10 Strategi Bisnis Fashion dengan Bantuan Software CRM

Fashion merupakan salah satu industri yang terus berkembang di seluruh dunia. Bisnis fashion tidak hanya melibatkan pakaian, tetapi juga aksesoris, sepatu, dan berbagai produk lain. Saat ini, bisnis ini telah menjadi industri yang sangat kompetitif dan penuh tantangan sehingga memerlukan strategi khusus.

Untuk mengembangkannya, pelaku bisnis perlu menerapkan strategi marketing yang tepat. Strategi marketing ini penting untuk dapat menjangkau pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Salah satu caranya dengan menggunakan software CRM. Berikut tips mengoptimalkan bisnis fashion Anda:

bisnis fashion adalah

Lakukan Riset Pasar untuk Mengetahui Kebutuhan dan Keinginan Customer

Riset pasar adalah proses penting bagi bisnis fashion untuk memahami kebutuhan konsumen serta tren pasar yang berkembang. Terdapat beberapa metode riset pasar yang dapat dilakukan, seperti survei konsumen, analisis tren, data penjualan, dan focus group discussion (FGD). Survei konsumen dapat membantu bisnis fashion memperoleh informasi langsung tentang kebutuhan konsumen. 

Analisis tren membantu bisnis memahami tren yang sedang berkembang di pasar, seperti tren fashion terbaru di media sosial dan kebiasaan konsumen. Data penjualan dapat memberikan informasi tentang produk mana yang paling diminati oleh konsumen. Sedangkan FGD membantu bisnis fashion untuk memperoleh pandangan langsung dari konsumen tentang produk yang sedang proses pengembangan.

Tentukan Segmentasi Pasar yang Ingin Anda Sasar

penjualan baju

Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang serupa. Dalam bisnis fashion, segmentasi pasar penting dilakukan untuk menentukan target pasar yang tepat untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini akan memberikan output yang baik bagi bisnis fashion.

Bisnis perlu memperhatikan faktor demografi konsumen, kebutuhan konsumen, gaya hidup konsumen, serta perilaku konsumen. Setelah melakukan riset pasar, bisnis dapat melakukan segmentasi pasar untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan konsumen. Dengan melakukan segmentasi pasar yang tepat, bisnis dapat menghasilkan produk yang lebih relevan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Bangun Brand Image yang Kuat dan Sesuai dengan Value Bisnis Anda

Membangun brand image yang kuat merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis fashion. Brand image yang kuat dapat membedakan bisnis dari pesaingnya dan memperkuat citra positif dimata konsumen. Oleh karena itu, perlu strategi dalam membangun brand image bagi bisnis Anda sehingga akan meningkatkan penjualan.

Untuk membangun brand image yang kuat, bisnis fashion perlu memiliki ciri khas yang unik, seperti model, desain, kualitas, bahan, dan harga. Selain itu, juga perlu memiliki identitas yang jelas dan konsisten dalam hal penamaan, logo, dan warna pada setiap produknya. Selain itu, dengan cara memperhatikan kualitas pelayanan, kecepatan pengiriman produk, serta interaksi dengan konsumen melalui media sosial.

Baca juga: 5 Software dan Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia 2023

Buat Akun Sosial Media untuk Promosi

penjualan baju

Akun sosial media dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis fashion. Dalam memilih platform sosial media yang tepat karena bisnis perlu memperhatikan karakteristik target pasar dan preferensi konsumen. Beberapa platform sosial media yang sering digunakan dalam promosi bisnis fashion antara lain Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Instagram

Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer dan efektif untuk mempromosikan bisnis fashion. Platform ini memungkinkan bisnis fashion untuk menampilkan foto produk secara visual dan menarik perhatian konsumen dengan estetika yang menarik. Manfaatkan juga fitur Instagram seperti Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram Reels untuk memperluas jangkauan promosi.

Facebook 

Selain Instagram, Facebook juga merupakan platform media sosial yang efektif untuk mempromosikan bisnis fashion. Facebook memungkinkan bisnis fashion untuk membagikan foto produk, video, dan konten promosi lainnya kepada audiens yang lebih luas. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Facebook Live untuk memperluas jangkauan promosi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen.

TikTok 

TikTok adalah platform media sosial yang populer di kalangan masyarakat muda, dan dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis fashion. Dengan menggunakan TikTok, bisnis fashion dapat membuat video yang menarik dan kreatif untuk menunjukkan produk mereka dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Selain itu, perlu untuk menggunakan fitur TikTok live untuk melakukan penjualan dengan menerapkan diskon.

Buat Foto Produk yang Menarik dan Deskripsikan Keunggulan Produk Anda

Foto produk yang menarik dan deskripsi keunggulan produk yang baik sangat penting dalam bisnis fashion. Foto produk yang menarik akan memikat perhatian calon konsumen dan menunjukkan produk secara visual. Sedangkan, deskripsi keunggulan produk dapat menjelaskan manfaat ketika membeli produk tersebut. 

Dengan membuat foto produk yang menarik, menggambarkan keunggulan produk, dan menggunakan caption dan hashtag yang tepat, bisnis dapat membangun brand image yang kuat. Hal ini akan menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk mereka. Oleh karena itu, penggunaan foto produk yang menarik dan deskripsi keunggulan produk yang baik dapat membantu meningkatkan penjualan. 

Buat Website dan Toko Online yang Terintegrasi dengan Berbagai Platform yang Anda Gunakan

Membangun website dan toko online yang terintegrasi dengan berbagai platform adalah strategi yang penting untuk meningkatkan eksposur dan penjualan dalam bisnis fashion. Dalam dunia digital, website dan toko online adalah sarana yang penting untuk menjangkau konsumen potensial. Dengan memiliki website dan toko online, bisnis dapat memaksimalkan potensi penjualan mereka dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Dalam website dan toko online, bisnis fashion harus menampilkan foto produk yang menarik, deskripsi yang jelas, dan harga yang kompetitif. Selain itu, proses pembayaran yang mudah dan aman juga sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Integrasi dengan platform lain seperti Instagram dan Facebook dapat memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk mereka lebih luas sehingga semakin memperbesar jangkauan pasar.

Jual Produk Anda Melalui E-commerce

Penjualan produk fashion melalui e-commerce adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. E-commerce memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mempermudah konsumen untuk membeli produk secara online. Oleh karena itu, bisnis harus memastikan bahwa mereka memilih platform e-commerce yang tepat sehingga memiliki target pasar yang sesuai.

Ciri Bisnis fashion yang baik adalah menampilkan produk mereka dengan menarik dan informatif. Oleh karena itu, Foto produk yang jelas dan deskripsi produk yang detail akan membantu konsumen memutuskan untuk membeli produk. Selain itu, menyediakan variasi ukuran dan warna produk juga dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli.

Buat Promosi dan Iklan Menarik yang Terpersonalisasi

penjualan baju

Dalam upaya meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar, promosi dan iklan perlu dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan retargeting melalui media sosial dan mesin pencari. Dalam retargeting, iklan akan ditampilkan secara otomatis kepada orang yang pernah mengunjungi situs web atau halaman toko online kita sebelumnya. 

Selain itu, dapat juga memanfaatkan data dan analisis untuk membuat iklan dan promosi yang lebih personalisasi. Misalnya dengan memberikan voucher atau diskon secara khusus atau menampilkan iklan yang berkaitan dengan produk yang pernah mereka beli sebelumnya. Semakin menarik dan konsisten dalam melakukan promosi, semakin tinggi pula potensi untuk meningkatkan penjualan karena promosi merupakan strategi untuk itu.

Gunakan Jasa Influencer dan Selebgram

Pemanfaatan jasa influencer dan selebgram dalam strategi promosi bisnis fashion adalah salah satu cara populer dan efektif. Hal ini karena kepopuleran influencer dan selebgram di media sosial yang mampu menjangkau audiens yang sangat luas dan beragam. Selain itu, influencer dan selebgram juga memiliki pengikut yang loyal dan terkadang sangat mengidolakan mereka.

Pastikan bahwa influencer atau selebgram tersebut memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar kita. Misalnya, jika kita menjual produk fashion dengan target pasar remaja, maka pilihlah influencer atau selebgram yang memiliki audiens yang mayoritas merupakan remaja. Hal ini untuk mengoptimalkan biaya iklan iklan dengan output iklan yang dihasilkan karena biaya iklan harus sesuai dengan hasilnya.

Efisiensikan Pembuatan Strategi Marketing Anda dengan Software CRM

Sebagai bisnis yang dinamis, bisnis fashion adalah bisnis yang memerlukan sebuah software dalam pengelolaannya. Customer relationship manager atau CRM dapat membantu dalam mengumpulkan informasi penting tentang pelanggan, seperti preferensi fashion, ukuran, warna, dan lainnya. Dengan memanfaatkan data ini, bisnis fashion dapat mengirim pesan pemasaran yang personal dan sesuai dengan preferensi pelanggan.

Selain itu, CRM juga dapat membantu bisnis dalam mengatur kampanye email dan melacak penjualan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, bisnis dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan retensi pelanggan. Mengotomatiskan strategi marketing melalui software CRM merupakan salah satu cara efektif untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan keuntungan dalam bisnis.

Kesimpulan

Bisnis fashion merupakan industri yang berkembang dan memiliki peluang besar. Namun, dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, bisnis  perlu memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran yang tepat untuk mengoptimalkan peluang bisnis. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah software CRM, yang dapat membantu bisnis fashion untuk mengotomatiskan.

bisnis fashion

Perlu pertimbangan yang matang dalam memilih software CRM untuk benar-benar sesuai bagi bisnis Anda. Salah satu sistem yang mampu untuk membantu bisnis fashion adalah dengan menggunakan software CRM dari EQUIP. Coba demo gratis dari kami untuk mencoba kemudahannya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now