Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

Saat Anda ingin memulai sebuah bisnis atau pun mengekspansi bisnis, hal yang harus Anda lakukan sebelumnya yaitu riset pasar. Riset pasar akan memberikan manfaat bagi Anda agar mendapatkan gambaran dan pemahaman yang lebih baik tentang pasar atau target market, serta memastikan bahwa perusahaan Anda tetap terdepan dalam persaingan. Di era digital ini, riset pasar dapat dilakukan menggunakan sebuah tools yang bernama Google Trends.

Setelah melakukan riset pasar, Anda dapat menggunakan bantuan software ERP terbaik untuk mengefisiensikan bisnis Anda. Hal ini akan mendukung agar bisnis Anda memiliki daya saing dibandingkan dengan kompetitor. Software ERP yang terintegrasi ini dapat mengembangkan bisnis tanpa batas. Software ERP EQUIP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda dan memiliki pengguna tanpa batas. Segera tingkatkan efisiensi manajemen bisnis Anda ke level tertinggi dengan sistem ERP terlengkap. 

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai Google Trends yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

google trends

 

Apa Itu Google Trends?

Sumber: google trends

Google Trends merupakan layanan Google yang menyediakan data serta grafik terkait tingkat popularitas yang sedang terjadi di dalam halaman pencarian atau mesin pencarian pada Google. Layanan ini sebenarnya telah ada sejak tahun 2006 hingga sekarang dan terus mengalami pengembangan. Layanan ini dapat menampilkan hasilnya menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga akan sistem ini tampilkan dan juga dapat Anda gunakan untuk riset keyword.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mencari keyword yang banyak pengguna gunakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan kinerja antara setiap keyword, sehingga Anda bisa memilih keyword yang paling tepat. Hal penting lainnya dari layanan ini adalah tampilan yang sangat sederhana sehingga memudahkan akan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Layanan ini juga bisa Anda gunakan secara gratis sehingga akan meminimalisir biaya yang harus Anda keluarkan. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

 

Panduan dalam Menggunakan Google Trends

Setelah mengetahui pengertian dan sedikit gambaran dari Google Trends, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaannya. Layanan ini bisa Anda gunakan untuk kepentingan pemasaran yang beragam. Biasanya banyak orang yang menggunakan layanan ini untuk kepentingan SEO dan konten pemasaran. 

Namun, banyak juga yang menggunakan tools ini untuk mencari inspirasi dalam membuat kampanye iklan baik yang bertujuan untuk mendapatkan profit atau sosial. Karena, layanan ini mampu menangkap apa saja yang sedang menjadi tren atau menjadi perbincangan masyarakat. Lalu, berikut ini merupakan cara menggunakannya

  • Buka situs

Klik disini untuk membuka situs Google Trends

  • Ubah lokasi 

Ubahlah lokasi sesuai dengan trend di daerah mana yang ingin Anda ketahui atau yang menjadi target market dalam bisnis Anda.

  • Tulis kata pencarian

Tulislah kata kunci atau keyword secara mendetail dan jelas. Setelah itu, layanan ini akan menampilkan tabel grafik tren pengguna dalam mencari kata kunci yang Anda masukkan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Dari hasil tersebut Anda dapat mengembangkan konten lain dengan keyword tersebut. 

 

Bagaimana Cara Kerja Google Trends?

Google Trends adalah tools gratis yang dikembangkan oleh Google yang menunjukkan kepada pengguna seberapa sering istilah pencarian yang berbeda dimasukkan ke dalam mesin pencari Google dibandingkan dengan total volume pencarian selama periode waktu yang dipilih. Layanan ini memberikan akses kepada pengguna untuk dapat menganalisis popularitas istilah pencarian dari waktu ke waktu, menjelajahi kata kunci yang serupa, dan membandingkan seberapa populer istilah pencarian di berbagai wilayah di dunia. Google Trends juga dapat digunakan untuk menemukan lonjakan volume pencarian kata kunci yang biasanya dipicu oleh peristiwa dunia nyata. 

 

Apa Pengaruh Google Trends Untuk Bisnis Anda?

Pengaruh trends

Sekarang Anda telah mengetahui fungsi dan cara kerja Google Trends. Jika Anda telah mencoba mempraktekkannya terus menerus maka Anda akan lebih memahami fungsi bahkan pola hasil dari layanan ini. Namun, sebenarnya apa sih pengaruh Google Trends terhadap bisni Anda?

Ketika Anda berjualan di media sosial, pemasaran digital adalah aspek penting yang harus dilakukan untuk bisa meningkatkan penjualan produk. Anda harus bisa mengemas produk atau bahkan menjual produk yang memang sedang sesuai dengan tren. 

Google Trends akan memberikan beberapa keuntungan ini untuk pemasaran digital Anda:

  • Mempermudah Anda mendapatkan insight tentang apa yang konsumen inginkan.
  • Memberikan Anda pengetahuan mengenai apa yang sedang masyarakat butuhkan.
  • Membuat Anda paham bagaimana cara untuk menarik konsumen melalui isu-isu terkini.
  • Mempermudah Anda untuk mengetahui wilayah mana yang cocok untuk pemasaran digital Anda.
  • Memberi Anda informasi tentang kapan sebaiknya Anda meluncurkan iklan Anda melalui Google Ads atau melalui platform. 

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

 

Tips Menggunakan Google Trends Untuk Memprediksi Tren Bisnis secara Akurat

Riset pasar

Google Trends memiliki kemampuan untuk memberikan informasi secara lengkap. Informasi yang didapat bisa Anda gunakan untuk membuat konten yang menarik sesuai dengan keyword yang Anda pilih. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa optimis untuk menempati rangking atau posisi puncak pencarian google. 

Namun yang menjadi masalah bukan pada bagaimana cara Anda dalam membuat konten, tetapi masalahnya cenderung pada bagaimana cara Anda memandang suatu data yang diperoleh dari Google Trends. Anda harus selalu ingat bahwa yang memanfaatkan Google Trends sebagai alat analisis bukan hanya Anda saja. Banyak juga pihak lain yang memanfaatkan aplikasi ini seperti kompetitor, blogger, dan  pencari adsense. Hal tersebut akan membuat daya yang Anda peroleh juga akan sama dengan apa yang kompetitor peroleh. 

Tetapi ada faktor lain yang dapat menjadi keuntungan maupun kerugian bagi Anda tergantung bagaimana cara Anda membaca atau menganalisis data yang ada. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak semua orang bisa membaca data dengan tepat. Saat seluruh pengguna melakukan analisis dengan data yang sama, maka kemungkinan besar hasilnya akan berbeda. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola data secara bijak sebagai cara untuk menyikapi hal tersebut. Terdapat tiga tips yang bisa Anda gunakan sebagai berikut: 

  1. Identifikasi tren sesuai dengan target negara atau kategori yang sedang Anda atau perusahaan targetkan.
  2. Lakukanlah perbandingan frasa yang memiliki arti sama.
  3. Perhatikan grafiknya, apabila semakin meningkat maka peluang untuk menjadi tren juga akan terus meningkat. Namun, hal tersebut perlu Anda cermati karena bisa jadi peningkatan tren itu hanya terjadi dalam suatu waktu saja. 

 

Cara Riset Pasar dan Kompetitor di Google Trends untuk Bisnis Pemula

Riset pasar merupakan salah satu hal yang penting saat Anda akan memulai atau bahkan menjalankan sebuah bisnis. Riset pasar yang baik harus berdasarkan kenyataan yang terjadi di lingkungan sehingga dapat membantu mensukseskan bisnis Anda. Seiring perkembangan zaman, seorang pebisnis dapat melakukan riset pasar dengan lebih mudah dan metode yang sederhana. Salah satunya dengan menggunakan Google Trends. Berikut ini merupakan cara riset pasar dan kompetitor dengan menggunakan layanan Google Trends:

  1. Buka halaman
  2. Cari keyword berupa produk bisnis  yang akan Anda gunakan untuk melakukan riset 
  3. Lakukanlah analisis grafik, hasil tersebut dapat Anda gunakan untuk melihat prospek dari produk yang ingin Anda jadikan bisnis.
  4. Analisis minat berdasarkan daerah sesuai target pasar.
  5. Lakukan perbandingan dengan keyword lain agar Anda mengetahui performa keyword Anda dibandingkan dengan keyword lain. 

 

Cara Melakukan Riset Produk yang Paling Dicari Netizen

Cara riset produk yang sedang menjadi tren adalah salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang diluncurkan oleh Google yaitu Google Trends. Google Trends merupakan aplikasi yang dimiliki oleh google yang berfungsi untuk menganalisis hal apapun yang sedang terjadi saat ini. Pengguna sering menggunakan layanan ini untuk mengetahui hal apa saja yang sedang terjadi, yang sedang hits, dan ramai menjadi perbincangan netizen saat ini.

Melakukan pencarian topik atau hal yang ingin kita lihat perkembangannya saat ini, dengan memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari. Setelah itu Anda dapat membandingkan kata kunci yang anda cari dengan kata kunci lain. Data yang disajikan berupa grafik (bar chart dan line chart). Layanan ini menghasilkan angka dari angka 0 hingga 100 berdasarkan proporsi topik untuk semua pencarian yang berhubungan dengan topik terkait. Google menggunakan metodologi “Hasil pencarian sesuai dengan waktu dan query”. 

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai Google Trends yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan riset bisnis. Penggunaan layanan ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan riset pasar. Hanya dengan memasukkan keyword produk, Anda sudah dapat melihat potensi pasar yang bisa Anda jangkau. Setelah melakukan riset pasar ada baiknya Anda segera melakukan eksekusi pada rencana bisnis Anda. Agar lebih matang dalam membangun sebuah bisnis, manfaatkanlah software ERP terbaik yang akan membantu mengefisiensikan bisnis. 

Software ERP EQUIP akan mengotomatiskan berbagai aspek bisnis dan cocok untuk bermacam tipe perusahaan. Anda dapat membuat keputusan yang lebih akurat untuk manajemen bisnis perusahaan dengan menggunakan sistem ERP terunggul. Yuk tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami agar Anda dapat merasakan kemudahan mengelola bisnis menggunakan sistem ERP EQUIP. 

google trends

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA