Pentingnya Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda, Simak Artikel Ini!

Dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk mencatat setiap transaksi dengan benar, terutama dalam hal penjualan. Segala sesuatu yang berisi informasi tentang penjualan ini masuk pada laporan penjualan. Dalam operasional bisnis hal ini sangatlah penting, karena semua informasi yang berkaitan dengan transaksi pembelian dan penjualan akan tercatat dalam catatan yang dapat Anda ukur dan analisa. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis dan mengambil keputusan tentang pemasaran, penetapan harga, dan penjualan. Sistem akuntansi berperan besar dalam membantu pencatatan dan pembuatan laporan penjualan tersebut agar mudah dan terotomatisasi.

Secara umum, catatan ini mencakup informasi tentang periode penjualan, harga jual barang dagangan, jumlah yang terjual, total penjualan setiap item, dan total penjualan set. Pencatatan ini juga dapat mendorong hasil, meningkatkan kualitas dan volume, dan meningkatkan produksi. Untuk mengetahui lebih lanjut simak ulasannya di bawah ini! 

Laporan Penjualan

Daftar Isi

Pengertian Laporan Penjualan

Laporan penjualan adalah catatan berisikan sebuah informasi mengenai berbagai hal tentang penjualan yang tersusun sedemikian rupa untuk analisis dan bahan catatan penjualan. Catatan ini memainkan peran penting dalam membuat keputusan pemasaran, penetapan harga, dan penjualan, terutama untuk perusahaan komersial. Kumpulan informasi aktivitas penjualan yang tersajikan ini bertujuan sebagai dokumentasi untuk catatan dan analisis penjualan. 

Dengan demikian, catatan penjualan ini dapat Anda gunakan untuk bahan evaluasi apakah penjualan dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan. Ketika Anda mengerti dalam membuat catatan penjualan tentu akan mempermudah mengatur manajemen bisnis Anda. Untuk mengelolah pengajuan pembelian dalam memudahkan penjualan Anda dapat menggunakan bantuan software procurement.

Tujuan dan Fungsi Laporan Penjualan

Setiap catatan yang perusahaan buat tentunya memiliki fungsinya masing-masing, termasuk penjualan. Secara tidak langsung, catatan ini dapat menjadi acuan untuk peningkatan produktivitas perusahaan. Produktivitas perusahaan adalah grafik mengenai penurunan atau peningkatan kualitas dan kuantitas yang dihasilkan dari suatu produk sebagai perbandingan antara output dan input

 

fungsi dan tujuan

Penjualan adalah yang utama dalam bisnis. Catatan penjualan berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam penjualan, baik yang meningkat maupun yang menurun. Beberapa manfaat laporan penjualan adalah:

  • Menggambarkan bisnis melihat dari keuntungan yang bisnis dapatkan
  • Menjadi bahan evaluasi dengan melihat perbandingan dengan keadaan sebelumnya menurun atau naik
  • Sebagai bentuk pertanggungjawaban untuk beberapa pihak terkait dalam perusahaan.
  • Meningkatkan produktivitas dengan menentukan target kedepannya melalui analisa laporan harian
  • Sebagai dasar untuk mengambil keputusan kedepannya untuk perusahaan.
  • Menunjukan kredibilitas perusahaan melalui catatan keuangan sebagai bukti kemampuan perusahaan beroperasi dengan baik
  • Memajukan bisnis dengan analisis laporan keuangan perusahaan
  • Sebagai langkah awal untuk perusahaan berinovasi melalui laporan kondisi penjualan pada periode tertentu

Jenis-jenis Laporan Penjualan beserta Contoh

Laporan penjual dapat tersajikan dalam berbagai cara. Berikut adalah contoh catatan penjualan seperti Laporan rincian, rangkuman, per pelanggan, per salesmen, laba rugi anggaran dan tahunan, dan laporan terperinci:

Laporan rincian

Laporan rincian penjualan berisi informasi lengkap tentang detail penjualan. Dalam catatan ini, semua informasi dapat terlihat, seperti nomor referensi, data barang atau jasa, pemasok atau supplier, nama pelanggan hingga detail nominal penjualan. Berikut adalah contoh laporan penjualan yang merinci penjualan selama periode tertentu.

laporan rincian
Sumber: templates.office.com

Laporan rangkuman

Selanjutnya laporan rangkuman penjualan baik tunai maupun non tunai. Informasi ini berisikan seputar rangkuman catatan penjualan dari seluruh pelanggan. Berikut adalah contoh laporan rangkuman penjualan.

laporan rangkuman
Sumber: templates.office.com

Laporan per pelanggan

Laporan penjualan berikutnya yang dapat ada dalam laporan bisnis Anda adalah laporan Penjualan oleh Pelanggan, berisikan mengenai informasi tentang penjualan setiap pelanggan. Dalam catatan ini, Anda dapat melihat siapa penjual dari pelanggan yang bersangkutan dan total penjualan setiap pelanggan. Keuntungan dari jenis ini adalah penjual akan menjual produk kepada pelanggan. Selain itu, total penjualan setiap pelanggan juga akan ditampilkan. Berikut contoh dari catatan jenis ini:

per pelanggan
Sumber: templates.office.com

Laporan per salesman

Dalam laporan penjualan seorang tenaga penjual, berisi informasi tentang penjualan setiap tenaga penjual. Dalam catatan ini, Anda dapat melihat apa yang penjual lakukan terhadap konsumen dan daftar pelanggan yang telah membeli dari masing-masing pemasok. Dari pelanggan tersebut, kita bisa melihat berapa nilai nominal transaksi dan barang apa yang mereka beli. Anda dapat mengotomatiskan pengelolaan tim sales dengan mudah menggunakan sistem CRM.

salesman
Sumber: templates.office.com

Laporan laba rugi anggaran dan tahunan

Laporan laba rugi anggaran berisikan tentang informasi laba rugi dan perbandingan antara biaya yang teranggarkan dan pelaksanaannya. Sedangkan, laporan laba rugi tahunan adalah catatan yang berisikan mengenai informasi tentang laba rugi dan perbandingan antara catatan bulan sebelumnya dengan bulan yang sedang berjalan.

laba rugi
Sumber: templates.office.com

Langkah-langkah Membuat Laporan Penjualan

Melanjutkan pembahasaan sebelumnya, pembahasan selanjutnya adalah langkah-langkah membuat laporan penjualan. Ada beberapa poin penting yang harus Anda pahami, salah satunya adalah sumber catatan dari penjualan itu sendiri. Beberapa antaranya seperti analisis penjualan, penetapan harga, dan pemasaran produk. Kemudian faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah penawaran yang berkaitan dengan harga, pesanan, pencatatan, pengiriman. Jangan lupa untuk mendaftar pengembalian dan penukaran. Kemudian Anda juga perlu mencatat invoice pembayaran dan kwitansi pembayaran. 

Sebagian besar perusahaan yang berkembang dengan baik akan memiliki laporan keuangan yang sehat. Namun, banyak perusahaan yang masih menyusun catatan keuangan dan catatan penjualan secara manual. Ini memungkinkan kesalahan manusia dalam pembuatan atau perhitungannya. Apalagi jika Anda harus melakukan semuanya sendiri dan perusahaan Anda memiliki banyak transaksi, pencatatan akan berjalan lebih lama. Berikut contoh sederhana laporan penjualan:

contoh

Untuk memudahkan akuntansi dan mengurangi kesalahan saat memasukkan data, Anda dapat menggunakan software akuntansi EQUIP. Anda dapat mengakses informasi keuangan real-time untuk membantu Anda membuat keputusan perdagangan yang lebih baik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai EQUIP simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!

Software EQUIP ERP untuk Membantu Bisnis Anda Membuat Laporan Penjualan dengan Mudah

EQUIP menyediakan Software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam membuat laporan penjualan dengan mudah. Software akuntansi adalah sistem akuntansi yang dirancang khusus bagi akuntan untuk memudahkan pencatatan transaksi bisnis yang biasanya dilakukan secara manual. Dengan bantuan program ini, Anda dapat melacak semua jenis transaksi yang terjadi untuk membuat bisnis Anda lebih terorganisir. 

Program akuntansi EQUIP ini dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang dibutuhkan bisnis dalam proses manajemen keuangan, berikut kemudahan yang Anda dapatkan jika menggunakan software akuntansi EQUIP:

  • Proses akuntansi lebih cepat, dengan EQUIP Anda dapat menyederhanakan manajemen pembayaran, melacak pendapatan dan pengeluaran, dan otomatisasi rekonsiliasi bank
  • EQUIP menciptakan laporan akurasi tinggi, sehingga tidak perlu khawatir pada kesalahan proses akuntansi oleh manusia yang memakan waktu lebih lama
  • Pelaporan keuangan waktu nyata yang komprehensif hanya dalam beberapa klik 

Fitur fitur yang Anda dapatkan dengan menggunakan software akuntansi EQUIP: 

  • Sistem akan membayar pajak untuk setiap pembelian menjadi mudah karena perangkat lunak akuntansi EQUIP terintegrasi dengan template profesional Efaktur Integration
  • Perangkat lunak akuntansi EQUIP menawarkan berbagai template desain untuk menghasilkan faktur, kwitansi, dan voucher 
  • Menghasilkan catatan keuangan perusahaan secara otomatis yang komprehensif, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dll. dalam beberapa menit saja. 
  • Otomatiskan pencatatan transaksi bisnis yang memudahkan menyimpan dan memverifikasi data kapan saja.
  • Menyederhanakan berbagai macam manajemen kas perusahaan untuk mengetahui secara tepat dan cepat pengeluaran-pengeluaran perusahaan.
  • Mengotomatiskan pencatatan pembayaran pelanggan atau pembayaran vendor pada platform terintegrasi. 

Penjelasan tersebut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan software akuntansi dari EQUIP, EQUIP telah dipercaya ratusan bisnis ternama di Indonesia. EQUIP berhasil membantu pemilik bisnis menyederhanakan proses bisnis mereka, meningkatkan produktivitas, dan keuntungan bisnis secara nyata.

Demo Gratis Software EQUIP ERP Sekarang!

Mengingat persaingan yang semakin ketat, menjalankan bisnis secara manual hanya akan membuat bisnis tertinggal dari bisnis lain. Melihat dari penjelasan sebelumnya, dengan bantuan perangkat lunak ERP, Anda dapat mengotomatiskan berbagai tugas administrasi harian. Kemudahan yang EQUIP tawarkan dari Software ERP dapat mempercepat pengelolaan data dalam jumlah besar dengan cepat dan akurat sehingga Anda dapat fokus mengembangkan bisnis dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Software EQUIP sendiri memiliki desain UI/UX yang mudah digunakan bagi pengguna, bahkan bagi mereka yang menggunakan solusi ERP untuk pertama kalinya. Pada saat yang sama, Cloud ERP memungkinkan manajemen data terpusat melalui koneksi Internet. Dengan Cloud ERP EQUIP Pemilik usaha UMKM tidak perlu lagi menyediakan infrastruktur seperti server yang menelan biaya puluhan juta rupiah. 

Mengingat sistem pembayaran EQUIP yang berbasis langganan, sehingga membuat akan lebih menghemat biaya dan cocok untuk usaha kecil dan menengah. Implementasi software ERP EQUIP juga tidak memakan waktu lama dan hanya membutuhkan waktu beberapa hari. Hal ini tentunya sangat memudahkan ketika Anda perlu mengimplementasikan software ERP dalam waktu singkat. Untuk itu dengan EQUIP bisnis akan terasa lebih mudah dan terorganisir, coba demo gratis EQUIP sekarang untuk membuktikan sendiri kemudahannya dengan klik disini!

Kesimpulan

Laporan penjualan menjadi aspek penting dalam sebuah bisnis, semua informasi yang berkaitan dengan transaksi pembelian dan penjualan akan tercatat dalam catatan yang dapat diukur dan dianalisis. Hasil analisis ini nantinya akan membantu pembuatan keputusan yang terbaik untuk bisnis. Hasil pencatatan ini akan membantu bisnis untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Maka dari itu gunakan Software akuntansi dari EQUIP, untuk mendapatkan semua kemudahan yang telah dijelaskan pada artikel ini. Anda juga dapat menanyakan solusi terbaik untuk bisnis Anda disini.

laporan penjualan

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA