Aplikasi & Software Akuntansi Koperasi Untuk Keuangan

Software akuntansi koperasi adalah bentuk inovasi terknologi terkini yang berguna untuk aktivitas koperasi. Melalui software akuntansi ini, dapat membantu kinerja aktivitas koperasi. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu mengerjakan kegiatan terkait akuntansi koperasi.

DemoGratis

Fungsi Software Akuntansi Koperasi

Apabila koperasi memakai software yang satu ini, tentu saja akan mendapatkan keuntungan sebab dapat membantu semua kebutuhan akuntansi dan menjadikannya lebih efisien, serta mudah. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki oleh software akuntansi koperasi, antara lain :

  1. Mencatat Transaksi

Aplikasi akuntansi koperasi dapat membantu anda mencatat transaksi. Sebuah koperasi bisa dikatakan baik jika mereka memiliki catatan transaksi secara detail. Sebab data transaksi ini penting sekali untuk menjadi laporan keuangan.

Melalui software akuntansi koperasi, membuat proses pencatatan transaksi dalam kegiatan koperasi dapat anda lakukan dengan otomatis. Ada beberapa transaksi yang bisa anda catat lewat software ini, antara lain transaksi pembelian, transaksi penjualan, hingga transaksi donasi untuk koperasi. Bukan hanya tercatat otomatis, tetapi data anda tetap aman karena telah menawarkan fitur pencadangan data.

2. Membuat Laporan Keuangan

Aplikasi akuntansi koperasi juga berperan penting untuk mencatat transaksi dan menyusun laporan terkait keuangan koperasi. Kita ketahui bahwa penyusunan laporan keuangan merupakan pekerjaan cukup rumit sebab memerlukan kejelian dan juga ketelitian untuk memperoleh hasil akurat.

Akan tetapi, apabila anda memakai software akuntansi ini, proses pembuatan laporan menjadi lebih mudah sebab seluruh data transaksi dapat tercatat dengan baik dan rapi. Sehingga proses pembukuan koperasi menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Mengelola Dana Pinjaman Setiap Anggota Koperasi

Untuk sebuah koperasi, terkadang ada saja anggota koperasi yang meminjam dana koperasi. Maka dari itu, mengelola dana pinjaman bagi anggota memang cukup rumit apabila memakai cara manual.

Akan tetapi, apabila anda memakai software yang satu ini, dapat mempermudah koperasi untuk mengelola dana pinjaman untuk anggota. Selain mudah, dengan adanya fitur yang satu ini bisa meminimalisir kesalahan pencatatan pinjaman.

4. Melakukan Manajemen Sisa Hasil Usaha Koperasi

SHU (Sisa Hasil Usaha) dalam koperasi yaitu pendapatan yang koperasi miliki. Besaran atau nilai SHU adalah penghasilan dari 1 tahun pada buku koperasi, kemudian dikurangi jumlah biaya, seperti penyusutan maupun kewajiban lainnya.

Melalui aplikasi akuntansi koperasi ini, maka dapat menghitung SHU koperasi dengan mudah. Melakukan perhitungan hasil dari SHU akan lebih mudah sebab sistem software akuntansi inilah yang melakukan perhitungan secara akurat.

5. Pencatatan Pengeluaran Transaksi

Transaksi yang terjadi pada koperasi merupakan hal terpenting , karena berguna untuk membuat laporan, seperti melakukan analisa laporan keuangan. Adanya aplikasi akuntansi koperasi, membuat pencatatan untuk pengeluaran transaksi dapat anda lakukan secara otomatis dan tidak perlu lagi secara manual. Sebab software ini secara otomatis melakukan pencatatan sekaligus pembukuan seluruh transaksi, karenanya dapat mempermudah pekerjaan.

Contoh Aplikasi Akuntansi Koperasi Serba Usaha

Di bawah ini ada beberapa contoh aplikasi akuntansi koperasi serba usaha yang bisa anda pilih, antara lain :

1. Aplikasi Koperasiku

Ini adalah software akuntansi untuk koperasi yang bisa membantu menjalankan aktivitas koperasi serba usaha maupun simpan pinjam. Aplikasi Koperasiku termasuk produk lokal karena termasuk hasil karya dari programmer Indonesia, dan kini banyak koperasi yang menggunakan aplikasi ini.

Melalui fitur pembukuan dengan format yang nyaman dan mudah, anda dapat mendownload dan menggunakan aplikasi ini secara gratis. Selain itu, aplikasi yang satu ini dapat anda gunakan secara langsung di laptop tanpa berbayar.

2. Aplikasi KSP Versi 2.1

Aplikasi KSP Versi 2.1 adalah software aplikasi utuk koperasi serba usaha dengan format exvel. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun aplikasi ini juga dapat anda upgrade melalui fitur-fitur yang baru seperti halnya pembukuan akuntansi berformat excel dan juga beberapa fitur lainnya.

Namun kelemahan aplikasi ini yaitu seringkali ada banyak upgrade dari pengembang, jaid anda harus upgrade versi terbarunya terus menerus.

3. Aplikasi Accurate Accounting Software 5

Software akuntansi koperasi berikutnya yaitu Accurate Accounting Software 5, and abisa memanfaatkannya untuk membantu aktivitas kinerja akuntansi koperasi. Aplikasi ini menawarkan layanan kegiatan koperasi, berupa modul pembelian, penjualan, kas bank, kas besar dan persediaan.

Semua fitur tersebut sangat mudah anda lakukan walaupun pengguna tidak mengerti dan memahami tentang pembukuan, penjurnalan maupun sistem akuntansi yang lainnya.

4. Aplikasi Smartcoop

Software akuntansi Smartcoop dapat membantu kinerja koperasi melalui fitur-fitur lengkap yang tersedia di dalamnya. Di dalam aplikasi ini, ada fitur aplikasi untuk pengelolaan simpanan para anggota koperasi, data master, laporan keuangan, pembukuan dan juga login anggota. Fitur yang aplikasi ini tawarkan memang cukup lengkap, sehingga bisa membantu anda untuk melakukan kinerja koperasi.

5. Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Vol. 4.0

Selanjutnya ada aplikasi akuntansi koperasi simpan pinjam vol. 4.0. Keunggulan fitur pada aplikasi ini yaitu bisa melakukan pencatatan transaksi pinjaman maupun angsuran, ada fitur akuntansi di dalamnya berupa neraca koperasi, laporan laba rugi, deposito, pembagian SHU, dan juga bisa mencatat tabungan.

Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap, karenanya dapat menjadi pilihan aplikasi terbaik untuk mengelola transaksi koperasi.

6. Aplikasi Softkop

Aplikasi koperasi selanjutnya adalah Softkop yang memanfaatkan format excel. Ini adalah aplikasi yang sangat mudah dan cocok anda gunakan, entah itu menggunakan laptop atau komputer.

Selain itu, software ini sangat mudah untuk anda gunakan. Softkop bisa membantu melakukan pembukuan dalam koperasi sekaligus bisa membantu mengelola manajemen untuk koperasi. Aplikasi Softkop juga sangat ringan tanpa membebani kinerja perangkat PC anda.

7. Aplikasi KOOTA

Aplikasi ini dapat membantu pihak koperasi untuk mengelola keuangan lebih mudah melalui satu aplikasi. Software ini bisa anda gunakan di berbagai perangkat, seperti laptop, tab dan PC. KOOTA bisa meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasi menggunakan kencanggihan dari Koota Mobile untuk memberikan informasi finansial dengan cara real time.

8. Aplikasi Koperasi Wiss

Software akuntansi Wiss termasuk aplikasi berbasis core banking untuk koperasi digital secara transparan dan akuntabel bagi para pengurus koperasi dan juga anggotanya untuk memantau saldo untuk simpanan serta kemudahan lainnya memakai aplikasi mobile.

9. Aplikasi Koperasi Serba Usaha Sekawanmedia

Software koperasi yang berbasis digital Sekawanmedia adalah sistem bantuan yang dapat mempermudah manajemen dan pengelolaan pada koperasi serba usaha maupun simpan pinjam.

Pemanfaatannya bisa memberikan kemudahan dan layanan pada proses transaksi pada usaha koperasi, pengolahan data keuangan, operasional anggota dan administrasi dengan terstruktur.

Accounting

Kesimpulan

Untuk mengatur aktivitas usaha koperasi para anggotanya, maka penting sekali menggunakan software akuntansi koperasi. Kesuksesan koperasi tentu saja bisa kita lihat dari manajemen koperasi itu sendiri. Apabila manajemennya telah tertata baik, tentu saja koperasi bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan awal saat terbentuk koperasi. Anda tinggal memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempermudah kinerja dan pengelolaan koperasi serba usaha dengan baik. Coba demo gratis sekarang!

 

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now