Tertarik Memulai Usaha Toko Baju? Berikut 6 Tips Suksesnya!

Pada era sekarang ini banyak peluang bisnis yang terbuka untuk siapapun baik untuk pemula maupun yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia bisnis. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak retail untuk kelola bisnis. Bagi pemula tidak menutup kemungkinan untuk mendirikan usaha pertama kalinya. Banyak kegiatan usaha yang dapat didirikan oleh orang awam. Kegiatan usaha yang tidak pernah mati salah satunya adalah usaha toko baju. Bisnis pakaian merupakan bisnis yang menjanjikan karena memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Usaha toko baju tidak akan pernah padam karena setiap manusia pasti membutuhkan pakaian dalam kesehariannya. Gunakan software retail terbaik untuk penataan toko Anda

Ketika Anda ingin membuka usaha toko baju, alangkah baiknya Anda harus menyusun dan membuat rincian ide serta modal usaha. Rincian ide dan modal usaha yang tepat, maka dapat berjalan sesuai rencana. Bagi pemula yang ingin mendirikan bisnis pakaian, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat enam tips membuka usaha toko baju menggunakan software retail yang memiliki fitur terlengkap.

usaha toko baju

Daftar Isi

  1. Lakukan riset pasar dan produk untuk mengetahui demand masyarakat
  2. Ikuti tren pakaian dan jual pakaian yang sedang trend saat ini
  3. Tentukan lokasi toko yang tepat
  4. Cari supplier baju yang terpercaya dengan kualitas bahan yang terbaik
  5. Gunakan aplikasi retail untuk memudahkan pengelolaan dan mulainya usaha
  6. Promosikan bisnis Anda
  7. Kesimpulan

1. Lakukan riset pasar dan produk untuk mengetahui demand masyarakat

Langkah awal untuk membuka usaha pakaian, Anda perlu melakukan riset target pasar dan produk terlebih dahulu. Riset produk dilakukan dengan mengamati dan memahami tren pasar. Selain itu, Anda dapat membuat survey kepada masyarakat, sehingga Anda dapat mengetahui minat masyarakat. 

Tentukan siapa yang akan menjadi pelanggan Anda. Dengan menentukan target pasar sebelum memulai bisnis, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan proses pemasaran dan menentukan jenis produk pakaian apa yang ingin Anda pasarkan. Untuk usaha toko baju, ada jenis pelanggan yang ingin membeli pakaian dengan kualitas baik dan harga terjangkau, ada juga pelanggan yang ingin membeli karena model dan gaya yang sesuai dengan tren terkini. Dapat Anda klasifikasikan otomatis dengan sistem retail terbaik dari EQUIP

market research
Sumber: freepik.com

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

2. Ikuti tren pakaian dan jual pakaian yang sedang trend saat ini

Membuka dan mengembangkan usaha toko baju memang sedikit berbeda dengan bidang usaha lainnya. Pelanggan yang  menjadi target pasar akan terus bertambah seiring mengikuti tren yang sedang booming saat itu. Maka, Anda sebagai pelaku bisnis pakaian perlu mengetahui dan memperhatikan tren yang sedang terjadi. 

Tidak disarankan untuk menumpuk stok terlalu banyak ketika belum memiliki banyak pelanggan. Seiring berkembangnya zaman, tren pakaian juga ikut berkembang, dan model pakaian pun ikut cepat berganti. Maka, ikutilah tren pakaian dan jual pakaian yang sedang trend saat ini.

follow the trend
Sumber: freepik.com

Baca juga: Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak Diminati?

3. Tentukan lokasi toko yang tepat

Hal yang tak kalah penting dalam membuka bisnis pakaian adalah pemilihan lokasi toko baju yang tepat dan strategis. Penentuan lokasi dapat memanfaatkan rumah sendiri, menyewa ruko, ataupun menyewa tempat lain yang cocok dan berlokasi strategis sebagai usaha toko baju.

Sebelum mencari lokasi toko yang strategis, Anda perlu memiliki rincian modal usaha toko baju yang kompleks. Rincian modal usaha toko baju tersebut mencakup seluruh keperluan yang Anda butuhkan saat memulai dan mengelola usaha toko baju. Biasanya, rincian modal usaha toko baju mencakup pembelian barang awal, modal sewa tempat, dan modal renovasi tempat.

Lokasi toko dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu lokasi offline dan online. Lokasi offline merupakan lokasi yang memiliki gedung untuk memasarkannya, yang ada bukti fisik pakaian tersebut digantungkan dan menjadi model pada salah satu gedung atau tempat. Kedua adalah toko online hanya dengan memainkan smartphone dengan kecanggihan teknologi, Anda sudah dapat berjalan dan membuka usaha toko baju. Untuk menyederhanakan pengelolaan dan pengontrolan lokasi bisnis pakaian, Anda membutuhkan software retail agar pekerjaan menjadi efektif dan efisien.

lokasi toko strategis
Sumber: freepik.com

4. Cari supplier baju yang terpercaya dengan kualitas bahan yang terbaik

Langkah selanjutnya adalah mencari kerjasama dalam membangun usaha toko baju. Mencari supplier baju yang memiliki bahan berkualitas dan terpercaya. Mencari beberapa supplier baju yang handal juga merupakan bentuk menjalin kerja sama sebagai rekan bisnis dalam jangka panjang. Jika ada waktu luang, datang dan bertamulah ke tempat mereka untuk membuat bisnis menjadi semakin baik dan berjalan lancar kedepannya. Jadi, jika ada masalah atau komplain maka dapat terselesaikan secara baik-baik.

Cara memulai bisnis pakaian yang baik adalah menentukan supplier dengan harga termurah. Namun, Anda juga tidak dapat menghilangkan kualitas barang yang ada. Cara memulai bisnis pakaian yang sukses adalah memiliki supplier dengan harga murah namun kualitas terbaik. Hal ini dijamin dapat memberikan Anda keuntungan yang besar dan perkembangan usaha yang cepat.

usaha toko baju
Sumber: freepik.com

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

5. Gunakan aplikasi retail untuk memudahkan pengelolaan dan mulainya usaha

Saat usaha toko baju Anda semakin besar dan luas, maka pencatatan laporan akan semakin banyak yang harus didata. Semakin luas bisnis, semakin banyak variabel yang harus Anda laporkan untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda ada di posisi apa. Untuk memudahkan pengelolaan dan pelaporan, maka Anda memerlukan sistem retail yang dapat menyederhanakan proses pengerjaan. Selain itu, Anda dapat melacak pesanan dalam satu transaksi pembelian, membuat laporangan kuangan secara akurat, dan memantau ketersediaan pakaian yang ada di gudang Anda. 

Apa sih manfaat memakai software retaill dari EQUIP? Software ERP Retail merupakan solusi paling tepat untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi dalam bisnis pakaian Anda. Tingkatkan loyalitas pelanggan dengan sistem manajemen pelanggan dan pengelolaan promosi yang dipersonalisasi. Semua permasalahan yang Anda alami dalam dunia perbisnisan dapat mudah terselesai karena dapat teridentifikasi secara terpusat.

aplikasi retail untuk usaha toko baju
Sumber: freepik.com

Baca juga: 3 Aplikasi Toko Terbaik dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

6. Promosikan bisnis Anda

Last but not least, adalah mempromosikan bisnis Anda tentunya. Percuma jika sudah memiliki konsep pemasaran yang bagus, modal yang cukup, menjalin koneksi yang bagus, tetapi Anda tidak mempromosikan bisnis Anda. Banyak media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi bisnis, bisa promosi offline dengan menyebarkan brosur, memasang spanduk/banner pada depan toko, dan mencetak katalog produk. Sedangkan untuk promosi online dapat dilakukan dengan pemanfaatan media sosial (Instagram, Facebook, TikTok) dan e-commerce (Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya). 

promosi bisnis
Sumber: freepik.com

Mengembangkan promosi atau pemasaran dapat Anda lakukan juga dengan cara memasang iklan. Jangan ragu mengeluarkan modal lebih untuk memasang iklan terutama di media sosial karena jangkauan media sosial atau digital marketing lebih luas untuk mencapai target pasar. Selain itu, Anda perlu mempelajari juga teknik pengiklanan pada setiap media karena memiliki teknik atau cara yang berbeda-beda. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Kesimpulan

Tips yang sudah tertera pada artikel ini adalah tips yang penting dan perlu Anda perhatikan. Berguna untuk bisnis Anda agar dapat berkembang dan dapat membuka usaha toko baju dengan maksimal. Mulai dari pembuatan konsep usaha toko baju, mengikuti trend pakaian, menentukan lokasi usaha, mencari supplier baju, menggunakan software untuk mempermudah pengelolaan usaha, hingga mempromosikan bisnis Anda. 

usaha toko baju

Supaya usaha toko baju Anda dapat mengelola berbagai aktivitas bisnis ritel seperti manajemen inventaris, eCommerce, pengelolaan pelanggan, dan aktivitas lainnya, maka gunakan sistem ERP retail yang dapat Anda coba gratis melalui demo. Sistem ERP retail dari EQUIP sudah memiliki modul lengkap. Hanya dengan Rp 75.000/bulan yang dapat membantu optimalkan bisnis. Daftarkan usaha Anda segera!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA