Pembukuan Manual Vs Software Akuntansi? Mana Yang Lebih Efektif?

Mungkin kamu adalah salah satu pelaku bisnis yang masih pusing dengan masalah pembukuan yang masih menggunakan pembukuan manual. Dibandingkan software akuntansi bukan?

Nah! Ini saatnya kamu beralih ke software akuntansi yang memudahkan kamu dalam menyelesaikan bisnis kamu loh. Tanpa ribet dan bikin kamu pusing. Dengan menggunakan software akuntansi tentu membuat bisnis kamu berjalan dengan lancar dengan menggunakan software akuntansi juga kamu tidak perlu lagi menghafal rumus, tidak perlu lagi menulis atau membuat rumus dan seluruh proses akan berjalan secara otomatis. Jadi bagaimana? kamu masih ingin menjalankan bisnis kamu dengan pembukuan manual? Tentu itu sudah tidak jaman lagi! Yuk gunakan software akuntansi dari EQUIP. Untuk penjelasan lebih lanjut simak penjelesan di bawah ini!

Apa yang membedakan antara pembukuan manual dan software akuntansi?

Seperti yang kamu ketahui bahwa pembukuan manual itu adalah sistem akuntansi yang menggunakan register fisik dan buku rekening dan untuk menyimpan catatan keuangan. Sedangkan software akuntansi adalah aplikasi yang di kembangkan secara khusus untuk mengelolah pencatatan transaksi usaha. Aplikasi ini sering di gunakan oleh beberapa perusahaan agar transaksi lebih mudah.

Baca juga: Cost Control adalah: Berikut Langkah-langkah Penerapannya bagi Bisnis

Secara garis besar bahwa pembukuan manual memiliki beberapa manfaat buat bisnis kamu yaitu:

Produktivitas Meningkat

Karyawan perusahaan kamu tidak akan kesusahan lagi dalam menjalankan kegiatan pengelolaan keuangan. Kegiatan yang rumit itu pun dapat teratasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software untuk urusan akuntansi ini, karyawan kamu tidak perlu lagi mengandalkan tumpukan buku untuk pengelolaan keuangan. Cukup membuka perangkat PC atau perangkat mobile dan melakukan beberapa klik maka data keuangan akan tercatat dengan baik.

Meminimalisir Pengeluaran Perusahaan

Apa kaitannya software akuntansi dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan? Perlu kamu ketahui, perusahaan yang masih mengandalkan cara manual dalam melakukan pengelolaan keuangan biasanya membutuhkan cukup banyak akuntan. Perusahaan tentunya harus menggaji mereka setiap bulannya.

Dengan begitu, perusahaan bisa meminimalisir jumlah akuntan. Cukup mempekerjakan satu atau dua akuntan sudah cukup untuk mengurus semua hal terkait keuangan perusahaan.

Meminimalisir Kesalahan

Setiap bisnis sudah pasti ingin menghindari berbagai kesalahan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Kesalahan pengelolaan keuangan memang bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan bisnis mengalami kerugian loh!

Mengingat software akuntansi merupakan sistem yang dapat mengatasi berbagai kesalahan dalam pengelolaan keuangan maka kesalahan perhitungan maupun penulisan  dapat kamu hindari. Dengan itu kamu tidak perlu lagi khawatir dengan hitung-hitungan yang salah karena sistem yang ada dalam software akan bekerja dengan akurat dan terbaik.

Data dijamin Aman

Keamanan data perusahaan merupakan hal yang wajib untuk dijaga. Kebocoran beberapa data perusahaan terutama dalam hal keuangan sedikit banyak tentu akan merugikan perusahaan itu sendiri.

pembukuan manual

Baca juga :Cara Mudah Membuat Buku Besar dan Contohnya

Keuntungan menggunakan software akuntansi dari pada menggunakan pembukuan manual

Banyak orang kini beralih menggunakan software. Dengan menggunakan software akuntansi pelaku bisnis tidak perlu lagi untuk membuat jurnal, buku besar, laporan keuangan atau pun lainnya menggunakan kertas kerja. Namun kamu perlu ketahui bahwa pelaporan keuangan tidak dapat diganti dengan menggunakan komputer. Tetapi untuk proses pengelolaan datanya akan di kerjakan oleh software tersebut.

Baca Juga: Pahami Strategi Penetapan Harga Untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Berikut beberapa keuntungaan software akuntansi yang perlu kamu ketahui:

Pengelolaan data lebih cepat

Pengelolaan akuntansi akan lebih cepat dan praktis karena sistem posting otomatis dan penyusunan laporan otomatis. Kamu hanya perlu memasukan data dalam bukti transaksi yang tersedia, setelah itu sistem akan langsung memproses data dan informasi secara cepat.

 Lebih akurat dan teliti

Software akuntansi memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Dibanding dengan sistem akuntansi manual yang harus menekan kalkulator dan rentan kesalahan penulisan, dan software akuntansi akan lebih akurat dalam menjumlahkan hasil.

Bisa review setiap saat

Software akuntansi memungkinkan kamu  untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas laporan keuangan yang lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas. Dan dengan fitur cloud yang terdapat pada sistem software akuntansi kamu dapat mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone atau tablet kamu.

penggunaan yang mudah

Software akuntansi dapat digunakan oleh semua pengguna yang bisa mengoperasikan komputer serta memahami prosedur standar pembukuan. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya mengacu pada pakar akuntansi atau orang yang ahli dalam bidang komputer saja.

pembukuan manual

Baca juga:Mengenal 9 Prosedur Audit dan Pentingnya bagi Perusahaan Anda

Kesimpulan

Jadi kamu dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan software akuntansi kamu dapat mempermudah pekerjaan kamu. Selain itu ketika  kamu menggunakan pembukuan manual maka pekerjaan kamu akan rentan terjadinya kesalahan baik itu perhitungan maupun dalam penulisan. Nah! untuk mengatasi hal tersebut beralihlah ke software akuntansi EQUIP. Solusi dalam mengatasi masalah akuntansi kamu.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA