10 Software Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis di Indonesia 2024

Di era digital ini, bukan lagi “pelanggan adalah raja”, tapi “pelanggan adalah kaisar”. Persaingan bisnis semakin ketat, dan pelanggan memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, Anda harus memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah dengan aplikasi CRM (Customer Relationship Management).

Software CRM adalah perangkat lunak yang membantu Anda membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan. Di Indonesia yang beragam dan dinamis, CRM adalah alat yang penting untuk memahami pasar dan menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih presisi. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari rekomendasi aplikasi CRM terbaik untuk perusahaan di Indonesia.

DemoGratis

Mengenal Apa itu Aplikasi CRM yang Ada di Perusahaan

aplikasi crm

Aplikasi CRM, singkatan dari Customer Relationship Management, adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu bisnis Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Dengan software CRM, tim sales Anda dapat:

  • Menyimpan semua informasi pelanggan di satu tempat.
  • Melacak interaksi dengan pelanggan di berbagai saluran.
  • Memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.
  • Memberikan layanan yang lebih personal dan responsif.
  • Meningkatkan peluang konversi dan penjualan.

Software CRM adalah alat penting untuk membantu bisnis Anda berkembang di era modern.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Aplikasi CRM?

Software CRM

Bisnis yang berkembang di era modern pastinya membutuhkan pengelolaan berbasis sistem untuk mempermudah serta mempercepat prosesnya khususnya pengelolaan dalam mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa manfaat ketika menggunakan program CRM di perusahaan:

  1. Mengidentifikasi pelanggan potensial: Manfaat sistem CRM yang pertama adalah dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi pelanggan potensial dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan baru.
  2. Meningkatkan kepuasan pelanggan: Software CRM dapat membantu organisasi untuk memperbaiki layanan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan informasi pelanggan yang akurat dan tepat waktu.
  3. Meningkatkan efisiensi operasional: Sistem CRM dapat membantu organisasi mengelola informasi pelanggan dan mempercepat proses penjualan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional.
  4. Meningkatkan loyalitas pelanggan: Program CRM membantu organisasi untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan layanan yang lebih baik dan lebih personal.
  5. Meningkatkan pendapatan dan profitabilitas: CRM software dapat membantu organisasi untuk meningkatkan penjualan, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan mengidentifikasi peluang penjualan baru, sehingga meningkatkan pendapatan dan profitabilitas.

10 Rekomendasi Software Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Program CRM

Berikut daftar 10 aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat memberikan solusi efektif dalam mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional:

1. Aplikasi CRM EQUIP

aplikasi crm

Aplikasi CRM dari EQUIP terkenal dalam desain UI atau UX yang mudah dioperasikan oleh pengguna. Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kualitas peluang bisnis Anda dengan menggunakan sistem CRM EQUIP.

Selain itu, Anda dapat menarik pelanggan dengan memanfaatkan sistem poin loyalitas dan melakukan segmentasi pelanggan untuk menghadirkan program loyalitas yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Dalam software ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur unggul yang dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana, seperti:

  • Manajemen saluran penjualan: Memantau perkembangan calon pelanggan secara mudah dengan fitur drag and drop.
  • Loyalty point: Meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan dengan sistem dan reward untuk setiap customer setia Anda.
  • Proyeksi target penjualan: Menghasilkan keuntungan dari setiap penjualan hanya dengan satu klik.
  • Customer profiling filters: Menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat, gender, kelompok, umur dan lokasi.
  • Leads management integration: Mengelola prospek secara online yang dapat terintegrasi melalui form website dan database email.
  • Laporan CRM lengkap: Menghasilkan laporan dengan analisis yang mendalam.

Ini hanya beberapa contoh fitur yang ditawarkan oleh EQUIP. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat tingkatkan hubungan dengan pelanggan dan tingkatkan pendapatan bisnis. Coba demo gratis EQUIP sekarang!

2. Microsoft Dynamics CRM

Microsoft Dynamics CRM

Microsoft Dynamics CRM dapat dijadikan sebagai opsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan spesifik terkait pelanggan, akuntansi, dan manajemen proyek.

Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Microsoft Dynamics CRM melibatkan proses pembuatan dokumen dan pelacakan layanan pelanggan.

Berikut adalah beberapa fitur utama Microsoft Dynamics CRM:

  • Sales force automation
  • Customer service tracking
  • Cloud sharing

3. SugarCRM

SugarCRM

SugarCRM menawarkan aplikasi yang sesuai untuk memberikan layanan kepada pelanggan dengan keunggulan fitur-fiturnya. Walaupun demikian, ada beberapa fungsi yang memerlukan perbaikan dan proses integrasi dengan saluran lain dianggap kompleks.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan tersebut, SugarCRM tetap menjadi pilihan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Pilihan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka berkat dukungan yang ditawarkan oleh SugarCRM.

Di bawah ini adalah beberapa fitur SugarCRM:

  • Marketing automation.
  • Sales automation.
  • Customer service.

4. Software CRM HashMicro

Software CRM HashMicro

CRM Software HashMicro merupakan salah satu solusi terkemuka dan lengkap dalam manajemen hubungan pelanggan, bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Dengan menggunakan aplikasi CRM HashMicro, Anda dapat menikmati akses tanpa batasan jumlah pengguna dan memberikan keleluasaan untuk mengembangkan bisnis secara bebas.

Selain itu, program CRM HashMicro telah dirancang dengan berbagai fitur otomatisasi yang sesuai dengan alur kerja bisnis Anda, memberikan kemudahan dalam pengelolaan bisnis, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Berbagai fitur unggul yang ditawarkan HashMicro dapat membantu Anda dalam mengelola aktivitas penjualan dengan lebih efisien, seperti:

  • Sales pipeline management: Melacak dan meningkatkan efisiensi dalam proses penjualan.
  • Revenue forecasting: Merencanakan dan mengestimasi pendapatan dengan tingkat akurasi yang tinggi.
  • Sales report generation: Menyusun laporan penjualan yang rinci.
  • Sales mobile apps: Mengakses informasi pelanggan, mengelola tugas, dan memantau kemajuan penjualan secara langsung melalui perangkat seluler.
  • Up-selling product: Meningkatkan volume penjualan dengan menyarankan produk tambahan atau yang lebih unggul berdasarkan preferensi dan histori pembelian pelanggan.
  • Multi-pricelist management: Mengelola dan menyusun beragam daftar harga dengan efisien.

5. EngageBay

EngageBay

EngageBay adalah salah satu aplikasi CRM yang memiliki fleksibilitas. Software CRM yang berbasis cloud ini memiliki peran penting dalam memperkuat hubungan dengan pelanggan dan mendeteksi tingkat loyalitas mereka.

Melalui EngageBay, Anda memiliki kemampuan untuk mengatur berbagai kegiatan pelanggan, seperti penjualan, presentasi, dan penutupan, sambil memberikan tanggapan otomatis terhadap setiap interaksi pelanggan.

Berikut adalah beberapa fitur utama aplikasi CRM EngageBay:

  • Contact management.
  • Sales automation.
  • Deal management.

6. Salesforce CRM

Salesforce CRM

Salesforce adalah salah satu aplikasi CRM yang memudahkan integrasi dengan aplikasi lain untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki platform yang cukup kompleks bagi pengguna yang belum berpengalaman. Selain itu, untuk mengoptimalkan penggunaan Salesforce secara penuh, diperlukan pelatihan yang intensif dan perencanaan yang matang selama implementasi.

Beberapa fitur utama Salesforce CRM diantaranya:

  • Sales cloud.
  • Marketing cloud.
  • Service cloud.

7. Pipedrive

Pipedrive

Aplikasi CRM Pipedrive menyediakan fitur pelaporan dan analitik yang mendukung perusahaan dalam meningkatkan efisiensi penjualan mereka.

Namun demikian, aplikasi ini menetapkan biaya langganan per pengguna yang cukup tinggi, menjadi tantangan bagi bisnis yang memiliki pertumbuhan jumlah pengguna dan memerlukan akses terus-menerus ke platform ini.

Berikut terdapat beberapa fitur dari Pipedrive:

  • Sales automation.
  • Lead management.
  • Insight and reports.

8. Aplikasi CRM Koneksi

Aplikasi CRM Koneksi

Aplikasi CRM Koneksi yang memberikan solusi menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dan manajemen pelanggan dalam berbagai jenis bisnis.

Aplikasi ini memungkinkan pelacakan data pelanggan, peningkatan loyalitas pelanggan, serta identifikasi tahapan penjualan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, Anda dapat mengukur tingkat konversi, merancang strategi pemasaran yang efektif, dan memperluas jangkauan pasar melalui pesan WhatsApp dan email.

Koneksi juga menyederhanakan pengelolaan proses pemasaran dari awal hingga akhir, menyajikan laporan yang akurat, dan menyediakan akses mobile untuk mempermudah pengelolaan data.

Berikut adalah beberapa fitur unggul yang ditawarkan Koneksi:

  • End-to-end marketing process: Mengelola seluruh rangkaian proses pemasaran mulai dari penerimaan leads hingga penutupan transaksi.
  • In depth CRM & marketing reports: Membuat laporan dan pemasaran yang mencakup berbagai area seperti pemasaran melalui email, layanan bantuan, hingga penjualan.
  • Online access on mobile apps: Mempermudah pengelolaan data pelanggan melalui berbagai perangkat secara cepat.
  • Whatsapp channel management: Memonitor dan memfasilitasi komunikasi yang efisien antara tim penjualan dan klien melalui saluran Whatsapp.

9. Keap

Keap

Keap adalah aplikasi CRM yang memberikan dukungan bagi bisnis untuk meningkatkan jumlah prospek melalui kampanye email dan SMS. Melalui software CRM Keap, Anda dapat dengan mudah memantau setiap interaksi pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda.

Tidak hanya itu, Keap memiliki kemampuan untuk mengarahkan calon pelanggan melalui berbagai tahap dalam proses bisnis yang terlihat melalui dashboard penjualan pipelinenya.

Berikut adalah beberapa fitur utama aplikasi CRM Keap:

  • Pre-built reminders.
  • Automated emails.
  • Keeps calls and messages separate.

10. Aplikasi CRM Total ERP

Aplikasi CRM Total ERP

Aplikasi CRM dari Total ERP menyajikan berbagai fitur untuk mengelola relasi pelanggan, termasuk pemantauan kontak pelanggan, analisis data, dan otomatisasi tugas penjualan.

Selain itu, aplikasi ini dapat menggabungkan data pelanggan, penjualan, dan layanan dalam satu platform, memungkinkan perusahaan, terutama yang berukuran menengah, untuk mengawasi serta mengelola interaksi dengan pelanggan secara efisien.

Di bawah ini adalah beberapa fitur yang ada di aplikasi CRM Total ERP:

  • Integration to e-commerce: Meningkatkan aktivitas pelanggan dengan platform e-commerce.
  • Promotion management: Merancang, melacak, dan mengelola promosi secara efisien untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Up-selling recommendation: Meningkatkan penjualan dengan mengenali riwayat pembelian dan produk yang sering dilihat oleh pelanggan.
  • Smart reordering: Menjamin ketersediaan stok secara terus-menerus untuk meningkatkan tingkat pembelian berulang.

5 Hal Penting Sebelum Memilih Aplikasi CRM Tepat untuk Bisnis Anda

5 Hal Penting Sebelum Memilih Aplikasi CRM Tepat untuk Bisnis Anda

Memilih aplikasi CRM yang tepat untuk bisnis Anda adalah langkah penting untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda dalam memilih aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda:

  1. Menentukan kebutuhan bisnis Anda: Lakukan riset kebutuhan bisnis Anda untuk memastikan bahwa software  CRM yang Anda pilih memiliki semua fitur yang diperlukan.
  2. Memilah fitur-fitur setiap aplikasi CRM: Pastikan bahwa aplikasi CRM dapat mengelola seluruh siklus proses pemasaran dengan fitur-fitur unggul yang ditawarkan.
  3. Mudah digunakan oleh seluruh karyawan: Pastikan antarmuka aplikasi CRM dapat dipahami dengan mudah, bahkan oleh karyawan yang tidak memiliki latar belakang teknis yang kuat.
  4. Dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya: Pastikan bahwa software CRM dapat terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah ada di bisnis Anda.
  5. Menyediakan customer support: Lakukan evaluasi apakah penyedia CRM memiliki tim dukungan yang responsif dan siap membantu Anda.

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di Perusahaan

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di Perusahaan

Banyak dari berbagai perusahaan yang menerapkan aplikasi CRM. Pengelolaan penggunaan dari software CRM yang dibangun sendiri nantinya akan menunjukkan pengaruh dari operasi perusahaan mengalami peningkatkan retensi pelanggan. Ada beberapa contoh perusahaan yang menerapkan software CRM, yaitu:

KFC

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di KFC

Aplikasi CRM memberi layanan WiFi secara gratis yang mana customer nantinya mendaftarkan diri ke halaman akses, sehingga KFC bisa menyimpan datanya.

Selain itu, KFC menggunakan software CRM untuk melacak lokasi customer sehingga dapat membantu pelanggan menemukan outlet KFC terdekat.

British Mcdonald’s

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di Mcdonald's

Contoh perusahaan yang menerapkan software CRM berikutnya adalah British Mcdonald’s. Perusahaan ini menerapkan sistem CRM dengan mengunduh aplikasi melalui Playstore atau Appstore.

Aplikasi CRM bertujuan untuk melakukan aktivitas marketing dengan tepat sasaran, sehingga nantinya akan menarik dan mempertahankan customer.

Apple

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di Apple

Letak penerapan software CRM perusahaan ini ada pada “Akun Apple”, yang memiliki sistem user atau pengguna perangkat dari Apple harus membuat akun Apple sendiri.

Aplikasi tersebut bertujuan untuk sinkronisasi data yang berasal dari berbagai perangkat yang meliputi MAC, iPad dan iPhone. Data base akun Apple mendukung pembaruan yang bersifat continue pada perangkatnya.

Tesco

Contoh Penerapan Aplikasi CRM di Tesco

Contoh penerapan software CRM selanjutnya ini dengan kartu klub Tesco. Dari kartu klub ini, Tesco bisa mendapatkan informasi dari jutaan customer dalam databasenya.

Kartu-kartu ini dapat meningkatkan value dari kartu yang utama. program CRM merupakan kunci sukses akan penjualan dari perusahaan Tesco.

CRM

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan aplikasi CRM yang sesuai, Anda akan memiliki sistem yang mudah terintegrasi dengan perangkat lunak lain. Hal ini dapat memudahkan manajemen hubungan pelanggan dan pelacakan penjualan. Oleh karena itu, pemilihan perangkat lunak harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Dari semua saran yang telah diberikan dalam artikel ini, Anda dapat memilih EQUIP sebagai provider CRM terbaik. Dengan fitur-fitur unggul yang diberikan, EQUIP dapat membantu bisnis Anda meningkatkan manajemen pelanggan, penjualan, dan mengukur kinerja bisnis.

Apabila Anda berminat untuk berinvestasi dalam software CRM EQUIP dan mengambil langkah menuju pertumbuhan bisnis yang optimal, jangan ragu untuk menghubungi tim penjualan kami untuk konsultasi dan mencoba demo gratis sekarang juga!

 

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now