Contact Management Software: Definisi, Fitur, & 10 Rekomendasi

Contact management software merupakan tools penting untuk berbagai skala bisnis. Karena tools ini menyajikan database pusat yang dapat menyimpan sekaligus dapat mengelola seluruh informasi customer dan juga prspek anda. Aplikasi ini dapat melacak sekaligus menindaklanjuti prospek beserta customer lebih mudah.

Contact database software ialah program atau aplikasi untuk membantu para pengguna mengoorganisir dan mengelola kontak. Sehingga bisa menemukan kontak dengan cepat dan mudah, membantu melakukan pengelolaan jadwal pertemuan, catatan dan tugas.

Sedangkan CRM (Customer Relationship Management) merupakan jenis software untuk membantu pihak perusahaan mengelola interaksi bersama pelanggan. Customer Relationship Management mencakup beberapa fungsi, antara lain mengelola penjualan, kontak, layanan pelanggan, pemasaran, pelaporan dan juga analisis data.

Perbedaan antara CMS (Contact Management Software) dan juga CRM adalah dari cakupan fungsionalitasnya. Jika CMS hanya berfokus terhadap manajemen kontak, sedangkan CRM mencakup semua siklus aktivitas pelanggan, seperti pengumpulan data sampai layanan pelanggan dan pemasaran.

DemoGratis

Apa Itu Contact Management Software?

Contact management software adalah sebuah program komputer untuk membantu organisasi dan individu dalam mengelola dan mengatur kontak. Dengan memakai CMS inilah para pengguna bisa mencari dan memperbarui kontak dengan cepat dan mudah, bahkan dapat mengatur tugas dan jadwal pertemuan menggunakan kontak tertentu.

Contact database software bisa sangat berguna bagi individu, antara lain tim sales, marketing atau pihak yang membutuhkan akses mudah dan cepat pada informasi kontak.

Keuntungan Menggunakan Contact Management Software

CMS dapat anda manfaatkan untuk mengatur informasi kontak klien, pelanggan dan juga mitra bisnis. Ada beberapa keuntungan memakai CMS pada bisnis atau perusahaan, antara lain :

1. Efisiensi Waktu

Melalui pemanfaatan contact database software, maka anda bisa lebih menghemat waktu untuk mengelola informasi pada kontak, sekaligus bisa mengelola kontak dengan lebih efisien dan cepat.

2. Meningkatkan Produktivitas

Karena lebih hemat waktu, tentu saja karyawan bisa lebih fokus terhadap tugas-tugas tertentu yang penting dan bisa meningkatkan produktivitas keseluruhan.

3. Perbaikan Komunikasi

CMS memungkinkan sebuah bisnis atau perusahaan menyimpan catatan terkait kontak, kemudian mengaksesnya dengan cepat. Hal tersebut tentu saja dapat membantu meningkatkan komunikasi bersama klien, mitra bisnis dan juga customer.

4. Pengaturan Informasi Lebih Baik

Adanya software ini bisa membantu bisnis dalam menyimpan informasi kontak berupa nomor telepon, email, alamat, dan beberapa catatan kontak lainnya secara terorganisir. Selain itu, dengan adanya CMS ini dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi bisnis dalam hal customer value management.

5. Analisa Lebih Baik

Dengan adanya CMS bisa membantu usaha anda menganalisa tren dan data dalam mengoptimalkan strategi usaha sekaligus dapat meningkatkan penjualan.

6. Lebih Hemat Biaya

Software contact management juga membantu bisnis untuk menekan biaya yang umumnya dikeluarkan guna mengelola informasi terkait kontak dengan cara manual atau memakai sistem tertentu yang kurang begitu efektif.

7. Akses Lebih Mudah

CMS bisa anda akses kapan saja dan dimana saja lewat internet, karenanya dapat mempermudah pengguna dalam mengakses informasi terkait kontak yang dibutuhkan,

Melalui implementasi dari contact database software inilah, maka bisnis bisa memperbaiki komunikasi, meningkatkan efisiensi kegiatan operasional dan juga meningkatkan produktivitas.

8. Dapat Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Melalui manajeme kontak secara all in one, maka bisa Customer Service bisa memberikan kinerja lebih baik. Mereka dapat mempunyai akses dengan mudah ke dalam daftar kontak secara terpusat, dan lengkap melalui catatan kontak secara detail.

Fitur Penting Contact Managemet Software

Ada beberapa fitur utama dalam software manajemen kontak ini, antara lain :

1. Membuat Daftar dan Segmentasikan Kontak

Tools manajemen kontak dapat menyortir kontak sesuai dengan geografi, industr, tempat dan lainnya. Melakukan identifikasi terkait profil pelanggan bisa membantu melakukan personalisasi terhadap pegalaman pelanggan. Selain itu juga, bisa membantu anda mengetahui demografi pelanggan yang menyajikan peluang terbesar.

2. Pencarian dan Filter

CMS juga biasanya harus mempunyai fitur filter dan pencarian yang mempermudah pengguna untuk menemukan dan mencari informasi kontak sesuai kebutuhan.

3. Analisis Data

Contact database software harus bisa menganalisis data sekaligus menampilkan grafik atau laporan yang dapat membantu pengguna memahami tren serta dapat mengoptimalkan strategi bisnis.

4. Entri Data Otoamtis

Anda bisa mengotomatiskan entri data customer, meminimalisir tugas admin dan juga dapat meluangkan waktu dengan mengerjakan tugas-tugas lebih penting. Dalam gilirannya, perekaman data otomatis, bisa anda gunakan untuk meningkatkan otomatisasi email marketing, penjualan dan lainnya.

5. Kolaborasi

Software manajemen kontak ini juga harus mempunyai fitur kolaborasi, sehingga memungkinkan pengguna dapat bekerja dengan informasi kontak serta dapat membagikan informasi dan catatan dengan mudah.

6. Integrasi Dengan Aplikasi Lain

Software ini juga harus bisa diintegrasikan menggunakan aplikasi lain, antara lain seperti CRM, email atau media sosial supaya pengguna bisa mengakses informasi daftar kontak dengan cepat dan mudah.

7. Impor Ekspor Data Mudah

Anda juga bisa mengimpor data kontak yang berasal dari Microsoft Exvel dan CSV atau file lainnya. Kemudian mengekspor data dengan mudah, sehingga anda terlindungi apabila berpindah platform, seperti aplikasi baru.

Rekomendasi Contact Management Software

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi contact management sofware antara lain :

1. EQUIP ERP

Fitur - fitur contact management software dan software CRM Equip
Sumber: Equiperp.com

Rekomendasi software manajemen kontak adalah dari EQUIP. EQUIP ERP merupakan rangkaian software bisnis yang dapat mencakup sistem CRM, akuntansi, inventaris, pembelian dan lainnya. Anda bisa mewujudkan tingkat kepuasan pelanggan menggunakan CRM EQUIP, kemudian tingkatan kualitas prospek usaha anda.

2. Zendesk Sell

Ini merupakan solusi software CRM untuk penjualan dengan banyak pilihan tools manajemen kontak. Melalui antarmuka pengguna intuitif, aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan mudah ke alur kerja harian tim anda. Software ini juga dapat meningkatkan efisiensi penjualan.

3. Contact Boss

Contact Boss merupakan software kontak bisnis dengan menyediakan fungsi “quick create” sehingga memungkinkan pengguna menginputkan kontak baru secara cepat. Aplikasi ini juga mempunyai fitur mencari dan mengatur kontak, serta dapat menghilangkan duplikat tanpa sengaja. Menyajikan fungsi audit, laporan kontak dan tools keamanan untuk tetap menjaga informasi rahasia perusahaan atau bisnis anda.

4. Hubspot

Hubspot dapat memperkaya konak secara otomatis yang ditambahkan pada database, bisa membantu menimbulkan interaksi secara personal. Tools ini juga bisa anda manfaatakn untuk mengelola dukungan, menjadwalkan tugas, serta dapat menindaklajuti prospek tepat waktu.

5. Streak

Jika membutuhkan software untuk manajemen kontak yang berguna dalam gmail, maka anda bisa memilih Streak CRM. Ini adalah tools yang menawarkan konteks lengkap terkait siapa saja yang berinteraksi bersama anda, termasuk informasi terkait kontak secara relevan, sehingga bisa memberikan solusi yang dipersonalisasi.

6. ActiveCampaign

Ini merupakan platform CRM untuk membantu pengguna melakukan personalisasi terhadap pesanan, mengotomatiskan alur kerja dan mengelompokkan populasi pelanggan. Software ini bisa mengotomatiskan pembuatan tugas, manajemen kontak dan prioritas prospek.

7. Pipedrive

Merupakan software CRM yang berguna untuk tim penjualan, berfokus terhadap manajemen kontak dan perolehan prospek. Aplikasi ini mencakup sistem pengumpulan data kontak hanya sekali klik, webhook, dan juga asisten penjualan berbasis AI.

8. Freshworks

Freshworks termasuk sistem manajemen kontak customer sebagai platform yang memungkinkan keterlibatan pelanggan secara intuitif dengan tampilan antarmuka yang sederhana. Anda bisa mendapatkan beberapa fitur seperti manajemen kontak terpusat, info kontak, profil sosial, hingga seluruh aktivitas terbaru.

9. BIGContacts

Bigcontact merupakan aplikasi CRM intuitif dan bersifat user friendly menawarkan otomatisasi. Software ini memungkinkan pengguna dapat melacak detail kontak, dan juga riwayat transaksi menggunakan platform yang sama.

10. Nextiva

Merupakan program manajemen kontak untuk melayani klien pada perusahaan atau usaha kecil. Nextiva memiliki kemampuan voicemail to email, aplikasi seluler dan antrean panggilan. Database konak pelanggan di aplikasi ini mencakup layanan pelacakan pelanggan dan penjualan, serta sistem otomatisasi bawaan untuk bisa mengirimkan email serta tanggapan otomatis.

Kesimpulan

Dengan adanya contact management software dapat membantu bisnis anda untuk mengelola informasi kontak secara efektif sekaligus bisa meningkatkan efisiensi terhadap operasional bisnis dengan keseluruhan. Dapatkan demo gratis dari EQUIP di sini.

CRM

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now