Tips Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Aplikasi Pembelian

Perkembangan teknologi membuat banyak digital platform bermunculan. Salah satunya adalah aplikasi procurement atau aplikasi pembelian karena memberikan kemudahan pada proses bisnis. Penggunaan aplikasi yang bersifat otomatisasi berfungsi untuk menggantikan proses penjualan manual, membantu mempercepat dan mempermudah prosesnya. Contohnya, Sistem Procurement EQUIP terbaik yang dapat mengotomatiskan pembuatan Request for Quotation, Purchase Request, dan Purchase Order. Fitur software procurement yang otomatis akan menjamin keamanan seluruh proses tersebut. 

Kenapa perusahaan membutuhkan proses pembelian atau procurement? Ini karena proses procurement adalah sebuah proses yang bertujuan untuk membantu sebuah perusahaan mendapatkan barang yang sesuai dengan kriteria kebutuhannya baik dalam hal kuantitas, kualitas, lokasi, waktu, dengan biaya yang paling murah. Tujuannya adalah untuk menekan biaya sekecil mungkin sehingga perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan sebesar mungkin. Sehingga software procurement adalah sistem yang tepat. Hadirnya sistem ini dapat mengatasi human error sehingga bisnis tidak rugi, seperti kesalahan menghitung dan kehilangan catatan pembelian atau keuangannya. Berikut adalah pengertian, manfaat, serta fitur dari aplikasi pembelian berbasis web yang bisa Anda manfaatkan untuk proses perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Berbisnis Pakaian Second!

aplikasi pembelian

Apa itu Aplikasi Pembelian?

Aplikasi pembelian artinya yaitu program atau software yang banyak dipakai perusahaan atau pelaku usaha untuk dapat menyelesaikan transaksi jual-beli dengan cepat dan juga akurat. Biasanya para pelaku usaha akan mendukung kinerja dari aplikasi ini dengan mengkombinasikannya bersama aplikasi lainnya seperti software ERP terlengkap. Tujuannya adalah menambah manfaat bagi usaha yang dijalankan agar dapat beroperasi dengan lancar sesuai harapan dan lebih mudah dalam pengelolaan.

aplikasi pembelian
Sumber: Freepik.com

Manfaat Penggunaan Aplikasi Pembelian untuk Bisnis Anda

Menjalankan suatu bisnis memang tidaklah mudah, terutama di tengah era yang sudah serba menggunakan teknologi seperti sekarang ini. Bagi Anda yang bisnisnya masih berjalan secara manual, mungkin akan lebih banyak menghadapi berbagai macam permasalahan, seperti proses transaksi yang lama, catatan pembayaran yang berantakan, hingga kesulitan mencari tahu jumlah stok dan arus barang yang keluar masuk. Dengan munculnya masalah-masalah tersebut, berarti Anda harus segera mencari solusi, agar bisnis yang Anda miliki bisa terus bertahan dan berkembang. 

Solusi paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pembelian terunggul. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mereka menerapkan program aplikasi pembelian dalam usahanya. Manfaat-manfaat tersebut antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Memungkinkan pengusaha memiliki catatan transaksi yang lengkap, rapi dan akurat
  • Pengelolaan stok lebih mudah dan minim resiko terjadinya kesalahan akibat human error
  • Transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat, praktis dan mudah, sehingga meningkatkan kepuasan konsumen
  • Memudahkan Anda untuk memantau usaha, karena secara otomatis riwayat transaksi akan tercatat dalam sistem
  • Membantu memudahkan Anda untuk melakukan analisa bisnis yang juga mempengaruhi strategi bisnis yang akan Anda terapkan
  • Lebih menghemat waktu, biaya juga tenaga
  • Membantu untuk bisa meningkatkan pendapatan juga keuntungan usaha

Manfaat-manfaat tersebut akan Anda dapatkan hanya jika aplikasi kasir atau penjualan yang Anda gunakan tepat. Tepat secara fungsi dan juga kualitasnya. Karena setiap aplikasi memiliki kelebihan juga kekurangan dalam penerapannya.

Baca Juga: Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

Pentingnya Aplikasi Pembelian untuk Pengembangan Bisnis

Saat ini, memiliki aplikasi pembelian sangatlah penting bagi Anda para pelaku bisnis karena dengan menggunakan software pembelian transaksi yang dilakukan akan menjadi lebih cepat praktis dan mudah, sehingga meningkatkan kepuasan konsumen, Memudahkan Anda untuk memantau usaha karena secara otomatis riwayat transaksi akan tercatat dalam sistem, Membantu memudahkan Anda untuk melakukan analisa bisnis yang juga mempengaruhi strategi bisnis yang akan diterapkan, dan lebih menghemat waktu, biaya juga tenaga.

Manfaat tersebut dapat Anda dapatkan hanya jika aplikasi pembelian yang Anda gunakan tepat. Tepat secara fungsi dan juga kualitasnya, hal ini dikarenakan setiap aplikasi memiliki kelebihan juga kekurangan dalam penerapannya. Untuk itu Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan usaha dan juga memahami secara keseluruhan terkait fitur aplikasi pembelian yang akan menggunakanya.

Baca Juga: Cara Mempermudah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Anda dengan Sistem Akuntansi

usaha sampingan
Sumber: Freepik.com

Fitur Utama Aplikasi Pembelian

Manajemen multi-level approval

Dengan fitur multi level approval, membuat pembelian secara sistem atau otomatis. Ada sistem yang terintegrasi bagi semua layer, dapat terakses dan terlihat semua orang. Ada sistem notifikasi 2 arah yang membuat proses approval menjadi jauh lebih efektif dan efisien namun tetap terpusat dan terkoordinasi saat melakukan pengadaan barang. Fitur ini memudahkan pembuatan multi-level approval matrix untuk setiap pengajuan pembelian barang dari berbagai divisi dan cabang di perusahaan Anda.

Kemudahan kelola vendor

Fitur vendor evaluation system dalam sistem pembelian memudahkan perusahaan dalam mengatur spesifikasi barang dan jasa yang perlu dipasok oleh vendor, mengontrol performa mereka pada periode tertentu, serta meninjau ulang kontrak atau perjanjian bisnis sesuai dengan pencapaian yang telah dijalankan. Fitur ini menyediakan berbagai metrik yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai landasan untuk menentukan arah kerjasama dengan beberapa vendor yang terlibat dalam proses bisnis.

Manajemen order blanket

Fitur manajemen order blanket pada software procurement memudahkan Blanket atau Blanket PO, artinya sebagai nota pemesanan yang akan dikirim terus ke penjual atau pemasok hingga pesanan selesai. Keunggulan dari Blanket adalah kemudahan untuk memperoleh pemesanan secara bertahap. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan pemesanan dengan biaya yang tidak terlalu besar pada setiap tahapannya.

Kesimpulan

aplikasi pembelian

Aplikasi pembelian barang adalah teknologi digital yang berfungsi untuk menyelesaikan transaksi jual beli lebih cepat dalam proses bisnis. Software penjualan ini dapat mengotomatiskan proses penjualan, sehingga dapat selesai lebih efisien. Dengan memanfaatkan fitur dalam aplikasi, maka akumulasi stok barang yang masuk maupun keluar dari gudang akan tercatat secara rapi. Menggunakan fitur aplikasi untuk penjualan juga akan mempermudah proses procurement karena Anda dapat melihat stok barang yang tersisa.

Salah satu aplikasi pembelian terbaik adalah EQUIP, yang merupakan perangkat lunak berbasis cloud yang memiliki tampilan ramah user, sehingga sangat mudah untuk dipahami pelaku bisnis. EQUIP menawarkan Anda berbagai kemudahan dalam mengelola bisnis dari berbagai skala. Buktikan dan coba tour produknya sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA