berisikan berbagai kode akun transaksi yang ada pada jurnal umum atau penyesuaian. Kolom ini berfungsi untuk memudahkan akuntan dalam membedakan berbagai transaksi yang ada pada jurnal.

Nama akun

Kolom nama akun merupakan kolom yang berisikan keterangan atau nama dari transaksi tersebut. Kolom ini berguna untuk memperjelas transaksi apa yang tercatat pada neraca saldo. Golongan akun yang dicatat dalam neraca saldo adalah kas, piutang, utang, beban, dan prive. Namun, setiap perusahan memiliki perbedaan pada golongan akun yang dicatat dalam neraca saldo. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki transaksi yang berbeda-beda.

Debet

Debet merupakan kolom yang ada pada trial balance dan berisikan akun debet yang tercatat pada jurnal. Akuntan biasanya menggunakan metode debet dan kredit sesuai dengan metode sistem pembukuan berpasangan.

Kredit

Kredit merupakan kolom yang berpasangan dengan kolom debet untuk mencatat nilai dari transaksi.

Jenis Neraca Saldo

Terdapat tiga jenis trial balance dalam penyusunan laporan keuangan. Apa saja yang membedakan antara ketiga jenis trial balance tersebut? 

1. Neraca saldo sebelum penyesuaian (unadjusted trial balance)

  • Pengertian

Jenis yang pertama adalah saldo yang belum disesuaikan, merupakan daftar saldo dan akun yang disusun setelah seluruh transaksi di buku besar. Semua transaksi dan nama akun yang terdapat di buku besar akan dipindahkan ke daftar saldo. Neraca ini berfungsi untuk menentukan apakah terdapat ketidaktelitian dalam memposting debit dan kredit ke buku besar. Dengan adanya daftar saldo sebelum penyesuaian akan membantu untuk menemukan kesalahan dan segera memperbaikinya. Bila terdapat ketidakseimbangan total dari debit dan kredit, hal tersebut menandakan adanya kesalahan dalam memposting trial balance.

  • Cara menghitungnya

Cara menghitung atau membuat neraca ini adalah dengan memposting transaksi yang ada pada buku besar. Setelah seluruh nama akun dan transaksi diposting pada buku besar, maka siapkan daftar saldo sebelum penyesuaian. 

Dapat diasumsikan untuk perusahaan PT Makmur Abadi Jaya yang melakukan kegiatan bisnis jasa dalam kurun waktu satu periode akuntansi di bulan Desember 2021. Mengasumsikan dengan 12 nama akun yang di posting di dalam buku besar, yaitu akun kas, piutang, piutang sewa, perlengkapan, aset, modal, prive, beban gaji, dan beban lain-lain. Berikut nama-nama akun yang terdapat di buku besar:

1) Akun kas

akun kas

2) Akun piutang dagang

akun piutang

3) Akun perlengkapan

akun perlengkapan

4) Akun peralatan

akun peralatan

5) Akun kendaraan

akun kendaraan

6) Akun utang dagang

akun utang

7) Akun modal

akun modal

8) Akun prive

akun prive

9) Akun pendapatan dagang

akun pendapatan

10) Akun beban gaji

akun beban gaji

11) Akun beban sewa

akun beban sewa

12) Akun beban listrik dan telepon

akun beban listrik

Setelah perusahaan membuat daftar saldo sebelum penyesuaian maka datanya akan menjadi sebagai berikut:

neraca saldo belum sesuai

Pencatatan neraca di atas merupakan neraca saldo sebelum penyesuaian. Jadi pada neraca ini tidak terdapat kolom debit dan kredit. 

2. Adjusted trial balance (neraca saldo setelah penyesuaian)

  • Pengertian

Apa itu neraca saldo setelah penyesuaian? neraca saldo setelah penyesuaian merupakan daftar transaksi yang penulisannya setelah proses penyesuaian pada akun-akun tertentu. Jika menggunakan prinsip akuntansi basis akrual, perlu melakukan penyesuaian beberapa akun sebelum menyusun laporan keuangan. Akun-akun yang perlu penyesuaian adalah saldo akun untuk beban yang dibayar di muka, pendapatan diterima di muka, dan akun yang saldonya habis pakai. Jika tidak melakukan penyesuaian, maka hasil laporan keuangan kurang tepat karena kurang menggambarkan kondisi keuangan yang sebenarnya. Contoh kurang akuratnya kondisi keuangan, misalnya jumlah laba kekecilan atau kebesaran karena adanya pos pendapatan maupun biaya yang seharusnya tidak masuk dalam hitungan. 

  • Cara menghitungnya

Lalu bagaimana cara menghitung neraca saldo setelah penyesuaian? Anda harus memindahkan saldo akun yang ada ke dalam jurnal penyesuaian terlebih dahulu. Setelah memindahkan saldo akun, maka Anda dapat membuat trial balance yang setelah penyesuaian. Masih menggunakan nama perusahaan yang sama yaitu PT Makmur Abadi Jaya. Berikut ini salah satu contoh neraca saldo setelah penyesuaian:

jurnal penyesuaian

Setelah menulis semua akun jurnal penyesuaian, maka selanjutnya membuat adjusted trial balance sebagai berikut:

neraca saldo setelah penyesuaian

Seperti yang tertulis pada tabel, pembuatan neraca saldo sebelum penyesuaian berfungsi untuk menyesuaikan saldo pada kolom debit dan kredit. Apabila kedua kolom memiliki jumlah yang berbeda, maka telah terdapat kesalahan. Namun, kesalahan tersebut dapat terjadi walaupun saldo sudah sesuai dan sudah sama. Jumlah daftar saldo setelah penyesuaian akan sama bila sudah meniadakan beberapa akun jurnal penyesuaian.

Cara menghitung neraca bukan suatu hal yang rumit karena kita hanya perlu menambah atau mengurang dari transaksi yang ada. Namun, yang membuat ini rumit adalah total kolom kredit dan debit yang ada pada neraca haruslah sama dan seimbang. Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan sebagai cara menghitung neraca. Keseimbangan debit dan kredit pada neraca saldo menunjukkan bahwa perhitungan transaksi sudah benar sesuai dengan data yang ada. 

3. Neraca saldo penutup (post closing trial balance)

  • Pengertian

Neraca saldo penutup bertujuan untuk memastikan bahwa suatu buku besar sudah memiliki saldo awal untuk periode selanjutnya. Tahapan ini merupakan langkah terakhir dalam pembuatan laporan keuangan di dalam durasi satu periode akuntansi setelah melaporkan akun jurnal penutup. Akun akun yang terdapat dalam neraca saldo setelah penutupan adalah seluruh akun yang berada di dalam saldo penutup dan harus sama dengan jumlah pada neraca akhir periode.

  • Cara menghitungnya

Menghitung neraca jenis ini dengan melakukan proses penutupan atau dengan istilah tutup buku. Pada langkah ini perlu membuat penyesuaian pada beberapa akun, lalu memindahkannya ke buku besar, maka data yang ada pada buku besar akan sama jumlahnya dengan data yang terdapat pada laporan keuangan. Sifat akun-akun dalam neraca bersifat permanen, sedangkan data yang ada dalam laporan laba rugi bersifat hanya dalam kurun periode tertentu.

Proses pembuatan neraca jenis ini dengan memindahkan saldo akun pendapatan dan beban ke akun income summary. Saldo ikhtisar laba rugi berpindah ke akun modal. Setelah memposting seluruh akun jurnal penutup ke dalam buku besar, maka jumlah saldo modal akan sama dengan jumlah yang terdapat pada perubahan ekuitas dan laporan neraca perusahaan. Selain akun tersebut, jumlah akun lainnya akan berubah menjadi nol adalah saldo akun biaya, pendapatan jasa, dan prive. Berikut adalah cara menghitung trial balance penutup

  1. Membuat laporan laba rugilaba rugi
  2. Melaporkan perubahan ekuitaslaporan ekuitas
  3. Membuat ayat jurnal penutupNeraca saldo
  4. Mencatat neraca saldo penutupneraca saldo

Contoh Trial Balance

Contoh ini adalah dengan menjumlahkan total debit dan total kredit pada masing-masing akun yang hasilnya berada pada kolom sebelah kanan. Komponen yang terdapat pada trial balance adalah nama akun, saldo neraca sebelum penyesuaian, jurnal penyesuaian, dan saldo setelah jurnal penyesuaian. Saldo setelah penyesuaian yang merupakan total dari saldo sebelum penyesuaian dan jurnal penyesuaian. Gambaran dari trial balance sebagai berikut:

Neraca saldo

Gambaran tersebut tentu menjadi salah satu gambaran kecil dalam pembuatan trial balance. Kesulitan tentu akan akuntan alami dalam pembuatan trial balance. Anda tak perlu khawatir, EQUIP hadir sebagai penyedia software yang akan memudahkan pekerjaan akuntan. EQUIP menyediakan software ERP yang membuat Anda dapat mengotomatiskan proses posting trial balance.

Kesimpulan

Neraca saldo

Tahapan keempat dalam proses pembuatan laporan keuangan yang berfungsi untuk mengetahui kondisi arus keuangan suatu perusahaan. Maka dari itu, salah satu solusi untuk mengetahui cara kondisi keuangan perusahaan adalah dengan membuat laporan keuangan sebagai bahan evaluasi performa keuangan yang terjadi sebelumnya agar dapat melakukan perbaikan di periode berikutnya. Untuk pembuatan laporan keuangan yang terpercaya dan berkualitas, Anda dapat menggunakan sistem akuntansi dari EQUIP

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Hello There. I discovered your weblog using msn. That
    is a very well written article. I’ll make sure
    to bookmark it and come back to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I will definitely comeback.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA