Permudah Proses Akuntansi dengan Aplikasi Keuangan Perusahaan

Dalam sebuah bisnis, pengelolaan keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pengelolaan keuangan membutuhkan ketelitian yang tinggi dan akan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual. Hal tersebut membuat kegiatan ini menghambat kinerja perusahaan karena pengelolaan keuangan yang kurang efisien. Oleh karena itu, seiring perkembangan zaman yang semakin modern ini banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi keuangan terlengkap untuk membantu dalam proses keuangannya. Banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan produk berupa aplikasi keuangan perusahaan. 

Dengan aplikasi keuangan perusahaan terbaik, Anda tidak perlu repot lagi mencatat keuangan melalui laptop atau buku catatan keuangan. Hanya dengan satu aplikasi akan mempermudah proses akuntansi pada bisnis Anda. EQUIP merupakan salah satu aplikasi keuangan perusahaan yang terbaik. Sistem ini akan mengelola keuangan, arus kas, hingga pembuatan laporan keuangan lebih mudah dengan keakuratan data yang tinggi.

Aplikasi keuangan perusahaan

Apa itu Aplikasi Keuangan?

Aplikasi keuangan perusahaan

Aplikasi keuangan merupakan software atau sistem yang mengelola dan mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan baik untuk personal, bisnis ataupun perusahaan enterprise. Sistem ini bertujuan untuk memproses pencatatan atau pembukuan transaksi keuangan perusahaan secara teratur, otomatis, lebih cepat, akurat, aman, dan real time. Pembukuan dalam perusahaan biasanya meliputi modal, kewajiban, keuntungan, aset, dan pengeluaran lainnya. 

Mengimplementasikan aplikasi keuangan yang memiliki fitur pelaporan terlengkap, akurat, dan mudah digunakan akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis. Ditambah lagi, Anda dapat melihat kondisi keuangan secara real time. Hal tersebut akan menyebabkan keputusan yang Anda buat akan lebih efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda!

Fungsi Aplikasi Keuangan

Anda telah mengetahui pengertian dari aplikasi keuangan dan sedikit fungsinya. Bagian ini akan membahas lebih jelas mengenai fungsi-fungsi dari aplikasi keuangan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi aplikasi keuangan bagi perusahaan Anda: 

1. Proses pembuatan laporan keuangan lebih cepat dan mudah

Aplikasi keuangan bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam membuat laporan secara lebih cepat dan mudah. Mengingat jika dilakukan secara manual akan memakan banyak waktu dan risiko akan kesalahan human error yang tinggi. Dengan aplikasi ini, Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan juga dapat diakses secara real time dimana saja dan kapan saja.

2. Dapat mengontrol inventaris perusahaan antar cabang

Inventory atau persediaan merupakan salah satu aset penting khususnya pada perusahaan yang bergerak pada bidang penjualan barang. Saat persediaan yang ada dalam perusahaan tidak sesuai dengan permintaan pasar akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Dengan mengimplementasikan aplikasi keuangan Anda dapat dengan mudah mengontrol inventaris bisnis Anda secara real time seperti mengelola semua proses bisnis dari satu tempat, mulai dari penjualan & faktur, pembelian, inventaris. Semua proses tersebut instan, otomatis, dan bisa Anda akses setiap saat.

3. Lebih mudah mengontrol hutang dan piutang

Dalam sebuah bisnis, hutang dan piutang adalah sebuah hal yang pasti ada dan terjadi. Katakanlah sebuah perusahaan yang besar pun pasti memiliki hutang dan piutang. Hutang bagi perusahaan besar biasanya digunakan untuk ekspansi bisnisnya. Aplikasi keuangan akan membantu Anda dalam memeriksa dan mengelola hutang dan piutang perusahaan. Selain itu, Anda dapat mengaksesnya setiap saat dan pengambilan keputusan perusahaan bisa lebih cermat dan efisien. Sehingga bisnis dapat berjalan optimal, efisien, dan cepat dalam mencapai tujuannya. 

4. Pembuatan faktur keuangan lebih mudah

Faktur keuangan merupakan dokumen yang merinci transaksi antara pembeli dan penjual. Saat pembuatan faktur mengalami kesalahan maka akan merugikan perusahaan. Selain itu, pembuatan faktur kadang memerlukan waktu yang lama apalagi bagi perusahaan besar dengan jumlah transaksi yang banyak. Namun, dengan menggunakan aplikasi keuangan Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat faktur perusahaan. Hanya dengan beberapa klik pada fitur aplikasi dan secara hitungan detik Anda sudah dapat membuat dan mengelola faktur dengan mudah. 

Pentingnya Aplikasi Keuangan untuk Bisnis

Seiring dengan perkembangan zaman pengelolaan keuangan dilakukan menggunakan bantuan aplikasi keuangan. Berbeda halnya dengan pembukuan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama, tenaga dan ketelitian serta staf keuangan yang harus menghitungnya secara manual. Namun, dengan aplikasi keuangan perusahaan Anda bisa menghemat waktu dalam proses akuntansi. Selain itu, Anda akan terhindar dari kesalahan atau kekeliruan serta perhitungan dan pembuatan laporan keuangan akan lebih aman, cepat, dan mudah. 

Dalam perusahaan yang besar pasti didalamnya terdapat banyak transaksi keuangan, dengan menggunakan aplikasi keuangan dalam proses perhitungannya maka akan lebih cepat, teliti dan akurat. Tidak hanya perusahaan yang akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi keuangan ini, pelanggan juga akan lebih transparan untuk mengetahui transaksi yang mereka lakukan terkait dengan barang atau jasa yang mereka beli. Transparansi ini juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan akan berimbas pada peningkatan keuntungan atau kinerja perusahaan. 

Baca juga: Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

Fitur-fitur Aplikasi Keuangan untuk Bisnis

Aplikasi Kakuntansi EQUIP
sumber: equiperp.com

Sebelum mengimplementasikan aplikasi keuangan dalam perusahaan Anda, sebaiknya Anda mengetahui fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. EQUIP by HashMicro menawarkan banyak fitur-fitur yang dapat mengotomatiskan pembuatan laporan hingga pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun vendor dalam satu platform yang terintegrasi. Berikut beberapa fitur canggih yang bisa Anda temukan pada aplikasi keuangan: 

  • Efaktur integration, pembayaran pajak untuk setiap pembelian jadi mudah karena software yang sudah terintegrasi dengan Efaktur.
  • Built in professional templates, menyediakan berbagai macam desain template untuk pembuatan invoice, struk dan voucher.
  • Otomatisasi pembuatan laporan, dapat membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya dalam hitungan menit. 
  • Riwayat transaksi, mengotomatiskan pencatatan transaksi bisnis Anda dan mempermudah penyimpanan dan pengecekan data setiap saat. 
  • Manajemen petty cash, mempermudah pengelolaan petty cash untuk mengetahui pengeluaran perusahaan dengan tepat dan cepat. 
  • Kemudahan pembayaran, mengotomatiskan pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun pembayaran ke vendor dalam satu platform yang terintegrasi. 

Kesimpulan

aplikasi keuangan perusahaan

Demikianlah pembahasan terkait pengertian sampai fitur-fitur yang ada dalam aplikasi keuangan. Aplikasi keuangan merupakan perangkat lunak yang bertujuan untuk mengelola keuangan baik personal, bisnis atau perusahaan. Aplikasi keuangan perusahaan memiliki banyak sekali manfaat atau fungsi bagi perusahaan, salah satunya seperti kemudahan dalam pengelolaan keuangan dengan data yang akurat dan dapat dilihat secara real time. 

EQUIP merupakan salah satu solusi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses pengelolaan keuangan dalam perusahaan Anda. Perangkat lunak ini berbasis cloud dan on premise ini akan membantu perusahaan dalam memperkirakan performa keuangan melalui fitur financial forecasting. Software accounting terbaik ini juga akan memudahkan perusahaan dalam melacak laba rugi setiap divisi hingga lokasi perusahaan. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami untuk merasakan pengalaman baru mengelola keuangan perusahaan secara mudah.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA