5 Ide dan Tips Berbisnis Franchise Kopi dengan Sukses!

Kopi merupakan salah satu minuman yang gemar disukai oleh berbagai kalangan. Sehingga, tidak mengherankan jika kita banyak menemukan bisnis franchise kopi. Selain itu, jika dulu kita ingin minum kopi kekinian namun terhalang dengan harga yang mahal tapi dengan adanya franchise kopi yang menawarkan harga terjangkau maka kita dapat menikmati minuman tersebut. Banyak pelaku bisnis yang juga menggunakan software ERP retail terbaik dalam menjalankan usaha waralaba kopi terlebih lagi jika mereka memiliki lebih dari satu cabang franchise. Hal yang paling riskan saat menjalani bisnis franchise adalah ketika menghitung persediaan stok barang. Sebab, pelaku usaha harus menghitung dengan teliti agar tidak mengalami kerugian seperti makanan atau minuman yang kadaluarsa. Namun, hal tersebut dapat teratasi dengan mudah apabila Anda mempertimbangkan sistem ERP retail tercanggih yang akan memberikan notifikasi dan laporan terkait inventaris secara cepat dan akurat.

Dukungan sistem ERP retail terlengkap memampukan Anda sebagai pemilik bisnis franchise untuk mengadakan promosi dan loyalty program seperti penjualan bundle dan combo. Dengan demikian pelanggan akan tertarik untuk berbelanja di tempat Anda dan kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan produk yang Anda jual ke orang lain.  Mengelola laporan keuangan juga akan lebih efisien karena semua sudah tersistem pada satu pusat terintegrasi melalui software ERP retail terpercaya dari EQUIP. Meskipun bisnis franchise kopi terlihat mudah untuk dijalankan namun sebenarnya hal itu tidak boleh Anda anggap remeh. Jika salah mengambil keputusan maka tentu saja akan berdampak pada bisnis Anda. sehingga, penting untuk menyimak tips dan ide saat ingin memulai bisnis franchise kopi.

DemoGratis

Tips Memulai Bisnis Franchise Kopi

Bisnis Franchise Kopi
Sumber: Unsplash/ Firza Pratama

Usaha waralaba kopi dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin terjun pada bisnis kuliner. Terlebih lagi jika kita melihat banyak kaum muda yang kerap pergi ke kedai kopi bukan hanya sekadar untuk menikmati rasa dari kopi tersebut. Namun sebagai tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas seperti mengerjakan tugas sekolah, rapat dan lain sebagainya. Agar bisnis franchise kopi yang Anda miliki dapat lebih dilirik oleh masyarakat terdapat beberapa tips penting untuk memulai usaha yang satu ini.

Baca juga: Inventory Control adalah Hal Penting yang Sering Disepelekan oleh Pebisnis

Tentukan konsep bisnis franchise kopi yang akan Anda tekuni

Memikirkan konsep merupakan hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha kopi. Sebaiknya, Anda membuat perencanaan terkait kedai kopi seperti apa yang ingin Anda bangun. Tidak hanya memperhatikan soal rasa namun dekorasi ruangan juga perlu Anda perhatikan. Jika target Anda adalah anak muda maka Anda dapat mencoba mendekorasi kedai kopi dengan desain yang kekinian dan instagramable. Anda juga bisa membuat dekorasi khas 90an, retro, minimalis, dan lain sebagainya yang cocok untuk semua kalangan.

Memilih lokasi yang sangat strategis

Jika Anda sudah mengambil keputusan terkait konsep yang akan Anda kembangkan pada bisnis franchise kopi. Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang strategis. Pastikan lokasi tersebut ramai masyarakat lalui. Seperti misalnya jalan raya, tempat wisata, mall, perkantoran dan lain-lain. Selain itu, pilihlah lokasi dengan harga sewa yang wajar sehingga harga kopi yang akan Anda jual dapat ramah di kantong masyarakat.

Riset pasar dan tentukan minat masyarakat terhadap franchise kopi

Tips ketiga adalah melakukan analisa pasar. Jika Anda telah membuka kedai kopi pada lokasi yang strategis namun ternyata masyarakat di tempat tersebut kurang menyukai kopi. Maka apa yang telah Anda lakukan bisa menjadi sia-sia. Kenali dengan baik daya beli dan minat masyarakat terhadap kopi. Selain mendapatkan lebih banyak pelanggan, dengan melakukan riset pasar Anda bisa menghitung perkiraan berapa lama modal dapat kembali dan berapa lama bisnis franchise kopi akan berjalan.

Gunakan software retail dan POS untuk memudahkan proses pengelolaan bisnis franchise kopi

Tidak bisa kita hindari kalau keberadaan perangkat lunak memudahkan kegiatan bisnis dalam berbagai aspek khususnya pada usaha retail seperti franchise kopi. Software POS dan retail dapat membantu Anda dalam mengelola laporan stok gudang secara berkala melalui aplikasi QR atau barcode, penjualan produk juga bisa terkontrol dengan baik. Apabila Anda memiliki pelanggan yang ramai, Anda tidak perlu risau terjadi human error karena software ini dapat mengelola ribuan pelanggan dan purchase request dari banyak cabang dengan promosi yang terpersonalisasi. Pelanggan juga akan tertarik dan nyaman untuk pergi ke tempat Anda dan sebab kedai kopi yang Anda miliki menyediakan multi payment yakni metode pembayaran melalui uang tunai, e-money, kartu kredit atau debit. Struk transaksi dapat dicetak dan dikirimkan ke pembeli via email atau sms sesuai kebutuhan. Pencatatan log transaksi yang lebih akurat dan aktual sehingga memudahkan proses rekonsiliasi bank.

Lakukan strategi pemasaran yang tepat

Kemajuan internet saat ini dapat membantu Anda untuk lebih mudah menjangkau target pasar asalkan Anda menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Terdapat banyak media promosi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Seperti media sosial, situs website, media cetak, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memasang iklan atau menyewa jasa SEO guna mendapatkan peringkat pada halaman pertama Google. Jangan lupa pula untuk selalu mempromosikan produk dengan konsisten dan berkelanjutan. Karena jika hanya satu dua kali promosi, hasilnya tidak akan maksimal.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Ide Bisnis Franchise Kopi di Indonesia

Bisnis Franchise Kopi
Sumber: sasamecoffee.com

Sebenarnya, ada banyak usaha kopi yang bisa kita temui mulai dari bisnis skala besar maupun umkm yang baru merintis. Berikut adalah tiga ide bisnis franchise kopi yang layak untuk Anda terapkan pada usaha Anda.

Franchise kopi kenangan

Waralaba kopi kenangan merupakan salah satu usaha franchise yang paling diburu oleh para pebisnis. Kedai kopi ini memiliki konsep grab and go dan baru berdiri pada tahun 2017. Namun, siapa sangka pertumbuhan bisnis kopi kenangan berjalan dengan cepat di Indonesia. Ide yang menarik menjadikan kopi kenangan banyak masyarakat sukai. Usaha ini menawarkan berbagai jenis menu kopi dan non kopi. Dari seri kopi Arabica Blend, Kopi Kenangan menawarkan Kopi Kenangan Mantan, Mocha Latte, Avocado Coffee, marie Regal Latte, Kopi Kelapa, Americano, Salted Caramel Macchiato, dan masih banyak lagi.

Ada juga menu kopi ringan yang menggunakan 100% low acid arabica bean untuk konsumen pengidap maag namun tetap ingin menikmati kopi. Terakhir adanya inovasi membuat minuman kekinian non-kopi seperti boba milk tea lewat seri Sultan Boba yang menggandeng Hotman Paris sebagai brand ambassador. Dari sekian banyak menu, saat ini menu yang masih menjadi best seller adalah Kopi Kenangan Mantan yaitu kopi susu arabica dengan gula aren asli Indonesia.

Waralaba kopi janji jiwa

Kopi yang terkenal dengan jargon “kopi dari hati” nampaknya sukses merebut hati kaum muda. Bisnis ini memiliki berbagai menu yang menarik dan menu favorite #temansejiwa yakni es kopi susu yang kerap dibeli oleh masyarakat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau mulai dari 15 ribu-30 ribu.

Kedai kopi yang berdiri pada tahun 2018 sukses meraih rekor muri 2019 dengan membuka 700 gerai di 50 kota yang berbeda. Adanya konsep kemitraan menjadikan banyak pelaku bisnis mengambil bagian dalam usaha ini. Tampilan yang modern dan bercita rasa klasik menjadikan kopi janji jiwa sebagai salah satu brand minuman kopi terbesar di Indonesia.

Kopi lain hati

Kopi lain hati merupakan salah satu kopi yang memiliki ciri khas kopi kekinian yang anak muda sukai. Konsep tersebut terletak pada nama merek “Lain Hati” dan menggunakan nama menu yang berkaitan dengan hubungan percintaan anak muda. Seperti misalnya es kopi Gemas, es kopi Velakor, kopi Ketus, es cemburu, susu kenyal, dan lain sebagainya. Di antara menu tersebut tentunya mereka memiliki menu andalan yaitu kopi duda keren, kopi baper, dan advokat. Kemampuan bisnis ini dalam menarik hati anak muda dapat menjadi pilihan Anda yang ingin memulai bisnis franchise kopi. Ditambah lagi dengan teknik pemasaran lewat media sosial dan mengusung nama artis Ririn Ekawati, dalam waktu singkat usaha franchise kopi lain hati sangat populer di kalangan remaja dan dewasa.

Kopi kulo

Coffee shop yang berdiri pada 2017 sukses membuka lebih dari 300 gerai di Indonesia. Memiliki menu andalan yakni Avocatto kombinasi dari jus alpukat, espresso, dan topi es krim membuat kita ingin mencobanya. Kedai ini juga menawarkan banyak topping saat kita membeli minuman. Harga yang terjangkau juga menjadi alasan mengapa kedai kopi ini menjadi pilihan banyak kalangan. Waralaba kopi kulo memiliki beberapa konsep kedai yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Kedai kopi kulo ada yang berkonsep restoran, kafe, dan kios. Hal yang mendasari perbedaan ini adalah jumlah modal.

Kesimpulan

FnB

Memulai usaha franchise kopi dapat menjadi pilihan bagi Anda sebab seperti yang kita ketahui semakin hari akan semakin bertambah orang yang mencintai kopi bahkan yang memiliki maag sekalipun. Cobalah untuk mencari franchise yang sesuai dengan kriteria Anda dan menggunakan menu yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Pastikan Anda juga memperhatikan tips yang sudah dijelaskan di atas supaya Anda dapat sukses menjalani usaha franchise kopi. Gunakan software ERP retail dari EQUIP untuk mengelola berbagai aktivitas bisnis ritel seperti manajemen inventaris, eCommerce, pengelolaan pelanggan, dan kegiatan lainnya dengan Software ERP Retail.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now