Langkah Efisien Mengembangkan Bisnis Franchise (Waralaba)

Apakah Anda tahu bahwa bisnis franchise telah menjadi salah satu model bisnis yang paling sukses? Bisnis franchise telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp54,4 miliar di Indonesia pada tahun 2020.1 Angka ini menunjukkan betapa besar potensi bisnis franchise dalam mengembangkan usaha Anda. Akan tetapi, untuk meraih kesuksesan seperti itu, Anda perlu mengikuti strategi yang tepat dalam mengembangkan bisnis franchise.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci langkah-langkah efektif yang dapat Anda ambil dalam mengembangkan bisnis franchise (waralaba). Dengan memahami strategi yang terbukti berhasil dan mengambil tindakan yang tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan yang signifikan dalam bisnis franchise Anda sendiri.

DemoGratis

Apa Itu Bisnis Franchise (Waralaba)?

Franchise atau waralaba adalah model bisnis di mana pemilik usaha (franchisor) memberikan izin kepada individu atau perusahaan (franchisee) untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan merek, sistem, dan dukungan yang telah ditetapkan oleh franchisor. Franchisee membayar biaya awal dan royalti reguler kepada franchisor sebagai imbalan atas penggunaan merek dan dukungan yang diberikan. Konsep ini memungkinkan pengusaha untuk memanfaatkan kesuksesan merek yang sudah terkenal dan sistem yang teruji, sambil memiliki kebebasan dalam menjalankan bisnis mereka sendiri.

Sejarah dan Perkembangan Bisnis Franchise (Waralaba)

Bisnis franchise telah ada sejak lama dan terus berkembang seiring dengan waktu. Sejarah bisnis franchise dapat ditelusuri hingga abad ke-19 di Amerika Serikat. Pada masa itu, perusahaan seperti Singer Sewing Machine Company dan Coca-Cola mulai menggunakan model bisnis franchise untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan mereka. Seiring berjalannya waktu, konsep bisnis franchise berkembang menjadi lebih luas dan mencakup berbagai jenis industri, seperti makanan dan minuman, kecantikan, pendidikan, dan retail.

Pada abad ke-20, bisnis franchise semakin populer di berbagai sektor, seperti makanan cepat saji, ritel, layanan kecantikan, pendidikan, dan banyak lagi. Contoh-contoh bisnis franchise yang sukses seperti McDonald’s, Subway, Starbucks, dan KFC telah menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha untuk mengembangkan bisnis mereka melalui model franchise.

Di Indonesia, bisnis franchise (waralaba) mulai dikenal pada tahun 1970-an. Saat ini, bisnis franchise telah menjadi salah satu model bisnis yang populer dan banyak diterapkan oleh para pengusaha di berbagai sektor. Beberapa bisnis franchise yang terkenal di Indonesia antara lain Indomaret, Alfamart, KFC, J.CO Donuts & Coffee, Es Teler 77 dan masih banyak lagi.

Peraturan Hukum Sistem Franchise

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan menerbitkan aturan khusus untuk mendukung perkembangan bisnis waralaba melalui peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) No 71 tahun 2019 tentang penyelenggaraan waralaba.
Beberapa peraturan lainnya yang mendukung kepastian hukum dari bisnis waralaba diantaranya tertuang dalam:

  • Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Nomor 259/MPP/KEP/7/1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba.
  • Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Nomor 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba.
  • Undang-undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten.
  • Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.
  • Dan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.

Baca juga: Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Katering agar Bertahan Lama

Mengapa Memilih Waralaba untuk Mengembangkan Bisnis?

Banyak pengusaha memilih untuk mengembangkan bisnis mereka menggunakan konsep waralaba karena memiliki sejumlah kelebihan dan peluang bisnis yang besar. Berikut adalah beberapa kelebihan bisnis franchise (waralaba) yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Kelebihan Bisnis Franchise (Waralaba)

Bisnis franchise memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menarik bagi para pengusaha. Salah satunya adalah kemampuan untuk menggunakan merek dagang yang sudah dikenal secara luas oleh konsumen. Saat Anda membeli usaha milik franchisor, Anda juga memperoleh hak untuk menggunakan merek dagang mereka yang sudah memiliki brand awareness atau popularitas tinggi.

Selain itu, bisnis franchise juga memberikan dukungan yang tinggi dari franchisor. Anda akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari franchisor dalam menjalankan bisnis, termasuk dalam hal pemasaran, pengelolaan keuangan, dan operasional sehari-hari. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempelajari praktik terbaik dari franchisor yang telah sukses dalam bisnis yang sama.

Keuntungan lain dari bisnis franchise adalah modal yang lebih rendah dibandingkan dengan memulai bisnis mandiri. Dalam bisnis franchise, Anda hanya perlu membeli usaha milik franchisor, sementara dalam bisnis mandiri Anda harus mengeluarkan biaya untuk menciptakan merek dagang baru dan mengembangkan sistem bisnis dari awal.

Tidak hanya itu, bisnis franchise juga memberikan fleksibilitas jam kerja yang lebih tinggi. Banyak bisnis franchise yang dapat dioperasikan dengan waktu yang lebih fleksibel, sehingga memungkinkan Anda untuk memiliki keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Keuntungan penting lainnya adalah memiliki sistem bisnis yang terstruktur. Bisnis franchise telah mengembangkan sistem operasional dan prosedur yang teruji dan terbukti berhasil. Anda tidak perlu mencoba-coba sendiri dalam mengelola bisnis, karena sudah ada sistem yang jelas dan terbukti efektif.

Terakhir, bisnis franchise memiliki popularitas tinggi di mata konsumen. Konsumen cenderung lebih percaya dan mudah mengenali merek yang sudah dikenal, sehingga membantu dalam membangun basis pelanggan yang lebih besar.

2. Perbedaan Waralaba dengan Bisnis Mandiri

Perbedaan utama antara bisnis franchise (waralaba) dengan bisnis mandiri, termasuk dalam konteks bisnis retail, terletak pada sistem dan kebijakan yang ada. Dalam bisnis franchise, Anda harus membeli usaha milik franchisor untuk mendapatkan legalitas menggunakan merek dagang dan perjanjian bisnis yang telah ditetapkan. Anda juga harus mengikuti sistem dan operasional yang sudah ada.

Sementara dalam bisnis mandiri, Anda memiliki kebebasan penuh dalam mengembangkan merek dagang dan sistem bisnis yang baru. Anda dapat mengatur semua aspek bisnis sesuai dengan keinginan dan visi Anda sendiri, tanpa mengikuti aturan dan sistem yang sudah ada.

Keuntungan dari bisnis mandiri adalah memiliki kendali penuh atas semua keputusan bisnis dan memperoleh keuntungan penuh dari kesuksesan yang diraih. Namun, bisnis mandiri juga memiliki risiko yang lebih tinggi dan membutuhkan biaya dan waktu yang lebih besar untuk mengembangkan merek dan sistem bisnis dari awal.

Perbedaan lainnya adalah dalam hal dukungan. Dalam bisnis franchise, Anda akan mendapatkan dukungan dari franchisor, seperti pelatihan dan bimbingan, yang membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Sedangkan dalam bisnis mandiri, Anda harus mengandalkan sumber daya dan pengetahuan sendiri dalam mengembangkan bisnis.

Keputusan untuk memilih antara bisnis franchise (waralaba) dan bisnis mandiri tergantung pada preferensi dan tujuan Anda sebagai pengusaha. Pilihlah model bisnis yang sesuai dengan kualifikasi, kemampuan, dan minat Anda, serta pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua model bisnis tersebut.

Baca juga: Tips Meraup Keuntungan Maksimal di Bisnis Klinik Kecantikan

Contoh Bisnis Franchise (Waralaba) yang Sukses

contoh bisnis franchise yang sukses

Indonesia memiliki berbagai bisnis waralaba yang sukses di berbagai industri, seperti industri makanan, industri kecantikan, dan industri pendidikan. Contoh-contoh bisnis waralaba yang sukses dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise.

1. Waralaba di Industri Makanan

Bisnis waralaba di industri makanan merupakan salah satu yang paling populer dan sukses. Beberapa contoh bisnis franchise makanan yang sukses di Indonesia termasuk Khun Thai Tea, Sabana Fried Chicken, Churros Delicio, KFC, dan Pizza Hut. Franchise-franchise ini memiliki menu yang menarik dan sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

2. Waralaba di Industri Kecantikan

Industri kecantikan juga memiliki peluang bisnis franchise yang sukses. Watsons, sebuah waralaba apotek dan toko kecantikan yang terkenal di Indonesia. Watsons menawarkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh dari merek terkenal dengan kualitas yang terjamin. Mereka juga menyediakan layanan konsultasi kecantikan yang membantu pelanggan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Waralaba di Industri Pendidikan

Bisnis franchise di industri pendidikan semakin diminati. Kumon, salah satu contoh bisnis waralaba di industri pendidikan, menawarkan program pembelajaran matematika dan bahasa Inggris yang terbukti efektif. Franchise ini mendapatkan dukungan dari franchisor dalam pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang berkualitas.

Contoh bisnis franchise (waralaba) di atas hanya sebagian kecil dari kesuksesan bisnis waralaba di Indonesia. Dengan memilih industri yang tepat dan mengikuti strategi yang efektif, Anda juga memiliki potensi untuk meraih kesuksesan dalam bisnis franchise.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Retail Fashion Apparel

Strategi Mengembangkan Bisnis Waralaba

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis waralaba, sangat penting untuk mengembangkan strategi yang efektif. Di bagian ini, akan dibahas beberapa strategi kunci yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis waralaba Anda secara berkelanjutan.

1. Menyusun rencana lima tahun untuk kesuksesan franchise

Langkah pertama dalam mengembangkan bisnis waralaba adalah dengan menyusun rencana lima tahun yang komprehensif. Dalam rencana ini, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti tujuan jangka panjang, pertumbuhan penjualan, strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan inovasi produk. Rencana lima tahun ini akan menjadi panduan yang kuat untuk mengarahkan bisnis Anda menuju kesuksesan.

2. Mendukung dan memvalidasi waralaba awal

Salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis waralaba adalah mendukung dan memvalidasi waralaba awal. Ini berarti memberikan dukungan yang memadai kepada calon franchisee, seperti pelatihan yang komprehensif, panduan operasional, dan bimbingan yang terus-menerus. Memastikan bahwa waralaba awal Anda sukses akan membantu membangun reputasi merek yang baik dan memperluas jaringan waralaba Anda secara signifikan.

3. Mengidentifikasi Unique Selling Point (USP)

Dalam industri bisnis waralaba yang kompetitif, penting untuk mengidentifikasi dan menonjolkan pembeda merek bisnis Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui penawaran unik, keunggulan produk atau layanan, pengalaman pelanggan yang luar biasa, atau inovasi yang terus-menerus. Dengan menjadi berbeda dan unik, bisnis waralaba Anda akan menarik perhatian pelanggan potensial dan membedakan Anda dari pesaing.

4. Mempilih franchisee yang sesuai

Sebuah keputusan yang penting dalam mengembangkan bisnis franchise adalah memilih franchisee yang sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda. Dengan memiliki franchisee yang memiliki komitmen dan kesesuaian nilai dengan merek Anda, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan franchise Anda.

5. Menyediakan pelatihan yang komprehensif

Menyediakan pelatihan yang komprehensif kepada franchisee sangat penting untuk menjaga kualitas operasional bisnis. Dengan memberikan pelatihan yang efektif, Anda dapat memastikan bahwa setiap unit bisnis franchise berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan.

6. Mengelola tenaga kerja dengan baik

Evaluasi tenaga kerja dan penempatan staf yang sesuai dengan kompetensinya memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis franchise. Memiliki tim yang berkualitas akan membantu menjaga kualitas produk atau layanan yang ditawarkan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

7. Membuat profil franchisee yang baik

Dalam memilih franchisee, pertimbangkan pengalaman, kualifikasi, kemampuan finansial, lokasi bisnis, dan kesepahaman dengan merek Anda. Membuat profil franchisee yang baik akan membantu Anda menemukan calon franchisee yang sesuai dan potensial untuk mengembangkan bisnis franchise Anda.

Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat mengembangkan bisnis waralaba Anda secara efektif dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Ingatlah selalu untuk terus mengkaji dan menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan permintaan pasar dan perkembangan industri.

Baca juga: Strategi Praktis dalam Mengembangkan Bisnis Furniture

Saluran Distribusi untuk Waralaba

Dalam bisnis franchise (waralaba), strategi saluran distribusi yang efektif sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Dengan memilih saluran distribusi yang tepat, bisnis franchise dapat mencapai target audiens secara efisien. Berikut ini adalah beberapa saluran distribusi yang umum digunakan dalam bisnis franchise:

1. Penggunaan konsultan dan jaringan

Salah satu cara untuk memperluas saluran distribusi bisnis franchise adalah dengan menggunakan layanan konsultan bisnis. Seorang konsultan bisnis dapat membantu mengidentifikasi pasar potensial dan mengembangkan jaringan bisnis yang efektif. Dengan bantuan konsultan bisnis yang berpengalaman, bisnis franchise dapat menggunakan pengetahuan dan koneksi mereka untuk mencapai audiens yang lebih luas.

2. Pendekatan digital dalam penjualan waralaba

Pendekatan digital telah menjadi semakin penting dalam penjualan produk dan jasa, termasuk bisnis franchise. Dengan pemanfaatan platform online, bisnis franchise dapat mencapai pasar yang lebih luas dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan. Dalam menjalankan strategi penjualan waralaba secara digital, penting untuk mengoptimalkan website dan platform online untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis franchise. Hal ini meliputi penggunaan media sosial, dan strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis waralaba Anda di platform online. Selain itu, kolaborasi dengan influencer atau blogger terkemuka dalam industri yang relevan juga dapat memberikan eksposur yang lebih luas.

Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Waralaba

Dalam mengembangkan bisnis franchise (waralaba), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesannya. Memahami faktor-faktor ini dan mengelolanya dengan baik adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis franchise Anda.

1. Kepatuhan terhadap peraturan

Satu faktor penting yang memengaruhi kesuksesan bisnis franchise adalah kepatuhan terhadap peraturan. Sebagai pemilik usaha waralaba, Anda harus mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan instansi terkait. Hal ini meliputi peraturan tentang perizinan usaha, sanitasi, keamanan, dan ketentuan kerja. Dengan mematuhi peraturan, Anda dapat membangun reputasi bisnis yang baik dan menjaga kepercayaan pelanggan serta mitra bisnis.

2. Manajemen hubungan dengan franchisee (pewaralaba)

Manajemen hubungan yang baik antara franchisor dan franchisee sangat penting untuk kesuksesan bisnis franchise. Komunikasi terbuka, saling mendukung, dan kolaborasi yang efektif adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat. Dalam menjalankan bisnis franchise, Anda perlu menjalin komunikasi yang efektif dengan franchisee (pewaralaba), memberikan dukungan dalam berbagai aspek bisnis, dan menjaga hubungan yang saling menguntungkan. Dengan menjaga hubungan yang baik, Anda dapat membangun tim kerja yang solid, meningkatkan kinerja bisnis, dan memperluas jaringan franchise Anda.

3. Evaluasi dan Penyesuaian Strategi

Terakhir, evaluasi dan penyesuaian strategi adalah faktor penting dalam mencapai kesuksesan bisnis franchise. Bisnis franchise yang sukses harus mampu beradaptasi dengan perubahan pasar, tren konsumen, dan persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mengevaluasi strategi bisnis Anda, mengidentifikasi kelemahan dan peluang, dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Dengan melakukan evaluasi dan penyesuaian yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa bisnis franchise Anda tetap relevan, kompetitif, dan tumbuh dengan baik.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam bisnis franchise (waralaba) Anda. Kepatuhan terhadap peraturan, manajemen hubungan yang baik dengan pewaralaba, dan evaluasi strategi yang teratur akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis dan membangun bisnis franchise yang kuat dan berkelanjutan.

Mengembangkan Bisnis dengan Waralaba

Ketika Anda mengembangkan bisnis dengan waralaba, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama untuk menarik franchisee dan pelanggan. Dalam pasar yang kompetitif, Anda perlu menonjol dan menarik perhatian target pasar Anda.

1. Menyusun strategi pemasaran yang efektif

Menyusun strategi pemasaran yang efektif memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan nilai bisnis waralaba Anda kepada calon franchisee dan pelanggan potensial. Mulailah dengan mempelajari karakteristik target pasar Anda, menentukan pesan yang ingin Anda sampaikan, dan mengidentifikasi kanal pemasaran yang tepat untuk mencapai audiens Anda.

2. Menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi

Teknologi juga dapat memainkan peran kunci dalam mengembangkan bisnis franchise. Dalam era digital ini, Anda dapat memanfaatkan software manajemen waralaba seperti EQUIP ERP untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik, seperti pencatatan penjualan, manajemen stok barang, dan laporan usaha.

Teknologi  ini juga dapat membantu dalam mengatur dan melacak komunikasi dengan franchisee Anda, sehingga memudahkan dalam berkolaborasi dan memberikan dukungan yang diperlukan.

3. Mengelola pertumbuhan dan ekspansi

Mengembangkan bisnis waralaba tidak hanya tentang mencapai kesuksesan awal, tetapi juga tentang mengelola pertumbuhan dan ekspansi yang berkelanjutan. Anda perlu memiliki strategi yang matang untuk mengelola dan mengarahkan pertumbuhan bisnis Anda secara efektif.

Pertama, identifikasi peluang ekspansi di pasar yang sudah ada atau bahkan mempertimbangkan ekspansi ke wilayah baru. Berikan dukungan yang memadai kepada franchisee Anda agar mereka dapat tumbuh dan berkembang bersama bisnis Anda. Selain itu, pastikan Anda memiliki sistem pelatihan dan pengembangan karyawan yang baik untuk menjaga kualitas dan konsistensi operasional di setiap outlet waralaba.

Dalam mengelola pertumbuhan dan ekspansi, penting untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang dan melibatkan tim manajemen yang handal dalam pengambilan keputusan strategis yang berkaitan dengan pertumbuhan bisnis waralaba Anda.

Kesimpulan

Dalam mengembangkan bisnis franchise, langkah-langkah yang efektif sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis waralaba. Menggunakan strategi yang terbukti berhasil, memahami keunggulan bisnis franchise, dan mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan waralaba dapat membawa Anda menuju kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam industri waralaba.

Salah satu langkah penting adalah memilih bisnis franchise yang memiliki merek yang terkenal dan sistem yang telah teruji. Menggunakan merek yang sudah dikenal dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan mendapatkan kepercayaan dari calon franchisee. Selain itu, strategi pemasaran yang efektif, seperti mengidentifikasi pembeda merek yang unik, juga dapat membantu Anda membedakan bisnis franchise Anda dari pesaing.

Faktor-faktor lain seperti kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, manajemen hubungan yang baik dengan pewaralaba, evaluasi dan penyesuaian strategi yang tepat juga memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis waralaba. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis franchise Anda, misalnya dengan menggunakan software manajemen retail dari EQUIP ERP.

EQUIP ERP merupakan solusi custom yang menawarkan fitur lengkap untuk manajemen waralaba yang unik, termasuk CRM, POS, manajemen stok, akuntansi, dan pelaporan. EQUIP ERP Dapat membantu membangun aplikasi mobile, portal web, dan sistem CRM untuk franchisee. Cocok untuk usaha menengah dan besar.

Retail

Dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, Anda dapat memperluas bisnis waralaba Anda dan mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam industri waralaba. Jangan ragu untuk mengambil risiko, terus belajar, dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Sukses dalam bisnis franchise adalah mungkin, dan dengan kerja keras dan strategi yang tepat, Anda dapat mencapainya.

Link Sumber

1‘Omzet Bisnis Waralaba Indonesia Rp54,4 Miliar.’ Alinea.id, diakses pada 5 Juni 2024, https://www.alinea.id/bisnis/omzet-bisnis-waralaba-indonesia-rp54-4-miliar-b2cFq98DG.

Naira Ananda
Naira Ananda
I am a creative and efficient individual who thrives in fast-paced environments. I possess a deep understanding of technology and how to leverage it to create engaging content that resonates with audiences.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now