Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Leads adalah orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis. Pada dunia bisnis istilah ini sudah tidak asing lagi karena leads mampu menjadi konsumen yang potensial karena mereka sudah menaruh minat terhadap produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Anda dapat menggunakan software CRM dari EQUIP yang mampu membantu perusahaan Anda meningkatkan jumlah dan prospek perusahaan Anda. Maka dari itu, berikut adalah penjelasan lebih lanjut dalam dunia marketing bisnis secara lebih lanjut:

DemoGratis

Daftar Isi

Pengertian Leads

Secara garis besar leads adalah seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Dalam hal ini orang tersebut akan meninggalkan informasi atau identitas mereka yang mana nantinya pihak perusahaan dapat menghubungi mereka untuk mengirimkan informasi mengenai promosi atau produk menarik lainnya.

Dengan kata lain, leads tentu membantu perusahaan untuk menjual dan mempromosikan produk atau jasa perusahaan. Namun, untuk mendapatkan leads yang banyak tidaklah mudah karena Anda membutuhkan leads generator yang berkualitas pula. Anda dapat menggunakan software CRM unggulan dari EQUIP untuk membantu perusahaan Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.

pelanggan
Source: freepik.com

Pentingnya dalam Marketing Bisnis

Seperti yang telah disebutkan bahwa untuk mendapatkan leads yang banyak dibutuhkan leads generator yang berkualitas pula. Leads generator adalah proses yang perusahaan gunakan untuk melakukan aktivitas membuat konten, iklan, hingga email penawaran. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Lebih mudah untuk mengenal karakteristik dari calon konsumen karena sudah terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara untuk memperlakukan mereka
  2. Meningkatkan popularitas dari brand di pasar-pasar yang ada
  3. Dapat mempengaruhi reputasi brand karena pada konsumen mampu memberikan testimoni secara langsung dan terbuka.
  4. Mampu memberikan potensi peluang untuk berhubungan baik dengan brandcustomer
  5. Yang terakhir, pastinya hal ini dapat meningkatkan keuntungan finansial bagi sebuah brand

Baca juga: Sistem Barcode: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya

Macam-Macam Leads

Setelah mengetahui definisi dan fungsinya perannya bagi perusahaan, sekarang Anda perlu untuk menentukan dan menempatkan masing-masing calon sesuai dengan potensinya. Berikut adalah macam-macam dari leads marketing yang harus Anda ketahui:

Marketing qualified leads

Marketing qualified leads atau MQL merupakan seseorang yang sudah mengetahui materi promosi yang Anda buat. Contohnya mereka yang sudah pernah mengisi kontak mereka di landing page maupun sudah mengunduh e-book gratis yang perusahaan Anda sediakan. Meskipun terbilang sudah sedikit familiar mengenai produk atau jasa dari perusahaan Anda, jenis konsumen ini harus tetap Anda hubungi karena mampu menjadi konsumen tetap dan menjadi potensial konsumen.

Sales qualified leads

Sales qualified lead (SQL) merupakan orang-orang yang tertarik untuk membeli produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Konsumen jenis SQL ini bukan lagi untuk sekedar tanya-tanya mengenai produk atau jasa perusahaan Anda. Melainkan mereka sudah siap untuk membayar sejumlah uang. Konsumen jenis ini sangat mudah untuk Anda kenali karena biasanya pertanyaan mereka ini seputar produk atau jasa namun isinya sangat detail info.

Product qualified leads

Product qualified leads atau (PQL) adalah orang yang telah mencoba program dari “coba gratis” atau versi demo dari sebuah produk. Mereka biasanya akan tertarik untuk berlangganan dan rela untuk membayar untuk berlangganan produk perusahaan untuk melakukan upgrade produk ke versi yang lebih premium.

Service qualified leads

Sebenarnya service qualified leads ini hampir sama dengan PQL. Yaitu sama-sama tipe konsumen yang sudah menjajal versi gratis dan merekaa tertarik untuk mengubahnya menjadi versi premium berbayar. Yang menjadi pembeda adalah SQL adalah jasa sedangkan PQL adalah produk jadi.

leads adalah
Source: freepik.com

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Cara Ampuh Mendatangkan Leads

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan macam-macam leads, Anda diharapkan mampu mendatangkan leads. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan leads untuk perusahaan Anda:

Buat landing page

Membuat landing page adalah salah satu strategi untuk mendapatkan leads yang paling bisa untuk Anda andalkan.Dengan hanya berbekal website pada halaman khusus, strategi Anda untuk mendapatkan leads akan terlihat lebih elegan. Selain itu Anda juga memiliki kesempatan untuk terus menerus mendapatkan lead, karena landing page akan terus berada di website Anda tanpa ada batasan waktu. Dengan ini Anda hanya harus mengarahkan orang untuk mengunjungi website Anda dan mengarah ke landing page.

Freebies

Freebies merupakan konten yang dapat Anda bagikan secara gratis dan membuat konten dalam bentuk fisik seperti e-book dan poster yang dapat pengunjung download dan print di atas kertas. Dibandingkan dengan strategi untuk mendapatkan lead melalui e-book, strategi dengan cara ini terbilang efektif karena untuk membuatnya terbilang lebih singkat. Yang mana pastinya format konten ini lebih hemat tenaga karena Anda dapat memfokuskan lainnya untuk membuat traffic leads yang berkualitas.

Buat konten premium

Jika Anda memiliki konten yang berkualitas super dan memiliki massa yang loyal, Anda bisa membuat konten premium. Cara ini terbukti mampu mendatangkan leads yang berkualitas karena orang yang sesuai kriterialah yang akan memberikan kontaknya. Strategi seperti ini lebih banyak dimuat dalam portal berita ataupun majalah online. 

Bagikan ebook

Ebook menjadi souvenir bagi calon pembeli. Dengan ebook Anda dapat meninggalkan kesan sebagai perusahaan yang terpercaya, ahli dibidangnya, dan memiliki reputasi yang bagus. Agar ebook dapat diminati calon pelanggan, Anda perlu mengikuti beberapa tips dalam membuat ebook seperti:

  1. Pilih topik yang spesifik. Jika Anda memiliki produk atau jasa baru, jangan terlalu terburu-buru untuk memasukan semua topik yang berhubungan ke dalam satu buku agar mendapatkan leads yang lebih banyak dan spesifik.
  2. Buat outline untuk memetakan konten. Agar pembaca mudah dalam membaca ebook Anda, maka pastikan untuk meletakan konten dengan baik, urut, dan logis.
  3. Desain yang menarik. Dengan tampilan yang menarik maka pembaca mampu menikmati konten yang Anda sajikan dengan baik.
  4. Menambahkan elemen dekoratif. Dengan menambahkan gambar, kutipan, data, dan lain sebagainya mampu menambah estetika dan membantu pembaca dalam memahami konten.

Buat event atau program menarik

event management
Source: freepik.com

Dengan membuat event atau program menarik secara offline, acara ini cenderung akan memfasilitasi diskusi interaktif dan memerlukan pembelajaran praktik. Melalui acara seperti ini maka Anda bisa mendapatkan leads dengan cara membuka form register secara online.

Beri opsi subscribe konten

Cara ini terbilang wajib untuk Anda terapkan, karena dengan iming-iming update eksklusif, Anda mampu mendapatkan nama dan alamat email pengunjung dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan form subscribe pada semua konten di blog Anda tanpa terkecuali. Jadi dengan adanya hal ini memungkinkan perusahaan Anda untuk mendapatkan leads yang lebih banyak lagi.

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Sediakan live chat pada website

Fungsi dari fitur ini adalah untuk kredibilitas usaha dan memudahkan pembeli menghubungi Anda. Selain itu fungsi live chat juga mampu menambahkan jumlah lead perusahaan Anda. Bentuk live chat tidak hanya agar terlihat eksklusif bagi pelanggan setia, namun dengan pengunjung memasukan kolom nama dan alamat email mampu menjadi pelanggan yang sangat potensial nantinya.

Manfaatkan media sosial

Untuk mendapatkan lead Anda bisa menggunakan media sosial dengan syarat Anda memiliki suatu nilai atau konten tambahan untuk menarik calon pelanggan. Setelah Anda memiliki nilai atau konten yang dimaksud, Anda dapat memberitahukannya pada sosial media Anda bahwa Anda ingin membagikan konten eksklusif secara gratis hanya dengan memberitahukan alamat email calon pembeli.

Trial demo gratis pada produk

Dengan menggunakan cara ini, Anda akan membiarkan calon pelanggan merasakan keunggulan dari produk atau jasa perusahaan Anda. Cara ini membuka dua peluang sekaligus yaitu Anda mendapatkan calon pelanggan secara langsung dan mendapatkan leads dalam bentuk product/ service qualified lead.

Berikan giveaway dan potongan harga

Dengan memberikan kuis berhadiah Anda juga mampu untuk mendapatkan leads dengan mudah, sebab cara ini banyak digunakan oleh brand-brand besar dan ternama.

Baca juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

CRM

Kesimpulan

Dengan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa leads berperan penting bagi suatu perusahaan untuk menghubungi konsumen sehingga konsumen tersebut dapat membeli produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Dengan ini Anda bisa menggunakan aplikasi software CRM terbaik dari EQUIP untuk membantu meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda, update penjualan dan aktivitas tim sales secara real-time.

Demo gratis software EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis peroleh leads yang berkualitas!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now