Pembukuan Manual VS Software Akuntansi, Mana Yang Lebih Efektif?

Tidak sedikit orang masih bertanya-tanya manakah yang lebih baik antara pembukuan manual atau software akuntansi dalam pengapplikasikannya. Perdebat pun menjadi memanas antara kedua topik tersebut. 

Dalam mengelola keuangan bisnis, baik pembukuan manual maupun software akuntansi memiliki peran penting. Namun, pertanyaannya adalah mana yang lebih efektif? Mari kita telusuri lebih dalam perbandingan antara keduanya untuk menemukan solusi yang lebih efektif.

DemoGratis

Apa yang Membedakan Antara Pembukuan Manual dan Software Akuntansi?

Apa-yang-Membedakan-Antara-Pembukuan-Manual-dan-Software-Akuntansi

Seperti yang Anda ketahui bahwa pembukuan manual itu adalah sistem akuntansi yang menggunakan register fisik dan buku rekening dan untuk menyimpan catatan keuangan. 

Sedangkan software akuntansi adalah aplikasi yang di kembangkan secara khusus untuk mengelolah pencatatan transaksi usaha. Aplikasi ini sering digunakan oleh beberapa perusahaan agar transaksi lebih mudah. Secara garis besar bahwa pembukuan manual memiliki beberapa manfaat buat bisnis Anda yaitu:

PROSES PEMBUKUAN

Pembukuan manual melibatkan penggunaan buku catatan fisik seperti buku besar, buku pembelian, dan buku kas, di mana transaksi dicatat dan diolah secara manual oleh akuntan atau petugas keuangan. 

Sementara itu, software akuntansi menggunakan sistem komputerisasi untuk mengotomatiskan sebagian besar proses akuntansi, termasuk pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan analisis data.

KETEPATAN DAN EFISIENSI

Software akuntansi cenderung lebih akurat dan efisien daripada pembukuan manual karena mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam proses pencatatan dan perhitungan. 

Selain itu, software akuntansi dapat menghasilkan laporan keuangan secara instan dan menyediakan berbagai alat untuk menganalisis data secara cepat dan mudah.

SKALABILITAS DAN FLEKSIBILITAS

Software akuntansi umumnya lebih dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berubah dan lebih mudah untuk disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis. Ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat menyesuaikan sistem akuntansi mereka dengan perubahan dalam skala operasi atau struktur bisnis.

INTEGRASI DENGAN SISTEM LAIN

Software akuntansi sering kali dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti sistem manajemen inventaris, sistem penggajian, dan sistem manajemen keuangan lainnya. Hal ini memungkinkan untuk berbagi data secara langsung antara sistem-sistem tersebut dan mengurangi kebutuhan untuk proses manual atau duplikasi data.

KEAMANAN DATA

Software akuntansi menyimpan data secara digital di sistem komputer atau cloud, yang membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan fisik atau pencurian. Selain itu, sebagian besar software akuntansi dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah.

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi dari Pada Menggunakan Pembukuan Manual

Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Dari Pada Menggunakan Pembukuan Manual

Banyak orang kini beralih menggunakan software. Dengan menggunakan software akuntansi pelaku bisnis tidak perlu lagi untuk membuat jurnal, buku besar, laporan keuangan ataupun lainnya menggunakan kertas kerja. 

Namun Anda perlu ketahui bahwa pelaporan keuangan tidak dapat diganti dengan menggunakan komputer. Tetapi untuk proses pengolahan datanya akan dikerjakan oleh software tersebut.

Berikut beberapa keuntungaan software akuntansi yang perlu kamu ketahui:

PENGELOLAAN DATA LEBIH CEPAT DIBANDING PEMBUKUAN MANUAL

Pengelolaan akuntansi akan lebih cepat dan praktis karena sistem posting otomatis dan penyusunan laporan otomatis. Anda hanya perlu memasukan data dalam bukti transaksi yang tersedia, setelah itu sistem akan langsung memproses data dan informasi secara cepat.

Hal itulah yang membuat sistem akuntansi menjadi sistem wajib khususnya bagi para pengusaha yang bisnisnya sedang berkembang dengan pesat.

LEBIH AKURAT DAN TELITI DARI SISTEM AKUNTANSI MANUAL

Software akuntansi memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Dibanding dengan sistem akuntansi manual yang harus menekan kalkulator dan rentan kesalahan penulisan, dan software akuntansi akan lebih akurat dalam menjumlahkan hasil.

MEMINIMALISIR KESALAHAN

Setiap bisnis sudah pasti ingin menghindari berbagai kesalahan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Kesalahan pengelolaan keuangan memang bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan bisnis mengalami kerugian loh!

Mengingat software akuntansi merupakan sistem yang dapat mengatasi berbagai kesalahan dalam pengelolaan keuangan maka kesalahan perhitungan maupun penulisan dapat Anda hindari. Dengan itu Anda tidak perlu lagi khawatir dengan hitung-hitungan yang salah karena sistem yang ada dalam software akan bekerja dengan akurat dan terbaik.

MEMINIMALISIR PENGELUARAN PERUSAHAAN

Meminimalisir Pengeluaran Perusahaan

Apa kaitannya software akuntansi dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan? Perlu Anda ketahui, perusahaan yang masih mengandalkan pembukuan manual dalam melakukan pengelolaan keuangan biasanya membutuhkan cukup banyak akuntan. Perusahaan tentunya harus menggaji mereka setiap bulannya.

Dengan begitu, perusahaan bisa meminimalisir jumlah akuntan. Cukup mempekerjakan satu atau dua akuntan sudah cukup untuk mengurus semua hal terkait keuangan perusahaan.

PRODUKTIVITAS MENINGKAT

Karyawan perusahaan Anda tidak akan kesusahan lagi dalam menjalankan kegiatan pengelolaan keuangan. Kegiatan yang rumit itu pun dapat teratasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas bagi perusahaan.

Dengan menggunakan software untuk urusan akuntansi ini, karyawan Anda tidak perlu lagi mengandalkan tumpukan buku untuk pengelolaan keuangan secara manual. Cukup membuka perangkat PC atau perangkat mobile dan melakukan beberapa klik maka data keuangan akan tercatat dengan baik.

FLEKSIBILITAS DALAM MEREVIEW LAPORAN KEUANGANDashboard Accounting EquipSoftware akuntansi  memungkinkan Anda untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas laporan keuangan yang lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas. Dan dengan fitur cloud yang terdapat pada sistem software akuntansi Anda dapat mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone atau tablet Anda.

Inilah mengapa software akuntansi menjadi pilihan yang sangat diminati oleh berbagai jenis bisnis, baik skala kecil maupun besar. Dengan fitur-fitur canggih dan kemampuan otomatisasinya seperti, forcasting untuk budgeting dalam penentuan profit dan loss, pembuatan cash flow report dan financial report, serta terintegrasi bank untuk pengecekan mutasi secara otomatis.

 Software akuntansi EQUIP dapat menghemat waktu dan tenaga, mengurangi risiko kesalahan manusia, dan fokus pada pertumbuhan dan strategi bisnis yang lebih lanjut.

Accounting

Baca juga: Mengenal 9 Prosedur Audit dan Pentingnya bagi Perusahaan Anda

Kesimpulan

Jadi Anda dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan software akuntansi Anda dapat mempermudah pekerjaan Anda meskipun ada tahap penyesuain yang harus Anda lewati tetapi itu sangat worth it untuk jangka panjang berikutnya. 

Selain itu ketika Anda menggunakan sistem pembukuan manual maka pekerjaan Anda akan rentan dari terjadinya kesalahan baik itu perhitungan maupun dalam penulisan. Nah! untuk mengatasi hal tersebut beralihlah ke software akuntansi EQUIP. Solusi dalam mengatasi masalah akuntansi dalam bisnis. Coba demo gratisnya sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now