7 Tips Memulai Bisnis Handphone dengan Software Retail

Handphone atau telepon seluler telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat. Selain dapat mencari informasi kita juga bisa berjualan melalui benda tersebut. Sehingga, tak mengherankan kalau banyak orang mulai menggandrungi bisnis handphone. Banyaknya peminat terhadap handphone mungkin akan merepotkan apabila Anda melakukan penjualan secara manual oleh sebab itu penggunaan software retail terbaik dapat membantu Anda untuk mengelola penjualan secara otomatis. Pengelolaan laporan keuangan, stok barang, penjualan di setiap cabang akan lebih mudah jika menggunakan sistem retail terintegrasi

Bisnis handphone dapat menjadi pilihan usaha yang menguntungkan, dengan modal seadanya Anda bisa membuka usaha telepon seluler bekas. Hal itu dikarenakan sampai saat ini tak sedikit orang yang mencari handphone dengan harga miring. Namun, sebelum itu Anda perlu memperhatikan kualitas dari smartphone yang akan Anda jual. Sehingga, penting sekali untuk mencari supplier yang memiliki reputasi yang baik.

Perangkat lunak retail terlengkap mampu mengelola vendor atau pemasok dengan perbandingan RFQ yakni untuk mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan spesifikasi barang atau jasa dan anggaran. Tidak hanya itu, adanya dukungan sistem tercanggih Anda bisa memberikan loyalty program kepada konsumen setia dengan software retail dari EQUIP. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis handphone, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips yang dapat berguna bagi kelancaran usaha telepon seluler:

Baca Juga: Bisnis Retail adalah: Bisnis yang Menguntungkan untuk Masyarakat

DemoGratis

 

Pahami Spesifikasi Handphone yang Akan Anda Jual Terlebih Dahulu

Ketika Anda ingin berjualan handphone maka Anda harus mengerti terlebih dahulu tentang barang tersebut. Terdapat jenis smartphone yang dapat Anda pasarkan misalnya android dan apple. Jenis android memiliki berbagai merek yang terbagi menjadi beberapa kualifikasi seperti OPPO, XiaoMi, VIVO, dan lain-lain.

Sehingga, penting bagi Anda untuk memahami secara mendalam terkait spesifikasi handphone sebab hal itu akan sangat mempengaruhi daya beli konsumen. Tak jarang kita temukan konsumen datang ke toko offline maupun online dengan menanyakan beberapa handphone yang dianggap bagus dan murah. Apabila Anda tidak dapat menguasai produk yang Anda jual maka Anda dapat kehilangan pelanggan. 

Baca juga: Produk adalah Elemen Penting dalam Suatu Bisnis

 

Tentukan Lokasi Bisnis Handphone yang Strategis

Industri HP
Sumber: suara.com

Tips yang kedua, cobalah untuk menentukan lokasi untuk memasarkan produk Anda. Biasanya, bisnis handphone akan berjalan lebih lancar apabila berada pada lokasi ramai atau sering dilalui oleh masyarakat misalnya pinggir jalan, mall, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut sangat membantu dalam meraih keuntungan yang maksimal. Sebaliknya, jika lokasi usaha kurang bagus maka pemasaran pun tidak dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Anda dapat mengadakan promo pada hari-hari tertentu atau penjualan bundle seperti beli handphone gratis powerbank karena teknik marketing dapat lebih menarik perhatian konsumen.

 

Lakukan Riset Pasar untuk Mengetahui Handphone yang Sedang Tren

Saat ini kita dapat menemukan berbagai handphone terbaru sehingga sebagai penjual Anda tidak boleh ketinggalan informasi mengenai hal tersebut. Sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis handphone sebaiknya Anda mencari tahu HP apa yang sedang populer dan diminati oleh banyak orang karena Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi dan menyetok barang lebih banyak.

Selain itu, agar tidak kalah dengan pesaing sejenis, Anda dapat melakukan riset melalui internet mengenai tanggal rilis handphone, harga, fitur, dan lain-lain. Tidak hanya itu, riset pasar bermanfaat untuk mengetahui lebih dalam mengenai karakteristik konsumen apakah mereka cenderung menggunakan handphone mahal atau murah. Sehingga, produk yang Anda jual akan lebih tepat sasaran. 

Baca juga: Manajemen Pemasaran: Definisi, Ciri, serta Ruang Lingkupnya

 

Update Pricing Strategy Secara Berkala

Masalah utama yang dialami oleh calon konsumen saat membeli handphone adalah harga produk. Kebanyakan orang akan membeli handphone dengan harga murah. Sehingga, ketika Anda melakukan bisnis handphone maka pastikan terlebih dahulu apakah harga produk tersebut sedang turun atau tidak. Harga handphone biasanya tergantung dengan kurs dolar. Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang ada agar tidak rugi karena menjual handphone yang terlalu mahal. Lakukan pencatatan laporan laba rugi dari perkembangan bisnis Anda, sehingga dapat melihat dan mengevaluasi aktivitas bisnis.

 

Sesuaikan Penjualan Handphone dengan Modal Anda

usaha HP
Sumber: shutterstock.com

Banyak pelaku bisnis yang masih ragu untuk membuka bisnis handphone karena mengingat anggaran yang dikeluarkan tidak sedikit. Padahal Anda dapat membuka usaha tersebut tanpa perlu modal yaitu dengan menjadi seorang dropshipper. Anda hanya perlu memasarkan produk dan jika ada konsumen yang membeli handphone pada toko Anda maka Anda hanya perlu mengambilnya pada supplier. 

Namun, bagi Anda yang ingin membuka bisnis sendiri cobalah untuk mengoptimalkan modal usaha guna mencegah kerugian. Misalnya untuk mengurangi pengeluaran modal maka Anda bisa mencoba untuk berjualan melalui media online. Lakukan perhitungan secara cermat untuk mendapatkan pendapatan yang ideal dengan menggunakan software akuntansi terbaik di Indonesia.

 

Kelola Bisnis Handphone Anda dengan Bantuan Software Retail

Software retail yang terintegrasi dapat mempermudah kegiatan bisnis Handphone. Penggunaan perangkat lunak ini dapat menghasilkan data secara akurat dan real-time. Pada segi inventaris juga lebih teratur karena bisa menjaga ketersediaan stok barang dengan mudah.

Apa yang terjadi jika barang yang pelanggan cari ternyata mengalami kehabisan stok? Pastinya Anda dapat kehilangan konsumen sebab mereka akan membelinya di toko lain. Namun, dengan menggunakan software retail Anda tak perlu khawatir lagi. Catat  transaksi pembelian dan lacak tagihan dengan lebih ideal dengan menggunakan sistem ERP retail dari EQUIP.

 

Promosikan Bisnis Handphone Kepada Masyarakat

Salah satu hal yang dapat dilakukan selain menyebar brosur adalah melakukan pemasaran melalui media sosial. Caranya adalah dengan mengunggah foto produk handphone yang Anda jual dan gunakan caption atau keterangan yang menarik. Media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga terkesan praktis dan cepat. Tidak lupa untuk selalu bersikap ramah kepada calon pembeli. Sebab tidak sedikit konsumen yang gagal membeli handphone karena pelayanan dari pemilik toko yang kurang ramah.

Sumber: freepik.com

Kesimpulan

Bisnis handphone dapat menjadi peluang usaha yang bisa Anda coba karena terjun ke bisnis ini tidak terlalu susah dan jangan lupa untuk menggunakan software ERP retail dari EQUIP. Sistem ini merupakan solusi yang paling tepat untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi dalam bisnis handphone. Tingkatkan loyalitas konsumen dengan sistem manajemen pelanggan dan pengelolaan promosi yang dipersonalisasi. Selain itu, pengelolaan laporan keuangan, pencatatan stok barang, dan lain-lain dapat berjalan dengan lebih efisien. Jadwalkan demo gratis software -nya dengan tim kami sekarang juga!

Retail  

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now