Freelancer adalah Jenis Pekerjaan dengan Peminat Banyak

Istilah freelance mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, karena kebanyakan orang-orang menggunakan istilah ini pada umumnya adalah untuk menggambarkan seseorang yang bekerja secara mandiri dan tidak terikat dengan kontrak perusahaan yang biasanya diatur dalam aplikasi manajemen kontrak. Sebutan untuk orang-orang yang bekerja freelance adalah freelancer. Biasanya ini hanya mendapatkan pekerjaan atau job per-projek saja. Dengan menggunakan CRM Sales terbaik, maka Anda dapat meningkatkan kualitas prospek bisnis dan mendapatkan update penjualan dan aktivitas tim sales secara real-time. Anda juga bisa memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap yang lainnya secara mudah dengan fitur drag and drop dengan satu sistem terintegrasi dari CRM Sales.

Selain itu, biasanya para freelancer atau pekerja lepas menangani bidang yang berhubungan dengan teknologi. Contohnya ialah desainer grafis, desainer website, content dan copywriter ataupun pekerjaan sejenis lainnya. Software CRM sales terlengkap memiliki fitur yang dapat meningkatkan kinerja tim sales dan penjualan sistem loyalty point dan reward untuk setiap customer setia Anda. Sederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi hanya dengan software CRM Sales dari EQUIP. Lalu, apa sajakah syarat untuk menjadi seorang pekerja lepas yang handal serta apa saja yang membedakannya dengan para pekerja biasa? Mari, simak artikel ini lebih lanjut!DemoGratis

Freelancer Adalah

Seperti penjelasan singkat diatas, freelancer atau tenaga lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu. Jika dulu banyak orang memandang freelancer dengan sebelah mata, namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pekerjaan ini mulai mendapat pengakuan dan banyak orang yang alih profesi menjadi pekerja lepas.

Source: freepik.com

Beberapa Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Hobi yang dibayar

Bukankah suatu kesempatan yang luar biasa jika mendapat bayaran saat melakukan hobi Anda. Sebagian besar freelancer melakukan pekerjaan yang sangat erat kaitannya dengan hobi mereka seperti fotografi, menggambar, menulis, desain grafis, membuat konten, bahkan hanya sekedar meng-influence atau yang sekarang bisa disebut sebagai influencer dan lain sebagainya. Hal tersebut pasti akan terasa sangat menyenangkan karena dapat melakukan hobi sekaligus mendapatkan upah.

Tidak Terikat Waktu

Sebagai pekerja lepas, selain melakukan hobi dan mendapat bayaran tentu saja memiliki keuntungan lain yaitu bekerja yang tidak terikat. Kehadiran bukan menjadi dari pekerjaan tersebut, namun melihat dari hasilnya. Jadi, pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki kendala waktu atau lokasi, bisa juga untuk orang yang tidak menyukai kehidupan formal dan birokrasi seperti pekerja kantoran.

Contohnya untuk seorang influencer, mereka bisa bekerja kapanpun dan dimanapun karena job yang mereka dapat sesuai dengan permintaan client mereka saja serta tidak terikat kontrak waktu apapun seperti pekerja kantoran.

Bebas Bekerja

Keuntungan berikutnya tentu saja kebebasan kerja. Sebagai freelancer, Anda bebas bekerja dari mana saja dan di mana saja. Apalagi di era modern dan serba internet seperti saat ini, Anda dapat dengan mudah menyampaikan hasil kerja Anda dari mana saja selama Anda terkoneksi dengan jaringan internet. Akan sangat memudahkan Anda bukan?

Dari beberapa keuntungan menjadi pekerja lepas, selanjutnya kami akan membahas contoh-contoh pekerjaanya, yaitu:

Baca juga: 3 Peluang Usaha Masa Kini yang Dapat Anda Lakukan dari Rumah

Beberapa Contoh Pekerjaan Freelancer

Freelancer Content writer

Content writer merupakan salah satu pekerjaan freelance yang banyak orang gemari. Apalagi kebutuhan terhadap artikel konten yang berkualitas untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap perusahaan saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital dan internet.

Selain itu, pekerjaan ini juga tidak memerlukan modal yang banyak, namun mengharuskan Anda untuk dapat menguasai beberapa bahasa asing serta dapat membuat tulisan yang menarik dengan tata bahasa yang benar.

Yang terakhir, pekerjaan ini membutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Bayaran yang mereka dapat adalah hasil hitungan per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.

Influencer 

Menjadi seorang influencer media sosial menjadi salah satu pekerjaan yang banyak orang cari.

Umumnya, suatu brand membutuhkan seorang influencer untuk membantu memperkenalkan atau mempromosikan produk mereka. Maka dari itu, influencer memiliki jenis dan ragam dengan persona serta preferensi yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, terdapat influencer yang berfokus pada travel, fashion, makanan, lifestyle, bahkan pengembangan diri. Selain dari jenis dan persona, mengkategorikan influencer juga berdasarkan banyak pengikut mereka (followers). Ada influencer mikro dengan pengikut berjumlah 10.000-100.000 dan influencer makro dengan pengikut berjumlah 500.000-1.000.000.

Semakin banyak followers seorang influencer, semakin besar juga peluang untuk memasang harga yang lebih tinggi. faktor banyaknya jenis media sosial pada era ini juga membuat jasa mereka nantinya akan semakin berkembang serta menjadi peluang baru dalam menambah penghasilan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba profesi ini?

Freelancer Web developer

Contoh pekerjaan pekerja lepas selanjutnya adalah menjadi seorang web developer. Pekerjaan ini dapat sangat menguntungkan Anda namun Anda perlu memiliki skill dan kreatifitas yang cukup tinggi. Satu pekerjaan untuk mengembangkan suatu web dapat menghabiskan waktu sampai berbulan-bulan lamanya.

Untuk saat ini perkiraan income untuk pekerjaan web developer ialah dengan bayaran tinggi hingga mencapai sekitar Rp.72.000.000,00 per tahunnya. Bila pekerjaan ini menarik bagi Anda, dapat Anda mulai dengan mempelajari serta melakukan riset terlebih dahulu dari berbagai jenis platform belajar online  mengenai cara mengembangkan web.

Hal-hal yang perlu dipahami untuk menjadi web developer diantaranya konsep Hyper text Transfer Protocol (HTTP), Hyper Text Markup Language (HTML). Yang terakhir, Anda juga harus memahami mengenai Javascript, Server Side Programming, database SQL, web server, dan web hacking.

Freelancer Content creator

Sebagai seorang content creator atau pembuat konten. Sebenarnya, pembuat konten tidak berbeda jauh dengan pekerjaan influencer. Selain juga banyak dicari, content creator pun menggunakan sosial media sebagai platform utama mereka. Konten yang mereka produksi pun jenisnya berupa vidio kreatif, foto, hingga audio. Tiap tiap dari konten ini dapat anda kelola dengan mudah.

Selain itu, pemasukan utama Content creator juga sama dengan pemasukan influencer yaitu dari kerja sama dengan brand untuk mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk. Lalu juga terdapat platform yang juga memberikan komisi yang dibayarkan kepada para content creator atan konten vidio yang audience tonton.

freelancer adalah
Source: freepik.com

Freelancer Jasa desain grafis

Pekerjaan freelance menjanjikan lainnya ialah design grafis. Selain tugasnya adalah untuk membuat desain grafis, Anda juga dapat menjual template desain, seperti template presentasi, template logo, template polster, dan lain-lain. Untuk saat ini, banyak perusahaan membutuhkan jasa desain grafis, sama halnya seperti para pemilik website yang mencari penulis konten. Karena dengan adanya tambahan gambar dan ilustrasi yang relevan, konten pun akan semakin menarik.

Freelancer Kursus online

Membuka kurus online juga merupakan salah satu pekerjaan freelance yang dapat menambahkan income Anda. Anda dapat menukar keahlian Anda serta memanfaatkan internet dan memanfaatkan teknologi yang Anda punya dengan membuka kelas online. Namun Anda harus untuk memiliki sistem sebagai pusat aktivitas online dan lebih menekankan penyediaan materi pengajaran yang menarik. 

Beberapa contoh website online course yang bisa Anda jadikan contoh adalah Udemy, Coursera, dan RuangGuru. 

Untuk meraih hasil optimal saat membuka kursus online, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihlah salah satu topik yang telah Anda kuasai seperti desain, coding,dll.
  • Pastikan topik tersebut memiliki banyak peminatnya.
  • Buatlah konten yang menarik dan interaktif.
  • Sediakan beragam jenis pembayaran untuk memudahkan konsumen.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Reseller Sukses, Keunggulan dan Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan Freelancer

Sebagai seorang freelancer yang dapat melakukan pekerjaannya dengan memanfaatkan media internet, Anda juga harus mengetahui kekurangan serta kelebihan yang ada sebagai berikut: 

1. Kelebihan

Berikut ini merupakan beberapa hal terkait dengan kelebihan bekerja sebagai pekerja lepas

Jam kerja lebih fleksibel

Dengan menjadi seorang pekerja lepas, tentu saja Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan sebuah proyek dari klien. Anda juga dapat menentukan sendiri kapan ingin mengerjakan tugas, namun Anda juga harus menyesuaikan dengan hasil akhir proyek.

Menambah pengalaman dan meningkatkan keahlian

Pastinya, Anda akan mengerjakan proyek secara individu maupun hanya dengan beberapa tim saja. Sehingga, tantangan tersebut yang membuat anda dapat lebih berkembang dan meningkatkan soft skill dan hard skill. Selain itu juga, dapat menambah pengalaman kerja dan memperkaya portofolio anda.

2. Kekurangan

Berikut ini, beberapa kelemahan menjadi seorang freelancer.

Kurang mendapatkan fasilitas

Kekurangan yang pertama adalah kurangnya memperoleh fasilitas penunjang suatu pekerjaan. Jika anda berada di lingkungan kantor, tentu beda cerita. Secara otomatis, perusahaan akan memberikan berbagai layanan penunjang proyek yang dapat diatur. . Namun, sebagai freelancer tentu harus mempersiapkan berbagai kebutuhan dari sisi teknis maupun tools yang digunakan.

Penghasilan yang cenderung fluktuatif

Dan kekurangan yang berikutnya adalah pendapatan seorang pekerja lepas yang berubah – ubah. Pendapatan aka menyesuaikan dengan intensitas proyek yang Anda kerjakan. Serta, menyesuaikan dengan ketersediaan job yang ada.

Kesimpulan

Pengertian dari freelance yaitu pekerjaan lepas waktu, di mana seseorang bekerja tanpa terikat oleh jam kerja. Beberapa keuntungan menjadi  freelancer antara lain memiliki kebebasan dalam bekerja, tidak terikat waktu, dan dapat melakukan hobi yang dibayar. Penjelasan lengkap mengenai contoh-contoh pekerjaan bagi pekerja lepas yaitu penulis lepas, editor lepas, jasa desain grafis, jasa arsitek, fotografer freelance, dan membuka kursus online.

Untuk bisnis apapun, pembukuan sangat dibutuhkan untuk bisnis yang lebih baik, tidak terkecuali bagi freelance. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan pada bisnis Anda secara terperinci, dan bila Anda kesulitan, bisa menggunakan software akuntansi untuk enterprise di Indonesia. Anda perlu bukti? Cobalah gunakan CRM Sales terbaik dari EQUIP untuk pengelolaan pekerjaan Anda sebagai seorang freelancer. Mudahkan pengelolaan freelancer Anda dengan demo gratis software CRM dari EQUIP.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now