Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

Brand image merupakan salah aspek penting bagi sebuah bisnis karena sangat berpengaruh dengan keputusan pembelian konsumen. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Semakin baik brand image dari sebuah produk maka konsumen akan lebih tertarik kepada produk dan jasa yang Anda tawarkan. Anda juga dapat menggunakan software CRM unggulan untuk menarik minat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba membangun brand image yang paling menarik dengan menggunakan jasa brand ambassador. 

Saat ini persaingan dalam dunia bisnis semakin tinggi yang membuat Anda harus mampu berkompetisi agar tidak kehilangan pelanggan. Dalam upaya mempertahankan pelanggan, Anda dapat menggunakan software CRM terbaik dan menggunakan brand ambassador yang sesuai dengan nilai produk bisnis Anda. Penggunaan software CRM yang lengkap akan memudahkan Anda mengelola pelanggan dan penjualan secara otomatis. Selain itu, dengan adanya fitur loyalty program dalam software CRM EQUIP, Anda dapat memanjakan pelanggan dan membuat segmentasi pelanggan untuk menghadirkan loyalty program yang terpersonalisasi. Hal tersebut dapat membuat pelanggan merasa bahwa mereka teristimewakan oleh Anda. 

brand ambassador

Daftar Isi

Pengertian Brand Ambassador

Brand ambassador (BA) merupakan individu atau kelompok yang biasanya menjadi ‘wajah utama’ dalam mempromosikan sebuah brand/produk dengan mendukungnya dalam bentuk aktivitas yang sesuai dengan identitas dan nilai perusahaan. Pada umumnya, mereka memiliki tujuan untuk membuat masyarakat semakin aware atau mengenali sebuah produk atau brand yang bekerjasama dengannya. Biasanya sebuah perusahaan yang memiliki rencana promosi yang besar akan bekerjasama dengan seseorang atau kelompok tertentu untuk mempromosikan produknya, orang-orang inilah yang biasanya dikenal dengan brand ambassador. 

Biasanya perusahaan akan mengajak selebriti, influencer atau individu yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan nilai perusahaan untuk menjadi brand ambassador-nya. Namun, ternyata perusahaan tidak bisa sembarangan dalam memilih seseorang untuk mempromosikan bisnisnya. Akan lebih baik orang tersebut sesuai dengan identitas dan nilai dari perusahaan yang akan mereka promosikan. Karena mereka harus benar-benar mewakili brand/perusahaan pada acara-acara tertentu. 

Misalnya, jika sebuah brand yang berfokus terhadap produk kecantikan, maka orang yang cocok untuk mempromosikannya bisa dari kalangan selebriti atau influencer yang berparas cantik dan merawat kulitnya dengan baik, contohnya yaitu Tasya Farasya. Sehingga nantinya berbagai aktivitas kampanye yang dilakukannya sesuai dengan yang perusahaan inginkan. 

Baca juga: UCG adalah Strategi Konten untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Pentingnya Brand Ambassador

Jenis-jenis brand ambassador

Banyak perusahaan yang telah merasakan dampak nyata dari menggandeng para influencer untuk mempromosikan bisnisnya. Penggunaannya juga dapat membentuk penilaian positif dari masyarakat terhadap produk perusahaan. Selain hal-hal tersebut, berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya BA bagi perusahaan. 

  • Melindungi reputasi perusahaan 

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti Anda pernah mengalami naik turun. Nah, pada saat bisnis Anda turun karena terdapat isu negatif terkait produk,mereka dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Mereka akan memberikan pengalaman positif kepada brand yang mampu menaikkan kembali nama baik perusahaan.

  • Membantu perusahaan tumbuh

Penilaian positif dari mereka akan memberikan pengaruh yang signifikan dalam penjualan dan pengetahuan produk bagi masyarakat. Mereka biasanya memiliki banyak audiens yang loyal dan mudah terpengaruh dengan apa yang mereka rekomendasikan.

  • Mampu meningkatkan traffic ke situs perusahaan

Saat mempromosikan produk dalam sosial media biasanya mereka akan menyertakan backlink dan referensi menuju situs dari perusahaan. Audiens mereka pasti akan mengklik link tersebut baik untuk melihat atau bahkan langsung melakukan pembelian. Hal tersebut akan meningkatkan traffic ke situs perusahaan sehingga akan banyak masyarakat yang lebih mengenal produk Anda.

Baca juga: CV ATS: Hal Penting yang Mampu Membantu Anda Mendapatkan Karir yang Baik

Jenis-jenis Brand Ambassador

Semua brand ambassador bertugas untuk mempromosikan produk dan menjadi wakil dari perusahaan namun ternyata brand ambassador terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini merupakan beberapa jenisnya: 

1. College brand ambassador

College brand ambassador merupakan siswa yang mempromosikan produk dan layanan perusahaan kepada sesama siswa. Mereka dapat mensponsori suatu brand di dalam atau di luar kampus dengan membagikan souvenir gratis, memasang poster perusahaan, menyelenggarakan acara promosi, mengunggah konten atau campaign perusahaan ke sosial media. Tipe ini sangat sesuai untuk barang yang memiliki target demografis siswa di universitas yang kebanyakan berusia antara 18-25 tahun. Salah satu brand yang menggunakannya yaitu brand jilbab Rabbani, mereka menggandeng para siswa SMA untuk mempromosikan produknya melalui campaign yang diunggah di sosial media para siswa.

2. Influencer brand ambassador

Dalam jenis ini perusahaan akan bekerja sama dengan seseorang yang memiliki pengaruh besar seperti influencer, yang akan menjadi BA perusahaan Anda. Saat melakukan kerja sama, influencer akan mengunggah konten bersponsor secara konsisten selama periode tertentu sesuai kontrak yang telah disepakati. Timbal baliknya, seorang influencer akan memperoleh pendapatan dan produk gratis yang bertujuan untuk keperluan promosi. 

Perusahaan harus teliti dalam memilih influencer, pilihlah individu yang memiliki suara yang banyak masyarakat dengar dan value yang sesuai dengan perusahaan. Karena pengaruhnya yang luas, bentuk kerjasama ini terbilang ketat. Dalam melakukan tugasnya, mereka akan diarahkan langsung oleh tim Customer Relationship Management (CRM) perusahaan. Efisiensikan tugas tim dengan bantuan software CRM terbaik yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda.

how to be a BA
Source: freepik.com

3. Affiliate brand ambassador

Brand ambassador jenis ini menggunakan affiliate marketing atau pemasaran afiliasi yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Saat melakukan kolaborasi ini, perusahaan akan menjalin kerjasama dengan seseorang, biasanya blogger atau influencer untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dari perusahaan. Untuk imbalannya, mereka akan menerima komisi setiap kali seseorang berhasil melakukan pembelian melalui tautan tersebut. 

Program ini merupakan metode terbaik untuk meningkatkan penjualan karena perusahaan hanya perlu membayar afiliasi saat para BA berhasil melakukan penjualan. Metode ini juga sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Salah satunya yaitu sebuah startup, Shopee, melakukan metode ini melalui shopee affiliate. 

Baca juga: Affiliate Marketing: Bisnis yang Menguntungkan Saat ini

4. Informal brand ambassador

Dalam tipe ini, siapa saja yang menyukai produk atau layanan perusahaan Anda dapat mempromosikan bisnis Anda. Kebanyakan dari mereka biasanya berawal dari penggemar fanatik suatu brand tertentu yang secara sadar dan bebas mempromosikan produk dari brand tersebut kepada orang lain. Tipe ini merupakan hasil dari kepuasaan pelanggan terhadap layanan atau produk perusahaan. Dalam program ini tidak ada perjanjian formal dan biasanya tidak ada pembayaran yang diberikan kepada BA tersebut untuk melakukan promosi. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Ambassador

Jika Anda tertarik untuk menjadi brand ambassador maka Anda harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab utamanya:

  • Memahami visi dan misi perusahaan.
  • Mewakili brand secara positif dalam berbagai bentuk.
  • Membantu pembuatan konten, seperti menulis artikel blog, review, dan caption.
  • Berpartisipasi dalam event marketing.
  • Bekerja bersama tim sales dan marketing untuk mengkonsepkan strategi campaign.
  • Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing
  • Membangun opini positif tentang produk atau jasa baru. 
  • Memberikan insight dan saran tentang produk atau jasa baru.
  • Mempromosikan brand melalui akun media sosial.
  • Menjaga hubungan baik dengan vendor atau orang yang menjual produk atau layanan perusahaan.
  • Memonitor feedback dari konsumen dan komplain ke departemen marketing perusahaan. 

Bisa Anda pahami bahwa tugas dan tanggung jawab seorang brand ambassador tidaklah mudah karena mereka menjadi citra utama dari sebuah brand. Mereka harus benar-benar menjaga diri untuk menggambarkan nilai dari perusahaan. 

Baca juga: Prospek Karir Influencer Marketing Tahun 2022

Tips Sukses Perusahaan dalam Memilih Brand Ambassador

Tips Sukses Perusahaan dalam Memilih BA

Sebagai pemilik bisnis Anda pasti tidak mau salah dalam memilih brand ambassador. Agar benar-benar memberikan hasil dan pengaruh yang positif dan nyata bagi perusahaan, maka Anda harus memilih dan menunjuk orang yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilihnya

1. Profil yang relevan

Seorang brand ambassador harus memiliki banyak audiens yang bisa mereka pengaruhi. Mereka perlu memiliki profil yang layak untuk memastikan brand mendapatkan reach dan awareness. Indikator terpenting yang harus Anda perhatikan yaitu relevansi. Pastikan bahwa mereka relevan dengan nilai dan target pasar perusahaan. 

2. Reputasi brand ambassador

Anda harus mengetahui apa yang orang pikirkan dan katakan tentang calon brand ambassador Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana respon dan perasaan audiens tentang brand nantinya dan bagaimana mereka akan melakukan peran  yang tepat. Pilih individu yang memiliki reputasi baik dimata masyarakat.

3. Kredibilitas dan profesionalitas brand ambassador

Kredibilitas merupakan hal yang tak kalah penting. Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan audiens terhadap brand ambassador Anda. Lakukanlah riset apakah calon influencer Anda juga pernah bekerja sama dengan merek sejenis lainnya dan bagaimana pengaruhnya. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda mengetahui apa saja yang akan menghalangi atau membatasi efektivitas peran brand ambassador tersebut.

4. Faktor X yang unik dan menarik

Seorang yang menjadi wajah perusahaan harus memiliki kemampuan yang unik dan menarik untuk membuat orang lain tertarik dan memperhatikannya. Oleh karena itu, carilah seseorang yang benar-benar dikagumi oleh para pelanggan Anda. Sehingga akan mendatangkan dampak positif baik kenaikan traffic atau penjualan produk Anda. 

5. Kepercayaannya terhadap brand

Dalam memilih seseorang untuk mempromosikan bisnis Anda, pastikan bahwa mereka percaya terhadap brand bahkan apabila perlu mereka memakai produk tersebut. Karena mereka harus mengkomunikasikan merek tersebut dengan tulus dan konsisten. Sehingga pelanggan dapat melihat hubungan alamiah antara merek dan brand lebih dari sekedar bisnis.

Baca juga: Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan terkait brand ambassador mulai dari pengertian, jenis-jenisnya hingga bagaimana cara memilih brand ambassador yang tepat. Brand ambassador merupakan seorang individu atau kelompok yang perusahaan percayai untuk memasarkan produk atau jasanya yang mereka pilih. Pilihlah seseorang yang memiliki reputasi yang baik dan sesuai dengan nilai perusahaan sehingga akan mendatangkan banyak pelanggan baru bagi Anda. Membuat pelanggan agar terus loyal memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan software CRM EQUIP agar Anda dapat memahami perilaku, kebutuhan, dan keinginan pelanggan sehingga dapat mendatangkan leads atau penjualan dalam bisnis Anda. Selain itu, software CRM terbaik ini juga bisa mendukung brand ambassador dalam melakukan berbagai macam promosi dan penawaran untuk mendatangkan leads pada bisnis. 

brand ambassador

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Banyaknya manfaat dari software EQUIP pasti membuat Anda tertarik untuk mengimplementasikan dalam bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis dengan kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan penggunaan software EQUIP untuk efisiensikan bisnis Anda.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA