15 Contact Management Software Bisnis Terbaik di 2024

Tahukah Anda? Pengelolaan kontak pelanggan yang buruk dapat menghilangkan peluang bisnis secara signifikan. Manajemen kontak pelanggan penting agar bisnis dapat bersinergi dengan pergerakan pasar dan permintaan konsumen. Untuk itu, ribuan pebisnis mulai beralih menggunakan contact management software.

Aplikasi ini dipilih karena tanpa penggunaannya, informasi kontak dapat tersebar di berbagai tempat, menyebabkan duplikasi, informasi yang hilang, dan sulitnya akses data. Hal ini bisa menghambat komunikasi dan kolaborasi tim. Pertanyaannya kini, adakah software pengelola kontak yang ideal? Manakah yang bisa memenuhi kebutuhan unik bisnis Anda di Indonesia?

Artikel ini akan memberikan solusi rekomendasinya untuk Anda. Ketahui lebih dalam mengenai definisi, manfaat, dan fitur penting apa yang harus ada dalam contact management software. Simak hingga akhir untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda dapat mengatasi tantangan ekonomi digital dengan prima berdasarkan rekomendasi ribuan pebisnis sukses di Asia Tenggara.

DemoGratis

Daftar Isi

Apa Itu Contact Management Software?

Contact management software adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur kontak secara efisien. Melalui software ini, Anda dapat dengan mudah menambah dan menyimpan informasi pelanggan . Anda juga dapat mengatur jadwal pertemuan dan berkomunikasi dengan pelanggan sesuai dengan preferensi mereka.

Lebih dari sekadar alat penyimpanan data, contact management system meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran pemasaran Anda. Tidak perlu lagi mengalokasikan sumber daya untuk memasarkan produk kepada pelanggan yang tidak tertarik. Anda dapat fokus meningkatkan retensi pembelian dan memperkuat loyalitas pelanggan melalui perangkat lunak ini.

Dampaknya, usaha Anda berpotensi untuk meraih keuntungan yang signifikan. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat-manfaat lain dari mengimplementasikan customer database software ini pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat yang Anda Dapatkan Jika Menggunakan Contact Management Software

Setidak-tidaknya, terdapat delapan keuntungan yang Anda dapatkan dari mengimplementasikan contact management software. Kedelapan manfaat tersebut antara lain:

  • Efisiensi waktu: Anda dapat menghemat waktu untuk mengelola informasi kontak dengan lebih efisien dan cepat. Dampaknya, karyawan dapat fokus kepada tugas-tugas yang penting dan produktivitas kerja pun meningkat.
  • Dapat meningkatkan pengalaman pelanggan: Perangkat lunak manajemen kontak membuat komunikasi dengan klien dan mitra bisnis meningkat. Dampaknya, kepuasan pelanggan dan kerja sama bisnis dapat bertahan lama.
  • Pengaturan informasi lebih baik: Software ini menyimpan informasi kontak berupa nomor telepon, email, alamat, dan beberapa catatan kontak lainnya secara terorganisir.
  • Analisa lebih baik: Anda akan mengetahui tren dan data dalam pasar bisnis. Akibatnya, mengoptimalkan strategi usaha sekaligus dapat meningkatkan penjualan.
  • Lebih hemat biaya: Contact management software juga membantu bisnis untuk menekan biaya yang umumnya dikeluarkan guna mengelola informasi terkait kontak dengan cara manual atau memakai sistem tertentu yang kurang begitu efektif.
  • Akses lebih mudah: Contact management software dapat Anda akses kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, akses informasi terkait kontak yang dibutuhkan mudah pengguna dapatkan.

Rekomendasi Contact Management Software Terbaik

Sebagai pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya lebih jauh lagi, Anda tentunya perlu mengetahui rekomendasi contact management software. Berikut kami sajikan 15 software terbaik beserta ulasan lengkapnya.

1. EQUIP ERP

management contact equip

Equip ERP adalah vendor aplikasi kontak terkemuka di Indonesia yang telah berhasil melebarkan sayap bisnisnya ke ranah contact management. Ribuan customer di seluruh Asia Tenggara, Equip menjadi vendor lokal yang turut berperan dalam otomatisasi usaha Meccaya, K3Mart, Benang Raja, dan lainnya.

Mengetahui hal ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa saja keunggulan aplikasi kontak Equip yang dapat menarik dan menyukseskan perusahaan di atas. Berikut adalah fitur kuncinya:

A. Customer profiling filters

Fitur ini mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan variabel kritis, seperti tingkat pembelian, gender, kelompok umur, dan lokasi geografis. Variabel-variabel tersebut penting bagi Anda dan tim marketing untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat pada tiap pelanggan.

B. Leads management integration

Mengoptimalkan pengelolaan prospek secara digital dengan integrasi langsung antara formulir website dan basis data email. Fitur ini mendukung strategi promosi dan penjualan yang lebih efektif dan efisien melalui satu jalur yang terintegrasi.

C. Manajemen saluran penjualan

Manfaatkan fitur drag and drop kami untuk memantau perkembangan calon pelanggan Anda secara lancar dari satu tahap ke tahap berikutnya dengan mudah dan efisien. Dengan metode intuitif ini, Anda dapat meningkatkan konversi atau penjualan dengan cepat.

D. Laporan yang komprehensif dan akurat

Terintegrasi dengan software CRM, dapatkan wawasan komprehensif melalui laporan penjualan yang mendetail, mencakup evaluasi kinerja tim penjualan dan layanan bantuan, analisis keuntungan dan kerugian, serta berbagai aspek penting lainnya.

Pros Cons
Interface sistemnya mudah Anda gunakan Proses implementasi sistemnya tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda butuh fitur kompleks, maka perlu waktu lebih lama dalam menerapkan sistemnya.
Fleksibel untuk Anda kustomisasi dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis
Skalabilitas sistem mendukung perkembangan usaha Anda
Tersedia opsi demo gratis untuk Anda coba
Layanan pelanggannya cepat dan responsif

Tahukah Anda jika mulai hari ini, Anda dapat mencoba demo gratis contact center software terbaik di Indonesia? Ketahui bagaimana contact management system kami bekerja dan temukan bagaimana kemudahan mengelola pelanggan bisnis dapat menunjang ekspansi usaha Anda di masa depan. Coba demo gratis Equip sekarang.

2. Zendesk Sell

Vendor ini merupakan solusi software manajemen pengelola kontak untuk penjualan dengan berbagai tools manajemen kontak. Zendesk call center software mengedepankan fitur-fitur canggihnya yang dapat membantu Anda melakukan ekspansi bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa fitur tersebut meliputi:

  • Contact database;
  • Lead capture;
  • Sales pipeline; dan
  • Performance metrics.
Pros Cons
Integrasi yang mudah dengan aplikasi bisnis lain Dukungan pelanggannya tidak optimal
Antarmuka pengguna yang ramah Kurva pembelajaran yang tinggi bagi pengguna baru
Sistem laporannya sudah komprehensif Terbatas dalam melacak interaksi konsumen secara mendetail
Kurangnya fitur kustomisasi, sehingga sulit menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda yang unik

3. HashMicro

management contact hashmicro

Salah satu vendor perangkat lunak manajemen kontak di Indonesia adalah HashMicro. Memiliki rekam jejak profesional yang mumpuni, HashMicro customer value management menawarkan fitur-fitur komprehensif yang cocok bagi perusahaan berskala menengah ke atas. Beberapa di antaranya, yaitu:

  • Revenue forecasting: Meningkatkan akurasi estimasi pendapatan dari setiap prospek dengan memprioritaskan prospek yang lebih efisien.
  • Call logging management: Menyimpan interaksi dalam panggilan telepon untuk memperdalam pemahaman terhadap kebutuhan prospek dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.
  • Email marketing management: Manajemen kampanye email sesuai segmentasi prospek atau pelanggan yang spesifik.
  • Sales pipeline management: Sesuaikan pipeline penjualan agar selaras dengan preferensi unik bisnis serta memastikan pengelolaan yang efisien dan maksimal.
Pros Cons
Integrasi yang kuat dengan sistem CRM dan ERP Software ini lebih cocok untuk perusahaan berskala menengah ke atas (enterprise) karena fiturnya yang beragam dan kompleks
Analisis data kontaknya mendalam
Kemampuan kustomisasinya tinggi dan fleksibel
User interface-nya sangat mudah dipahami

4. Contact Boss

Contact manager software ini menyediakan fitur quick create, sehingga pengguna dapat meng-input kontak baru dengan cepat. Dengan ini, Contact Boss membuat alur kerja Anda menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Selain itu, terdapat beberapa fitur unggulan lain dalam aplikasi ini, meliputi:

  • Search bar;
  • Manajemen kontak; dan
  • Hapus duplikat kontak otomatis
Pros Cons
Kemudahan integrasi Fitur analitik laporannya kurang mendalam
Antarmuka penggunanya interaktif Kustomisasi masih terbatas
Dukungan pelanggan Contact Boss responsif Kinerja sistem yang inkosisten di berbagai perangkat
Meskipun tersedia, fitur otomatisasi Contact Boss masih kurang lengkap

5. Hubspot

Aplikasi database customer dari Hubspot dapat memperbarui kontak secara otomatis pada database. Fitur ini dapat membantu Anda mengelola interaksi secara personal. Customer database software ini juga bisa Anda manfaatkan untuk beberapa pengelolaan tugas dengan menggunakan fitur sebagai berikut:

  • Manajemen dukungan;
  • Penjadwalan tugas; dan
  • Analisis prospek mendalam.
Pros Cons
Terintegrasi dengan software CRM Terbatasnya kustomisasi spesifik
Mampu mengakses data kontak secara real-time Dukungan pelanggan masih menjadi tantangan
Hasil laporannya komprehensif Sulit terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga
Kompleksitas fitur lanjutan membuat pengguna butuh waktu untuk dapat mengoperasikannya

6. Koneksi

management contact koneksi

Koneksi adalah vendor contact manager software asal Indonesia yang berfokus pada penyederhanaan proses bisnis berskala menengah ke atas. Customer relationship management dari Koneksi menjadi pilihan pebisnis tangguh di Indonesia karena adanya fitur-fitur yang mumpuni. Beberapa diantara fitur canggih dari Koneksi adalah:

  • Online access on mobile apps: Mengelola data prospek dan pelanggan dengan mudah dan cepat dari berbagai perangkat.
  • WhatsApp channel management: Meningkatkan efisiensi komunikasi antara tim penjualan dan calon pelanggan.
  • In-depth marketing analysis: Laporan komprehensif dan akurat mencakup email marketing, layanan bantuan, hingga aktivitas penjualan.
  • End-to-end marketing process: Mengoptimalkan proses pemasaran dari manajemen lead hingga pengambilan keputusan di bagian akhir.
Pros Cons
Integrasi yang kuat dengan CRM dan ERP Meskipun menyediakan demo gratis, antrean untuk mencoba sistem Koneksi dapat memakan waktu karena antreannya yang panjang
Otomatisasi platform komunikasi yang membantu information delivery tanpa kesalahan
Analisis data kontak mendalam untuk menemukan leads yang paling potensial
Kemampuan kustomisasinya tinggi

7. Streak

Jika membutuhkan software untuk manajemen kontak yang bersinergi dengan Gmail, Streak CRM dapat Anda jadikan salah satu opsi terbaik. Ini adalah tools yang menyajikan data siapa saja yang berinteraksi dengan bisnis Anda. Beberapa fitur unggulan Streak adalah:

  • Riwayat interaksi yang mumpuni;
  • Integrasi yang kuat dengan Gmail; dan
  • Manajemen tugas.
Pros Cons
Kemampuan integrasinya sudah baik Terbatas untuk pengguna Google Workspace
Mudah berbagi email secara otomatis Fitur pemasaran terbatas di email saja
Pengaturan dalam sistemnya efisien Alat analitiknya masih lemah
Dukungan pelanggan masih terbatas

8. ActiveCampaign

Ini merupakan software manajemen pengelola kontak untuk membantu pengguna melakukan personalisasi terhadap pesanan, mengotomatiskan alur kerja dan mengelompokkan populasi pelanggan. Software ini memiliki beberapa fitur andalan, seperti:

  • Search bar;
  • Pengelolaan tag;
  • Sinkronisasi database; dan
  • Sunting massal.
Pros Cons
Mudah pengguna gunakan Kurva pembelajarannya sangat curam
Otomatisasi pemasaran yang canggih Jumlah template laporannya terbatas
Manajemen kontaknya efektif Fitur CRM masih terlalu general
Terdapat banyak bug yang mengganggu operasional

9. Pipedrive

Merupakan aplikasi pengelola kontak yang berguna untuk tim penjualan, berfokus terhadap manajemen kontak dan perolehan prospek. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup komprehensif dan krusial dalam dunia CRM. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pengumpulan data kontak;
  • Personalisasi interaksi; dan
  • Pembuatan laporan berdasarkan KPI tracking.
Pros Cons
Integrasi yang kuat dengan aplikasi layanan Alat pemasarannya kurang komprehensif
Otomatisasi penjualan Proses implementasinya rumit
Manajemen kontak yang efisien Dukungan pelanggan yang terbatas
Kurang cocok untuk perusahaan besar karena keterbatasan fitur

10. Total ERP

management contact total

Total ERP menjadi salah satu vendor contact management software terbaik di indonesia. Hal dikarenakan setiap output yang dihasilkan software Total telah mematuhi regulasi pemerintah di Indonesia. Dampaknya, hasil laporan dari sistem Total dapat Anda gunakan dan pertanggungjawabkan sepenuhnya. Berikut adalah fitur-fitur unggulan Total ERP:

  • CRM mobile apps: Anda mudah mengakses informasi melalui gawai kapan saja dan dimana saja.
  • Sales pipeline management: Berfungsi untuk mengetahui kondisi perusahaan secara real-time.
  • Mass mailing marketing: Mengirim beberapa email dan pesan promosi tanpa pindah layar.
  • Online leads management: Anda dapat mengelola dan melihat email dan formulir prospek dalam satu platform terintegrasi.
Pros Cons
Kemudahan kustomisasi Antrean demo gratis sistemnya cukup lama jika terjadi permintaan yang tinggi
Layanan pelanggan yang responsif dan informatif
Menyediakan demo gratis
Skalabilitas sistemnya fleksibel

11. Freshworks

Secara singkat, Freshworks termasuk sistem manajemen kontak customer yang memungkinkan keterlibatan pelanggan secara intuitif dengan tampilan antarmuka yang sederhana. Anda bisa mendapatkan beberapa fitur unggulan dari Freshworsks, seperti:

  • Manajemen kontak terpusat
  • Info kontak
  • Profil sosial; dan
  • Update aktivitas terbaru.
Pros Cons
Fleksibel dalam hal penilaian kontak Antarmukanya tidak cukup intuitif
Menyimpan informasi kontak pelanggan dengan cukup komprehensif Integrasi sistemnya masih terbatas
Dashboard manajemen masih sulit dipahami dan digunakan

12. BIGContacts

Di sisi lain, BIGContacts merupakan aplikasi CRM intuitif dan bersifat user-friendly dan menawarkan otomatisasi. Software ini memungkinkan pengguna melakukan beberapa tindakan manajemen kontak pelanggan dengan fitur-fitur berikut ini:

  • Pelacakan detail kontak; dan
  • Cek riwayat transaksi menggunakan platform yang sama.
Pros Cons
Ruang penyimpanan data kontak yang besar Belum didukung dengan teknologi AI
Terdapat reminder tugas Opsi integrasinya masih terbatas
Template laporan sudah tersedia dan bisa Anda sesuaikan Kurva pembelajarannya cukup tinggi
Otomatisasi pesan promosi masih mengalami tantangan

13. Nextiva

Merupakan program manajemen kontak untuk melayani klien pada perusahaan atau usaha kecil. Nextiva memiliki kemampuan voicemail to email, aplikasi seluler dan antrian panggilan. Selain itu, terdapat beberapa fitur Nextiva yang patut Anda pertimbangkan, seperti:

  • Manajemen panggilan;
  • Analitik dan pelaporan;
  • Otomatisasi email; dan
  • Manajemen reminder atau pengingat.
Pros Cons
Penanganan pesan dan panggilan terorganisir Terdapat berbagai biaya tambahan
Kolaborasi fiturnya optimal Informasi lokasi terbatas untuk panggilan darurat
Terstandarisasi ROI Butuh internet tinggi untuk menggunakan sistem ini
Perlu adanya penggunaan router dan switch

14. Nimble

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh kontak pelanggan melalui satu sistem terpadu. Kontak di tampilan sistem Nimble secara komprehensif, meliputi detail nama, alamat, dan nomor telepon. Fitur-fitur Nimble mencakup:

  • Pelacakan aktivitas tim;
  • Mengelola proses penjualan bisnis; dan
  • Manajemen kontak yang mudah diatur.
Pros Cons
Integrasi yang baik dengan email Antarmuka yang membingungkan pengguna baru
Tersedia penyimpanan kontak yang besar Aplikasi selulernya tidak sebaik web-based
Analisis profilnya akurat Fitur laporannya kurang komprehensif

15. Qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi yang berfokus membantu Anda dalam mengelola informasi data pelanggan dalam satu dashboard terpadu. Vendor ini cukup dikenal di kalangan pebisnis lokal di Indonesia. Salah satu alasannya adalah Qontak memiliki fitur yang mumpuni, seperti:

  • Text to speech;
  • Dashboard dan custom reports;
  • Manajemen SLA; dan
  • Ticketing system.
Pros Cons
Kemampuan integrasinya sangat baik Pengelolaan data menghadapi tantangan signifikan
Fitur GPS-nya mudah digunakan Dukungan pelanggan masih butuh peningkatan
Butuh waktu dalam implementasi sistemnya
Sinkronisasi data antar platform masih terjadi keterlambatan

Fitur Penting Contact Management Software yang Harus Anda Miliki

fitur penting contact management software

Dari banyaknya opsi sistem manajemen kontak di atas, utamanya, terdapat tujuh fitur penting yang perlu Anda perhatikan. Tujuh fitur ini harus ada dalam sistem agar bisnis Anda benar-benar dapat berkembang secara signifikan.

Fitur Penting Fungsi
Membuat daftar dan segmentasikan kontak Menyortir kontak sesuai dengan lokasi, industri, dan lainnya agar dapat mempersonalisasi trik pemasaran
Pencarian dan filter Mempermudah Anda untuk menemukan dan mencari informasi kontak sesuai kebutuhan
Analisis data Menganalisis data dan menampilkan grafik atau laporan untuk memahami tren dan strategi bisnis
Entri data otomatis Meringankan tugas admin agar dapat mengerjakan tugas yang lebih penting dengan otomasi email marketing
Kolaborasi Memungkinkan Anda untuk memberikan informasi dan catatan kepada tim dengan mudah
Integrasi dengan aplikasi lain Software yang baik terintegrasi dengan CRM, email, dan media sosial agar efisiensi bisnis Anda semakin optimal
Impor ekspor data mudah Mengimpor data kontak dari Microsoft Excel, CSV, atau lainnya agar proses input lebih cepat dan akurat

Kesimpulan

Contact management software membantu bisnis Anda berkembang bersama dengan kepuasan pelanggan dan retensi pembelian yang meningkat. Dari 15 vendor aplikasi database customer di atas, Equip menjadi pilihan solusi yang patut Anda pertimbangkan.

Equip menawarkan fitur-fitur komprehensif yang jarang dimiliki oleh sistem lainnya. Selain itu, Anda memiliki kesempatan untuk mencoba demo gratis sistemnya mulai dari hari ini. Anda tidak perlu keluar dana tambahan untuk mengetahui bagaimana aplikasi kontak terbaik beroperasi. Cobalah demo gratis dari EQUIP atau terhubung dengan tim expert-nya untuk informasi lebih lanjut.

CRM
Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now