5 Software Purchase Order (PO) Rekomendasi Terlengkap di Indonesia

Untuk melakukan pembelian sebuah produk atau barang, pembeli perlu membuat dokumen permintaan untuk barang kepada penjual. Dokumen inilah yang dinamakan sebagai PO atau purchase order. Software purchase order (PO) saat ini dapat memberikan banyak manfaat untuk perusahaan, terutama dapat membantu menghindari terjadinya pesanan ganda.

Saat perusahaan memutuskan meningkatkan skala usaha mereka, PO software dapat membantu proses pelacakan produk yang telah dipesan sekaligus dari siapa orderan berasal. Di samping itu, saat para pembeli melakukan orderan produk sejenis, akan kesulitan mencocokkan faktur. PO berfungsi sebagai sebuah cek tagihan yang perlu dibayarkan.

Pengelolaan PO dapat lebih mudah perusahaan lakukan dengan software procurement. Penggunaan software procurement dapat mengotomatiskan proses pengadaan barang sehingga pengelolaan bisnis dapat lebih berkembang secara maksimal. Saat ini sudah banyak berbagai perusahaan penyedia software procurement. Oleh karena itu, simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa purchase order software terbaik di Indonesia untuk bisnis.

DemoGratis

Mengenal Konsep Purchase Order

Purchase order (PO) adalah dokumen resmi yang dibuat pembeli untuk penjual. Intinya, ini seperti permintaan barang resmi. PO, ini membantu memastikan kedua pihak (pembeli dan penjual) sama-sama mengetahui barang yang dibeli, berapa jumlahnya, dan harganya. Untuk transaksi, peranan dokumen PO ini sangat penting, tujuannya untuk menghindari kesalahan pada proses pengadaan dan penyerahan barang itu sendiri.

Rekomendasi 5 Software Purchase Order (PO) Terlengkap di Indonesia

PO software

Seiring perkembangan teknologi, purchase order (PO) kini tidak lagi berbentuk kertas, melainkan digital. Hal ini memungkinkan pembeli untuk mengirimkan dokumen PO digital kepada pihak supplier dengan mudah dan cepat, biasanya melalui modul PO pada software ERP. Penggunaan PO digital membawa banyak keuntungan, seperti mempermudah dan mempercepat transaksi pembelian, meminimalisir kesalahan dalam perhitungan dan pencatatan harga, serta menghemat biaya dan waktu. Selain itu, PO digital juga meningkatkan efisiensi dan transparansi proses pembelian. Saat ini, PO digital sudah banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil, karena kemudahan dan manfaatnya yang signifikan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi software Purchase Order (PO) terlengkap di Indonesia yang perlu anda tahu :

1. Software Purchase Order (PO) EQUIP ERP

Software purchase order (PO) terbaik yang dapat anda pilih adalah software procurement EQUIP. Dengan software EQUIP maka bisa meningkatkan manajemen bisnis anda, seperti efisiensi biaya procurement, penyerdehanaan manajemen purchasing multi cabang sampai analisa stok secara komprehensif.

Dengan menggunakan software EQUIPERP maka memungkinkan pembeli bisa melakukan sistem pembelian otomatis. Selain itu, PO Software dari EQUIP ERP juga dapat diintegrasikan dengan faktur penjualan sehingga bisa menekan kesalahan dalam input data membuat faktur, penagihan serta pembayaran otomatis.

Software EQUIP dapat memberikan kemudahan untuk proses purchase order secara digital, tanpa harus menggunakan kertas lagi. Jadi, lebih hemat dan tentu saja dapat meminimalisir kesalahan dalam pencatatan. EQUIP menawarkan kemudahan untuk pengelolaan pengadaan produk/barang dari berbagai industri dan perusahaan. EQUIP juga sudah dilengkapi oleh e-catalogue yang mempermudah procurement sekaligus melacak seluruh purchase request dari berbagai macam divisi pada satu layar.

Software EQUIP memang menawarkan banyak keunggulan, sehingga telah dipercaya oleh ratusan bisnis yang ternama di tanah air. EQUIP membantu para pemilik bisnis untuk menyederhanakan proses operasional bisis mereka dan meningkatkan produktivitas sekaligus keuntungan bisnis dengan secara nyata.

Fitur dan unggulan EQUIP ERP :

  • Software Procurement EQUIP menawarkan kemudahan pengelolaan pengadaan produk di berbagai industri dan perusahaan.
  • Perbandingan RFQ, mengelola tender pembelian di berbagai vendor melalui perbandingan RFQ (Request for Quotation).
  • Kemudahan dalam mengelola vendor, anda bisa memperoleh laporan lengkap mengenai kinerja supplier atau vendor bisnis anda menggunakan fitur bernama vendor evaluation system.
  • Template profesional, dapat menyederhanakan pembuatan purchase request, RFQ, serta purchase order menggunakan template profesional di dalam procurement system dari EQUIP.
  • Manajemen multi level approval, mempermudah pembuatan dalam multi level approval matrix di setiap proses pengajuan pembelian produk dari berbagai cabang dan divisi perusahaan anda.

2. HashMicro

HashMicro menyediakan software procurement yang telah membantu perusahaan dalam mengendalikan biaya procurement sehingga lebih efisien. Dengan software procurement ini, perusahaan bisa melacak barang yang memasuki gudang tanpa repot lewat notifikasi saat pengiriman dan penerimaan pesanan.

Kegiatan procurement tentu saja menjadi lebih terkendali menggunakan sistem manajemen cost center dan budgeting tiap departemen. Software ini juga memiliki kemudahan untuk manajemen backorder, proses pelacakan pengiriman serta pembayaran barang yang berasal dari penyedia sesuai jumlah produk atau barang yang telah diterima.

Selain itu, perusahaan tidak perlu lagi mengkhawatirkan keterlambatan pembayaran. Sebab sistem tersebut menyediakan notifikasi untuk invoice dengan otomatis dari vendor tertentu yang belum perusahaan bayar guna meningkatkan efisiensi pada proses procurement.

Beberapa fitur lain yang terdapat pada software ini, yaitu :

  • PR Approval management, dalam fitur ini anda bisa menolak atau menyetujui purchase requiest (PR) dalam berbagai lokasi bisnis, karyawan atau departemen hanya memakai satu platform.
  • RFQ, PO dan PR management, dengan fitur ini, maka anda bisa membuat PR sekaligus mengubahnya sebagai purchase order.
  • Blanket Order Management, jika sudah sepakat dengan pihak supplier, Anda bisa memesan barang secara langsung sekaligus dengan otomatis.

3. Total ERP

Total ERP adalah solusi terlengkap untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas usaha. Software ERP ini menawarkan solusi all-in-one yang berarti Anda dapat meningkatkan efektivitas di berbagai aspek penting alur kerja perusahaan Anda hanya dengan satu software.

Total ERP menyediakan sistem pengelolaan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis perusahaan. Anda dapat memantau, mengelola, dan melakukan pelaporan secara otomatis dengan mudah.

4. Krishand

Program software Krishand adalah salah satu PO cloud software yang efektif membantu sistem operasional perusahaan pada siklus pembelian produk. Software ini bisa membantu perusahaan dalam pembuatan transaksi, berupa purchase order, nota debet, bukti penerimaan barang, pembayaran untuk hutang dagang, nota kredit, sisa pesanan pembelian, pengecekan history dan lainnya.

Bukan hanya membantu melakukan transaksi, Krishand Software ini bisa membantu perusahaan menyediakan berbagai laporan, seperti daftar supplier, daftar barang, bukti penerimaan barang, daftar outstanding dokumen A/P tiap supplier, rincian dari outstanding PO, analisa umur dari hutang dagang, dan lainnya.

5. Xero

Xero merupakan perusahaan software di Indonesia yang telah berdiri dari tahun 2006, menawarkan banyak solusi operasional bisnis anda. Fitur yang ada salah satunya adalah purchase order. Dengan adanya software ini dapat memudahkan perusahaan untuk mengirimkan dan membuat orderan pembelian dengan cara online. Selain itu, anda juga bisa melacak orderan sekaligus pengiriman guna memastikan aktivitas procurement telah berjalan lancar. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikais Xero, antara lain create online order, customize purchase orders, dan convert orders into bills.

Procurement

Kesimpulan

Memilih PO software yang tepat untuk bisnis anda memang sangat penting agar dapat mengontrol transaksi pembelian secara efisien untuk perusahaan anda. Selain itu, anda bisa mengelola pengajuan pembelian di setiap cabang sekaligus bisa memperoleh penawaran terbaik untuk menghindari adanya peluang tindak kecurangan.

Hal ini juga bisa anda dapatkan dengan memilih software purchase order EQUIP untuk membantu proses pembelian dengan mudah. Software procurement EQUIP dapat mengotomatiskan proses pembuatan purchase request, purchase order, dan request for quotation. Software ini dapat meningkatkan bisnis anda dengan desain yang user friendly. Mudahkan proses PO bisnis Anda dengan demo gratis dari EQUIP ERP.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now