Home Accounting Sistem Akuntansi: Pengertian, Unsur,Kelebihan, dan Penerapannya

Sistem Akuntansi: Pengertian, Unsur,Kelebihan, dan Penerapannya

0
34
sistem akuntansi

Setiap organisasi, instansi maupun perusahaan memerlukan sistem akuntansi dalam mencatat semua transaksi finansial yang ada di organisasi atau perusahaan tersebut. Sebab akuntansi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan dan pembentukan rencana operasi adalah sumber informasi tentang status perusahaan atau organisasi secara akurat. Sistem akuntansi adalah sebuah metode untuk mengumpulkan, mencatat, dan menyimpan seluruh data transaksi sebagai laporan keuangan perusahaan.

Dalam pembukuan akuntansi perusahaan, tidak semudah yang kita bayangkan. Mengingat pembukuan akuntansi membutuhkan banyak pencatatan dan perhitungan dengan tepat. Dalam pembukuan akuntansi, alangkah baiknya memakai software akuntansi untuk memudahkan prosesnya. Penggunaan software akuntansi menjadi hal penting untuk setiap bisnis seperti UMKM. Software akuntansi dapat mengoptimalkan seluruh laporan keuangan perusahaan sehingga hasilnya lebih maksimal.

sistem akuntansi

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah ikhtisar yang di dalamnya terdapat catatan transaksi keuangan secara manual maupun komputerisasi, dengan fungsi sebagai menganalisa, mengkategorikan serta melaporkan informasi terkait manajemen keuangan dengan tepat waktu. 

Sistem pembukuan ini mempunyai banyak fungsi, antara lain menyimpan dan mengumpulkan data transaksi, menjadi kontrol organisasi, dan memproses data untuk menjadi informasi dalam pengambilan keputusan. 

Pengertian Sistem Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian sistem akuntansi adalah sebuah metode yang untuk mengelola data transaski menjadi sebuah laporan keuangan. Berikut pengertian sistem akuntansi berdasarkan penjelasan para ahli, antara lain : 

1. Reeve, Fees dan Warren

Software akuntansi adalah prosedur dan metode dalam melakukan klarifikasi, mengumpulkan melaporkan dan mengikhtisarkan informasi kegiatan operasional bisnis serta keuangan perusahaan. 

2. Niswonger, dkk

Pengertian lainnya menurut Niswonger, dkk adalah sebuah prosedur dan metode untuk mengklasifikasikan, melaporkan, mengikhtisarkan serta mengumpulkan informasi tentang operasional dan keuangan perusahaan.

Unsur Sistem Akuntansi

Ada beberapa unsur dalam sistem pembukuan akuntansi, berikut ini : 

1. Formulir

Formulir adalah dokumen untuk merekam atau mencatat kejadian transaksi. Pada formulir biasanya ada data transaksi sebagai dasar pencatatan.

2. Jurnal

Jurnal adalah unsur dalam pembukuan untuk melakukan pencatatan, pengelompokkan transaksi yang sejenis, sekaligus meringkas data finansial yang lainnya.

Kemudian hasil peringkasan diposting ke dalam rekening pada buku besar. Ada beberapa bentuk jurnal, antara lain jurnal pengeluaran kas, penerimaan kas, pembelian, penjualan dan jurnal umum. 

3. Buku Besar

Buku besar atau general ledger terdiri atas kumpulan dari beberapa rekening dengan fungsi meringkas data finansial yang sebelumnya sudah dicatat dalam jurnal. 

Umumnya rekening buku besar ini untuk penggolongan atau pengelompokkan data keuangan dalam penyajian laporan. 

4. Buku Pembantu

Unsur lainnya yaitu buku besar pembantu atau subsidiary ledger. Biasanya buku pembantu ini terdiri atas beberapa rekening pembantu untuk merinci semua data keuangan. Misalnya saja, mengelompokkan jenis-jenis dari setiap transaksi perusahaan.

5. Laporan

Laporan merupakan hasil akhir proses akuntansi, yang berbentuk laporan laba rugi, neraca perusahaan laporan biaya pemasaran, laporan perubahan ekuitas, daftar utang, laporan HPP (harga pokok penjualan), dan lainnya. 

Fungsi Sistem Akuntansi

sistem akuntansi

Fungsi software akuntansi memberikan peranan penting, khususnya untuk pengawasan dan pencatatan. Beberapa fungsi tersebut antara lain mendapatkan data perusahaan dari berbagai dokumen terkait aktivitas bisnis perusahaan. Fungsi lainnya adalah mengumpulkan  semua data tentang bisnis lalu menyimpannya dengan cara efisien dan efektif. 

Kelebihan Sistem Akuntansi

Ada beberapa kelebihan yang perlu anda tahu tentang software akuntansi, antara lain : 

1. Menyimpan dan Mengumpulkan Data

Akuntansi adalah sistem pencatatan dengan uraian yang lengkap mengenai aktivitas transaksi perusahaan secara lengkap dan detail. Tanpa pembukuan,maka aktivitas transaksi akan terlupakan dan terabaikan. Melalui sistem akuntansi, seluruh aktivitas transaksi akan tersimpan, tercatat, serta tersaji melalui data yang efisien.

Melalui aplikasi akuntansi bisa membantu manajemen untuk memantau kondisi finansial perusahaan. Dengan demikian, pihak manajemen dapat mengetahui pendapatan dan pengeluaran dari tiap-tiap divisi perusahaan. 

Pendapatan forecast pada arus kas untuk beberapa waktu yang akan datang tersedia pada sistem pembukuan ini. Di samping itu, perusahaan bisa mengecek semua informasi finansial melalui financial dashboard.

2. Menyediakan Informasi

Akuntansi juga berperan sebagai sarana untuk penyedia informasi. Pada sistem manual, biasanya catatan transaksi keuangan perusahaan tersaji melalui bentuk laporan tertentu yang gampang dipahami. Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada pengambilan keputusan untuk melakukan aktivitas manajemen dengan baik.

Dengan sistem laporan yang detail. akurat dan real time, maka pihak manajemen bisa mengambil keputusan perusahaan dengan lebih baik. 

3. Mendukung Kegiatan Operasional

Aktivitas akuntansi mempunyai sistem informasi yang bisa memberitahukan mana bagian yang harus anda cek kembali dan anda perbaiki. Melalui akuntansi, maka proses perhitungan lebih otomatis sesuai algoritma sistem. Kesalahan menduplikasi data bisa terdeteksi menggunakan sistem ini.

Oleh karena itu, ketika ada sistem yang salah, maka operasional perusahaan bisa memperbaikinya. Tentu saja hal tersebut sangat mendukung aktivitas operasional perusahaan untuk bisa berjalan efektif. 

4. Mendukung Fungsi Kepengurusan

Setiap jabatan maupun posisi di perusahaan mempunyai tanggung jawab berdasarkan pada masing-masing job desk. Kelebihan dari akuntansi dalam hal ini adalah bisa memberikan informasi tentang ketersediaan dari sumber daya yang perusahaan miliki.

Selain itu, dengan data yang tersaji secara real time bisa membantu organisasi atau kepengurusan di perusahaan untuk membuat perencanaan dan strategi yang tepat dalam memaksimalkan manajemen keuangan. 

5. Menghemat Biaya

Pencatatan keuangan atau akuntansi adalah pekerjaan yang menyita waktu, sebab anda akan menemukan banyak transaksi pada satu periode. Maka dari itu, penting sekali menggunakan sistem akuntansi. 

Melalui sistem inilah, segala hal yang harus anda lakukan dalam aktivitas akuntansi bisa anda lakukan dengan otomatis. Oleh karena itu, waktu pengerjaan menjadi lebih cepat dan singkat. Selain itu, perusahaan tidak perlu lagi membayar seorang akuntan yang mengerjakan pembukuan sebab dalam sistem ini sudah mencakup semuanya. 

6. Meningkatkan Pengelolaan Manajemen Aset dan Inventaris

Pembuatan sistem keuangan tentu harus terintegrasi pada manajemen inventaris juga aset. Dengan kata lain, melalui aplikasi akuntansi anda dapat lebih mudah mengelola inventaris dan aset perusahaan. 

Contoh Sistem Akuntansi

Ada berbagai contoh pada sistem iin yang seringkali dilakukan oleh perusahaan, beberapa diantaranya :

1. Sistem Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah sejenis akuntansi untuk memberikan informasi ke pihak manajemen untuk menjalankan usahanya. Ada beberapa hal yang terdapat pada akuntansi biaya, dengan data yang sangat penting bagi akuntansi manajemen.

Kegunaan akuntansi manajemen ini yaitu untuk mengatur aktivitas perusahaan, menilai alternatif dalam pengambilan keputusan dan mengontrol arus. 

2. Sistem Akuntansi Persediaan

Sistem ini artinya sebuah sistem untuk melacak dan merencanakan tingkat persediaan dan aktvitias inventaris terkait. Adapun salah satu dari sistem persediaan ini yaitu kode bar dalam pelacakan, yang setiap itemnya ditandai oleh kode bar.

3. Sistem Akuntansi Non Profit

Ini adalah contoh sistem akuntansi pada kegiatan nirlaba dengan ciri pada persyaratan pelaporan. Contoh, mengenai pelacakan dana, karenanya sumbangan yang perusahaan berikan dengan tujuan tertentu dapat anda ketahui apakah sudah tersalurkan dengan tepat ataukah tidak.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa sistem akuntansi memiliki peranan penting bagi perusahaan. Untuk membuat transaksi keuangan tercatat dengan baik, maka anda membutuhkan sistem ini agar lebih praktis dan cepat. EQUIP dapat anda pilih sebagai platform aplikasi akuntansi terbaik yang dapat membantu proses akuntansi lebih ringkas. Software akuntansi dari EQUIP dapat mengotomatiskan seluruh laporan keuangan perusahaan hingga hasilnya lebih maksimal. Hal itulah yang membuat bisnis UMKM wajib menggunakan software akuntansi.

sistem akuntansi

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA