Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Melihat perkembangan zaman saat ini, dalam melakukan aktivitas bisnis sangat mudah karena adanya teknologi yang sedang trend saat ini yaitu aplikasi CRM (customer relationship management) atau bisa dikenal dengan sistem manajemen penjualan, dimana sistem tersebut mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan pelanggan. Solusi ini sedang marak-maraknya di kalangan pengusaha muda ataupun perusahaan. Untuk mengetahui itu simak artikel berikut!

Aplikasi CRM

Mengenal Aplikasi CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang sedang tren akhir-akhir ini merupakan aplikasi yang akan memudahkan proses dalam bisnis Anda. Dalam memilih software CRM Anda perlu memilah dengan sangat hati-hati karena dalam pemilihan software jika salah memilih akan berdampak buruk untuk bisnis Anda. 

Yang perlu diperhatikan yaitu tentunya Anda perlu memilih software mana yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda sendiri, software CRM terpercaya dari EQUIP dapat mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan proses penjualan Anda. Selain memudahkan proses manajemen antara penjual dan pembeli software ini juga meningkatkan retensi pelanggan.

Baca Juga: Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

Mengapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi CRM Terbaik?

Di era digital saat ini, bisnis dan perusahaan membutuhkan pengelolaan berbasis sistem untuk mempermudah serta mempercepat prosesnya khususnya pengelolaan dalam mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan pelanggan. Bisnis tentunya sangat membutuhkan aplikasi CRM yang terbaik, maka dari itu Anda perlu memilih aplikasi atau software CRM yang tepat karena kedepannya akan mempengaruhi peningkatan pada bisnis Anda.

manajemen pelanggan
Sumber: Freepik

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi CRM

Aplikasi CRM

Sebelum Anda memilih untuk menggunakan aplikasi CRM untuk bisnis Anda, maka yang perlu Anda perhatikan yaitu:

  • Mencari tahu informasi mengenai fitur yang akan Anda gunakan 
  • Menentukan pilihan untuk aplikasi CRM yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan
  • Menentukan pilihan vendor yang akan memenuhi kebutuhan bisnis Anda
  • Terakhir, Anda tentukan pilihan aplikasi CRM mana yang akan Anda gunakan.

Contoh Aplikasi CRM Terbaik Berbasis Seluler Mobile dan Website

Setelah mengenal aplikasi CRM Anda perlu mengetahui ada beberapa penyedia CRM indonesia terbaik:

CRM EQUIP

CRM EQUIP by HashMicro terkenal dalam proses mengoptimalkan bisnis Anda. Desain UI atau UX dari software EQUIP mudah dioperasikan oleh user. Dalam software ini telah dilengkapi dengan fitur sales pipeline, revenue forecast, hingga dalam pembuatan laporan penjualan otomatis. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, pebisnis juga dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana.

CRM

CRM Vtiger

Software Vtiger ini cukup terkenal. Aplikasi ini membantu perusahaan dalam mengelola serta menyimpan informasi dengan efisien dalam segala hal yang berkaitan dengan customer. Ada beberapa fitur, salah satunya fitur CRM nya yang dapat membantu mengatur semua data customer, dari accounts, contact hingga prospek dari customer yang berkaitan. 

Zoho

Software dari Zoho berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan dan kegiatan pemasaran. Aplikasi ini menawarkan management campaign, email marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber seperti website, import data lead dan lainnya. Sehingga nantinya Anda dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign serta melacak pengeluaran marketing.

Barantum CRM

CRM barantum terdapat fitur yang lengkap serta sistem berbasis komputasi awan (Cloud Based System). CRM ini terintegrasi dengan sistem voip (ip phone atau ip pbx) telephone melalui voice over internet protocol yang akan memudahkan serta mengurangi jumlah dalam anggaran dalam perusahaan Anda. Contoh dari aplikasi ini Anda bisa melihat dan mencoba selama 7 hari dengan full fitur.

Baca juga: Apa Itu Startup dan Bagaimana Tips Sukses untuk Memulainya? 

Contoh Perusahaan yang Menerapkan CRM

Banyak dari berbagai perusahaan yang menerapkan sistem CRM. Pengelolaan penggunaan dari sistem CRM, yang dibangun sendiri nantinya akan menunjukkan pengaruh dari operasi perusahaan mengalami peningkatkan. Ada beberapa perusahaan yang menerapkan CRM:

KFC

Sumber: pinterest.com

Sistem CRM KFC memberi layanan WIFI secara gratis yang mana customer nantinya mendaftarkan diri ke halaman akses, sehingga perusahaan bisa menyimpan datanya. Selain itu KFC menggunakan aplikasi klub yang dapat melacak lokasi customer sehingga dapat membantu mereka untuk menemukan KFC terdekat.

British Mcdonald’s

Sumber: pinterest.com

Perusahaan ini menerapkan sistem CRM dengan mengunduh aplikasi melalui Playstore atau Appstore. Aplikasi bertujuan untuk melakukan aktivitas marketing dengan tepat sasaran. Sehingga nantinya akan menarik serta mempertahankan customernya. 

Apple

Sumber: pinterest.com

Letak sistem CRM penerapan perusahaan ini pada “Akun Apple”, yang memiliki sistem user atau pengguna perangkat dari Apple harus membuat akun Apple sendiri. Sehingga tujuan nya untuk sinkronisasi data yang berasal dari berbagai perangkat yang meliputi MAC, iPad dan iPhone. Data base akun Apple mendukung pembaruan yang bersifat continue pada perangkatnya.

Tesco 

Sumber: pinterest.com

Penerapan sistem CRM nya ini dengan kartu klub Tesco, dari kartu klub ini perusahaan bisa mendapatkan informasi dari jutaan customer dalam databasenya, kartu-kartu ini dapat meningkatkan value dari kartu yang utama. Sistem CRM ini berhasil serta merupakan kunci sukses akan penjualan dari perusahaan Tesco.

Fitur Aplikasi CRM yang ditawarkan EQUIP

Setelah mengenal serta mengetahui contoh perusahaan yang menerapkan software manajemen sales, tentunya Anda perlu mencari sistem mana yang perlu Anda gunakan untuk bisnis Anda. Untuk meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan Anda dapat menggunakan software CRM dari EQUIP. Berikut beberapa fiturnya:

  • Software CRM EQUIP: mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri.
  • Manajemen saluran penjualan: memantau perkembangan calon pelanggan secara mudah dengan fitur drag and drop.
  • Loyalty point: meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan dengan sistem dan reward untuk setiap customer setia Anda.
  • Proyeksi target penjualan: menghasilkan keuntungan dari setiap penjualan hanya dengan satu klik.
  • Customer profiling filters: menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat, gender, kelompok, umur dan lokasi.
  • Leads management integration: mengelola prospek secara online yang dapat terintegrasi melalui form website dan database email.
  • Laporan CRM lengkap: menghasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam.

Kesimpulan

Kini tersimpul bahwa penerapan sistem CRM sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda, juga membantu mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan proses penjualan Anda. Penggunaan aplikasi CRM bukan hanya untuk perusahaan berskala besar, tentunya untuk Anda yang memiliki usaha kecil atau UMKM sangat cocok untuk menggunakan software CRM dari EQUIP.

Aplikasi CRM

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA