Home Accounting Cara Mempermudah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Anda dengan Sistem Akuntansi

Cara Mempermudah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Anda dengan Sistem Akuntansi

0
1415
aplikasi pembukuan

Ada banyak sekali aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Aspek tersebut tidak boleh pelaku usaha lakukan secara asal-asalan. Perlu pengetahuan dan ilmu yang tepat untuk mendirikan usaha dan menjamin keberhasilan di dalamnya, salah satu hal yang sangat krusial adalah laporan keuangan. Anda dapat membayangkan bagaimana jadinya sebuah bisnis tanpa manajemen keuangan yang baik. Aplikasi akuntansi adalah software yang dapat membantu Anda dalam pembuatan laporan keuangan secara otomatis. Seorang akuntan dalam perusahaan tersebut pun akan lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaannya.

Sistem akuntansi ini akan terintegrasi dengan seluruh staf yang bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan. Sehingga, dalam prosesnya akan sangat efisien dan tidak banyak membuang waktu. Pembuatan laporan keuangan yang manual rentan akan kesalahan, entah karena human error atau pun faktor lainnya. Dengan sistem akuntansi terpercaya ini, maka seluruh aktivitas yang melibatkan keuangan akan dengan mudah tercatat secara otomatis.

Laporan keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan sebuah dokumen yang berisi informasi mengenai transaksi bisnis dalam suatu perusahaan. Transaksi tersebut dapat berupa transaksi pembelian maupun penjualan atau bahkan hal lain yang masih memiliki nilai-nilai ekonomi.

Laporan finansial akan dibuat dalam periode waktu tertentu dan ketentuannya telah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sistem akuntansi akan membantu mencatat setiap transaksi yang terjadi dengan akurat. Oleh sebab itu, nantinya para stakeholder hanya tinggal melakukan evaluasi terhadap keuangan perusahaan dan melakukan antisipasi ataupun penanganan lainnya apabila terjadi masalah terhadap keuangan perusahaan.Melihat hal tersebut, laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting  bagi perusahaan dan akan berdampak fatal terhadap keberlangsungan bisnis apabila tidak terlaksana dengan teliti dan cermat.

Fungsi dan Tujuan Laporan Keuangan

Tentu saja laporan finansial ini tidak hanya untuk melihat total pendapatan saja. Ada banyak fungsi dan tujuan dari pembuatan laporan finansial ini. Berikut adalah fungsi laporan keuangan yang wajib Anda ketahui:

1. Sebagai alat untuk menilai kondisi usaha

Laporan ini berfungsi sebagai alat yang akan membantu dalam menilai kondisi usaha yang sedang berjalan. Misalnya, apabila dalam laporan tersebut terdapat banyak kerugian, berarti perusahaan tersebut sedang mengalami kemunduran dan sebaliknya.

Dari hal tersebut, maka perusahaan dapat melakukan rancangan untuk melanjutkan usaha atau bahkan menutupnya akibat kerugian yang perusahaan alami.

2. Untuk bahan evaluasi usaha

Dalam melakukan evaluasi usaha, perusahaan membutuhkan laporan untuk evaluasi dan analisis yang maksimal terhadap keuangan perusahaan. Laporan tersebut menjadi parameter perusahaan untuk menemukan solusi dalam permasalahan yang dihadapi perusahaan, serta menemukan penyebab dari permasalahan yang ada.

3. Sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan

Laporan finansial adalah salah satu bentuk dari pertanggungjawaban yang perusahaan lakukan. Laporan ini dilakukan kepada investor maupun kepada pemerintah terkait dengan pajak dan hal-hal lainnya. Apabila laporan perusahaan mendetail, maka stakeholder menilai bahwa perusahaan tersebut kredibel.

Jenis Laporan Keuangan

Terdapat lima laporan finansial perusahaan yang penting dalam melakukan bisnis. Hal tersebut disesuaikan dengan setiap transaksi yang berjalan di dalam perusahaan karena setiap laporan yang dibuat akan berbeda. Oleh karena itu, pembuat laporan ini harus dapat membedakan setiap laporan finansial dan peruntukannya. Laporan finansial pada umumnya menggunakan cara sistem pembukuan berpasangan karena metode ini dinilai lebih mudah untuk dipahami. Berikut adalah lima jenis laporan keuangan perusahaan beserta dengan fungsinya.

Laporan laba rugi

Dokumen ini merupakan laporan mengenai finansial bisnis yang perusahaan jalankan guna mendapatkan informasi mengenai pengeluaran dan pendapatan yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Selain itu, laporan ini menjelaskan kondisi keuangan perusahaan dalam periode yang telah perusahaan tetapkan sebelumnya.

Melalui laporan laba rugi ini, stakeholder bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan secara akurat dan laporan tersebut menjadi acuan dalam melakukan evaluasi untuk mengambil langkah selanjutnya dalam menjalankan bisnis secara tepat.

Laporan arus kas

Laporan arus kas merupakan laporan yang menjadi tanggungjawab bagian akuntan atau finance. Selain itu, laporan arus kas adalah suatu laporan yang berisi pemasukan dan pengeluaran selama satu periode tertentu. Fungsi dari laporan arus kas adalah untuk membantu perusahaan dalam mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), serta aktiva bersih perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat memanfaatkannya untuk strategi yang adaptif dalam mempersiapkan suatu perubahan keadaan dan peluang.

Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal atau yang bisa Anda kenal sebagai ekuitas merupakan jenis laporan yang krusial, terutama bagi perusahaan publik. Hal tersebut karena sebagian besar perusahaan publik memiliki struktur kepemilikan yang kompleks dalam perubahan akun ekuitas. Tujuan dari pembuatan ekuitas ini adalah untuk menggambarkan kenaikan atau penurunan aktiva bersih perusahaan dalam periode waktu tertentu sesuai dengan prinsip pengukuran masing-masing perusahaan.

Laporan neraca

Jenis laporan finansial perusahaan lainnya adalah laporan neraca. Laporan neraca atau yang biasa dikenal dengan balance sheet berisi informasi mengenai akun aktiva, dan hal lainnya yang menjadi kewajiban perusahaan dalam satu periode. Dalam pembuatannya, laporan neraca terbagi menjadi dua macam, yaitu bentuk stafel (vertikal) dan bentuk skontro (horizontal). Laporan neraca memiliki definisi gabungan dari seluruh laporan finansial dan dibuat dalam waktu tertentu. Untuk memudahkan dalam pencatatannya, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi agar pencatatan terotomatisasi dan akurat.

Selain itu, laporan neraca juga merupakan laporan yang krusial karena berisi segala informasi terkait pemegang saham, kreditur yang ada, peraturan pemerintah, dan berbagai kebijakan lainnya. Oleh karena itu, laporan ini hanya dapat diakses oleh pihak internal dalam perusahaan saja. Tujuan dalam pembuatan balance sheet ini adalah untuk menentukan langkah yang berkaitan dengan keuangan perusahaan di tahun selanjutnya dan mengetahui bagaimana kondisi keuangan dalam perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Sederhana

Berikut akan kami sajikan contoh laporan keuangan perusahaan yang sederhana.

neraca

neraca
laporan neraca perusahaan
laporan finansial
laporan laba rugi

Kesimpulan

Laporan keuangan

Setelah mengetahui bahwa laporan keuangan perusahaan sangatlah penting dan krusial. Jadi, sangat penting untuk Anda lakukan secara teliti sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan berdampak baik bagi kelangsungan perusahaan. Aplikasi akuntansi online ini mampu membantu Anda dalam mengotomatiskan pengelolaan arus kas, pembuatan laporan kas, rekonsiliasi bank, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Sistem akuntansi ini juga terintegrasi, sehingga Anda dapat menjalankan bisnis secara efisien.

EQUIP by HashMicro hadir untuk membantu memudahkan Anda dalam pencatatan akuntansi perusahaan. EQUIP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat Anda kustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna yang tanpa batas. Dengan EQUIP, Anda dapat mengintegrasikan proses bisnis sehingga proses akuntansi akan lebih cepat. Yuk tunggu apalagi? Coba demo gratis sekarang!

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
Ă—
Jadwalkan Demo Via WA