Home Accounting Simak 7 Tugas Penting Kasir bagi Kelancaran Bisnis Anda!

Simak 7 Tugas Penting Kasir bagi Kelancaran Bisnis Anda!

0
739

Kita pasti pernah melihat seorang kasir yang melayani di pusat perbelanjaan, taman bermain, dan lain-lain. Kasir memiliki tugas yang sangat penting dalam operasional bisnis sehingga dalam melakukan kegiatan tersebut perusahaan kerap menggunakan software akuntansi terbaik untuk mencetak struk, voucher, dan lain sebagainya. Banyak orang mengira kalau tugas kasir adalah hal mudah untuk dilakukan sebab mereka hanya berdiri dan menunggu konsumen datang.

Padahal sebenarnya menjadi seorang petugas keuangan tidak semudah yang kita bayangkan. Seorang pelayan kasir selalu berhubungan langsung dengan pembayaran baik tunai maupun non tunai. Hal tersebut menyebabkan sering kali terjadi human error akibat salah menghitung. Software akuntansi terlengkap memampukan Anda sebagai pelaku bisnis untuk mengelola keuangan secara otomatis. 

Selain itu, sebagai pelaku bisnis yang memiliki usaha dengan banyak cabang maka akan merepotkan jika Anda harus mengecek perusahaan tersebut secara satu persatu. Namun, dengan sistem akuntansi terintegrasi Anda dapat mengetahui kondisi keuangan setiap cabang dan memantau informasi secara real-time. Oleh sebab itu, petugas keuangan memiliki peranan penting bagi bisnis Anda dan untuk mempermudah kegiatan usaha maka Anda dapat mencoba perangkat lunak akuntansi dari EQUIP.

Baca Juga: Aplikasi Kasir Terbaik untuk Modernisasi Bisnis Anda

kasir

 

Fungsi dan Peran Seorang Kasir untuk Bisnis

Fungsi kasir
sumber: suara.com

Kasir memegang peran yang sangat penting bagi suatu usaha. Sebenarnya, terdapat banyak fungsi petugas keuangan yang sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pelaku bisnis. Seperti misalnya menginput barang yang telah konsumen beli ke dalam sistem, mempertahankan pelayanan kepada pelanggan,  menghitung seluruh biaya pembelanjaan yang harus dibayarkan, mengurus transaksi keuangan, menginput data penjualan, membuat laporan rutin, dan lain-lain. 

Penggunaan sistem akuntansi terintegrasi dapat mengelola segala laporan keuangan mulai dari pendapatan dan pengeluaran secara lengkap hanya dengan hitungan detik. Tidak hanya itu, dengan adanya petugas keuangan maka konsumen dapat menanyakan informasi barang yang akan mereka beli secara detail. Selain itu, mereka memiliki peranan untuk melakukan pengecekan atas jumlah barang pada saat penerimaan barang.

Kasir juga berperan untuk memasukan data sales dalam rentang waktu perhari, bulan, bahkan tahun dan informasi tersebut akan masuk ke dalam sistem yang kemudian menjadi data penting bagi keuangan perusahaan. Sehingga, penting untuk mencari seorang petugas keuangan yang dapat memahami produk dengan baik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Kasir Terbaik di Indonesia Untuk Bisnis Anda

 

Tugas Penting yang Perlu Anda Ketahui sebagai Seorang Kasir!

tugas kasir
Sumber: mkenyaujerumani.de

Tugas kasir restoran tidak terlepas dari urusan keuangan dan pelayanan terhadap pelanggan. Jadi, seorang petugas keuangan harus menguasai teknik akuntansi untuk melakukan perhitungan pada setiap transaksi dan komunikasi yang baik guna menciptakan hubungan dengan konsumen. Berikut ini adalah beberapa tugas penting bagi petugas kasir:

Menghitung pendapatan harian

Seorang kasir harus memiliki kecepatan, kejujuran, sampai kemampuan berhitung yang tinggi. Hal ini dikarenakan salah satu tanggung jawab dan tugas kasir adalah menghitung pendapatan harian restoran. Petugas keuangan juga harus dapat menghitung dengan teliti tanpa ada satu hal pun yang tertinggal. Biasanya dilakukan dengan mengecek satu persatu duplikat struk pada pelanggan. Namun, hal tersebut bukanlah suatu masalah jika menggunakan aplikasi kasir terbaik yang dapat berjalan dengan otomatis dan cepat.

Memantau pengeluaran restoran

Tugas kasir tak hanya sekadar menghitung pendapatan restoran tapi juga memantau pengeluaran dengan saksama. Petugas keuangan harus melihat apakah total belanja sudah sesuai atau belum. Apabila terdapat transaksi yang tidak sesuai maka bisa dengan cepat untuk diselidiki. Oleh sebab itu, penting untuk mencari pelayan keuangan yang jujur dan teliti.

Baca juga: Biaya Produksi adalah: Perhitungan Evaluasi untuk Perkembangan Bisnis Anda!

Memastikan mesin kasir berfungsi dengan baik

Untuk meningkatkan pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. petugas keuangan biasanya dibekali dengan aplikasi kasir. Sehingga, sebelum melakukan pekerjaan maka seorang kasir memiliki tanggung jawab untuk memastikan mesin tersebut dapat berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada yang error atau tidak berfungsi. Karena, rusaknya mesin dapat mempengaruhi proses transaksi pembayaran dan penyimpanan uang. 

Melakukan transaksi dengan pelanggan

Salah satu tugas penting seorang petugas keuangan adalah melakukan transaksi dengan pelanggan khususnya saat menerima pembayaran uang. Nah, selama proses tersebut kasir harus memiliki sikap yang ramah dan bersahabat guna memberikan kenyamanan bagi konsumen yang sedang berbelanja. Selain itu, kasir juga harus melakukan pengecekan terhadap transaksi untuk menghindari kesalahan seperti salah pengembalian uang. Adanya sikap yang profesional maka akan meninggalkan kesan baik pada pelanggan dan bisa saja konsumen akan kembali berbelanja pada tempat Anda. 

Menerima pesanan

Kasir memiliki tugas untuk menerima pesanan, baik secara online maupun offline. Itulah mengapa mereka perlu teliti guna menghindari kesalahan yang terjadi. Setelah pelanggan menyampaikan pesan maka ada baiknya bagi seorang kasir untuk mengulangi pesanan tersebut supaya tidak terjadi kekeliruan.

Baca Juga: POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Memberikan informasi mengenai produk

Sebelum melakukan pembelian biasanya pelanggan akan melakukan riset atau bertanya terlebih dahulu mengenai produk yang Anda tawarkan. Sehingga, petugas keuangan harus memiliki informasi mengenai produk yang ditawarkan. Selain itu, apabila toko sedang mengadakan promo atau diskon maka kasir juga harus memberikan informasi tersebut kepada konsumen. Dengan memberikan informasi secara benar, tentunya pelanggan tidak akan ragu untuk membeli produk dari toko Anda.

Memberikan pelayanan yang ramah

Pelayanan merupakan kunci sukses sebuah bisnis. Seorang kasir harus memberikan sikap yang baik kepada pelanggan. Seperti tersenyum, mengucapkan salam, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk memberikan kesan positif maka petugas keuangan dapat membungkus barang yang dibeli konsumen untuk memudahkan mereka dalam membawa produk tersebut. Apabila terdapat pelanggan yang kecewa terhadap pelayanan yang diberikan maka bisa saja konsumen tidak akan kembali ke toko Anda. Jangan lupa untuk menyediakan kotak saran guna meningkatkan kinerja pelayan.

 Baca Juga: Pentingnya Testimoni untuk Perkembangan Bisnis

Kesimpulan

Kasir memiliki peran penting bagi kemajuan perusahaan. Sehingga, penting untuk memilih petugas yang berdedikasi dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Untuk memberikan kemudahan bagi mereka maka sudah sepatutnya Anda mulai menggunakan sistem POS terbaik dari EQUIP.

Software ini dapat mengelola ribuan data pelanggan dengan promosi yang terpersonalisasi dan memanjakan konsumen dengan program promosi yang unik dan berbeda di setiap cabang. Tidak hanya itu, Anda dapat menghadirkan beragam metode pembayaran untuk memberikan pengalaman transaksi yang nyaman dan aman, baik lewat uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit.

tugas kasir

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA